C. PEMETAAN CAPAIAN SUB MATA KULIAH KE DALAM BAHAN KAJIAN

No

Capaian Pembelajaran

Bahan Kajian

1

Mampu mengembangkan konsep, dan  tujuan  ecopedagogi dalam IPS

a)    Konsep ecopedagogy dalam IPS

b)   Tujuan ecopedagogy dalam IPS

2

Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ecopedagogy dalam IPS

a)    Prinsip-prinsip ecopedagogy dalam IPS

3

Mampu mengaplikasikan implikasi pendidikan berbasis ecopedagogy dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan karakter siswa.

Implikasi pendidikan berbasis ecopedagogy dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan karakter siswa.

4

Mampu menganalisis  era revolusi industry 4.0  kaitannya dengan lingkungan dan ekploitasi alam untuk industri, perilaku konsumtif berbasis SDA, pengembangan IPTEK tentang lingkungan

a)        Ecopedagogy dalam perspektif RI 4.0 

           dan society 5.0

b)       Era revolusi industry 4.0  kaitannya 

          dengan lingkungan dan ekploitasi alam 

          untuk industri,

c )       Perilaku konsumtif berbasis SDA,

d)        Pengembangan IPTEK tentang lingkungan

5

Mampu menganalisis pembangunan berkelanjutan dalam konteks Indonesia dan dunia, Gerakan ramah lingkungan/Greenmatric

a)         Pembangunan berkelanjutan dalam konteks Indonesia dan dunia,

b)        Gerakan ramah lingkungan/Greenmatric

6

Mampu mengeksplor kearifan local dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat local

a)         Kearifan local dalam menjaga kelestarian lingkungan

b)         Pemberdayaan masyarakat local

7

Mampu merancang model pembelajaran berbasis ecopedagogy

Merancang model pembelajaran berbasis ekopedagogy

8. General review dan UTS (take home exam)

9

Mampu mengembangkan  ekopedagogy dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal

10-13

Project: Observasi Lapang/virtual terhadap sekolah yang menerapkan ekopedagogy dalam IPS

14

Penyerahan  tugas project

15

Panel Presentasi hasil laporan observasi

16. UAS


Grup terlihat: Semua peserta
(Belum ada topik diskusi pada forum ini)