Nama: Helvara Oktariyani
Npm: 1913053114
Absen: 14
Sebagai pemateri saya disini izin menjawab pertanyaan dari saudari shintia yaitu jelaskan tekhnik yang efektif dan efisien alam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belwjar di sd kelas rendah
Teknik dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar bisa dilakukan dengan cara membawa anak didik kedalam lingkungan yang akan dipelajari dan juga menampilakan video² tentang lingkungan sekitaar yang akan di pelajari agar siswa lebih muadah dalam belajar memahami tentang lingkunga. Nah jika siswa dari kelas rendah itu tadi di bawa langsung ke lingkungan sekitar lingkungan-lingkungan tersebut juga terbatas dan harus dengan pengawasan ketat para guru, karena di khawatirkan adanya sesuatu yang tidak diinginka terjadi, nah Adapun, pemanfaatan lingkungan belajar itu harus mengetahui teknik-tekniknya terlebih dahulu. Agar para guru yang menggunkannya dapat efektif dan efisien. ada beberapa cara dalam mempelajari lingkungan sebagai sumber belajar :
1. Survey. Kegiatan ini dilakukan siswa melalui observasi, wawancara dengan nara sumber, mempelajari data atau dokumen yang ada, dan lain-lain. Lalu, hasilnya dicatat dan dilaporkan di sekolah untuk dibahas bersama dan disimpulkan oleh guru dan siswa untuk melengkapi bahan pengajaran.
2. Mengundang Nara sumber.
Teknik kelima ini berbeda dengan teknik -teknik sebelumnya. Jika pada teknik sebelumnya kelas dibawa ke masyarakat, sedangkan pada nara sumber mengundang tokoh masyarakat ke sekolah untuk memberikan penjelasan mengenai keahliannya di hadapan para anak.
3. Field trip atau karyawisata, dalam kegiatan ini juga bisa di terapkan pada siswa kelas rendahsiswa keluar kelas untuk mempelajari obyek tertentu sebagai bagian integral dari kegiatan kurikuler di sekolah. Sebelum karyawisata dilaksanakan, terlebih dahulu direncanakan objek yang akan dipelajari, cara mempelajarinya, dan kapan sebaiknya dipelajari.objek karyawisata harus sesuai dengan bahan pengajaran, misalnya museum untuk pelajaran sejarah, kebun binatang untuk pelajaran biologi dan sebagainya. Karyawisata selain untuk kegiatan belajar juga untuk rekreasi yang mengandung nilai edukatif. , tetapi harus dengan pengawasan orangtua agar, nantinya tidak ada terjadi sesuatu yg tidak diinginkan, yang tidak sesuai dengan rencana pembelajarab.
Nah untuk Pembelajaran² lingkungan yang dapat dilakukan sebag bberikut
-Pembelajaran² yang dapat dilakukan di alam misalnya mengenai perubahan siang dan malam, suhu udara pagi dan siang hari, hujan dan panas. Masalah kerusakan lingkungan dan penyebabnya dapat juga dipelajari oleh siswa. Seperti erosi, hutan gundul, pencemaran udara, udara, tanah, dan lain sebagainya. Cara mempelajarinya harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa SD.
-Pembelajaran² yang dapat dilakukan di lingkungan sosial misalnya siswa mengajar untuk mengenal adat istiadat dan kebiasaan yang ada dilingkungan sekitar atau dilingkungan sekitar tempat tinggal siswa dan juga bisa dengan mengenal jenis-jenis mata pencaharian masyarakat di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Dalam pembelajaran lingkungan sosial bisa dimulai dari lingkungan yang paling atau paling dekat dengan siswa.
-Pembelajaran² Lingkungan buatan ini terdiri dari irigasi atau pengairan, bendungan, pertamanan, kebun binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit tenaga listrik. Pembelajaran yang dapat dilakukan di lingkungan budaya atau buatan manusia sekolah bagaimana proses, pemanfaatan, dan fungsi dari irigasi. Siswa juga belajar dapat mengetahui tentang manfaat dan fungsi dari penghijauan, mengenal jenis-jenis yang ada di kebun binatang.
Nah dengan keadaan pandemi yang terjadi seperti sekarang ini untuk membawa anak langsung terjun kelingkungan yang seperti kebun binatang, taman, bedungan, pengairan, dan temp lain yang memungkinkan interaksi degan lingkungan dengan banyak oranf sangat tidak memungkinkan, jadi pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan bisa di pelajari menggunakan video-video dari youtube sebagai acuan untuk belajar tentang lingkungan meskipun tidak bisa terjun langsung ke lingkunga sekitar