TUJUAN INSTRUKSIONAL

 pe

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat terbekali dengan pengetahuan teoretis yang kuat dan wawasan  yang luas serta dalam sehingga mereka mampu untuk:

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar dan ruang lingkup ekonomi pembangunan, termasuk perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, serta indikator-indikator pembangunan.
  2. Menganalisis teori-teori pembangunan ekonomi, baik klasik maupun modern, serta implikasinya terhadap kebijakan pembangunan di negara berkembang.

  3. Mengevaluasi permasalahan ekonomi pembangunan, seperti kemiskinan, ketimpangan pendapatan, pengangguran, dan keterbelakangan, dengan pendekatan yang analitis dan berbasis data.

  4. Menilai peran sektor-sektor ekonomi utama (seperti pertanian, industri, pendidikan, dan kesehatan) dalam proses pembangunan ekonomi nasional dan regional.

  5. Mengkaji peran pemerintah, lembaga internasional, dan kebijakan ekonomi makro dalam mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

  6. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan solutif dalam merancang strategi atau kebijakan pembangunan ekonomi yang relevan dengan konteks lokal, nasional, maupun global.

  7. Mengintegrasikan aspek sosial, politik, dan lingkungan dalam analisis pembangunan ekonomi yang berorientasi pada keberlanjutan.

Visible groups: All participants
(There are no discussion topics yet in this forum)