FORUM DISKUSI 4

FORUM DISKUSI 4

FORUM DISKUSI 4

Number of replies: 49

1487352851-lucidchart.png

Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.

Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 4

by Intannia Putri -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,selamat pagi 

Alhamdulillah puji syukur kita ucapkan kepada allah karna pagi ini kita dapat berdiskusi secara online

Yang terhormat bapak Dr. Alben Ambarita, M. Pd dan ibu Fadhillah Khairani,S. Pd,. M. Pd selaku dosen pengampu mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar sd

Dan teman-teman yang kami sayangi

Kami dari kelompok 4 yang beranggotakan

1. Aesti meilandari (1953053001) pemateri

2. Erisa Puspa dewi (1913053133) pemateri

3. Helvara Oktariyani (1913053114) notulen 

4. Ilham Ramadhan (1913053111)pemateri

5. Intannia Putri (1913053084) moderator

Saya selaku moderator akan memimpin jalannya diskusi ini dengan materi makalah kelompok kami yaitu tentang lingkungan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar saya sebagai moderator akan menyampaikan tata tertib diskusi

1. Peserta diskusi silahkan membaca dan memahami materi selama 15 menit

2. Kemudian bisa bertanya kami membuka 2 termin dimana 1 termin berisi 3 penanya

3. Pertanyaan yang akan kami jawab yaitu 6 pertanyaan teratas

4. Peserta diskusi boleh menyanggah dan menambah ketika moderator sudah mempersilahkan dan sudah menjawab pertanyaan 

Dimohon partisipasinya teman-teman sekalin terimakasih

Selamat berdiskusi

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by ari puspita -

nama : aaripuspita

absen : 5 

pada masa pandemi seperti banyak wilayah yanh melakukan psbb sehingga banyak  peserta didik tidak bisa keluar rumah dan berinteraksi dengan lingkungan nya, pda konteks ini bagaimana peran lingkungan sebagai media dan sumber belajar?

In reply to ari puspita

Re: FORUM DISKUSI 4

by ari puspita -

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
nama : ari puspita
kelas : semester 3 E
npm : 1913053109
absen : 5
izin bertanya,pada materi kalian lingkungan sebagai sumber dan media belajar, namun pada pandemi seperti sekarang ini banyak daerah yang melakukan psbb dan menghambat peserta didik untuk melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. pada konteks tersebut bagaimanakah peran lingkungan sebagai sumber dan media belajar ?

In reply to ari puspita

Re: FORUM DISKUSI 4

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

Izin menjawab pertanyaan dari Ari. Proses pembelajaran bisa berlangsung pada banyak lingkungan yang berbeda, tidak hanya pada lingkungan kelas akan tetapi bisa pada lingkungan umum seperti masjid, museum, lapangan dan juga bisa berlangsung di sarana dan prasarana sekolahan. lingkungan yang dapat digunakan dalam proses pendidikan dan lingkungan umum dapat dikategorikan menjadi tiga macam lingkungan belajar lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan. Sehingga dengan adanya psbb siswa tetap dapat belajar dari lingkungan yang ada disekitarnya dengan arahan guru

In reply to Aesti Meilandari

Re: FORUM DISKUSI 4

by Asvyatul Mukaromah -

Nama : Asvyatul Mukaromah.

No absen : 6

NPM : 1913053073

Izin menambahkan jawaban dari Saudari Aesti terkait dengan pertanyaan saudari Ari mengenai bagaimana lingkungan berperan sebagai media dan sumber belajar ditengah pandemi yang kemudian di berlakukan PSBB. PSBB memaksa setiap orang untuk dapat seminimal mungkin berkegiatan di luar rumah atau di tempat ramai. Hal ini juga berdampak pada kegiatan belajar mengajar yang biasa nya di lakukan di sekolah. Lingkungan terbagi menjadi 3, yaitu lingkungan sosial, alami, dan buatan. Ketiga lingkungan tersebut tetap dapat ditemukan oleh para siswa di lingkup terdekat nya. Para siswa bisa belajar di lingkungan keluarga sebagai lingkungan sosial tentang bagaimana cara berinteraksi, kebun dan lingkungan rumah sebagai lingkungan alami sebagai objek yang dapat digunakan untuk melakukan pengamatan, serta lingkungan buatan yang bisa di susun oleh orang tua debgan tujuan pembelajaran. Sekian dan terima kasih 

In reply to ari puspita

Re: FORUM DISKUSI 4

by Helvara Oktariyani -

Nama: Helvara Oktariyani 

Npm: 1913053114

Absen: 14

Saya sebagai pemateri izin menjawab pertanyaan dari saudari ari yaitu pada masa pandemi seperti banyak wilayah yanh melakukan psbb sehingga banyak peserta didik tidak bisa keluar rumah dan berinteraksi dengan lingkungan nya, pda konteks ini bagaimana peran lingkungan sebagai media dan sumber belajar?

Seperti yang sudah kita ketahui zaman sekarang ini teknologi makin berkembanga, makin canggih maka alau kita tidak bisa berinteraksi langsung di lingkungan yang akan di amatai kita bisa mengaksesnya melalui hp, seperti google, ataupun youtube misalnya, nah dengan begitu kita juga bisa mengenalkan lingkungan kepada siswa, siswa juga bisa belajar tentang lingkungan alam, sosial, maupun buatan, tanpa harus ke tempatnya lansung, kapanpun dimanapun

Nah dalam kentek seperti ini lingkungan tetap berperan penting dalam pembelajaran, walaupun hanya mengakses menggunakan hp ataupun laptop, tapi siswa juga bisa belajat sekaliagus mengenal lingkungan sekitar

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Shintia Sasmia -

Nama : Shintia Sasmia

No Absen : 26

Npm : 1913053013

Kelompok : 2

 

Izin bertanya,

Jelaskan teknik yang efektif dan efisien dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SD kelas rendah?

 

In reply to Shintia Sasmia

Re: FORUM DISKUSI 4

by Helvara Oktariyani -

Nama: Helvara Oktariyani

Npm: 1913053114

Absen: 14

Sebagai pemateri saya disini izin menjawab pertanyaan dari saudari shintia yaitu jelaskan tekhnik yang efektif dan efisien alam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belwjar di sd kelas rendah

Teknik dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar bisa dilakukan dengan cara membawa anak didik kedalam lingkungan yang akan dipelajari dan juga menampilakan video² tentang lingkungan sekitaar yang akan di pelajari agar siswa lebih muadah dalam belajar memahami tentang lingkunga. Nah jika siswa dari kelas rendah itu tadi di bawa langsung ke lingkungan sekitar lingkungan-lingkungan tersebut juga terbatas dan harus dengan pengawasan ketat para guru, karena di khawatirkan adanya sesuatu yang tidak diinginka terjadi, nah Adapun, pemanfaatan lingkungan belajar itu harus mengetahui teknik-tekniknya terlebih dahulu. Agar para guru yang menggunkannya dapat efektif dan efisien. ada beberapa cara dalam mempelajari lingkungan sebagai sumber belajar :

1. Survey. Kegiatan ini dilakukan siswa melalui observasi, wawancara dengan nara sumber, mempelajari data atau dokumen yang ada, dan lain-lain. Lalu, hasilnya dicatat dan dilaporkan di sekolah untuk dibahas bersama dan disimpulkan oleh guru dan siswa untuk melengkapi bahan pengajaran.  

2. Mengundang Nara sumber.

Teknik kelima ini berbeda dengan teknik -teknik sebelumnya. Jika pada teknik sebelumnya kelas dibawa ke masyarakat, sedangkan pada nara sumber mengundang tokoh masyarakat ke sekolah untuk memberikan penjelasan mengenai keahliannya di hadapan para anak.  

3. Field trip atau karyawisata, dalam kegiatan ini juga bisa di terapkan pada siswa kelas rendahsiswa keluar kelas untuk mempelajari obyek tertentu sebagai bagian integral dari kegiatan kurikuler di sekolah. Sebelum karyawisata dilaksanakan, terlebih dahulu direncanakan objek yang akan dipelajari, cara mempelajarinya, dan kapan sebaiknya dipelajari.objek karyawisata harus sesuai dengan bahan pengajaran, misalnya museum untuk pelajaran sejarah, kebun binatang untuk pelajaran biologi dan sebagainya. Karyawisata selain untuk kegiatan belajar juga untuk rekreasi yang mengandung nilai edukatif. , tetapi harus dengan pengawasan orangtua agar, nantinya tidak ada terjadi sesuatu yg tidak diinginkan, yang tidak sesuai dengan rencana pembelajarab. 

Nah untuk Pembelajaran² lingkungan yang dapat dilakukan sebag bberikut

-Pembelajaran² yang dapat dilakukan di alam misalnya mengenai perubahan siang dan malam, suhu udara pagi dan siang hari, hujan dan panas. Masalah kerusakan lingkungan dan penyebabnya dapat juga dipelajari oleh siswa. Seperti erosi, hutan gundul, pencemaran udara, udara, tanah, dan lain sebagainya. Cara mempelajarinya harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa SD. 

-Pembelajaran² yang dapat dilakukan di lingkungan sosial misalnya siswa mengajar untuk mengenal adat istiadat dan kebiasaan yang ada dilingkungan sekitar atau dilingkungan sekitar tempat tinggal siswa dan juga bisa dengan mengenal jenis-jenis mata pencaharian masyarakat di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Dalam pembelajaran lingkungan sosial bisa dimulai dari lingkungan yang paling atau paling dekat dengan siswa. 

-Pembelajaran² Lingkungan buatan ini terdiri dari irigasi atau pengairan, bendungan, pertamanan, kebun binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit tenaga listrik. Pembelajaran yang dapat dilakukan di lingkungan budaya atau buatan manusia sekolah bagaimana proses, pemanfaatan, dan fungsi dari irigasi. Siswa juga belajar dapat mengetahui tentang manfaat dan fungsi dari penghijauan, mengenal jenis-jenis yang ada di kebun binatang.

 

Nah dengan keadaan pandemi yang terjadi seperti sekarang ini untuk membawa anak langsung terjun kelingkungan yang seperti kebun binatang, taman, bedungan, pengairan, dan temp lain yang memungkinkan interaksi degan lingkungan dengan banyak oranf sangat tidak memungkinkan, jadi pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan bisa di pelajari menggunakan video-video dari youtube sebagai acuan untuk belajar tentang lingkungan meskipun tidak bisa terjun langsung ke lingkunga sekitar 

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Vera Wati -

Nama: Verawati

Npm: 1913053128

Izin bertanya dalam ppt terdapat jenis jenis lingkungan sebagai sumber belajar. Berikan contoh pembelajaran yang seperti apa yang dilakukan di lingkungan Alam, sosial, dan budaya. Terima kasih

In reply to Vera Wati

Re: FORUM DISKUSI 4

by Erisa Puspa Dewi -

Nama : Erisa Puspa Dewi

NPM : 1913053133

Izin menjawab pertanyaan dari Verawati, 

Pembelajaran yang dapat dilakukan di alam misalnya mengenai terjadinya perubahan siang dan malam, suhu udara pagi dan siang hari, hujan dan panas. Masalah kerusakan lingkungan dan penyebabnya dapat juga dipelajari oleh siswa. Seperti erosi, hutan gundul, pencemaran air, udara, tanah, dan sebagainya. Cara mempelajarinya harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa SD. 

Pembelajaran yang dapat dilakukan di lingkungan sosial misalnya siswa diajarkan untuk mengenal adat istiadat dan kebiasaan yang ada dilingkungan sekitar ataupun dilingkungan sekitar tempat tinggal siswa dan juga bisa dengan mengenal jenis-jenis mata pencaharian masyarakat di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Dalam pembelajaran lingkungan sosial bisa dimulai dari lingkungan yang terkecil atau paling dekat dengan siswa. 

Lingkungan buatan ini terdiri dari irigasi atau pengairan, bendungan, pertamanan, kebun binatang, perkebunan, penghijauan, dan pembangkit tenaga listrik. Pembelajaran yang dapat dilakukan di lingkungan budaya atau buatan misalnya siswa diajarkan bagaimana proses, pemanfaatan, dan fungsi dari irigasi. Siswa juga mempelajari dapat mempelajari tentang manfaat dan fungsi dari penghijauan, mengenal jenis-jenis yang ada di kebun binatang.

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Gde Satya Yudhatama -

Nama : Gde Satya Yudhatama

NPM : 1913053129

Izin bertanya, menurut kelompok kalian, lingkungan seperti apa yang efektif dan bagus sebagai sumber pembelajaran?

In reply to Gde Satya Yudhatama

Re: FORUM DISKUSI 4

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

Izin menjawab pertanyaan dari Gde. kita dapat memilih berbagai benda yang terdapat di lingkungan untuk kita jadikan sebagai sumber belajar bagi siswa di sekolah. Bentuk dan jenis lingkungan ini bermacam macam, misalnya: sawah, hutan, pabrik, lahan pertanian, gunung, danau, peninggalan sejarah, musium, dan sebagainya. Sumber belajar di lingkungan juga bisa berupa benda-benda sederhana yang dapat dibawa ke ruang kelas, misalnya: batuan, tumbuhan-tumbuhan, binatang, peralatan rumah tangga, hasil kerajinan, dan banyak lagi contoh yang lain. Semua benda itu dapat kita kumpulkan dari sekitar kita dan dapat kita gunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Farisa Nur Aini -

Nama: Farisa Nur Aini

Npm: 1913053024

Izin bertanya

Kendala apa saja yang dapat terjadi dan dialami guru maupun siswa sd saat menggunakan lingkungan sebagai media dan sumber belajar?lalu bagaimana cara mengatasi kendala tersebut

In reply to Farisa Nur Aini

Re: FORUM DISKUSI 4

by Intannia Putri -

Nama : Intannia Putri

Npm : 1913053084

Absen : 16 

Izin menjawab pertanyaan saudari farisa jadi kendalanya yaitu pertama biaya masalah biaya dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media lingkungan sangat diperlukan apabila objek atau sitis sejarah yang akan dikunjungi dipelajari jaraknya jauh. Sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit hal ini akan memberatkan siswa dan orang tua siswa. Solusinya yaitu guru pengajar memberitahukan kepada siswa orang tua tentang maksud mengadakan kegiatan tersebut sejak awal semester melalui rapat komite sekolah dengan demikian siswa atau orang tua akan menyiapkan diri dari segi keuangan yang kedua itu pelaksanaan waktu pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan untuk pelajaran sejarah harus dipertimbangkan secara sungguh-sungguh agar tidak mengganggu kegiatan pembelajaran lain yang telah disediakan oleh sekolah. 

Solusinya yaitu menggunakan hari libur atau hari minggu untuk mengadakan kegiatan dengan catatan objek sejarah yang akan dikunjungi tidak jauh ada juga apabila objek sejarah jaraknya jauh, waktu yang dirasa tepat adalah akhir semesteran. 

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Farisa Nur Aini -

Terimakasih pemateri atas jawabannya, jadi kesimpulannya kendala yang dihadapi adalah masalah biaya.

Namun saya ingin menanggapi kembali, ada juga lingkungan pembelajaran yang tidak memerlukan biaya seperti memanfaatkan lingkungan sekolah yaitu perpustakaan, halaman sekolah dll, lalu kendala apa yang dihadapi  guru dan siswa jika menggunakan lingkungan seperti itu?

In reply to Farisa Nur Aini

Re: FORUM DISKUSI 4

by Shintia Sasmia -

Nama : Shintia Sasmia

No Absen : 26

Npm : 1913053013

Kelompok : 2

 

Izin menambahkan jawaban terkait pertanyaan Farisa Nur Aini,

Menurut saya kendalanya situasi dan kondisi lingkungan yang mudah berubah-ubah. Cara mengatasinya yaitu guru terlebih dahulu melakukan survei ke tempat yang akan digunakan sebagai sumber belajar. Survei dilakukan H-7, H-2, dan hari H sebelum kegiatan dimulai. Hal tersebut bertujuan untuk melihan kondisi dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dalam pembelajaran nantinya

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Devi Kusuma Wati -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh nama Devi Kusumawati NPM 1 9 1 3 0 5 3 0 9 9 nomor absen 7 izin bertanya Menurut kalian kegiatan apa saja yang dapat dilakukan pada pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang diberikan pada kelas rendah Tolong berikan contohnya terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: FORUM DISKUSI 4

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Devi. Kegiatan yang dapat dilakukan terhadap lingkungan sebagai sumber belajar dikelas rendah yaitu dengan mengajak siswa untuk mengamati bagaimana keadaan lingkungan sekitarnya, misalnya saja siswa diminta untuk mengamati tumbuhan apa yang ada disekitar mereka, atau siswa mengamati bagaimana cara untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Mengajak siswa untuk melakukan pemilihan perangkat kelas, bekerja bakti dan sebagainya. Sehingga siswa dapat melihat, mengamati, belajar dan meniru apa yang terjadi di lingkungan nya namun tentu saja peran guru maupun orang tua diperlukan agar siswa tersebut dapat meniru hal yang positif dan tidak meniru hal yang negatif

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: FORUM DISKUSI 4

by Gde Satya Yudhatama -

Nama : Gde  Satya Yudhatama

NPM : 1913053129

Izin menambahkan jawaban kelompok 3 terkait pertanyaan dari saudari Devi, menurut Saya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik kelas rendah bisa dilakukan oleh seorang pendidik dengan mengajak peserta didik untuk melakukan cocok tanam dilingkungan sekitar sekolah.Bisa dengan menanam bunga, buah-buahan maupun pohon yang sekiranya tidak membahayakan lingkungan sekolah jika sudah tumbuh besar namun tetap mempunyai manfaat.Kemudian di sela-sela kegiatan seorang pendidik bisa memberikan pengetahuan dan penjelasan terkait kegiatan cocok tanam yang sedang dilakukan.Jadi dengan kegiatan jni,peserta didik kelas rendah diharapkan mampu mengetahui pentingnya bercocok tanam untuk lingkungan.

Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, terimakasih.

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: FORUM DISKUSI 4

by Alfiza Fauziah -

Nama : Alfiza Fauziah

NPM : 1913053107

No. Absen : 2

Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudari Devi kusuma wati

Kegiatan  yang dilakukan pada pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada kelas rendah yaitu :

Siswa diajak untuk mempelajari keadaan sebenarnya di luar kelas dengan mengharapkan para siswa kepada lingkungan yang aktual untuk dipelajari, diamati dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar contohnya seperti pendidik menyuruh siswa untuk mempelajari dan mengamati tumbuhan yang ada disekitar mereka. Cara ini lebih bermakna disebabkan para siswa dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami, sehingga lebih nyata, lebih faktual dan kebenarannya lebih dapat dipertanggung jawabkan. Belajar dengan menggunakan lingkungan memungkinkan siswa menemukan hungan yang sangat bermakna antara ide-ide abstrak dan penerapan praktis di dalam konteks dunia nyata, konsep dipahami melalui proses penemuan, pemberdayaan dan hubungan.

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Khofifa Dwi Nurmala -

Nama : Khofifa Dwi Nurmala 

Npm : 1913053062 

No Absen : 18 

Izin bertanya bagaimana implementasi lingkungan sebagai sumber dan media belajar bagi peserta didik? berikan contoh implementasi seperti belajar di sekolah sebagai tenaga pendidik dan peserta didik

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Rani Khoerul Hidayah -

Nama : Rani Khoerul Hidayah 

NPM : 1913053081 

No absen : 24 

IziI bertanya, mengenai teknik penggunaan lingkuling sebagai sumber belajar, alakap ada kiat - kiat atau metode khusus agar tujuan dari pembelajaran tercapai secara efektef ? 

In reply to Intannia Putri

Re: FORUM DISKUSI 4

by Amalya Nur Fadhilah -

Nama:Amalya Nur Fadhilah (1913053001)

No. Absen:03

Izin bertanya, bagaimana cara mengatasi menurut kelompok kalian untuk suatu daerah terpencil/pedesaan  yang kurang fasilitas dan sarana pendidikan untuk peran lingkungan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar,jika kita sebagai pendidik di suatu daerah tersebut bagimana kita menerapkan proses belajarnya ?

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 4

by ari puspita -

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. nama : ari puspita kelas : semester 3 E npm : 1913053109 absen : 5 izin bertanya,pada materi kalian lingkungan sebagai sumber dan media belajar, namun pada pandemi seperti sekarang ini banyak daerah yang melakukan psbb dan menghambat peserta didik untuk melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. pada konteks tersebut bagaimanakah peran lingkungan sebagai sumber dan media belajar ?

In reply to ari puspita

Re: FORUM DISKUSI 4

by Ilham Ilham Ramadhan -

Peran lingkungan sebagai media sumber belajar tetap sama namun dalam cara belajar sedikit berbeda,siswa masih dapat menggunakan lingkungan sebagai sumber dan media belajar dengan cara mengamati masalah yang ada dilingkungan seperti misalnya psbb siswa dapat mencara tahu knpa harus dilakukan psbb dan apa fungsinya dilakukan psbb dalam hal tersebut walaupun dalam kondisi psbb siswa masih dapat menggunakan lingkungan sebagai media dan sumber belajar tanpa interaksi dimasa psbb.

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 4

by Intannia Putri -

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah bertanya kami akan menawab pertanyaan dari

1. Ari puspita

2. Shintia sasmia

3. Verawati

4. Gde satya

5. Farisa 

6. Devi kusuma

Silahkan bagi yang lain bisa menjawab dan menambah serta menyanggah pertanyaan yang sudah kami jawab nantinya

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 4

by Intannia Putri -

Terima kasih kepada teman teman yang sudah berpartisipasi dalam berdiskusi ini dan terimakasih kepada bapak Dr. Alben Ambarita.  M. Pd dan ibu Fadhilah Khai Rani, S. Pd. M. Pd,. Selalu dosen pengampu saya selalu moderator mohon maaf jika dalam berjalan diskusi ini banyak kekurangan dan kesalahan saya akhiri w assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang