Forum Analisis Video 2

Forum Analisis Video 2

Number of replies: 33

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Zalianti Jahratun Nisya (2213053005) -
Nama : Zalianti Jahratun Nisya
NPM 2213053005

Pada video tersebut memberitakan bahwa siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah yang terletak di desa terpencil ini terpaksa melakukan kegiatan belajar di teras karena minimnya ruang kelas. Sekolah tersebut hanya memiliki enam ruangan, lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu lagi digunakan sebagai ruang guru. Sekolah bahkan tidak memiliki perpustakaan. Meskipun minim fasilitas, para siswa tetap semangat bersekolah dan harus berjalan kaki hingga 2 kilometer setiap hari untuk bersekolah.

Pada masa pandemi COVID-19, sekolah tidak dapat melaksanakan pembelajaran daring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. Oleh karena itu, sekolah harus melanjutkan aktivitasnya di lokasi. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan. Dalam video tersebut menyoroti tantangan yang dihadapi sekolah-sekolah di daerah terpencil dan perlunya pemerintah menyediakan fasilitas yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini juga menekankan pentingnya jaringan telekomunikasi dalam memungkinkan pembelajaran online selama pandemi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Annisatul Alfaidah -
Nama: Annisatul Alfaidah
NPM: 2213053078

Analisis video 2

Dalam video menampilkan sebuah sekolah dasar tepatnya SD Negeri Gilak Kabupaten Sikka. Sekolah ini terletak di dusun yang terpencil. Saran dan prasarana sekolah ini sangat butuh perhatian pemerintah. Hanya ada 6 ruang kelas, 5 untuk ruang belajar dan 1 untuk ruang guru. Jadi ada satu kelas yang harus belajar diteras kelas. Dan sekolah ini pun tidak memiliki perpustakaan.

Tetapi para anak-anak tetap bersemangat untuk sekolah. Setiap hari mereka berjalan sejauh 2 km untuk ke sekolah.

Dan pada masa pandemi covid-19, dimana pemerintah menyarankan belajar daring, sekolah ini terpaksa tetap melakukannya secara tatap muka karena belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali didaerah ini.

Pihak sekolah sangat berharap pemerintah bisa melihat keadaan seperti ini dan menyediakan fasilitas kepada sekolah ini.

Dari video ini kita dapat ketahui bahwa pemerataan pendidikan belum tercapai. Masih banyak sekolah yang tertinggal. Terutama dari segi fasilitas. Semoga pemerintah bisa segera menangani hal ini secepatnya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by DEFI FITRIA NURAINI 2213053263 -
Nama: Defi Fitria Nuraini
NPM : 2213053263

Analisis Video 2

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa para siswa SD Negeri Glak, kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah yang terletak di kaki gunung ini hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru, jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.

Di masa pandemi covid-19 ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah.
Pihak sekolah berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.

Untuk menyetarakan pendidikan di seluruh Indonesia, fasilitas yang mendukung sangat dibutuhkan, dalam hal ini pemerintah lah yang berperan untuk menyediakan fasilitas sekolah guna keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dan pemerataan pendidikan di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Khairina Fina Samira 2213053145 -
Analisis video 2
Nama : Khairina Fina Samira
Npm : 2213053145

Sekolah dasar negeri di Kabupaten Sikka terletak di desa-desa terpencil dan menghadapi tantangan berat karena terbatasnya ruang kelas. Kegiatan pengajaran berlangsung di teras untuk menggantikan kekurangan ruang kelas. Ruangan yang ada hanya enam, lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas dan satu lagi sebagai ruang guru. Bahkan fasilitas dasar seperti perpustakaan pun tidak ada. Meski begitu, meski harus berjalan kaki dua kilometer sehari untuk belajar, semangat siswa tetap tinggi. Situasi ini menjadi lebih rumit selama epidemi, ketika pembelajaran online sulit dilaksanakan karena kurangnya akses telekomunikasi. Faktanya, tidak ada jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut. Anak-anak yang belajar di luar ruangan berisiko terkena cuaca buruk, dan kurangnya ruang kelas juga menyebabkan kesulitan. Pihak sekolah berharap pemerintah memberikan perhatian lebih dan membangun lebih banyak ruang kelas agar anak-anak dapat belajar dengan aman.
Dengan harapan ini, sekolah menyoroti urgensi pemerintah dalam pengadaan fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung pendidikan di daerah terpencil ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Aldila seprina 2213053207 -
Nama : Aldila Seprina
NPM : 2213053207
Analisis video

Kesulitan sekolah di daerah terpencil bisa sangat bervariasi, mulai dari kurangnya fasilitas fisik seperti bangunan sekolah yang memadai, buku, hingga kurangnya sumber daya manusia seperti guru terlatih. Selain itu, tantangan lain meliputi akses terhadap teknologi dan kurangnya kesempatan untuk mengikuti kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal. Solusi untuk mengatasi kesulitan ini meliputi investasi dalam infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, program pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan lingkungan lokal, serta pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses pendidikan. Kolaborasi antara pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat lokal penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nasywa Fadillah Asnah 2253053020 -
Nama : Nasywa Fadillah Asnah
NPM : 2253053020

Pendidikan di pulau terpencil seringkali menghadapi tantangan unik, termasuk akses terbatas, keterbatasan sumber daya, dan isolasi geografis. Beberapa aspek penting dalam konteks pendidikan di pulau terpencil melibatkan:

1. Infrastruktur Transportasi: Akses transportasi yang terbatas dapat membuat sulitnya perjalanan ke sekolah. Pengembangan sistem transportasi lokal dapat meningkatkan aksesibilitas.

2. Teknologi dan Akses Internet: Keterbatasan akses internet dapat mempengaruhi penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Upaya meningkatkan konektivitas dapat memperluas peluang pendidikan online.

3. Pelatihan Guru: Guru di pulau terpencil perlu mendapatkan pelatihan khusus untuk menghadapi tantangan unik ini dan memastikan pembelajaran yang efektif.

4. Kurikulum Relevan Lokal: Kurikulum harus mencerminkan kebutuhan dan realitas lokal, mempertimbangkan budaya, tradisi, dan kekhasan pulau.

5. Dukungan Masyarakat: Melibatkan masyarakat dalam pendidikan adalah kunci. Kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kuat.

6. Pemeliharaan Fasilitas: Keterbatasan sumber daya dapat membuat pemeliharaan fasilitas sekolah menjadi tantangan. Program pemeliharaan dan dukungan dari pemerintah atau organisasi dapat membantu memastikan kelangsungan lingkungan belajar.

7. Pendekatan Pembelajaran Kreatif: Memanfaatkan sumber daya lokal dan mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan.

8. Program Pemberdayaan Masyarakat: Meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan dapat memperkuat sistem pendidikan di pulau terpencil.

Dengan pendekatan holistik dan kolaboratif, pendidikan di pulau terpencil dapat menjadi alat penting untuk memberdayakan komunitas dan membuka peluang lebih besar bagi generasi muda.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nawang Lutfia Sani 2213053287 -
Nama: Nawang Lutfia Sani
NPM: 2213053287

Analisis Video 2

Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Pada video terdapat sebuah sekolah yaitu SDN Glak, Kab. Sikka, NTT. Pada sekolah ini para peserta didik melakukan pembelajaran di teras kelas lantaran ketiadaan ruang kelas. Sekolah ini hanya memiliki 6 ruangan, 1 ruang guru dan 5 kelas. Sekolah ini juga tidak memiliki perpustakaan. Namun peserta didik nya tetap bersemangat sekolah, walaupun untuk datang ke sekolah mereka berjalan kaki menempuh jarak 2 km setiap harinya. Begitu besar semangat para peserta didik untuk mengikuti pelajaran, sehingga mereka tidak menghiraukan jarak dan fasilitas yang kurang memadai.
Ketika masa pandemi yang lalu, sekolah ini tak mampu melaksanakan pembelajaran daring. Hal ini karena belum adanya akses internet ke desa terpencil itu.
Mereka berharap pemerintah segera membangunkan ruang kelas yang lebih agar anak-anak dapat belajar di dalam kelas.
Pemerintah seharusnya membuka mata, mencari tahu sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil lalu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Seharusnya pemerintah bangga dengan semangat peserta didik yang begitu besar untuk mendapatkan pendidikan, namun lagi-lagi pemerintah belum melakukan pemerataan pendidikan. Semoga semua sekolah di desa terpencil segera mendapatkan uluran tangan dari pemerintah, agar seluruh anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan yang sama.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Qonita Hafiza 2213053180 -
Nama: Qonita Hafiza
NPM: 2213053180

Kurangnya fasilitas dalam sekolah sangat membuat para peserta didik kurang nyaman dalam pembelajaran. Namun dengan kondisi seperti itu, para peserta didik tidak pantang menyerah dalam mengikuti pembelajaran. Bahkan pada era covid yang seharusnya pembelajaran dilakukan secara daring, mereka tidak mampu melaksanakannya dikarenakan ketiadaan sinyal dan jaringan yang membuat mereka terhambat dalam melakukan KBM bila melaksanakannya secara daring. Harapannya pemerintah membuka mata atas kekurangannya fasilitas di sekolah itu untuk kelancaran KBM para peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nadia tri utami 2213053300 -
Nama : Nadia Tri Utami
NPM : 2213053300

Video ini menggambarkan situasi SDN Glak di Kabupaten Sikka, NTT, yang menghadapi tantangan serius dalam fasilitas pendidikan. Dengan hanya 6 ruangan, termasuk satu ruang guru dan lima kelas, serta tanpa perpustakaan, para siswa harus belajar di teras kelas karena keterbatasan ruang kelas. Meskipun menghadapi keterbatasan fasilitas, semangat belajar para siswa tetap tinggi, bahkan dengan harus berjalan kaki sejauh 2 km setiap harinya untuk mencapai sekolah.

Kondisi ini diperparah saat pandemi karena keterbatasan akses internet di desa tersebut, sehingga sekolah tidak dapat melaksanakan pembelajaran daring. Para siswa dan pemerintah setempat berharap adanya pembangunan ruang kelas tambahan agar proses pembelajaran dapat berlangsung di dalam kelas. Pernyataan juga mencerminkan keprihatinan terhadap kurangnya perhatian pemerintah terhadap sekolah-sekolah di daerah terpencil, dengan harapan agar pemerintah lebih proaktif dalam menyediakan fasilitas yang diperlukan.

Video tersebut menekankan pentingnya pemerataan pendidikan dan mengajak pemerintah untuk mengakui semangat besar para siswa di daerah terpencil yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan. Harapannya adalah agar semua sekolah di desa terpencil dapat menerima dukungan pemerintah, memberikan setiap anak Indonesia kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Qurota A'yunin 2213053183 -
Nama : Qurota A'yunin
NPM: 2213053183

Pada vidio ini membahas tentang para siswa SDN Glak,Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah pasalnya sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil ini terpaksa harus melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas, teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas sekolah yang terletak di kaki gunung api gone ini hanya memiliki enam ruangan dimana lima ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru.
Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini ,meski begitu para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga dua kilometer guna bisa belajar di sekolah. Saat masa pandemi covid- 19 ini ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar dari rumah,sekolah ini tak mampu melaksanakannya,karena di wilayah ini belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali, karena itu pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Daari penjelasan bu Susana Loren Kepala sekolah SDN Glak beliau menyampaikan terkadang yang belajar di luar tidak bisa belajar karena hujan angin pagi juga mereka harus berteduh dibawah pohon karena panas matahari tembus langsung ke anak. Jadi harapan Bu Susana kepada pemerintah supaya pemerintah segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak aman belajar. Dari pihak sekolah pun berharap pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan saudara kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Ajeng Akmala Sari -
Nama : Ajeng Akmala Sari
Npm : 2253053022

dari vidio tersebut dapat diambil bahwasannya siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah.dikarenakan mereka berada di daerah terpencil pedalaman yang akses belajar di teras kelas,teras kelas dipakai dikarenakan tidak ada nya ruang kelas untuk belajar bagi siswa SD tersebut.
Dapat disimpulkan bahwasaannya pemerataan pendidikan di Indonesia ini belum banyak yang tercapai.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Rahma Aulia Putri Rahma -
Nama: Rahma Aulia Putri

NPM: 2213053123

Video Potret Pendidikan di Dusun Terpencil ini menceritakan bagaimana kondisi para siswa SD Negeri Glak Kabupaten Sikka yang harus mendapat perhatian oleh pemerintah. Sebab, sekolah yang ada di desa terpencil ini sangat memprihatinkan dimana kita lihat para siswa terpaksa belajar diluar ruangan yaitu di teras kelas. Dimana seharusnya kegiatan belajar mengajar ini terasa nyaman bagi siswa tetapi di desa ini tidak ada ruangan kelas dan fasilitas yang memadai

Perpustakaan sekolah pun tidak ada jadi bagaimana siswa akan bisa menambah wawasan yang lebih luas jangankan perpustakaan ruang kelas yang cukup dan fasilitas kelas saja tidak cukup. Pada saat covid 19 pembelajaran seharusnya dilakukan secara daring namun mereka tidak bisa melaksanakan pembelajaran daring karena tidak adanya signal di desa mereka

Pemerintah harus lebih memperhatikan lagi karena sekolah adalah pondasi awal untuk anak mendapat PendidikanPemerintah harus membuka mata melihat keadaan mereka yang krisis da memberi fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Tantri Ayu Ratna Sari 2213053269 -
Nama : Tantri Ayu Ratna Sari
NPM: 2213053269
Dari video tersebut menampilkan kondisi sekolah di SD Negeri Gelar, Kabupaten Sikka. Berikut adalah analisis dari video tersebut:
Terlihat bahwa sekolah ini mengalami keterbatasan fasilitas, terutama terkait ruang kelas. Hanya ada enam ruangan, lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu ruangan digunakan sebagai ruang guru. Teras kelas bahkan digunakan sebagai ruang kelas tambahan. Para siswa juga harus berjalan kaki sejauh dua kilometer untuk mencapai sekolah. Hal ini dapat menjadi hambatan terutama dalam kondisi cuaca tertentu atau di masa pandemi di mana kebijakan belajar dari rumah diterapkan.
Sekolah ini juga mengalami keterbatasan fasilitas penunjang seperti perpustakaan. Para siswa tidak memiliki akses ke perpustakaan, dan hal ini dapat membatasi sumber daya pendidikan mereka. Ketika pandemi COVID-19 memperburuk situasi dengan pemerintah mengkampanyekan pembelajaran dari rumah. Namun, karena keterbatasan jaringan telekomunikasi dan kebutuhan akan ruang kelas tambahan, sekolah ini tidak dapat melaksanakannya sepenuhnya. Serta kondisi cuaca juga menjadi tantangan, terutama selama musim hujan. Anak-anak yang belajar di luar tidak dapat melanjutkan kegiatan pembelajaran karena hujan.

Pihak sekolah dan masyarakat berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap kondisi sekolah ini. Permintaan utamanya adalah pembangunan satu ruang kelas tambahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun menghadapi keterbatasan, para siswa tetap bersemangat untuk belajar. Mereka juga berteduh di bawah pohon saat cuaca panas, menunjukkan tekad mereka untuk mendapatkan pendidikan. Video ini menyoroti mengenai sekolah di daerah tersebut perlu dukungan lebih lanjut dari pemerintah untuk meningkatkan kondisi pembelajaran dan fasilitas sekolah di SD Negeri Gelar, Kabupaten Sikka.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Vraditha Aulia Putri 2213053090 -
Nama : Vraditha Aulia Putri
NPM : 2213053090

Analisis video 2
Potret Pendidikan di Dusun Terpencil

Dari video tersebut dapat dianalisis bahwa kondisi SD Negeri 2 Glak, Kabupaten Sikka, menunjukkan bahwa banyak masalah yang dihadapi sekolah ini dan membutuhkan perhatian pemerintah. Proses pendidikan dihambat oleh sekolah yang terpencil dan kekurangan fasilitas. Sekolah ini terbatas dalam menyediakan ruang belajar yang memadai karena hanya ada enam ruangan, dengan lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas. Selain itu, tidak adanya perpustakaan juga menjadi hambatan untuk membantu siswa belajar.

Tempat yang sulit diakses juga menjadi masalah besar, terutama karena siswa harus berjalan kaki hingga 2 km setiap hari. Pembelajaran jarak jauh menjadi tidak mungkin selama pandemi COVID-19 karena tidak ada jaringan telekomunikasi di daerah sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah memerlukan bantuan pemerintah untuk menyediakan infrastruktur yang mendukung pembelajaran jarak jauh, seperti akses internet.

video tersebut menunjukkan bahwa SD Negeri 2 Glak membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini. Sekolah ini membutuhkan akses telekomunikasi yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, ruang kelas yang memadai, dan fasilitas pendukung pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Okta Alvonsa Modestia 2213053025 -
okta alvonsa modestia
2213053025

analisis video 2

para siswa sd negri glak membutuhkan perhatian pemerintah, karena sebuah sekolah yang terletak di dusun terpencil ini harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas karena ketiadaan ruang kelas, sd ini memiliki 6 kelas yang tediri dari 5 ruang kelas dan 1 ruang guru, di sd ini juga tidak memiliki perpustakaan, meski begitu para siswa tetap bersemangat sekolah meski tiap hari mereka harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 2km agar bisa belajar di sekolah, di wilayah ini tidak ada jaringan telekomunikasi sama sekali karena itu saat pandemi pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan belajar di sekolah

Semoga pemerintah bisa segera melihat dan turun tangan agar pendidikan di Indonesia memiliki fasilitas yang memadai dimanapun sekolah tersebut berada dan juga agar pendidikan di Indonesia bisa maju
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Luluk Utami 2213053257 -
Luluk Utami
2213053257

Dalam video Potret Pendidikan di Dusun Terpencil, memperlihatkan bahwa SD negeri gilak kabupaten sikka yang berada di desa terpencil. Dalam vidio tersebut menampilkan minimnya sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai sehingga peserta didik melakukan pengajaran di luar kelas karena minimnya ruang kelas.
Tetapi itu semua tidak menjadikan semangat anak anak berkurang mereka tetap semangat sekolah meskipun dengan berjalan kaki.

Pada saat pandemi covid 19 saat semua sekolah melakukan pembelajaran dengan daring tetapi sekolah ini tetap melakukan tatap muka karena tidak adanya telekomunikasi. Pemerintah juga berharap agar sekolah ini mendapatkan fasilitas yang memadai.

Dari vidio tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa di luar sana masih banyak sekolah yang fasilitas nya belum memadai dan sekolahnya sangat tertinggal.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Desviana Safitri 2213053064 -
Nama : Desviana Safitri
NPM : 2213053064

Para siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pasalnya, sekolah yang terletak di sebuah dusun terpencil itu terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas. Teras dipakai sebagai ruang kelas lantaran ketiadaan ruang kelas.

Sekolah yang terletak di kaki gunung api Egon tersebut hanya memiliki 6 ruangan. Dimana 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas, dan 1 ruangan sebagai ruang guru. Jangankan kelas perpustakaan saja tak dimiliki sekolah ini. Meski begitu, para siswa tetap bersemangat untuk bersekolah. Setiap hari mereka harus berjalan kaki hingga 2 kilometer guna bisa belajar di sekolah.

Di masa pandemi covid-19 ini, ketika pemerintah aktif mengkampanyekan belajar daring, sekolah ini tak mampu melaksanakannya. Di wilayah ini, belum ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Karena itu, pihak sekolah terpaksa tetap melakukan kegiatan di sekolah. Pihak sekolah pun berharap, pemerintah bisa membuka mata melihat keadaan mereka dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Wulan Agustina -
Nama : Wulan Agustina
Npm : 2213053011

Dari video tersebut mengungkapkan bahwa SD Negeri Gelar, Kabupaten Sikka, mengalami keterbatasan fasilitas terutama terkait ruang kelas, dengan hanya enam ruangan yang digunakan untuk kelas dan guru. Para siswa juga harus berjalan kaki sejauh dua kilometer, menciptakan hambatan, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau selama pandemi. Fasilitas penunjang seperti perpustakaan juga terbatas, membatasi akses siswa terhadap sumber daya pendidikan, dan pembelajaran dari rumah sulit dilaksanakan karena keterbatasan jaringan dan kebutuhan ruang kelas tambahan. Kondisi cuaca, terutama selama musim hujan, juga menjadi kendala. Permintaan utama dari sekolah dan masyarakat adalah dukungan pemerintah, khususnya pembangunan ruang kelas tambahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun dihadapkan pada keterbatasan, siswa tetap bersemangat untuk belajar, menunjukkan tekad mereka. Video ini menyoroti perlunya dukungan lebih lanjut dari pemerintah untuk meningkatkan kondisi pembelajaran dan fasilitas sekolah di SD Negeri Gelar, Kabupaten Sikka.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Issa Virnama 2213053043 -
Nama : Issa Virnama Della
Npm : 2213053043

Sekolah di SD terpencil ini tetap melakukan pembelajaran secara tatap muka meski masih covid-19 karna didaerah ini belom bisa mengakses jaringan.
Kendala akses jaringan: Anak-anak di daerah tersebut menghadapi kesulitan dalam mengakses pembelajaran daring karena kurangnya infrastruktur jaringan atau jangkauan sinyal yang cukup. Ketidaksetaraan akses pendidikan: Dalam situasi ini, anak-anak di daerah tersebut menghadapi ketidaksetaraan akses pendidikan. Mereka tidak dapat mengikuti pembelajaran secara online atau menggunakan sumber daya digital seperti teman-teman sebaya mereka di daerah yang memiliki akses internet yang memadai.
Faktor-faktor sosial, ekonomi, dan kebijakan yang mempengaruhi akses jaringan di daerah tersebut. Selain itu, perlu juga melihat implikasi jangka panjang dari kurangnya akses terhadap pendidikan anak-anak dan bagaimana hal ini dapat memperburuk kesenjangan pendidikan yang sudah ada.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Puji Endang Lestari 2213053301 -
Nama: Puji Endang Lestari
NPM: 2213053301

Analisis Video 2

Video di atas menggambarkan kondisi sekolah dasar di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah tersebut terletak di dusun terpencil dan terpaksa melakukan kegiatan belajar-mengajar di teras kelas karena ketiadaan ruang kelas yang memadai. Sekolah hanya memiliki enam ruangan, lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas dan satu ruangan sebagai ruang guru. Bahkan, tidak ada ruang perpustakaan di sekolah tersebut. Para siswa harus berjalan kaki hingga dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah. Selain itu, wilayah tersebut belum memiliki jaringan telekomunikasi, sehingga pemerintah sulit untuk melaksanakan kampanye belajar dari sekolah di masa pandemi COVID-19. Kondisi ini membuat anak-anak terpaksa belajar di luar ruangan, bahkan harus berteduh di bawah pohon saat hujan atau panas terik.

Sekolah tersebut berharap agar pemerintah segera membangun ruang kelas baru agar anak-anak dapat belajar dengan aman dan nyaman. Mereka juga berharap pemerintah dapat melihat keadaan mereka dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa masih ada banyak sekolah di Indonesia, terutama di daerah terpencil, yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah dalam hal penyediaan fasilitas pendidikan yang layak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Permata Balqis -
Nama: Permata Balqis
NPM: 2213053217

Pada video tersebut menceritakan potret pendidikan di dusun terpencil khususnya di SD Negeri Glak. Para siswa di sana terpaksa ada yang belajar di teras kelas karena kurangnya ruang kelas. Mereka hanya mempunyai 6 ruang, lima ruang kelas dan satu ruang guru. 1 rombel berkorban, belajar di teras. Saat hujan mereka tidak bisa belajar karena hujan angin dan saat pagi mereka tidak bisa belajar karena panas matahari, mereka harus berteduh dahulu.

Siswa juga harus berjalan kaki kurang lebih 2 km untuk bersekolah, tetapi mereka masih semangat. Dan pada pandemi covid 19 lalu, mereka tidak belajar daring dan tetap berangkat dikarenakan kurangnya jaringan internet di wilayah mereka. Pihak sekolah berharap mereka bisa mendapat bantuan fasilitas yang dibutuhkan mereka.

Kisah ini menggarisbawahi ketahanan dan semangat siswa dalam menghadapi kesulitan, sementara juga menyoroti perlunya perhatian dan dukungan lebih lanjut dari pihak luar untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan di daerah terpencil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Okvi Nurbaeti 2213053296 -
Nama: Okvi Nurbaeti
NPM: 2213053296

Dari video yang disajikan ini memperlihatkan sebuah sekolah dasar, yaitu SD Negeri Gilak di Kabupaten Sikka. Lokasinya berada di dusun yang terpencil dan kondisi sarana serta prasarana sekolah sangat memprihatinkan, dengan hanya terdapat enam ruang kelas, lima untuk kegiatan belajar mengajar, dan satu untuk ruang guru. Dalam kondisi tersebut, ada satu kelas yang harus belajar di luar ruangan, dan sekolah ini bahkan tidak memiliki perpustakaan.

Meskipun menghadapi keterbatasan tersebut, semangat belajar anak-anak tetap tinggi. Setiap hari, mereka berjalan sejauh 2 km untuk mencapai sekolah. Ketika pandemi COVID-19 mendorong penerapan pembelajaran daring, sekolah ini terpaksa melanjutkan pembelajaran tatap muka karena belum ada jaringan telekomunikasi di daerah tersebut. Pihak sekolah berharap pemerintah dapat memperhatikan kondisi mereka dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Video ini menjadi gambaran bahwa pemerataan pendidikan masih belum merata, dan masih banyak sekolah yang membutuhkan perhatian, terutama dalam hal fasilitas. Semoga pemerintah dapat segera mengatasi masalah ini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by NOVA NOVA ENJELINA SIMANULLANG -
Nama: Nova enjelina simanullang
NPM: 2213053227

Analisis Video
Video yang berjudul potret pendidikan didusun terpencil tersebut membahas tentang para siswa SDN Gilak di Kabupaten Sikka yang masih membutuhkan perhatian penting dari pemerintah dimana sekolah tersebut masih sangat membutuhkan fasilitas termasuk ruang kelas untuk belajar dimana para siswa belajar di teras. Bahkan sekolah tersebut belum memiliki perpustakaan, Namun dibalik hal itu semangat belajar siswa tinggi mereka masih tetap semangat belajar walaupun fasilitas kurang memadai. Dalam video ini juga membahas tentang pembelajaran daring pada masa pandemi covid, sekolah ini tidak bisa melaksanakan pembelajaran secara online karena masalah jaringan telekomunikasi yang belum ada, dan sekolah tersebut terpaksa tetap melakukan pembelajaran disekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Velinda Widyacahya 2213053130 -
Nama : Velinda Widyacahya
Npm : 2213053130

video tersebut menampilkan sebuah sekolah dasar negeri glak yang terletak di kabupaten sikka yang memerlukan perhatian dari pemerintah karena sekolah tersebut terletak di sebuah dusun terpencil terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas karena ketiadaan ruang kelas, sekolah tersebut hanya memiliki 6 ruangan yaitu 5 ruangan dipakai sebagai ruang kelas dan 1 ruangan dipakai sebagai ruangan guru. selain itu sekolahan tersebut tidak memiliki perpustakaan, tetapi siswa tersebut tetap semangat untuk bersekolah. setiap hari siswa-siswa harus berjalan kaki hingga 2 km untuk belajar di sekolah. pada saat covid-19 sekolah tersebut tidak mampu melaksanakan sekolah daring karena di wilayah tersebut belum ada jaringan telekomunikasi, oleh sebab itu pihak sekolah terpaksa melakukan kegiatan di sekolah. jika musim hujan anak-anak yang belajar di luar, selain itu jika pagi hari siswa-siswa harus berteduh di bawah pohon karena panas matahari yang tembus langsung. harapan mereka terhadap pemerintah yaitu supaya segera membangunkan satu ruang kelas supaya anak-anak aman belajar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Vivi Natasya 2213053089 -
Nama: Vivi Natasya
NPM: 2213053089

Analisis Video 2

Pada video yang ditampilkan memperlihatkan bahwa siswa siswi SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka yang terletak didusun yang terpencil, sarana dan prasarana disekolah ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah. Dengan minimnya ruang kelas di SD ini, terpaksa membuat sebagian anak belajar diteras luar kelas. Hanya terdapat enam ruangan, lima ruang digunakan untuk kelas dan satu kelas dipakai untuk ruang guru. Bahkan juga tidak terdapat perpustakaan pada sekolah ini. Walaupun begitu para siswa dan siswi tetap semangat belajar dan semangat berangkat sekolah dengan harus berjalan kaki 2 kilometer setiap hari.

Pada masa pandemi covid 19, sekolah ini tetap melakukan pembelajaran secara tatap muka dikarenakan sekolah tidak dapat melaksanakan prmbelajaran daring karena tidak adanya jaringan telekomunikasi diwilayah tersebut.
Pihak sekolah sangat berharap pemerintah dapat menyediakan fasilitas yang layak yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan.

Agar pendidikan di seluruh Indonesia berjalan dengan baik, fasilitas yang mendukung sangatlah dibutuhkan, pemerintah juga sangat berperan dalam hal ini untuk menyediakan fasilitas sekolah guna keberlangsungan dan kenyamanan kegiatan belajar mengajar dan pemerataan pendidikan di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
Npm: 2213053072

Pada video tersebut memberitakan bahwa siswa SD Negeri Glak, Kabupaten Sikka membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sekolah yang terletak di desa terpencil ini terpaksa melakukan kegiatan belajar di teras karena minimnya ruang kelas. Sekolah tersebut hanya memiliki enam ruangan, 5 di antaranya digunakan sebagai ruang kelas, dan satu lagi digunakan sebagai ruang guru. Sekolah bahkan tidak memiliki perpustakaan. Meskipun minim fasilitas, para siswa tetap semangat bersekolah dan harus berjalan kaki hingga 2 kilometer setiap hari untuk bersekolah.

Pada masa pandemi covid-19, dimana pemerintah menyarankan belajar daring, sekolah ini terpaksa tetap melakukannya secara tatap muka karena belum ada jaringan telekomunikasi.

Hal seperti perlu ada nya tindak lanjut dari pemerintah. Pemerintah perlu melakukan pemerataan pendidikan keseluruhan pelosok desa. Jadi tidak hanya sekolah yang berada dikota yang dikembangkan, tetapi sekolah yang dipelosok desa pun perlu dikembangkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Siti Nurhaliza -
Nama : Siti Nurhaliza
NPM : 2253053028

Vidio tersebut memberitakan tentang sebuah sekolah dasar tepatnya SD Negeri Gilak Kabupaten Sikka yang membutuhkan perhatian pemerintah Sekolah di dusun terpencil ini menghadapi kendala serius karena tidak memiliki ruang kelas yang memadai. Keterbatasan fasilitas membuat mereka terpaksa menggunakan teras sebagai ruang kelas. Dengan hanya 6 ruangan, di mana 5 digunakan sebagai ruang kelas dan 1 sebagai ruang guru, sekolah ini bahkan tidak memiliki perpustakaan. Terletak di kaki gunung, aksesibilitas sekolah ini sulit, dan para siswa harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer setiap hari untuk dapat bersekolah. Meski menghadapi tantangan ini, semangat belajar para siswa tetap tinggi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Priscella Brenda Sylvania 2213053045 -
Nama : Priscella Brenda Sylvania
NPM : 2213053045

Video tersebut menggambarkan kondisi pendidikan di sebuah dusun terpencil di Kabupaten Sikka, di mana SD Negeri Glak berada. Sekolah ini menghadapi banyak kendala karena terletak di tempat terpencil.

Sekolah ini memiliki enam ruangan, dimana lima di antaranya digunakan sebagai ruang kelas dan satu sebagai ruang guru. Tidak ada ruang perpustakaan, bahkan untuk kelas saja terjadi kekurangan ruang sehingga beberapa kelas harus belajar di luar ruangan.

Siswa harus berjalan kaki sejauh dua kilometer setiap hari untuk bisa belajar di sekolah. Selain itu, selama pandemi COVID-19, ketika pemerintah mendorong pembelajaran dari sekolah, wilayah ini belum memiliki jaringan telekomunikasi sama sekali, membuat sulitnya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Kondisi belajar yang tidak ideal. Ketika cuaca buruk, terutama saat hujan, siswa yang belajar di luar ruangan tidak dapat melanjutkan pembelajaran karena tidak ada tempat berteduh. Suhu panas matahari juga mempengaruhi kenyamanan belajar.

Sekolah tersebut berharap pemerintah dapat membantu mereka membangun ruang kelas tambahan untuk memastikan anak-anak bisa belajar dengan aman dan nyaman.

Dari video tersebut, terlihat bahwa kondisi pendidikan di dusun terpencil tersebut cukup sulit karena keterbatasan fasilitas, akses, dan kondisi lingkungan belajar yang tidak mendukung. Harapan mereka adalah mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki situasi tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Iftah Farida Reza Nur 2213053184 -
Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Dalam video membahas mengenai Potret pendidikan di dusun terpencil yakni sikka, NTT. Sekolah yang terpencil ini membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah, karena proses belajar mengajar yg di lakukan di teras kelas alasan nya karena kurang nya jumlah kelas di SD tersebut.

Meski begitu, para siswa di sana masih mempunyai semangat untuk pergi mencari ilmu ke sekolah, meski harus berjalan kaki hingga 2km jauh nya.

Dalam video kepala sekolah berharap kepada pemerintah agar di buatkan tiang kelas guna kegiatan belajar mengajar yang layak dan nyaman.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Fitri Novita 2213053081 -
Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081

Vidio tersebut menceritakan potret pendidikan didusun terpencil lebih tepatnya didaerah sikka NTT. Sekolah Dasar glak dikabupaten sigang terlihat sangat memprihatinkan. Pasalnya di Sd tersebut tidak memiliki sarana prasarana yang memadai, Para siswa harus belajar di teras kelas karena ruangn yang tidak cukup bahkan mereka tidak memiliki perpustakaan, tetapi hal tersebut tidak melunturkan semangat anak - anak untuk bersekolah. Ketika musim pandemi Sd tersebut tidak melakukan kegiatan daring, mereka tetap belajar secara tatap muka karena didaerah terserlbut tidak ada jaringan internet.
Setelah melihat vidio tersebut diharapkan pemerintah dapat memberikan fasilitas sarana prasarana sekolah yang memadai untuk kenyamanan siswa dalam melakukan kegiatan belajar.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Nanda Veri Apriansyah 2213053181 -
Nama: Nanda Veri Apriansyah
NPM: 2213053181

Video tersebut merupakan bukti nyata dari masalah pendidikan yang umum terjadi di Indonesia. Sarana dan prasarana, masalah yang tidak pernah selesai dari dulu. Hal tersebut adalah penyebab dari kurang optimalnya pendidikan di Indonesia. Padahal, pendidikan merupakan hak dari setiap warga negara. Sungguh miris.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Yuda Kristian Lumban Raja -
Nama: Yuda Kristian Lumban Raja
NPM: 2213053260

Dalam video ini dibuktikan bahwa sangat tidak meratanya pendidikan di Indonesia.
dalam video tersebut, sangking tidak adanya ruang kelas, siswa-siswi memakai teras kelas sebagai tempat pembelajaran yang mungkin kurang nyaman, bahkan perpustakaan saja tidak ada karena keterbatasan ruangan. Namun dengan keterbatasan tersebut tak mengurangi semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Saat covid pun sekolah tersebut tak mampu melakukannya karena belum adanya jaringan telekomunikasi, oleh karena itu pihak sekolah tetap mengadakan pembelajaran secara luring.
mungkin dengan adanya video ini dapat membuka mata pemerintah untuk membantu dan membangun ruang kelas yang memadai bagi pembelajaran siswa
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 2

by Are Benata Tarigan 2213053124 -
Nama : Are Benata Tarigan
NPM : 2213053124

Sumber : YT(Potret Pendidikan di Dusun Terpencil)

Memperlihatkan kondisi suatu sekolah dasar yang berada di desa Sikka, NTT. Siswa sd  ini harus melakukan kegiatan belajar mengajar di teras kelas karena sekolah tidak memiliki cukup ruang kelas. SD ini hanya memiliki 6 ruangan saja yaitu 5 digunakan sebagai ruang kelas dan 1 sebagai ruang guru. Bahkan perpustakaan saja tidak ada.  

Harapan agar pemerintah segera membangun fasilitas yang cukup untuk sekolah agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik.