Pilih salah satu isu pendidikan di Indonesia (misalnya: kesenjangan pendidikan di daerah terpencil, rendahnya kualitas guru, ketimpangan fasilitas sekolah, masalah kurikulum, atau minimnya peran masyarakat).
Lakukan analisis studi kasus dengan struktur sebagai berikut:
-
Pendahuluan: Jelaskan latar belakang masalah dan alasan isu tersebut penting untuk dikaji.
-
Deskripsi kasus: Sajikan fakta atau data singkat (dari artikel, berita, jurnal, atau pengalaman nyata) yang menggambarkan permasalahan.
-
Analisis teori: Kaitkan permasalahan dengan teori Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat). Bagaimana ketiganya saling berinterrelasi dan saling bergantung dalam kasus tersebut?
-
Kritik konstruktif: Analisis kelemahan kebijakan atau praktik yang ada, serta apa dampaknya jika salah satu unsur Tri Pusat tidak berfungsi.
-
Solusi dan inovasi: Tawarkan gagasan atau rekomendasi yang realistis dan kreatif untuk memperkuat sinergi keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan.
Format penulisan:
-
Panjang minimal 3–4 halaman (A4, spasi 1,5, font Times New Roman 12).
-
Gunakan bahasa akademis yang runtut, jelas, dan kritis.
-
Cantumkan sumber referensi jika menggunakan data sekunder.