BAHAN KAJIAN DAN SUB BAHAN KAJIAN

Pertemuan

Bahan Kajian

Sub‑Bahan Kajian

1

Pengenalan Micro Teaching

Definisi, sejarah, tujuan, manfaat (adaptasi dari Stanford: video-review model)

Prinsip & Keterampilan Dasar

8–10 keterampilan mengajar: membuka, menjelaskan, bertanya, variasi, peneguhan, diskusi kecil, manajemen kelas, penutup

2

Desain Modul & Skenario

Struktur modul ajar: tujuan, materi, alur, media, durasi

Perencanaan Micro Teaching

Penyusunan RPP micro teaching

3

Rekam Diri & Penggunaan Media

Teknik perekaman video, etika, teknologi digital

4–5

Praktik Micro Teaching I

Sesi kelompok kecil, implementasi keterampilan dasar

6

Analisis Video & Feedback

Teknik peer review, rubrik, umpan balik konstruktif

7

Refleksi & Revisi

Menulis refleksi, melakukan perbaikan berdasarkan feedback

8-9

Praktik Micro Teaching II

Penerapan perbaikan, siklus mengajar berulang

10-11

Kolaborasi Peer Supervision (Praktik Micro Teaching III)

Pengajaran bergilir & self-evaluation

12

Micro Teaching di Era Digital

Penggunaan platform digital dan feedback real-time

13

Evaluasi & Asesmen

Rubrik pengajaran, asesmen peer & dosen

14-15

Presentasi & Portofolio (Praktik Micro Teaching IV)

Penyajian portofolio: modul, video, refleksi

16

Refleksi Akhir & Tindak Lanjut

Diskusi keseluruhan, hubungan ke praktik lapangan (PLP)


Visible groups: All participants
(There are no discussion topics yet in this forum)