Announcements

Selamat datang di Matakuliah Metodologi Pembelajaran Kimia

Halo, mahasiswa Kelas 3A!

Selamat datang di perkuliahan "Metodologi Pembelajaran Kimia" untuk semester ini. Matakuliah ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 07:30 – 10:00 WIB, secara virtual. Selama pertemuan ini, kita akan membahas berbagai metode dan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep kimia.

Saya sangat berharap partisipasi aktif dari Anda semua selama perkuliahan berlangsung, dan mari kita bersama-sama menjadikan kelas ini interaktif serta bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi pemikiran Anda!

Sampai jumpa di kelas virtual!

I.       DESKRIPSI MATA KULIAH  

Mata Kuliah ini merupakan kajian kritis teori dan internalisasi konsep belajar dan pembelajaran yang merupakan dasar teknologi pembelajaran.  Ilmu kimia maupun IPA memiliki karakteristik berhirarki, terstruktur, procedural, maupun gabungan. Ilmu kimia terdiri dari konsep yang makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Untuk itu strategi pembelajaran yang perlu dikonstruk diperkuliahan Metodologi Pembelajaran Kimia meliputi strategi pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk membangun konsep melalui keterampilan proses sains, kegiatan ilmiah dan berpikir kritis (HOT).

 

II.  Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):

Sikap

S09 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. 

S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Keterampilan Umum:

KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

 III.  Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

P02   Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur dan pemanfaatan evaluasi.Terampil menggunakan program aplikasi kimia untuk menjelaskan mekanisme reaksi organik

CP Keterampilan Khusus

KK5 Meneliti dan menyusun karya ilmiah berdasarkan analisis informasi dan data penelitian serta mengomunikasikannya secara akurat, akuntabel, efektif dan komunikatif.

KK6 Merancang pembelajaran kimia sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, berbasis everyday life fenomena, berdasarkan karakteristik materi, karakteristik siswa dan daya dukung yang ada; dengan metodologi yang konstruktif berbasis keterampilan proses sains, menerapkannya, serta melakukan asesmen secara kreatif di kelas micro dan sekolah

Sumber Bacaan

1.      Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda 

2.      Arends, R.I.  2004. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill. Ada terjemahan 2 jilid 

3.      Joyce, B., and Weil, M. 2003. Models of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Ada terjemahannya.

4.      Sunyono, 2020. Model Pembelajaran Multipel Representasi: Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan (Oroentasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Penerbit: Graha Ilmu, Jogjakarta.

5.      Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice (8th ed). Needham Heights: Allyn and Bacon.

6.      Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan

 

Pendukug :

7.      Bardin, S.D. 2003. Discovery Learning, (Online), (http://www.discoverylearning).

8.      Pienta, N., Cooper, N.M., Greenbowe, T.J. 2009. Chemists' Guide to Effective Teaching. Pearson Education, Inc. Prentice Hall. USA.

9.      Foster, S., 2009. Methods of Teaching Chemistry. (First Edition). Global Media. New Delhi.

10.  Permendikbud. No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.

Permendikbud. No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.


Visible groups: All participants
(No announcements have been posted yet.)