བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
Mata Kuliah Metodologi Pembelajaran Kimia ( 3 SKS ) KKM620105
Kamis, Kelas 3A Pukul 07:30 – 10.00 WIB - 3 SKS Teori, Ruang: Virtual

Dosen (PJ)
Prof. Dr. Sunyono, M.Si.
Pendidikan TKimia FKIP Unila
Email: sunyono.1965@fkip.unila.ac.id
HP/WA : 082181026112
Profil Lengkap
Dosen
Bayu Saputra, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Kimia FKIP Unila
Email: Bayu.saputra1988@fkip.unila.ac.id
HP/WA : 08992290175
Profil Lengkap
Dosen
Ni Putu Rahma Agustina, S.Si., M.Si.P.
Pendidikan Kimia FKIP Unila
Email: rahma@fkip.unila.ac.id
HP/WA : 081379304676
Profil LengkapSelamat datang di Matakuliah Metodologi Pembelajaran Kimia
Halo, mahasiswa Kelas 3A!
Selamat datang di perkuliahan "Metodologi Pembelajaran Kimia" untuk semester ini. Matakuliah ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 07:30 – 10:00 WIB, secara virtual. Selama pertemuan ini, kita akan membahas berbagai metode dan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep kimia.
Saya sangat berharap partisipasi aktif dari Anda semua selama perkuliahan berlangsung, dan mari kita bersama-sama menjadikan kelas ini interaktif serta bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi pemikiran Anda!
Sampai jumpa di kelas virtual!
I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini merupakan kajian kritis teori dan internalisasi konsep belajar dan pembelajaran yang merupakan dasar teknologi pembelajaran. Ilmu kimia maupun IPA memiliki karakteristik berhirarki, terstruktur, procedural, maupun gabungan. Ilmu kimia terdiri dari konsep yang makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Untuk itu strategi pembelajaran yang perlu dikonstruk diperkuliahan Metodologi Pembelajaran Kimia meliputi strategi pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk membangun konsep melalui keterampilan proses sains, kegiatan ilmiah dan berpikir kritis (HOT).
II. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):
Sikap
S09 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum:
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
III. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
P02 Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur dan pemanfaatan evaluasi.Terampil menggunakan program aplikasi kimia untuk menjelaskan mekanisme reaksi organik
CP Keterampilan Khusus
KK5 Meneliti dan menyusun karya ilmiah berdasarkan analisis informasi dan data penelitian serta mengomunikasikannya secara akurat, akuntabel, efektif dan komunikatif.
KK6 Merancang pembelajaran kimia sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, berbasis everyday life fenomena, berdasarkan karakteristik materi, karakteristik siswa dan daya dukung yang ada; dengan metodologi yang konstruktif berbasis keterampilan proses sains, menerapkannya, serta melakukan asesmen secara kreatif di kelas micro dan sekolahSumber Bacaan
1. Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda
2. Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill. Ada terjemahan 2 jilid
3. Joyce, B., and Weil, M. 2003. Models of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Ada terjemahannya.
4. Sunyono, 2020. Model Pembelajaran Multipel Representasi: Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan (Oroentasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Penerbit: Graha Ilmu, Jogjakarta.
5. Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice (8th ed). Needham Heights: Allyn and Bacon.
6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Pendukug :
7. Bardin, S.D. 2003. Discovery Learning, (Online), (http://www.discoverylearning).
8. Pienta, N., Cooper, N.M., Greenbowe, T.J. 2009. Chemists' Guide to Effective Teaching. Pearson Education, Inc. Prentice Hall. USA.
9. Foster, S., 2009. Methods of Teaching Chemistry. (First Edition). Global Media. New Delhi.
10. Permendikbud. No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA.
Permendikbud. No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
22 August - 28 August
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini dapat disusun dengan baik. RPS ini disusun untuk memberikan panduan yang jelas dan sistematis bagi mahasiswa dalam mengikuti Matakuliah "Metodologi Pembelajaran Kimia" selama satu semester ke depan.
Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, serta menerapkan berbagai metodologi pembelajaran yang efektif di bidang kimia. Melalui RPS ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami tujuan pembelajaran, materi yang akan dipelajari, metode pengajaran, serta evaluasi yang akan dilakukan selama perkuliahan berlangsung.
Kami berharap bahwa RPS ini dapat menjadi acuan yang berguna bagi mahasiswa dan dosen dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Semoga upaya bersama ini dapat membawa manfaat dan kemajuan bagi seluruh peserta didik.
Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya ya...
29 August - 4 September
- Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
..
. Setelah Anda mempelajari materi Strategi Dasar Belajar Mengajar, silahkan kerjakan tugas ini dengan baik. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok. Kelompok sudah dibagi secara random oleh sistem. Silahkan dilihat dan PJ nya mendata setiap kelompok yang ada di vclass.
Tugas ini berupa analisis video pembelajaran kimia, Anda diminta untuk menganalisis proses mengajar guru serta respon siswa (lebih lengkapnya, instruksi dapat diunduh dalam file tugas). Berikut adalah video pembelajaran yang perlu anda analisis:
Catatan:
* Tugas ini bisa dikerjakan dan dikumpulkan apabila Anda dan anggota kelompok Anda sudah mengakses Prezi. Jika belum, maka Anda tidak bisa mengumpulkan tugas ini.
* Mohon tepat waktu dalam mengunggah.
*Jangan Lupa mendownload File word Tugasnya atau deskripsi tugas bisa dilihat diakhir Tayangan Prezi.Mahasiswa peserta perkuliahan yang saya sayangi.
Baca dan pahamilah bahan bacaan berupa presentasi perkuliahan pokok bahasan Teori dan Konsep Belajar dan Pembelajaran dengan mengakses link yang ada.
Atau bisa dilakukan dengan men-scan barcode berikut.

Bahan presentasi ini mencakup pembahasan makna belajar, mengajar, dan pembelajaran serta komponen dan peran guru dalam pembelajaran.
Setelah Anda mempelajari ini, Anda diharapkan mampu
- mendefinisikan makna belajar.
- mendefinisikan makna pembelajaran.
- menyebutkan faktor pendukung belajar kimia, serta mampu
- menganalisis peran guru dalam proses pembelajaran.
Jika ada hal-hal yang sulit dipahami, silahkan diskusikan dengan teman.
Nb. Perlu diperhatikan bahwa akses ke presentasi prezi harus menggunakan chrome.
saudara mahasiswa, silahkan unggah hasil tugas bersama kelompok di bagian bawah ini
Kolom diskusi pada materi perkuliahan ini

5 September - 11 September
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
Aapabila ada pertanyaan silahkan gunakan fasilitas diskusi pada bagian ini
Bahan belajar tentang pembelajaran kooperatif
12 September - 18 September
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
Silahkan pelajari buku Strategi Pembelajaran Kimia berikut ini.
Selamat datang, mahasiswa sekalian, dalam tugas analisis pembelajaran yang berfokus pada mata pelajaran Kimia / IPA di sekolah. Tugas ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai proses pembelajaran di lingkungan sekolah, dengan harapan mampu memberikan gambaran nyata tentang bagaimana teori yang kita pelajari di ruang kelas.
Dalam analisis ini, Anda diharapkan untuk melakukan pengamatan, mengenai pelaksanaan pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah. Tinjauan ini mencakup beberapa aspek penting, antara lain:
1. Perencanaan Pembelajaran: Bagaimana perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru? Apakah sudah mencakup tujuan pembelajaran yang jelas dan sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)/ capain pembelajaran dlm kurikulum merdeka?
2. Pelaksanaan Pembelajaran: Analisis terhadap strategi dan model yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi. Apakah pendekatan yang digunakan sesuai dengan karakteristik siswa? Apakah pembelajaran bersifat interaktif dan mendorong pemahaman konseptual yang mendalam?
3. Penilaian Pembelajaran: Bagaimana penilaian dilakukan? Apakah penilaian hanya berfokus pada aspek kognitif, atau juga mencakup keterampilan praktikum dan sikap ilmiah siswa?
4. Penggunaan Media dan Teknologi: Apakah guru memanfaatkan teknologi atau media pembelajaran modern, seperti simulasi kimia, video, atau aplikasi berbasis internet, untuk memperkaya pembelajaran?
5. Penerapan Profil Pelajar Pancasila: Mengamati bagaimana nilai-nilai dalam Profil Pelajar Pancasila diterapkan dalam pembelajaran kimia, baik dalam konteks kolaborasi, pemecahan masalah, maupun tanggung jawab lingkungan. Tema dan topik apa yang dipilih untuk P5, dilakukan secara reguler atau sistem blok.
6. Tanyaka kepada guru hambatan /kendala apa yang dialami selama pembelajaran ?
7. Simpulan Anda secara keseluruhan tentang hasil pengamatan pembelajaran di sekolah ?
8. Foto suasana kelas
Pembelajaran kimia memiliki peranan penting dalam membentuk keterampilan berpikir kritis, analitis, dan solusi ilmiah pada siswa. Dalam tugas ini, analisis Anda diharapkan dapat mengidentifikasi kekuatan dan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Apakah metode yang digunakan sudah tepat? Bagaimana inovasi dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa?
Selamat mengamati dan menganalisis, semoga pengalaman ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perjalanan akademik dan profesional Anda.

Pada pertemuan kali ini, membahasa tetang desain pembelajaran yang meliputi perubahan paradigma pembelajaran di sekolah , silakah masuk ke menu ini untuk mendapatkan materi yang dibahas.
Kelompok 1 : SMA YP Unila
kelompok 2 : SMA YP Unila
kelompok 3 : SMAN 13
kelompok 4 : SMKN 3 Bandar Lampung IPAS
kelompok 5 : SMAN 13
kelompok 6 : SMA YP Unila
kelompok 7 : SMAN 13
kelompok 8 : SMAN 3
19 September - 25 September
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
- Pembelajaran kimia dapat menjadi pengalaman yang memikat dan bermakna jika menggunakan berbagai model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran membantu siswa memahami konsep-konsep kimia dengan cara yang lebih interaktif dan aplikatif. Berikut adalah beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pengajaran kimia: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning, PBL) Deskripsi: Model ini melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata atau situasi yang menantang. Siswa diberi sebuah masalah atau kasus yang berkaitan dengan konsep kimia dan diharapkan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah tersebut secara kolaboratif. Manfaat: Mendorong keterampilan berpikir kritis, penerapan pengetahuan dalam konteks nyata, dan kerja sama tim. Model Pembelajaran Eksperimen (Experiential Learning) Deskripsi: Dalam model ini, siswa belajar melalui pengalaman langsung. Pembelajaran dilakukan dengan melaksanakan eksperimen laboratorium, observasi, dan aktivitas praktikum yang memungkinkan siswa mengamati dan menguji teori kimia secara langsung. Manfaat: Memperkuat pemahaman konsep dengan pengalaman praktis, meningkatkan keterampilan laboratorium, dan menghubungkan teori dengan aplikasi nyata. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Deskripsi: Model ini mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama. Setiap anggota kelompok memiliki peran dan tanggung jawab tertentu dalam menyelesaikan tugas atau proyek yang berkaitan dengan materi kimia. Manfaat: Meningkatkan keterampilan sosial, kerja sama, dan komunikasi, serta memungkinkan siswa saling belajar dari satu sama lain. Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry-Based Learning) Deskripsi: Dalam model inkuiri, siswa diundang untuk menyelidiki dan mengeksplorasi konsep kimia melalui pertanyaan, penelitian, dan eksperimen. Pembelajaran berfokus pada proses pencarian pengetahuan dan pemecahan masalah secara mandiri. Manfaat: Mengembangkan keterampilan penelitian, kreativitas, dan kemampuan untuk merumuskan dan menguji hipotesis. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Deskripsi: Model ini melibatkan siswa dalam proyek jangka panjang yang berkaitan dengan topik kimia. Siswa bekerja untuk merancang, menyelesaikan, dan mempresentasikan proyek yang mengintegrasikan berbagai konsep kimia. Manfaat: Memotivasi siswa dengan tugas yang relevan dan menantang, meningkatkan keterampilan manajerial proyek, dan menyediakan kesempatan untuk belajar secara mendalam. Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Deskripsi: Model ini menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui diskusi, tanya jawab, permainan peran, dan aktivitas interaktif lainnya. Siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam membangun pengetahuan. Manfaat: Meningkatkan pemahaman dan retensi informasi, serta membuat pembelajaran lebih dinamis dan menarik.
- Presentasi diskusi hasil pengamatan di sekolah , unggah file berupa ppt dan word

26 September - 2 October
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
Sebagai materi tambahan pertemuan ke-6 ini, silahkan pelajari pula bagaimana konsep strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dan bagaimana penerapannya. Pada materi sebelumnya Anda telah mempelajari model pembelajaran inkuiri, namun pada materi ini, inkuiri dipandang sebagai strategi. Memang ada beberapa ahli yang menyebutnya sebagai strategi inkuiri, namun sebagian besar para ahli menyebutnya sebagai model pembelajaran inkuiri (MPI).
Hanya saja perlu dipahami bahwa strategi pembelajaran inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang implementasinya menggunakan model inkuiri.Silahkan Anda pelajari bagaimana melaksanakan pembelajaran dengan strategi inkuiri melalui pendekatan saintifik. Pelajari dengan baik Video pembelajaran di bawah ini:
Coba cocokkan dengan sintak (langkah-langkah) pembelajaran inkuiri terbimbing dan juga tahapan 5M dalam pendekatan saintifik. Apakah langkah-langkah inkuiri terbimbing muncul dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru? dan Apakah pendekatan saintifik dengan 5 M tersebut muncul dalam setiap langkah inkuiri...?
SILAHKAN DIDISKUSIKAN PADA FORUM DISKUSI DI BAWAH INI....silahkan unggah hasil pengamatan yang telah saudara mahasiwa lakukan beserta kelompok, kemudian hasilnya dapat diunggah pada menu dibawah ini berupa format PPT maksimal 5 halaman
3 October - 9 October
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
Perhatikan video pembelajaran ini
Perhatikan video pembelajaran berbasis proyek dibawah ini
Tugas:
Cari Video Pembelajaran Kimia:
- Temukan video pembelajaran kimia yang relevan dan menarik dari berbagai sumber seperti platform video online, situs pendidikan, atau materi pembelajaran lainnya. Pilih video yang secara jelas memperagakan bagaimana konsep kimia diajarkan.
Analisis Video:
- Tonton video dengan seksama dan analisis elemen-elemen pengajaran yang digunakan. Perhatikan bagaimana informasi disampaikan, jenis aktivitas yang digunakan, dan bagaimana interaksi dengan siswa dilakukan.
Identifikasi dan Tentukan:
- Pendekatan: Apa pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam video? Apakah video tersebut mengikuti pendekatan berbasis masalah, inkuiri, atau pendekatan lain?
- Strategi: Strategi apa yang diterapkan dalam video? Misalnya, apakah video mengandalkan pendekatan eksplorasi, demonstrasi, atau pembelajaran kooperatif?
- Model: Model pembelajaran apa yang terlihat dalam video? Apakah model tersebut berfokus pada pembelajaran aktif, eksperimen, atau proyek?
- Metode: Metode apa yang digunakan untuk menyampaikan materi? Perhatikan apakah metode yang diterapkan berupa ceramah, diskusi, eksperimen, atau metode lain.
- Teknik: Teknik khusus apa yang diterapkan dalam video? Misalnya, penggunaan alat peraga, animasi, atau simulasi.
- Taktik: Taktik apa yang digunakan untuk melibatkan siswa dan memfasilitasi pembelajaran? Taktik ini bisa mencakup pertanyaan interaktif, polling, atau tugas-tugas kecil.
Tujuan Tugas: Melalui tugas ini, Anda diharapkan dapat mengembangkan kemampuan analisis dalam mengidentifikasi berbagai aspek dari pengajaran kimia. Tugas ini juga bertujuan untuk membantu Anda memahami bagaimana berbagai elemen pembelajaran dapat mempengaruhi efektivitas proses pengajaran dan pembelajaran

10 October - 16 October
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
17 October - 23 October
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
Silahkan berkelompok sesuai dengan kelompoknya, lalu kerjakanlah:
Kelompok A : Cari berbagai pendekatan pembelajaran lalu buat file presentasi menggunakan Articulate Storyline.
Kelompok B : Cari berbagai model pembelajaran yang cocok untuk membelajarkan IPA terutama kimia lalu buat file presentasi menggunakan Prezi.
Kelompok C : Cari berbagai model pembelajaran yang cocok untuk membelajarkan IPA terutama kimia lalu buat file presentasi menggunakan Articulate Storyline.
Kelompok D : Cari berbagai metode pembelajaran lalu buat file presentasi menggunakan Canva.
Kelompok E : Cari berbagai Strategi pembelajaran lalu buat file presentasi menggunakan Articulate Storyline.
Kelompok F : Buatlah matrik perbedaan yang signifikan antara model, pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran. Lalu buat file presentasi menggunakan Prezi.
Kelompok G : Buatlah matrik perbedaan yang signifikan antara model, pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran. Lalu buat file presentasi menggunakan Canva.
(Linknya silahkan masukkan ke dalam file word)
24 October - 30 October
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
31 October - 6 November
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
7 November - 13 November
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
14 November - 20 November
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
21 November - 27 November
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
28 November - 4 December
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam
5 December - 11 December
Sebelum mengikuti perkuliahan setiap sesi, silahkan mengisi daftar hadir yang terlah disediakan. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam setiap sesi perkuliahan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, yang akan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Kami berharap agar setiap mahasiswa dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. salam