Forum Diskusi 1

Forum Diskusi 1

Number of replies: 84

diskusi.jpg

 

Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.

Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.

Selamat melakukan Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi, 

 

Segala puji bagi Allah SWT. yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam forum online di pagi hari ini dalam keadaan sehat. Tidak lupa Sholawat serta salam kita sanjungkan kepada Baginda Rasullulah Saw yang kita nantikan syafaatnya kelak di yaumil akhir. Aamiin. 

YTH. Bapak Dr. Alben Ambarita, M. Pd. Selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. 

YTH. Ibu Fadhilah Khairani, S. Pd, M. Pd. Selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. 

Serta rekan-rekan yang kami sayangi. 

 

Kami dari kelompok 1 semester 3E yang beranggotakan:

1. Dini Indah Nur'aini (Moderator) 1913053120

2. Farisa Nur Aini ( Pemateri) 1913053024

3. Khofifa Dwi Nurmala (Pemateri) 1913053062

4. Lulu Nafisa Sani (Notulen) 1913053035

5. Meriska Dwi Setianingsih (Pemateri) 1913053115

 

Saya selaku moderator akan memimpin jalannya diskusi sesuai dengan materi yang akan kami sampaikan yaitu tentang KONSER DASAR MEDIA DAN SUMBER BELAJAR. Untuk itu saya selaku moderator akan menyampaikan tata tertib diskusi. 

1. Peserta diskusi silahkan membaca dan memahami materi selama 15 menit

2. Kemudian, kami membuka 2 termin pertanyaan dimana 1 termin berisi 3 penanya. Total 6 penanya. 

3. Pertanyaan yang akan dijawab kelompok kami adalah 6 teratas. 

4. Peserta diskusi boleh menyanggah dan menambahkan setelah dipersilahkan moderator. 

5. Mohon partisipasinya. 

 

SELAMAT BERDISKUSI

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Helvara Oktariyani -

Assalamualaikum

Nama : Helvara Oktariyani

Npm : 1913053114

Absen : 14 

 izin bertanya kepada kelompok 1 seperti yang kita ketahui bahwasannya pada masa pandemi seperti sekarang ini dalam proses belajar-mengajar sangat tidak memungkinkan untuk pembelajaran tatap muka untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang ingin saya tanyakan Bagaimana pengaplikasian penggunaan media dan sumber belajar ketika Siswa belajar di rumah masing-masing sedangkan masih banyak sekali siswa yang bertempat tinggal di daerah pelosok tidak ada signal dan tidak ada gadget untuk mendukung dalam proses belajar dan juga orang tua siswa tidak bisa membantu dalam proses belajar mengajar karena berpendidikan rendaha tau bahkan tidak pernah bersekolah sama sekali, tolong berikan solusi menurut kelompok kalin, terima kasih

In reply to Helvara Oktariyani

Re: Forum Diskusi 1

by Meriska Dwi Setianingsih -

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa diperbolehkan nya kegiatan belajar tatap muka, pada daerah zona kuning dan hijau dengan persyaratan dan sesuai protokol kesehatan. Dan daerah yang terpelosok adalah zona kuning dan hijau. Proses kegiatan belajar mengajar tidak seperti biasanya yaitu lebih dipersingkat waktu dan tidak tidak diperbolehkan terjadinya kerumunan maka dari itu proses kegiatan belajar-mengajar dibuat menjadi sistem shift. Sehingga proses kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilaksanakan walau tidak seefektif kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. Paling tidak Hal ini dapat lebih membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar. kemudian aplikasian penggunaan media dan sumber belajar ketika Siswa belajar di rumah masing-masing dilakukan dengan cara memberikan tugas yang sewajarnya dengan porsi yang sesuai agar siswa tetap belajar dan dan murid diperbolehkan membawa buku materi untuk belajar dirumah dan guru akan menjelaskan materinya secara ringkas pada saat pembelajaran tatap muka.

In reply to Meriska Dwi Setianingsih

Re: Forum Diskusi 1

by Asvyatul Mukaromah -

Nama : Asvyatul Mukaromah

NPM : 1913053073

 

Izin menambahkan. Saya setuju dengan pendapat saudari Meriska terkait dengan pertanyaan saudari Helvara. Namun jika boleh saya akan berpendapat dari sudut pandang lain. Menurut saya, konflik masyarakat di bidang pendidikan yang sudah saudari Helvara paparkan tersebut sudah seharusnya menjadi kewajiban kita sebagai mahasiswa mahasiswi yang didapuk menjadi agen perubahan. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu cara yang bisa ditawarkan adalah, dibentuknya komunitas volunteer yang bertujuan untuk menggantikan peran guru disekolah dalam circle kecil agar protokol kesehatan dapat menjadi prioritas bersama. Turun di lingkungan sekitar membantu para orang tua yang kesulitan dalam membimbing anaknya. Terkait dengan keterbatasan akses internet di daerah terpencil, bisa kita siasati dengan menjadikan diri kita sebagai pengganti internet tersebut, artinya kitalah yang berperan penuh dalam proses pembelajaran mereka. Terima kasih mohon maaf atas kekelurangnya 

In reply to Helvara Oktariyani

Re: Forum Diskusi 1

by Gde Satya Yudhatama -

Nama : Gde Satya Yudhatama

NPM : 1913053129

Izin menambahkan jawaban kelompok 1 terkait pertanyaan dari saudari Helvara, menurut Saya untuk mengatasi masalah pembelajaran daring atau online yang dihadapi siswa dan untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan dalam situasi pandemi covid-19 saat ini,yang kebanyakan sistem pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing menggunakan teknologi, seperti ponsel,laptop, dll. Yaitu:

1.Jika mengalami susah signal => Kepala desa atau pemerintah desa maupun guru yang ada di sekolah terdekat bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah kota,supaya bisa mengalokasikan dana untuk membeli wifi atau sambungan internet lainnya yang signal ataupun jaringannya stabil, sehingga Siswa dapat dengan mudah mengakses internet.

2.Jika Siswa tidak mempunyai gadget => Kita sebagai seorang pendidik bisa membentuk kelompok belajar untuk Siswa,jadi di kelompok belajar tersebut beranggotakan siswa yang rumahnya saling berdekatan atau setidaknya tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lainnya.Di kelompok belajar tersebut harus ada siswa yang mempunyai ponsel android, setidaknya satu.Lalu untuk tugas sekolah ataupun pembelajaran yang diberikan guru bisa di bagi melalui siswa yang mempunyai ponsel yang kemudian akan di infokan kepada teman-teman sekelompok nya.

3.Jika orang tua tidak bisa membantu dalam proses pembelajaran => sebagai pendidik kita bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk membuat suatu komunitas relawan yang beranggotakan manusia-manusia terdidik dalam dunia pendidikan,Jadi Kita bisa mencari lulusan/tamatan sekolah yang belum mendapat kerja.Tujuan dari dibentuknya komunitas relawan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa yang memang sangat sulit dalam mendapatkan pengetahuan dan pengajaran dari orang sekitarnya.Dan yang pasti untuk menerapkan langkah ini,Kita harus mengikuti protokol kesehatan yang ada dengan maksimal.

Terimakasih,jika ada kesalahan mohon dikoreksi.

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Vera Wati -

Nama: Verawati

No. Absen: 30

Npm: 1913053128

 

Assalamualaikum wr wb

Izin bertanya dalam media belajar terdapat beberapa point tentang pentingnya media pembelajaran dalam belajar, yang ingin saya tanyakan menurut kalian bagaimana cara kita sebagai calon pendidik jika mengajar di daerah terpencil yg sulit mendpatkan pasokan media pembelajaran berupa buku ataupun sulit mendapatkan jaringan internet

In reply to Vera Wati

Re: Forum Diskusi 1

by Meriska Dwi Setianingsih -

Cara kita sebagai calon pendidik jika mengajar di daerah terpencil Yaitu dengan berkreasi memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita yang bisa digunakan menjadi media belajar. Contohnya dengan cara pembuatan media dari kardus bekas yang dibuat membentuk seperti segitiga lingkaran segi empat dan yang lainnya dalam dalam pembelajaran matematika yang dipergunakan untuk menjelaskan setiap kompetensi dasar yang akan diajarkan oleh guru.

In reply to Meriska Dwi Setianingsih

Re: Forum Diskusi 1

by Lulu Nafisa Sani -

Nama : Lulu Nafisa Sani

Npm : 1913053035

Absen : 19

Saya sependapat dengan saudari meriska, jadi kita bisa memanfaatkan barang-barang, benda atau alat yang ada disekitar kita yang berkaitan dengan materi pembelajaran untuk penunjang kegiatan belajar mengajar, dalam kondisi keterbatasan.

In reply to Vera Wati

Re: Forum Diskusi 1

by Sekar Wulan Sari -

Nama : Sekar Wulan Sari

No ab : 25

Npm : 1913053080

Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudara vera,

Tuntutan mengajar seorang guru di daerah terpencil lebih berat bila dibandingkan tuntutan guru yang mengajar di daerah perkotaan hambatan ini dipicu oleh masalah minimnya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran di daerah terpencil Oleh karena itu salah satu cara guru mengajar di daerah terpencil Yaitu dengan metode Pakem dalam metode Pakem itu mulai terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat murid aktif bertanya mempertanyakan dan mengemukakan gagasan guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik menyenangkan dan cocok bagi murid

 

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Devi Kusuma Wati -

Nama Devi Kusuma Wati

Npm 1913053099

Absen 7

 

Saya ingin bertanya bagaimana saran yang dapat diberikan bila guru harus memberikan pengajaran melalui media pembelajarn di sekolah yang kurang memadahi dalam sarana dan prasarana? 

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Baik Saudari Devi terimakasih atas pertanyaan nya. 

Disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari Saudari Devi. 

 

Jika di suatu sekolah mengalami kendala dalam pembelajaran berbasis media dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang memadai dapat dilakukan pembelajaran bergilir dengan menggunakan laptop guru atas persetujuan guru yang bersangkutan. Misal ada 10 laptop yang terkumpul, maka dilakukan pembelajaran oleh 10siswa dalam waktu 30 menit setiap sesinya. Karena keterbatasan sarpras dan waktu maka bisa dilakukan untuk kelas 5 dan 6 saja untuk di SD.

Selain itu, bisa juga dana bos kita alihkan untuk pembelian LCD Proyektor untuk mendukung pembelajaran, misal setiap sekolah memiliki 2-3 saja LCD sudah bisa kita atur waktu penggunaan nya untuk setiap kelas sesuai dengan jadwal pelajaran komputer terlebih dahulu. 

Selain itu Pemerintah juga sudah memberikan anggaran terkait pelengkapan sarpras untuk sekolah-sekolah. Namun, semua akan terlaksana jika anggaran tersebut bisa dikelola dengan baik oleh pihak sekolah dan sangat dibutuhkan orang yang bijak. 

 

Pada saat pandemi seperti ini, kita juga bisa memanfaatkan pengembangan Media melalui teknologi komunikasi yang hampir seluruh anak memiliki nya yaitu handphone. 

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: Forum Diskusi 1

by Shintia Sasmia -

Nama ; shintia Sasmia

Npm : 1913053013

No Absen : 26

Izin menambahkan jawaban Dini terkait pertanyaan dari Devi Kusuma Wati. Selain yang disebutkan Dini tadi kita juga bisa menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan kondisi alam di lingkungan sekitar sekolah, seperti saat menjelaskan bagian-bagian bunga guru dapat memanfaatkan tanaman bunga yang ada di halaman sekolah, dan juga kita sebagai guru dapat mengajak peserta didik untuk membuat media praktek dalam pembelajaran dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti dalam pembelajaran  sifat-sifat cahaya (Sifat Cahaya merambat lurus) itu bisa menggunakan alat praktik seperti senter karton yang sudah di lubangi tengahnya

In reply to Devi Kusuma Wati

Re: Forum Diskusi 1

by Sekar Wulan Sari -

Nama : Sekar Wulan Sari

No ab : 25

Npm : 1913053080

Izin menambahkan Jawaban dari pertanyaan saudari Devi,

Di sini guru harus mempunyai sikap kreatif ditunjukkan dengan kemampuan melihat masalah mencari ide dan gagasan dalam pembelajaran keterampilan sehingga dengan keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah tidak menghambat proses belajar dan pembelajaran dan pelajaran dapat diterima siswa tetap dapat berlangsung dan dipahami oleh

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Amalya Nur Fadhilah -

Nama:Amalya Nur Fadhilah 

Npm:1913053001

No. Absen :03

Izin bertanya bagaimana menerapkan suatu media belajar pada suatu desa terpencil yang masih kurangnya fasilitas sarana-prasarana baik secara fisik.dan non fisik dalam proses KBM?

In reply to Amalya Nur Fadhilah

Re: Forum Diskusi 1

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No absen: 01

Izin menjawab, menurut saya media belajar yang digunakan untuk sekolah yang berada di daerah yang sarana dan prasarana nya kurang memadai adalah dengan memanfaatkan media belajar yang tersedia di sekolah tersebut, misalnya dengan memanfaatkan buku paket atau buku latihan siswa, tentu saja apabila kita mengetahui sekolah tersebut kekurangan sarana dan prasarana sebagai calon tenaga pendidik kita harus mengambil inisiatif bagaimana caranya agar siswa di sekolah tersebut dapat menerima pelajaran dengan baik, misalnya kita menjelaskan materi tentang tumbuhan lalu kita berikan pertanyaan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang tumbuhan dan sebagainya sehingga siswa di sekolah tersebut tetap memiliki semangat belajar dan memiliki pengetahuan yang dibutuhkan

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Baiklah, untuk selanjutnya saya buka sesi tanya jawab. 

Bagi rekan-rekan yang ingin bertanya saya persilahkan. 

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

Npm: 1953053001

Izin bertanya media belajar secara umum bertujuan untuk memudahkan interaksi antara guru dengan siswa, namun jika Media belajar tersebut tidak membantu antara siswa dan guru atau tidak membantu saat berinteraksi antara guru dan siswa, apa solusi yang dapat diberikan kalian berikan?

In reply to Aesti Meilandari

Re: Forum Diskusi 1

by Khofifa Dwi Nurmala -

Nama : Khofifa Dwi Nurmala

Npm : 1913053062 

No Absen : 18 

Izin menjawab pertanyaan aesti media belajar dan sumber belajaran berfungsi untuk memudahkan siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran apabila siswa dan guru mengalam kesulitan dalam suatu media pembelajaran maka guru dapat mengubah media atau sumber pembelajaran untuk diperbaiki atau di perbarui agar memudahkan guru dalam mencapai tujuan pemebelajaran kepada siswa. 

 

In reply to Khofifa Dwi Nurmala

Re: Forum Diskusi 1

by Aesti Meilandari -

Jadi menurut kelompok kalian apabila media belajar tersebut tidak membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran maka yang harus dilakukan adalah mengganti media belajar dan sumber belajar tersebut

In reply to Aesti Meilandari

Re: Forum Diskusi 1

by Khofifa Dwi Nurmala -

Diperbaiki terlebih dahulu media atau sumber belajar yang di gunakan dalam pembelajaran aes apakah masih cocok digunakan untuk menyampaikan materi apabila sudah tidak bisa diperbaiki maka di perbarui media dan sumber belajar yang tidak mempersulit guru dan siswa dalam proses pemebelajaran.

In reply to Aesti Meilandari

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Izin menjawab Saudari Aesti, 

Jadi untuk Media dan sumber belajar tersebut bisa kita upayakan terlebih dahulu, namun jika masih terkesan tidak efisien kita bisa mengganti Media pembelajarannya saja, dan untuk sumber belajar tetap bisa kita laksanakan. 

Untuk jalan keluar nya bisa kita ganti dari yang berbasis Media menjadi alat peraga ataupun yang lainnya. 

Terimakasih. 

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Tiara Andini -

Nama: Tiara Andini

Absen: 28

Apa saja peran guru dalam pengembangan media dan sumber belajar pada masa pandemi saat ini??

In reply to Tiara Andini

Re: Forum Diskusi 1

by Lulu Nafisa Sani -

Nama : Lulu Nafisa Sani

Npm : 1913053035

Absen : 19

Izin menjawab pertanyaan dari Tiara Andini, peran guru dalam pengembangan media dan sumber belajar yaitu dengan menyesuaikan keadaan pada saat ini dengan cara mengubah target capaian dan metode pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media bila memungkinkan, yang pertama secara online guru menggunakan aplikasi YouTube, video atau aplikasi lain untuk penunjang pembelajara. Yang kedua bisa memanfaatkan alat-alat yang ada dilingkungan tempat tinggal untuk penunjang pembelajaran.

Pembelajaran menggunakan sumber belajar, bila memungkinkan yang pertama bisa memanggil orang tua wali murid untuk kesekolah, yaitu memberikan buku pelajaran/sumber belajar, yang kedua bisa secara onlin yaitu membagikan materi pembelajaran.

Sekian jawaban dari saya, terimakasih.

In reply to Tiara Andini

Re: Forum Diskusi 1

by Alfiza Fauziah -

Assalamualaikum

Nama : Alfiza Fauziah

No.absen : 2

Npm : 1913053107

Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan tiara andini

Dalam situasi pandemi saat ini peran guru tetap sebagai motivator, dimana guru tetap memberikan materi atau penugasan terhadap siswa melalui media sumber belajar disertai dengan motivasi pada siswa untuk tetap semangat dalam belajar pada saat pandemi, peran guru sebagai pentransfer ilmu tentunya tidak tergantikan mengingat bahwa teknologi hanya sebagai media dan sumber belajar secara daring adalah metode pembelajarannya serta siswa tentunya tetap bisa bertanya jika ada yang kurang dipahami dari materi yang disampaikan kepada guru melalui media belajar yang digunakan.

In reply to Tiara Andini

Re: Forum Diskusi 1

by Erisa Puspa Dewi -

Nama : Erisa Puspa Dewi

NPM : 1913053133

Absen : 11

Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan Tiara Andini, perannya yaitu dalam pembelajaran online guru harus mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak didik melalui lokasi yang jauh dan berbeda-beda. Maka itu guru perlu memiliki visi yang jelas dalam pembelajaran dan mampu menjalin ikatan batin. Sehingga guru berperan juga sebagai motivator, fasilitator, dan komunikator. Guru juga dapat menyampaikan pesan kepada anak didik agar menjadi tangguh terutama dalam masa pandemi. Sebab penyebaran covid-19 memberikan pengaruh besar terhadap fisik dan mental semua individu termasuk anak. Sehingga anak perlu diberikan motivasi untuk beradaptasi dengan hal-hal baru terkait dengan upaya pencegahan penularan corona virus.

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Masrofah Masrofah -

Nama: Masrofah 

Npm: 1913053019

Izin bertanya jika kita seorang pendidik dalam kegiatan belajar mengajar dikelas hanya menggunakan salah satu diantara media belajar  dan sumber belajar apakah itu akan mempengaruhi siswa dalam berhasil atau tidak memahami materi belajar 

Terima kasih.

In reply to Masrofah Masrofah

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Iya tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, misalnya guru hanya menggunakan sumber belajar berupa buku cetak dalam pelajaran maka belajarnya tidak begitu efektif karena siswa cenderung bosan jika membaca buku saja dan tentu siswa menjadi kurang paham pesan yang disampaikan gurunya, tetapi jika pembelajaran dibantu juga dengan menggunakan media belajar misalnya berupa gambar atau video maka siswa akan lebih memahami pemahaman pelajaran tersebut sehingga pesan yang disampaikan oleh guru lebih jelas (tidak menimbulkan salah makna) dan tidak terlalu verbalistis serta dapat membangkitkan gairah belajar siswa.

In reply to Farisa Nur Aini

Re: Forum Diskusi 1

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

Npm: 1953053001

Izin menambahkan jawaban untuk pertanyaan dari Masrofa, media belajar memiliki peran penting untuk mendukung proses belajar mengajar, contoh media belajar yakni buku dan video, proses belajar mengajar yang hanya menggunakan buku dapat membuat siswa akan mudah bosan bahkan tak jarang memperhatikan pelajaran sehingga akan lebih baik jika kita tidak hanya menggunakan 1 media belajar, melainkan menggunakan beberapa media belajar seperti menjelaskan materi melalui video animasi kemudian memberikan soal latihan di buku paket dan sebagainya, sehingga siswa dapat menambah pengetahuan dari berbagai sumber serta dapat lebih mudah mengingat materi karena cara penyampaian nya yang menarik melalui video tersebut.

In reply to Farisa Nur Aini

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Maaf sebelumnya izin menyebutkan identitas,Nama:Farisa Nur Aini NPM:1913053024

In reply to Masrofah Masrofah

Re: Forum Diskusi 1

by Kartika Apriani -

Nama: Kartika Apriani

NPM: 1913053100

Izin menambahkan terkait pertanyaan saudari Masrofah,

Menurut saya hal itu sedikit banyak tentunya memberikan pengaruh terhadap berhasil atau tidaknya siswa dalam memahami materi belajar. Karena semakin banyak media dan sumber belajar yang digunakan, tentunya harapannya semakin banyak pula pengetahuan yang diperoleh peserta didik. Namun dalam hal ini tidak boleh sembarangan dalam menentukan media dan sumber belajar yang akan diberikan kepada peserta didik, diperlukan pertimbangan yang tepat untuk menentukannya, agar apa yang kita sampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh peserta didik. Selain itu perlu digarisbawahi juga bahwa tidak selamanya semakin banyak media dan sumber belajar yang digunakan akan memudahkan siswa dalam memahami materi belajar. Bisa jadi karena terlalu banyak media dan sumber belajar yang digunakan, justru akan membuat bingung siswa dalam memahami materi belajar. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pendidik untuk bisa mengetahui media dan sumber belajar yang tepat untuk diberikan kepasa peserta didiknya, agar lebih efektif dalam memudahkan siswa menerima dan memahami materi belajar.

Sekian dari saya, terimakasih.

In reply to Masrofah Masrofah

Re: Forum Diskusi 1

by Shintia Sasmia -

Nama: Shintia sasmia

No Absen : 26

Npm: 1913053013

Izin menambahkan Jawaban Farisa Terkait Pertanyaan Masrofah,

Tentu hal tersebut akan mempengaruhi siswa danhasil belajarnya. Hal tersebut juga dapat menurutkan minat serta motivasi siswa untuk belajar, bisa jadi siswa akan menjadi malas karena pembelajaran yang dia ikuti tidak menarik dan membangkitkan motivasinya. Padahal motivasibelajar sangat perlu kita bangkit kan dari diri peserta didik agar pelajaran menjadi menyenakan karena di jalan kan denga rasa suka bukan menjadi beban siswa.

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by ari puspita -

nama : ari puspita

absen : 5

npm : 1913053109

bagaimana cara kita mengetahui media belajar apa  yang cocok untuk peserta didik, karna seperti yang suda kita ketahui bahwa kemampuan belajar siswa berbeda-beda

In reply to ari puspita

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Nama: Dini Indah Nur'aini

NPM: 1913053120

 

Izin menjawab pertanyaan dari Saudari Ari Puspita, 

Menurut saya cara yang bisa kita ambil dalam menentukan Media pembelajaran yang akan di laksanakan adalah dengan cara melihat mayoritas kesukaan peserta didik.

Misalkan, jika sebagian besar peserta didik suka bermain, maka Media yang kita gunakan adalah permainan, contohnya seperti Bom Soal, Spin atau Roda berputar, Air Laut Udara, dsb. 

Selain itu, jika sebagian peserta didik suka menonton film, maka bisa kita gunakan Media audio, visual ataupun audio visual yang mana dapat menarik minat peserta didik. Namun untuk menggunakan Media ini diperlukan sarpras yang memadai yaitu LCD proyektor, dan ini biasanya digunakan di perkotaan. 

Jenis Media pembelajaran yang sering digunakan adalah Media Serbaneka yaitu berupa papan tulis, Media 3 dimensi atau bangun ruang, realita atau kehidupan sekitar, dan sumber belajar pada masyarakat. Selain Media Serbaneka adapula Media Fotografi misalnya seperti lukisan, foto, surat kabar, peta, dll. 

In reply to ari puspita

Re: Forum Diskusi 1

by Diah Ayu Kumalasari -

Nama : Diah Ayu Kumalasari

NPM : 1913053058

Izin menambahkan, Dalam hal ini guru harus pandai dalam memilih media apa yang yang sesuai untuk digunakan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk itu kita harus memperhatikan beberapa faktor dan kriteria dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran, yakni

1. Faktor tujuan. Pemilihan media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan/ditetapkan

2. Faktor efektivitas. Haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan yang paling sesuai terhadap tujuan pembelajaran

3. Faktor kemampuan guru dan siswa. Haruslah sesuai dengan kemampuan guru dan dapat sesuai dengan pola belajar dan dapat menarik perhatian

4. Faktor ketersediaan media 

In reply to ari puspita

Re: Forum Diskusi 1

by Rani Khoerul Hidayah -

Nama : Rani Khoerul Hidayah 

No. Absen : 24 

Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan ari, 

Saya setuju dengan jawaban saudari dini, kita harus mampu memilih media yang menarik bagi mayoritas peserta didik, selain itu media yang digunakan harus relevan dengan materi yang diajarkan dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik dengan media yang komunikatif sehingga mendorong seluruh peserta didik tertarik pada media yang digunakan  

Terima kasih  

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Vivi Seftiani -

Nama : Vivi Seftiani

Npm : 1913053029

Izin bertanya, bagaimana tanggapan kelompok anda anda ada seorang peserta didik yang tidak dapat menjelaskan dengan baik mengenai pembelajaran walaupun media belajar untuk para peserta didik sudah terpenuhi

In reply to Vivi Seftiani

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Meskipun media belajar sudah ada hal tersebut belum sepenuhnya menjamin keberhasilan siswa dalam belajar.karena bisa jadi media belajar yang sudah ada tersebut kurang tepat bagi siswa dan sebagai seorang guru sebelum memilih media belajar,guru juga harus memahami karakteristik para siswanya sehingga tidak salah dalam memilih dan memanfaatkan media belajar yang ada sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan dapat mencapi tujuan belajar yang telah ditentukan sebelumnya.

In reply to Farisa Nur Aini

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Maaf sebelumnya izin menyebutkan identitas, Nama:Farisa Nur Aini NPM:1913053024

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Rani Khoerul Hidayah -

Assalamualaikum Wr Wb 

Nama : Rani Khoerul Hidayah 

NPM : 1913053081 

No. Absen : 24 

Izin bertanya, apakah ada dampak negatif berkelanjutan dari penggunaan media belajar dalam pembelajaran? 

Jika ada mohon jelaskan. Terima kasih

 

In reply to Rani Khoerul Hidayah

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Sebenarnya media pembelajaran dibuat sebagai alat bantu dalam memperjelas pesan yang disampaikan oleh guru sehingga materi pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Hal ini berarti media pembelajaran ditujukan agar menberikan efek atau dampak yang positif baik bagi guru ataupun siswa itu sendiri. Namun bisa saja media pembelajaran justru menimbulkan dampak yang kurang baik,kemungkinan ini dapat terjadi jika seorang guru tidak tepat atau salah dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakaan dalam proses pembelajaran

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Tizani Rivad Saefunawas -

Nama : Tizani Rivad Saefunawas

NPM : 1923053106

Absen : 29

Izin bertanya, Menurut kalian media pembelajaran apakah yg paling efektif di masa pandemi sekarang ini?

In reply to Tizani Rivad Saefunawas

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Saat pandemi seperti sekarang ini tentu saja pembelajaran menjadi tidak efektif seperti biasanya, namun kita bisa memanfaatkan media pembelajaran berupa televisi, handphone, laptop dan media (online) lainnya dan juga dengan memanfaatkan situs atau aplikasi pembelajaran online seperti ruangguru, zoom, google meet, whatsapp, youtube dan sebagainya. Meskipun banyak hal yang masih menjadi kendala melalui pembelajaran jarak jauh seperti ini, setidaknya hal tersebut masih dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran.

In reply to Farisa Nur Aini

Re: Forum Diskusi 1

by Farisa Nur Aini -

Maaf sebelumnya, izin menyebutkan identitas Nama:Farisa Nur Aini NPM:1913053024

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Nabila Nabila Suryani -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Nabila Suryani

No. Absen: 22

NPM: 1913053005

Izin bertanya tolong jelaskan apakah ada perbedaan peran atau hubungan antara guru dan siswa dengan media dan sumber belajar pada saat pembelajaran daring dan pada saat pembelajaran tatap muka?

Terimakasih 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Baik, karena banyaknya jumlah pertanyaan dan sesuai dengan tata tertib diskusi yang sudah ditetapkan maka pertanyaan yang akan dijawab oleh kelompok kami adalah 6 pertanyaan teratas yang sudah kami sesuaikan dengan waktu. Pertanyaan tersebut berasal dari rekan-rekan kita atas nama:

1. Helvara Oktariyani

2. Verawati

3. Aesti Meilandari

4. Tiara Andini

5. Masrofa

6. Devi Kusuma Wati

 

Untuk pertanyaan yang lain, kami persilahkan kepada rekan-rekan yang lain untuk bisa menjawab.

Dipersilahkan juga untuk rekan-rekan yang ingin menyanggah jawaban dari kelompok kami. 

In reply to First post

Re: Forum Diskusi 1

by Dini Indah Nur'aini -

Dikarenakan waktu sudah menunjukkan pukul 11.40 WIB yang menandakan bahwa perkuliahan kita hari ini telah usai, maka saya Dini Indah Nur'aini selaku moderator meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam memandu diskusi pada hari ini.

Saya pamit undur diri, Selamat siang dan sampai bertemu kembali di pertemuan berikutnya.

Saya akhiri Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

In reply to Dini Indah Nur'aini

Re: Forum Diskusi 1

by Asvyatul Mukaromah -

Wa'alaikimussalam warohmatullahi wabarokatuh. Terima kasih kepada kelompok 1 atas pemaparan materi nya