Announcements
Selamat datang di Matakuliah Metodologi Pembelajaran Kimia
Halo, mahasiswa Kelas 3A!
Selamat datang di perkuliahan "Metodologi Pembelajaran Kimia" untuk semester ini. Matakuliah ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 07:30 – 10:00 WIB, secara virtual. Selama pertemuan ini, kita akan membahas berbagai metode dan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep kimia.
Saya sangat berharap partisipasi aktif dari Anda semua selama perkuliahan berlangsung, dan mari kita bersama-sama menjadikan kelas ini interaktif serta bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi pemikiran Anda!
Sampai jumpa di kelas virtual!
I.
DESKRIPSI MATA KULIAH Mata Kuliah ini merupakan kajian kritis teori dan internalisasi konsep
belajar dan pembelajaran yang merupakan dasar teknologi pembelajaran. Ilmu kimia maupun IPA memiliki karakteristik
berhirarki, terstruktur, procedural, maupun gabungan. Ilmu kimia terdiri dari konsep
yang makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Untuk itu strategi pembelajaran
yang perlu dikonstruk diperkuliahan Metodologi Pembelajaran Kimia meliputi
strategi pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk membangun konsep melalui
keterampilan proses sains, kegiatan ilmiah dan berpikir kritis (HOT).
II. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL): Sikap S09 Menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. S10 Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Keterampilan Umum: KU2 Mampu menunjukkan
kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; KU5 Mampu mengambil
keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; III. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) P02 Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur dan pemanfaatan evaluasi.Terampil menggunakan program aplikasi kimia untuk menjelaskan mekanisme reaksi organik
CP Keterampilan Khusus KK5 Meneliti dan menyusun karya ilmiah berdasarkan analisis informasi dan data penelitian serta mengomunikasikannya secara akurat, akuntabel, efektif dan komunikatif. Sumber Bacaan
1. Abdul Majid. (2005). Perencanaan
Pembelajaran. Bandung: Rosda 2. Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. New York:
McGraw-Hill. Ada terjemahan 2 jilid 3. Joyce, B., and Weil, M. 2003. Models
of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Ada terjemahannya. 4. Sunyono, 2020. Model Pembelajaran
Multipel Representasi: Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan (Oroentasi,
Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Penerbit: Graha Ilmu,
Jogjakarta. 5. Slavin, R.E. 2006. Educational
Psychology Theory and Practice (8th ed). Needham Heights: Allyn and Bacon. 6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Pendukug : 7. Bardin, S.D. 2003. Discovery
Learning, (Online), (http://www.discoverylearning). 8. Pienta, N., Cooper, N.M., Greenbowe,
T.J. 2009. Chemists' Guide to Effective Teaching. Pearson Education, Inc.
Prentice Hall. USA. 9. Foster, S., 2009. Methods of Teaching
Chemistry. (First Edition). Global Media. New Delhi. 10. Permendikbud. No. 59 Tahun 2014
tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.