C. PEMETAAN CAPAIAN SUB MATA KULIAH KE DALAM BAHAN KAJIAN
No |
Capaian Pembelajaran |
Bahan Kajian |
1 |
Mampu mengembangkan konsep, dan tujuan ecopedagogi dalam IPS |
a) Konsep ecopedagogy dalam IPS b) Tujuan ecopedagogy dalam IPS |
2 |
Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ecopedagogy dalam IPS |
a) Prinsip-prinsip ecopedagogy dalam IPS |
3 |
Mampu mengaplikasikan implikasi pendidikan berbasis ecopedagogy dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan karakter siswa. |
Implikasi pendidikan berbasis ecopedagogy dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan karakter siswa. |
4 |
Mampu menganalisis era revolusi industry 4.0 kaitannya dengan lingkungan dan ekploitasi alam untuk industri, perilaku konsumtif berbasis SDA, pengembangan IPTEK tentang lingkungan |
a)
Ecopedagogy dalam perspektif RI 4.0 dan society 5.0 b) Era revolusi industry 4.0 kaitannya dengan lingkungan dan ekploitasi alam untuk industri, c ) Perilaku konsumtif berbasis SDA, d) Pengembangan IPTEK tentang lingkungan |
5 |
Mampu menganalisis pembangunan berkelanjutan dalam konteks Indonesia dan dunia, Gerakan ramah lingkungan/Greenmatric |
a) Pembangunan berkelanjutan dalam konteks Indonesia dan dunia, b) Gerakan ramah lingkungan/Greenmatric |
6 |
Mampu mengeksplor kearifan local dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat local |
a) Kearifan local dalam menjaga kelestarian lingkungan b) Pemberdayaan masyarakat local |
7 |
Mampu merancang model pembelajaran berbasis ecopedagogy |
Merancang model pembelajaran berbasis ekopedagogy |
8. General review dan UTS (take home exam) |
||
9 |
Mampu mengembangkan ekopedagogy dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal |
|
10-13 |
Project: Observasi Lapang/virtual terhadap sekolah yang menerapkan ekopedagogy dalam IPS |
|
14 |
Penyerahan tugas project |
|
15 |
Panel Presentasi hasil laporan observasi |
|
16. UAS |