FORUM DISKUSI 7

FORUM DISKUSI 7

Number of replies: 35

diskusi.jpg

TOPIK DISKUSI (Dibimbing oleh TIM Pemateri):

  • Menentukan pembagian kelas untuk masing-masing kelompok (satu kelompok membuat media untuk jenjang kelas yang telah ditentukan (kelas 1/2/3/4/5/6).
  • Karena bentuk pembelajaran di SD sudah tematik, jadi masing-masing kelompok membuat media pembelajaran pada 1  atau 2 pertemuan saja, sehingga mencakup 6 bidang studi berikut ini: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, SBdP.
  • Menentukan pembagian bidang studi untuk masing-masing mahasiswa dalam 1 kelompok (satu mahasiswa mendapatkan satu bidang studi untuk dibuatkan media pembelajarannya.
  • Laporkan hasil diskusi pada forum diskusi diketik dalam format word dan kumpulkan di akhir pertemuan.
  • Carilah materi-materi dan contoh-contoh media pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya sesuai dengan yang telah didiskusikan.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 7

by Sekar Wulan Sari -

   Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh  Selamat siang Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan sehingga bisa berkumpul dalam forum diskusi online siang hari ini, tidak lupa salawat beserta salam kita hanturkan kepada nabi agung nabi Muhammad saw yang kita nantikan syafaatnya kelak di yaumil akhir Aamiin

  YTH bapak Dr. Alben Ambarita, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Ibu Fadhilah Khairani, M.Pd sebagai dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar serta rekan-rekan yang kami sayangi  Kami dari kelompok 7 semester 3 E yang beranggotakan:

1. Alfiza Fauziah (1913053107) sebagai Pemateri

2. Rani Khaerul Hidayah (1913053081) sebagai notulen

3. Sekar Wulan Sari (1913053080) sebagai Moderator

4. Tiara Andini (1913053082) sebagai pemateri 

5. Verawati (1913053128) sebagai pemateri 

Saya selaku moderator yang akan memimpin jalannya diskusi online sesuai materi makalah kami yaitu tentang MENGANALISIS KEBUTUHAN MEDIA DI SD untuk itu saya selaku moderator akan menyampaikan tata tertib sebagai berikut:

1.peserta diskusi silahkan membaca dan memahami selama 10 menit

2. Kemudian kami akan membuka 2 termin pertanyaan dimana 1 termin terdiri dari 3 penanya

3. Pertanyaan akan dijawab kelompok kami dari 6 pertanyaan teratas

4. Peserta diskusi boleh menyanggah atau menambahkan setelah jawaban yang sudah oleh pemateri 

5. Mohon Partisipasi temen-temen Selamat berdiskusi 

In reply to Sekar Wulan Sari

Re: FORUM DISKUSI 7

by Shintia Sasmia -

Nama : Shintia Sasmia

No Absen : 26

Npm : 1913053013

Kelompok : 2

Izin bertanya,

Apakah pengembangan media pembelajaran yang relevan di sd sesuai dengan bidang studi itu dikembangan oleh guru menggunakan dana pribadi dari guru tersebut atau dana bos? Lalu jika ada hambatan dalam proses tersebut bagaimana cara mengatasinya?

In reply to Shintia Sasmia

Re: FORUM DISKUSI 7

by Rani Khoerul Hidayah -

Nama : Rani Khoerul Hidayah 

NPM : 1913053081 

No. Absen : 24

Izin menjawab, menurut kelompok kami pengembangan media pembelajaran dana nya bersumber dari Dana BOS yang disediakan untuk sekolah  nah guru tinggal memanfaatkan media yang disediakan sekolah tsb. 

Untuk masalah yang dihadapi  salah satu contohnya yaitu keterlambatan dana dari pemerintah kepada sekolah dan penyalahgunaan dana untuk dipakai diri sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut Kepala dinas harushlebih memperhatikan  keadaan sekolah yang kekurangan akan dana bagi pengembangan tersebut dan menjamin pemerataan dana dan fasilitas. Orang tua dan komite sekolah juga harus melakukan pengawasan secara langsung terhadap pengelolaan keuangan sekolah agar dana tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Terima kasih. 

In reply to Sekar Wulan Sari

Re: FORUM DISKUSI 7

by ari puspita -

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
nama : ari puspita
kelas : semester 3 E
npm : 1913053109
absen : 5
izin bertanya dalam permasalahan pembelajaran Tematik itu salah satunya adalah Guru mengalami kesulitan dalam menjabarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator terutama dalam hal menentukan kata kerja operasional yang tepat. bagaimanakah cara untuk mengatasi permasalahan tersebut?

In reply to ari puspita

Re: FORUM DISKUSI 7

by Vera Wati -

Nama: Verawati

Npm: 1913053128

 

Izin menjawab pertanyaan ari menyikapi masalah tersebut sebelum nya sebagai seorang guru kita harus sudah siap yaitu siap dalam segala hal dan dituntut untuk memiliki pemahaman dan ilmu yang luas menurut saya cara untuk mengatasi masalah ini adalah seorang guru harus mengkaji semua hal/materi sebelum menyalurkannya kepada siswa. Jadi seorang guru harus mempersiapkan segalanya dengan matang agar segala materi tersampaikan dan dipahami oleh siswanya dan memberikan progres kepada siswa dalam perilaku yang menyangkut sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Terimakasih 

In reply to Sekar Wulan Sari

Re: FORUM DISKUSI 7

by Aesti Meilandari -

Nama: Aesti Meilandari

No Absen: 01

NPM: 1953053001

Izin bertanya jelaskan media pembelajaran seperti apa yang tepat untuk menyesuaiklan karakter anak SD pada kelas tinggi?

In reply to Aesti Meilandari

Re: FORUM DISKUSI 7

by Tiara Andini -

Nama: Tiara Andini

NPM: 1913053082

Absen: 28

Izin menjawab pertanyaan dari Aesti Meilandari.

1. Jenis media pembelajaran audio cocok digunakan untuk kelas tinggi karena dapat digunakan untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran.

Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

2. Jenis media pembelajaran visual adalah media yang mengandalkan indera penglihatan. Jenis media pembelajaran ini menampilkan materianya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor.

Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk visual.

Selain itu, fungsi media visual juga berguna untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, menggambarkan fakta yang mungkin dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual. Jenis media pembelajaran visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak.

Kedua media pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan karakteristik siswa kelas tinggi dikarenakan dengan media tersebut siswa dapat menalar dan berpikir kritis tentang pelajaran yang diberikan dengan menggnakan media pembelajaran tersebut.

 

 

In reply to Sekar Wulan Sari

Re: FORUM DISKUSI 7

by Khofifa Dwi Nurmala -

Nama : Khofifa Dwi Nurmala

Npm : 1913053062 

No Absen : 18 

Izin bertanya kalian telah memberikan pembahasan tentang paikem berikan contoh media pembelajaran yang mencakup tentang tematik namun berbasis paikem!! 

In reply to Khofifa Dwi Nurmala

Re: FORUM DISKUSI 7

by Sekar Wulan Sari -

Nama : Sekar Wulan Sari

Npm  : 1913053080

No ab : 25

Saya sebagai pemateri izin menjawab pertanyaan dari khofifa,

PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inspiratif/Interaktif/Inovatif, Kritis /Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dalam PAIKEM digunakan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan orientasi pencapaian kompetensi peserta didik. Sehingga muara akhir hasil pembelajaran adalah meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.

Contoh penerapannya dalam pembelajaran:

Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat. , Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa. · Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’ · Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok. · Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

In reply to Sekar Wulan Sari

Re: FORUM DISKUSI 7

by Helvara Oktariyani -

Nama: Helvara Oktariyani 

Npm:1913053114

Absen: 14

Izin bertanya kepada kelompok 7, dalam makalah kelompok kalian memilih media untuk pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir peserta didik sehingga makna yang terkandung di dalamnya mudah dipaham, tolong berikan contoh implementasinya baik kelas rendah maupun kelas tinggi

In reply to Helvara Oktariyani

Re: FORUM DISKUSI 7

by Tiara Andini -

Nama: Tiara Andini

NPM: 1913053082

Absen: 28

Izin menjawab pertanyaan dari Helvara.

Pentingnya memilih media pembelajaran dengan mempertimbangkan pengetahuan dan keterampilan dalam menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pengajaran. Menilai keefektifan media pengajaran penting bagi guru agar ia bisa menentukan apakah penggunaan media mutlak diperlukan atau tidak selalu diperlukan dalam pengajaran sehubungan dengan prestasi belajar yang dicapai siswa. Apabila penggunaan media pengajaran tidak mempengaruhi proses dan kualitas pengajaran, sebaiknya guru tidak memaksakan penggunaannya, dan perlu mencari usaha lain di luar media pengajaran. Dalam memilih media untuk kepentingan pengajaran agar sesuai dengan taraf berpikir siswa sebaiknya memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut:

a) Ketepatannya dengan tujuan pengajaran; artinya media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis lebih memungkinkan digunakannya media pengajaran.

b) Dukungan terhadap isi bahan pelajaran; artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.

c) Kemudahan memperoleh media; artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar. Media grafis dapat dibuat guru, umumnya tanpa biaya yang mahal, di samping sederhana dan praktis penggunaannya.

d) Keterampilan guru dalam menggunakannya, apa pun jenis media yang diperlukan syarat utama adalah guru dapat menggunakannya dalam proses pengajaran. Nilai dan manfaat diharapkan yang bukan pada medianya, tetapi dampak dari penggunaan pada saat terjadinya interaksi belajar siswa dengan lingkungannya. Adanya oHP, proyektor film, komputer, dan alat-alat canggih lainnya, tidak mempunyai arti apa-apa, bila guru tidak dapat menggunakannya dalam pengajaran untuk mempertinggi kualitas pengajaran.

e) Tersedia waktu untuk menggunakannya; sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa selama pengajaran berlangsung. Sesuai dengan taraf berpikir siswa; memilih media untuk pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berpikir siswa, sehingga makna yang terkandung di dalamnya dapat dipahami oleh para siswa. Menyajikan grafik yang berisi data dan angka atau proporsi dalam bentuk persen bagi siswa SD kelas-kelas rendah tidak ada manfaatnya. Mungkin lebih tepat dalam bentuk gambar atau poster. Demikian juga diagram yang menjelaskan alur hubungan suatu konsep atau prinsip hanya bisa dilakukan bagi siswa yang telah memiliki kadar berpikir yang tinggi.

Dengan kriteria pemilihan media di atas, guru dapat lebih mudah menggunakan media mana yang dianggap tepat untuk menyesuaikan taraf berpikir siswa dan membantu mempermudah tugas-tugasnya sebagai pengajar.

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 7

by Sekar Wulan Sari -

Bagi yang ingin menambahkan ataupun menyanggah pertanyaan yang sudah dijawab kami persilahkan

In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 7

by Sekar Wulan Sari -

Jika tidak ada yang ingin menambahkan ataupun menyanggah pertanyaan lagi,kami cukupkan diskus pada siang hari ini Apabila ada kurangnya kami mohon maaf kami akhiri wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh