Forum Analisis Video 1

Forum Analisis Video 1

Number of replies: 33

Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Annisatul Alfaidah -
Nama: Annisatul Alfaidah
NPM: 2213053078

Analisis video 1

Video ini menampilkan seorang Martencis Veronica Siregar, dia adalah seorang yang mengikuti Indonesia mengajar dan ditempatkan di desa pelosok terpencil yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matoa.
Didesa ini pendidikan masih kurang disadari oleh masyarakat. Banyak anak kecil yang putus sekolah. Dan pernikahan dini. Orang tua kurang peduli tentang anak nya tentang pendidikan. Pendidikan anak usia dini atau PAUD belum masuk ke daerah ini. Martencis berharap para masyarakat didesa ini bisa menyadari pentingnya pendidikan dan pemerintah lebih memperhatikan.

Saat Martencis, mengajar di daerah ini dia selalu melakukan metode dan strategi agar pembelajaran tidak membosankan. Karena anak-anak didaerah ini cepat bosan. Dan untuk memotivasi anak-anak untuk rajin belajar, siswa yang berprestasi mendapat hadiah pergi jalan-jalan keluar kota. Lalu anak tersebut menceritakan pengalamannya didepan kelas kepada temannya.

Dalam video ini juga diceritakan mengenai bagaimana hidup di daerah ini.
Didaerah ini banyak sekali tradisi masyarakat. Memburu dan meramu masih menjadi cara bertahan hidup. Desa ini jauh dari pusat kabupaten. Daerah ini masih kental akan budaya.

Dari video ini kita dapat melihat bahwa masih banyak daerah-daerah kecil dan pelosok yang butuh bantuan kita, butuh perhatian kita. Apalagi dari segi untuk memajukan pendidikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Aldila seprina 2213053207 -
Nama : Aldila Seprina
NPM : 2213053207

Analisis video
Pendidikan yang kurang di daerah pelosok negara adalah masalah yang memengaruhi akses, kualitas, dan kesempatan bagi anak-anak di daerah tersebut. Hal ini sering terjadi karena keterbatasan sumber daya, infrastruktur, akses terhadap guru terlatih, serta kurangnya fasilitas pendidikan yang memadai. Solusi untuk masalah ini meliputi investasi dalam infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, program pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal, serta akses yang lebih baik terhadap teknologi pendidikan. Upaya kolaboratif antara pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat lokal diperlukan untuk meningkatkan pendidikan di daerah-daerah terpencil, agar setiap anak memiliki akses yang setara terhadap pendidikan yang berkualitas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nawang Lutfia Sani 2213053287 -
Nama: Nawang Lutfia Sani
NPM: 2213053287

Analisis Video 1

Sepenggal Cerita Pengajar di Pelosok Kalimantan

Video ini menceritakan seorang volunteer/pengajar bernama Martencis Veronica Siregar yang mengabdi di sebuah desa terpelosok di Kalimantan tepatnya di desa tanjung matol, Kec. Sembakung.

Di dalam video, diceritakan anak-anak kurang berminat untuk melanjutkan sekolah setelah lulus sekolah dasar. Banyak anak yang menikah di usia dini setelah lulus SD. Selain itu, Kurang nya perhatian orang tua pada pendidikan anak menjadi persoalan.
Ketika sekolah, kelas hanya terisi segelintir anak. Pengajar berharapa dapat membuat anak semangat sekolah, belajar dan bisa memiliki bekal untuk masa depan.

Pengajar mengatakan bahwa ia selalu berusaha membuat anak betah untuk belajar. Sungguh sangat disayangkan, bahwa ternyata TK dan paud belum masuk ke desa tanjung matol. Sehingga awal pendidikannnya adalah kelas 1 SD. Pengajar berusaha mengelola kelas dengan baik, agar anak tidak bosan belajar, menciptakan suasana belajar yang kondusif. Salah satu alternatif nya adalah belajar sambil bermain diluar kelas untuk menghilangkan rasa jenuh. Pengajar juga menekankan kepada peserta didik bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan motivasi peserta didik, Kepala sekolah memberikan reward kepada murid berprestasi, hadiah nya berupa perjalanan keluar desa. Harapannya agar peserta didik menjadi termotivasi untuk semangat belajar.
Selain itu hal ini dilakukan demi membuka wawasan anak anak tentang cerita dunia luar.

Dalam video tersebut, para warga desa untuk mencari makan harus mencari ke hutan terlebih dahulu. Jika tidak mereka tidak bisa mengharapkan siapa pun dan tidak akan bisa makan apapun. Begitu terpencil nya desa ini.

Cerita ini benar-benar mengajarkan kita bahwa kita harus selalu mengusahakan sanak saudara kita untuk bersekolah, dan kita harus selalu bersyukur atas segala yang kita punya, ketika mampu bersekolah, mampu menggunakan seragam sekolah yang bagus, mampu mengikuti pelajaran dan tidak kesusahan jika akan makan setiap hari adalah anugerah yang wajib di syukuri. Mengingat saudara kita yang berada di desa terpelosok seperti itu sangat prihatin rasanya karena semua serba kekurangan dan apa adanya.
Harapan saya semoga pemerintah segera memberikan bantuan pendidikan ke desa terpencil dan terpelosok seperti itu, agar semua anak Indonesia bisa merasakan pendidikan yang sama. Harus selalu kita ingat bahwa pendidikan adalah penting. Pendidikan akan menuntun kita pada tujuan yang kita inginkan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Khairina Fina Samira 2213053145 -
Analisis vidio 1
Nama : Khairina Fina Samira
Npm : 2213053145

Analisis dari video yaitu bahwa ada tantangan besar dalam meningkatkan pendidikan di daerah pelosok Indonesia. Martencis Veronica Siregar, seorang peserta Indonesia Mengajar, menyoroti kondisi pendidikan di desa terpencil Tanjung Matol. Masalah seperti putus sekolah, dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan masih menjadi kenyataan di sana.
Martencis berusaha mengatasi tantangan tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan memberikan insentif kepada siswa yang berprestasi. Meskipun hidup di daerah tersebut masih kental dengan tradisi dan cara bertahan hidup seperti berburu dan meramu, upaya untuk meningkatkan pendidikan tetap menjadi fokus. Tantangan pendidikan di daerah terpencil berkaitan dengan beberapa faktor seperti keterbatasan sumber daya, infrastruktur dan ketersediaan tenaga pendidik yang berkualitas. Solusi yang diusulkan mencakup investasi pada infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, pengembangan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan lokal, dan peningkatan akses terhadap teknologi pendidikan.
Kesimpulannya, mengatasi tantangan pendidikan di daerah terpencil memerlukan kolaborasi antara pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat lokal. Investasi dan perhatian yang lebih besar terhadap pendidikan di bidang ini dapat membuka kesempatan yang lebih luas dan setara bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nasywa Fadillah Asnah 2253053020 -
Nama : Nasywa Fadillah Asnah
NPM : 2253053020

Kelebihan pengajar muda di pelosok Kalimantan termasuk energi dan semangat yang tinggi, adaptabilitas terhadap lingkungan baru, dan kemampuan untuk membawa pendekatan inovatif dalam pembelajaran.
Namun, kekurangannya mungkin melibatkan kurangnya pengalaman dalam mengelola tantangan khusus di wilayah terpencil.

Manfaatnya dapat dirasakan melalui peningkatan akses pendidikan, pemberdayaan masyarakat setempat, dan pertukaran budaya antara pengajar dan siswa. Dengan kehadiran mereka, pengajar muda dapat memberikan dorongan positif untuk perkembangan pendidikan dan pembangunan di wilayah tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Rahma Aulia Putri Rahma -
Nama: Rahma Aulia Putri

NPM: 2213053123

Judul Video "LENTERA INDONESIA"

Video ini menceritakan tentang Martencis Veronica Siregar dia adalah pengajar muda dari gerakan Indonesia Mengajar yang ditempatkan di Desa Tanjung Matou, Nunukan, Kalimantan Utara. Desa terpencil dan pelosok yang ada di Kalimantan, dimana anak-anak di desa ini masih kurang minat untuk melanjutkan Pendidikan setelah tamat SD karena para orang tua masih kurang sadar dengan pentingnya Pendidikan dimana anak Perempuan banyak yang menikah di usia dini atau belum cukup umur.

Kurangnya perhatian orang tua pada Pendidikan untuk anak menjadi persoalanPendidikan TK DAN PAUD pun belum ada di desa Matou jadi kelas 1 SD adalah awal anak memasuki jenjang sekolahBanyak metode yang dilakukan oleh Martencis agar siswa tidak bosan dan malas untuk bersekolah

Pada video juga menceritakan tentang kehidupan sehari-hari di desa dan dapat kita lihat bagaimana kehidupan di desa yang harus lebih diperhatikan lagi seharusnya pemerintah juga ikut turun tangan untuk menghadapi persoalan yang ada di Desa terutama masalah PendidikanPendidikan sangat penting karena menunjang SDM yang berkualitas yang bisa merubah kehidupan yang lebih baik untuk kedepannya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Tantri Ayu Ratna Sari 2213053269 -
Nama: Tantri Ayu Ratna Sari
NPM: 2213053269
analisis dari video tersebut yang menampilkan seorang pengajar muda dari program indonesia mengajar bernama Martencis Veronica Siregar yang di tempatkan di Tanjung Matol, Kalimantan Utara. Di mana daerah tersebut merupakan salah satu daerah pelosok yang jaraknya jauh dari kota. Dari video tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat di desa tersebut masih memiliki kesadaaran yang rendah mengenai pendidikan, banyak anak yang tidak melanjutkan sekolah setelah lulus SD dan banyak anak perempuan yang menikah di usia dini. Hal tersebu terjadi karena rendahnya kesadaran orang tua mereka mengenai pentingnya pendidikan dan oendidikan dini tersebut menjadi tradisi di sana.
ketika martencis mengajar ia mengelola kelas semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk belajar dan ia juga menciptakan kelas yang kondusif dan agar mereka tidak bosan ia mengajak anak-anak untuk belajar di luar seligus mencari udara segar. Selain itu bapak kepala sekolah memberikan bonus untuk murid yang berprestasi dengan mengajak nya jalan-jalan keluar desa tanjung matol, dan agar para siswa termotivasi untuk belajar anak yang berprestasi tersebut menceritakan pengalamannya ketika diajak jalan-jalan.
Di samping rendahnya tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan ternyata masih sangat kental kebudayaan yang ada disini kegiatan memburu dan meramu masih mereka terapkan untuk bertahan hidup.
Hal ini membuktikan masih banyak tempat-tempat yang masih perlu perhatian dari pemerintah terutama agar generasi-generasi emas dapat lahir dan dapat membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi dan mereka dapat melanjutkan pendidikannya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Ajeng Akmala Sari -
Nama : Ajeng Akmala Sari
Npm : 2253053022

dari vidio tersebut dijelaskan yaitu pendidikan yang kurang di daerah pedalaman ,yang dimana fasilitas yang kurang memadai dengan menggunakan fasilitas yang ada.Dari vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka amat sangat membutuhkan bantuan dari kita termasuk dengan pendidikan
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nadia tri utami 2213053300 -
Nama : Nadia Tri Utami
NPM : 2213053300

Video tersebut menyoroti kehidupan Martencis Veronica Siregar, seorang peserta Indonesia Mengajar di desa terpencil, Tanjung Matoa, yang menghadapi tantangan dalam pendidikan. Martencis berusaha mengatasi kurangnya kesadaran pendidikan di desa tersebut, di mana banyak anak putus sekolah dan terjadi pernikahan dini. Pendidikan anak usia dini juga belum tersedia di sana. Martencis berharap masyarakat dan pemerintah dapat lebih peduli terhadap pentingnya pendidikan di daerah tersebut.

Selama mengajar, Martencis menggunakan metode kreatif untuk mengatasi kebosanan anak-anak di desa tersebut, memberikan insentif bagi siswa berprestasi dengan perjalanan keluar kota sebagai hadiah. Video juga menggambarkan kehidupan di desa tersebut, di mana tradisi memburu dan meramu masih menjadi cara hidup, sementara budaya tetap kuat meskipun jauh dari pusat kabupaten.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Qonita Hafiza 2213053180 -
Nama: Qonita Hafiza
NPM: 2213053180

Seperti yang kita tahu bahwasanya fasilitas dan pendidikan di daerah terpencil sangatlah kurang mendukung dibandingkan daerah yang lebih maju. Dengan ini pendidik harus menyiapkan bahab ajar yang lebih menarik agar mendukung semangat dari para peserta diidk untuk dapat mengikuti pembelajaran dan berlangsung dengan aman dan nyaman. Dengan itu, pendidikan yang berasal dari daerah terpencil tidak akan tertinggal.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Vraditha Aulia Putri 2213053090 -
Nama : Vraditha Aulia Putri
NPM : 2213053090

analisis video 1
Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan

Dalam video ini menceritakan tentang pengalaman seorang pengajar muda yang penuh semangat yang mengajar di daerah pedesaan Indonesia. Dia berusaha mendorong anak-anak untuk tetap bersekolah dan melanjutkan sekolah, terutama mengingat banyaknya anak perempuan di desa yang menikah di usia dini. Pengajar muda ini menunjukkan komitmen dan keinginan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi akademis anak-anak dengan menggunakan metode pengajaran kreatif dan memberikan insentif bagi murid yang berprestasi.

Pengajar muda ini merasa terbantu oleh kepala sekolah dan pemuda lokal yang peduli dengan pendidikan meskipun mereka menghadapi banyak masalah, termasuk masalah sosial dan budaya. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sekolah, komunitas lokal, dan guru bekerja sama untuk meningkatkan pendidikan di daerah pedesaan.

Pengajar muda ini memiliki harapan besar untuk berkontribusi positif pada kemajuan pendidikan Indonesia, meskipun mereka hanya dapat melakukan sedikit.

Analisis ini menunjukkan betapa pentingnya peran individu dalam upaya meningkatkan pendidikan di daerah pedesaan, dan betapa pentingnya bahwa berbagai pihak, termasuk sekolah, komunitas lokal, dan pemerintah, membantu membuat lingkungan pendidikan yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Zalianti Jahratun Nisya (2213053005) -
Nama : Zalianti Jahratun Nisya
NPM 2213053005

Cerita Martencis Veronica Siregar, seorang guru muda dari program Indonesia Mengajar yang ditempatkan di Desa Tanjung Matoa, Kalimantan Utara, menggambarkan dedikasinya dalam meningkatkan pendidikan di pedesaan.

Tantangan di Desa : Desa menghadapi permasalahan seperti pernikahan dini pada anak perempuan, rendahnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan, dan rendahnya minat melanjutkan pendidikan setelah sekolah dasar.

Misinya : Martencis berkomitmen untuk membuat perbedaan dengan mendorong anak-anak untuk bersekolah, belajar, dan memiliki prospek masa depan yang lebih baik. Ia mendekorasi kelas agar menarik bagi anak-anak dan berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Metode Pengajaran : Martencis menggunakan metode pengajaran kreatif untuk melibatkan siswa, menyadari perlunya pendekatan yang lebih inovatif untuk siswa kelas rendah. Ia juga mengajak siswanya keluar untuk mengikuti pelajaran agar tidak bosan dan menekankan bahwa pembelajaran bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Motivasi : Martencis prihatin dengan kurangnya motivasi di kalangan anak-anak dan bertujuan mencari cara untuk menginspirasi mereka agar lebih rajin dan semangat bersekolah.

Cerita Martencis menyoroti tantangan dan upaya yang terlibat dalam meningkatkan pendidikan di daerah pedesaan dan pentingnya guru yang berdedikasi dalam mengatasi tantangan ini. Komitmennya untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi anak-anak menunjukkan dampak dari semangat para pendidik dalam membentuk masa depan siswa muda di komunitas yang kurang terlayani.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Okta Alvonsa Modestia 2213053025 -
okta alvonsa modestia
2213053025

Analisis video 1

anak anak di desa tanjung matol kalimantan utara masih sedikit yang minat melanjutkan pendidikan setelah tamat sd, orang tua di desa ini masih kurang sadar akan pentingnya pendidikan, anak perempuan di desa ini banyak yang menikah di usia dini.

Banyak tradisi di desa ini, tidak hanya pernikaham dini yang terjadi namun kurang nya perhatian orang tua dengan pendidikan, banyak sekali cara yang di lakukan agar anak anak di desa tanjung matol ini sadar akan penting nya pendidikan dan semangat untuk berangkat ke sekolah, cara yang di gunakan dalam mengajar pun sangat beragam seperti menggunakan media belajar sederhana dan juga belajar tidak hanya di dalam kelas karena anak anak di desa tanjung matol sering sekali merasa bosan dan hal itu akan membuat mereka sadar bahwa belajar bisa dari mana saja dan di mana saja.

Perlahan orang tua di desa tanjung matol paham akan penting nya pendidikan, karena dengan ada nya pendidikan anak anak bisa mengetahui dunia luar, bisa menciptakan pengalaman baru, menumbuhkan rasa ingin tahu lebih dalam.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Luluk Utami 2213053257 -
Luluk Utami
2213053257

Analisis Video Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan

Dalam video ini terdapat seorang volunter bernama Martencis Veronica Siregar yang menjadi pengajar di Kalimantan.

Dalam vidio tersebut menampilkan bahwa ada seorang anak anak yang tidak berminat untuk melanjutkan sekolahnya, setelah lulus dari sekolah dasar banyak anak anak yang menikah. Dari masalah itu lah Veronica berusaha membuat anak kembali berkeinginan untuk sekolah, Veronica berusaha dengan mengelola kelas dengan sangat baik, agar anak anak tidak bosan.
Selain Veronica kepala sekolah juga mendukung untuk motivasi peserta didik dengan memberikan hadiah kepada peserta didik berprestasi.
Dalam vidio tersebut juga menampilkan kesulitan para warga dalam mencari makanan.

Dari video tersebut mengajarkan kita untuk terus mengusahakan sekolah untuk orang orang yang membutuhkan walaupun itu di pelosok negeri sekali pun. Karena pendidikan akan membawa kita dalam tujuan yang telah kita impikan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Wulan Agustina -
Nama : Wulan Agustina
Npm : 2213053011

Video tersebut mengisahkan Martencis Veronica Siregar, seorang volunteer/pengajar di desa Tanjung Matol, Kalimantan. Anak-anak di desa tersebut kurang berminat melanjutkan sekolah setelah SD, banyak yang menikah usia dini. Kurangnya perhatian orang tua pada pendidikan anak menjadi masalah. Meskipun kelasnya hanya diisi sedikit anak, pengajar berusaha menciptakan suasana belajar kondusif, bahkan dengan belajar sambil bermain di luar kelas.

Terkait kurangnya pendidikan pra-sekolah di desa tersebut, pengajar berusaha mengelola kelas dengan baik. Kepala sekolah memberikan reward berupa perjalanan keluar desa untuk meningkatkan motivasi murid. Video juga menunjukkan kondisi terpencil desa, dimana warga harus mencari makan di hutan.

Pesan dari cerita ini adalah pentingnya usaha untuk mendorong pendidikan di desa terpencil, bersyukur atas kesempatan bersekolah, dan harapan agar pemerintah memberikan bantuan pendidikan kepada desa seperti Tanjung Matol. Pendidikan dianggap penting untuk mencapai tujuan hidup.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Desviana Safitri 2213053064 -
Nama : Desviana Safitri
NPM : 2213053064

Video ini menjelaskan seorang Martencis Veronica Siregar yang mengikuti Indonesia mengajar dan ditempatkan di desa pelosok terpencil yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matoa. Pendidikan di desa ini masih dipandang kurang penting oleh masyarakat di sana. Banyak anak kecil yang putus sekolah dan pernikahan dini serta para orang tua kurang peduli tentang pendidikan anaknya.

Pendidikan anak usia dini atau PAUD belum masuk ke daerah ini. Martencis berharap para masyarakat di desa ini bisa menyadari pentingnya pendidikan dan pemerintah lebih memperhatikan pendidikan di desa ini. Saat mengajar, Martencis berusaha mengelola kelas dengan baik, agar anak tidak bosan belajar, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Salah satu alternatifnya adalah belajar sambil bermain diluar kelas untuk menghilangkan rasa jenuh. Martencis juga menekankan kepada peserta didik bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pengalaman Martencis benar-benar mengajarkan kita bahwa kita harus selalu mengusahakan sanak saudara kita untuk bersekolah, dan kita harus selalu bersyukur atas segala yang kita punya, ketika mampu bersekolah, mampu menggunakan seragam sekolah yang bagus, mampu mengikuti pelajaran dan tidak kesusahan jika akan makan setiap hari adalah anugerah yang wajib di syukuri karena saudara kita yang berada di desa terpelosok seperti itu sangat memprihatinkan karena semua serba kekurangan dan apa adanya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Issa Virnama 2213053043 -
Nama : Issa Virnama Della
Npm : 2213053043

Anak-anak Dayak Kalimantan Utara, Martencis Veronica Siregar pengajaran muda dari gerakan Indonesia mengajar yang ditempatkan di desa tanjung matol Kalimantan Utara.
Anak-anak di tanjung matol masih sedikit yang minat melanjutkan sekolahnya setelah lulus dari SD karna para orang tua di tanjung matol masih kurang sadar pentingnya pendidikan. Banyak anak perempuan yang menikah diusia dini dari umur 14tahun bahkan ada yang baru tamat SD.
Kurangnya kesadaran masyarakat di daerah tanjung matol mengenai pendidikan merupakan masalah yang cukup serius dan memiliki dampak negatif yang besar bagi perkembangan di daerah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut kepada daerah mengajak murid yang pintar untuk diajak jalan-jalan keliling daerah hal, siswa yang diajak keliling daerah sesampainya disekolah mencaritakan pengalamannya saat berjalan-jalan agar menginspirasi teman-teman yang lainnya.
Pendidikan memiliki peran penting dalam perkembangan negara, termasuk Indonesia seperti : pembangunan sumber daya manusia, peningkatan kualitas hidup, meningkatkan inovasi dan kreativitas, pengembangan kemampuan kepemimpinan dan sebagai sarana permasyarakatan.
Masyarakat di daerah ini masih sangat tradisional.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Permata Balqis -
Nama: Permata Balqis
NPM: 2213053217

Pada video tersebut menceritakan Sepenggal Cerita Pengajar Muda (Martencis Veronica Siregar) di Pelosok Kalimantan oleh Lentera Indonesia. Lentera Indonesia - Program dokumenter yang diangkat dari kisah-kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun.

Pada awal video mengenalkan anak-anak Dayak di Tanjung Matol, Nunukan, Kalimantan Utara yang memakai pakaian adat. Beliau juga menceritakan bahwa anak-anak Tanjung Matol masih sedikit yang berminat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih serius dikarenakan orang tua di sana masih belum sadar pentingnya pendidikan. Bahkan masih banyak anak perempuan yang menikah di usia dini (sekitar usia 12 tahun sudah). Hal ini membuat pengajar muda tersebut mempunyai cita-cita untuk membuat anak-anak Tanjung Matol mau bersekolah, bersekolah, dan punya bekal yang baik untuk masa depan.

Martencis mengajar di SDN 11 Sembakung sejak akhir 2016. Di sana, belum ada PAUD atau TK, sehingga SD kelas 1 adalah awal bagi anak-anak di sana. Martencis menggunakan metode mengajar yang kreatif dan menarik. Terkadang ia juga mengajak belajar diluar kelas untuk mengusir rasa jenuh siswa.

Salah satu penyebab mereka kurang suka bersekolah adalah kurangnya motivasi. Oleh sebab itu, kepala sekolah memberikan motivasi berupa hadiah untuk siswa yang rajin dan berprestasi, hadiahnya yaitu perjalanan keluar dari Tanjung Matol. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan baru, terutama soal cerita dunia luar. Kemudian, siswa yang sudah berjalan-jalan tersebut menceritakan ke teman yang lain, sehingga bisa menularkan semangatnya.

Martencis mengenalkan Loli (18 tahun), pemudi gereja lulusan SMK yang mempunyai cita-cita sama dengan Martencis dan peduli pada pendidikan. Martencis juga mengenalkan kepala sekolah dan para guru yang juga mempunyai semangat untuk pendidikan.
Mereka berperan besar dalam pendidikan disana.

Amanat dari kisah ini adalah pentingnya peran individu muda dalam membawa perubahan positif melalui pendidikan. Dengan semangat, kreativitas, dan dukungan komunitas, mereka dapat mengatasi hambatan dan membantu membentuk masa depan lebih baik bagi anak-anak di daerah terpencil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Qurota A'yunin 2213053183 -
Nama : Qurota A'yunin
NPM: 2213053183

Vidio ini mengisahkan tentang program dokumenter yang diangkat dari kisah nyata pengalaman Martencis Veronica Siregar, anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di pelosok negeri yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matoa selama kurang lebih satu tahun.Pendidikan di desa Matoa ini dipandang kurang penting oleh masyarakat di sana. Banyak anak kecil yang putus sekolah dan pernikahan dini serta para orang tua kurang peduli tentang pendidikan anaknya.

Martencis saat mengajar di daerah ini dia seringkali memutar otak mencari metode dan strategi agar pembelajaran yang dilakukan tidak membosankan,hal itu dikarenakan anak-anak didaerah Matoa ini cepat bosan. Dalam hal ini dia lalukan untuk memotivasi anak-anak agar rajin belajar, dia memberikan reward pada siswa yang berprestasi mendapat hadiah pergi jalan-jalan keluar kota. Lalu setelahnya anak tersebut menceritakan pengalamannya didepan kelas kepada temannya.

Vidio ini menceritakan pengalamannya hidup sehari-hari ,bagaimana bertahan hidup di pelosok negri masih harus mencari dengan berburu di hutan untuk menyambung hidup mereka. Dari cerita ini mengajarkan kita bahwa kita harus selalu berusaha untuk memastikkan saudara kita bersekolah dan selalu bersyukur atas apa yang dimiliki,karena kita masih bisa pergi ke sekolah, menggunakan seragam sekolah yang bagus, mengikuti kelas, dan tidak mengalami kesulitan untuk makan setiap hari merupakan anugerah yang harus kita syukuri. Sangat menyedihkan mengingat saudara kita yang tinggal di desa yang rusak itu. Semuanya serba kekurangan dan tidak lengkap.Untuk memastikan bahwa semua anak di Indonesia memiliki akses ke pendidikan, diharapkan pemerintah segera memberikan bantuan pendidikan ke desa-desa terpencil . Kita harus selalu ingat betapa pentingnya pendidikan. Pendidikan akan membantu kita mencapai tujuan kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Okvi Nurbaeti 2213053296 -
Nama: Okvi Nurbaeti
NPM: 2213053296

Dari Video yang telah disajikan ini memperlihatkan seorang partisipan Indonesia Mengajar bernama Martencis Veronica Siregar, yang ditempatkan di desa terpencil Tanjung Matoa. Di desa ini, kesadaran akan pentingnya pendidikan masih rendah, terjadi putus sekolah, pernikahan dini, dan minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anak. Martencis berharap masyarakat di desa ini dapat menyadari urgensi pendidikan, sementara juga menginginkan perhatian lebih dari pemerintah. Martencis menghadapi tantangan agar pembelajaran tidak membosankan, mengingat anak-anak di daerah tersebut mudah merasa bosan. Untuk memotivasi mereka, siswa berprestasi diberikan hadiah perjalanan keluar kota, dan mereka berbagi pengalaman mereka di depan teman-teman sekelas.

Dalam video disampaikan cerita tentang kehidupan sehari-hari di desa. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya perhatian lebih terhadap kehidupan di desa, dan pemerintah seharusnya terlibat aktif dalam mengatasi berbagai masalah di sana, terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan dianggap krusial karena berperan dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yang nantinya dapat membawa perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik. (parafrase)

Selain itu, video ini menggambarkan kehidupan di desa tersebut, di mana tradisi berburu dan meramu masih merupakan cara hidup utama. Desa ini terletak jauh dari pusat kabupaten dan mempertahankan kekayaan budaya lokal.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Priscella Brenda Sylvania 2213053045 -
Nama : Priscella Brenda Sylvania
NPM : 2213053045

Video ini menggambarkan realitas sulitnya pendidikan di desa terpencil Tanjung Matol, Kalimantan, dengan fokus pada pengalaman Martencis Veronica Siregar sebagai pengajar sukarelawan di sana.

Tantangan utama mencakup rendahnya minat anak-anak untuk melanjutkan sekolah setelah SD, tingginya angka pernikahan dini, dan kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anak. Ini menciptakan lingkungan di mana pendidikan tidak diutamakan.

Martencis berusaha membuat anak-anak betah belajar dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Strategi termasuk belajar sambil bermain di luar kelas untuk mengurangi kebosanan. Meskipun TK dan PAUD belum masuk ke desa, pengajar berkomitmen untuk memberikan dasar pendidikan dari kelas 1 SD.

Dalam video kepala sekolah memberikan reward berupa perjalanan keluar desa kepada murid berprestasi. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan membuka wawasan anak-anak tentang dunia luar.

Video menggambarkan bahwa masyarakat harus mencari makan dengan pergi ke hutan terlebih dahulu, menyoroti tingkat keterpencilan desa ini. Kondisi ini memberikan perspektif tentang seberapa sulitnya kehidupan di desa tersebut.

Video tersebut menyampaikan pesan moral tentang pentingnya bersyukur atas kesempatan mendapatkan pendidikan. Video juga mengajak pemirsa untuk peduli terhadap pendidikan didaerah terpencil dan mendorong dukungan pemerintah.

Penonton diberi harapan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan pendidikan ke desa terpencil. Ini menjadi panggilan aksi untuk kesadaran dan bantuan lebih lanjut dalam meningkatkan pendidikan di daerah-daerah serupa.

Secara keseluruhan, video ini berhasil menggambarkan realitas sulitnya pendidikan di daerah terpencil sambil menyoroti upaya pengajar, motivasi siswa, dan harapan untuk dukungan lebih lanjut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Puji Endang Lestari 2213053301 -
Nama: Puji Endang Lestari
NPM: 2213053301

Analisis Video 1

Video tersebut menceritakan langsung tantangan dan pengalaman yang dihadapi seorang guru bernama Martencis Veronica Siregar yang ditempatkan di Tanjung, Kalimantan Utara. Marten menggambarkan sulitnya menjangkau desa terpencil, kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan, dan pernikahan dini pada remaja putri di masyarakat. Ia juga membahas upaya yang ia lakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak-anak, termasuk mengajak mereka keluar kelas agar mereka tetap terlibat dan termotivasi untuk belajar. Selain itu, beliau menyebutkan reward unik yang diberikan Kepala Sekolah kepada siswa berprestasi, seperti jalan-jalan gratis ke luar Tanjung yang menjadi insentif bagi siswa untuk berprestasi dalam studinya.

Video tersebut juga menyentuh pertumbuhan pribadi dan adaptasi guru tersebut, karena ia awalnya berjuang dengan sifat komunitas yang pendiam dan pendiam, namun akhirnya menemukan kehangatan dan penerimaan di antara penduduk setempat. Dedikasi Marten terhadap perannya sebagai guru terlihat saat ia berbagi pengalaman dan tantangan yang ia hadapi dalam upaya memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak di desa tersebut.

Secara keseluruhan, video ini menyoroti ketahanan dan tekad guru dan siswa dalam menghadapi keadaan yang penuh tantangan, menyoroti pentingnya pendidikan dan dampak dari pendidik yang berdedikasi di komunitas terpencil.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by NOVA NOVA ENJELINA SIMANULLANG -
Nama: Nova enjelina simanullang
NPM: 2213053227

Analisis Video
Video yang membahas tentang pengajar muda di pelosok kalimantan yang bernama Martencis Veronica Siregar yang merupakan kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun. Di dalam video ini, anak-anak kurang berminat untuk melanjutkan sekolah setelah lulus sekolah dasar. Banyak anak yang menikah di usia dini setelah lulus SD bahkan sebelumnya sudah dilamar. Selain itu, Kurang nya perhatian orang tua pada pendidikan anak menjadi persoalan. Ketika sekolah, kelas hanya terisi sedikit anak yang minat belajarnya tinggi. Dalam video tersebut Pengajar berharap dapat membuat anak semangat sekolah, belajar dan bisa memiliki bekal untuk masa depan.

Dalam video ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting untuk itu orang tua perlu melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran anak, orang tua dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan akademis dan pengembangan pribadi anak. begitu juga dengan para guru juga perlu mengajarkan tentang dunia luar bukan hanya tentang dunia pendidikan disekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Vivi Natasya 2213053089 -
Nama: Vivi Natasya
NPM: 2213053089

Analisis Video 1

Vidio ini menampilkan seorang yang mengikuti indonesia mengajar yang bernama Martencis Veronica Siregar. Ia ditempatkan didesa pelosok yang terpencil yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matou, kecamatan Sembakung.

Didalam video ini banyak menunjukkan anak anak yang masih kecil sudah putus sekolah, bahkan banyak juga yang sudah melakukan pernikahan di usia dini setelah lulus SD. Kurangnya perhatian orang tua pada Pendidikan untuk anak menjadi persoalan Pendidikan. TK DAN PAUD pun belum ada di desa Matou, sehingga awal pendidikannya dimulai dari SD. Banyak metode yang dilakukan oleh Martencis agar siswa tidak bosan dan malas untuk bersekolah, karena anak anak disana sangat mudah bosan. Pengajar juga tidak hanya melakukan kegiatan pembelajaran didalam kelas saja, tetapi ia juga melakukan kegiatan pembelajaran diluar kelas agar para siswa dan siswi tidak jenuh. Martencis juga menekankan kepada anak anak bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Selain itu, untuk meningkatkan motivasi peserta didik, Kepala sekolah akan memberikan hadiah kepada murid yang berprestasi, hadiah nya berupa perjalanan keluar desa. Harapannya agar peserta didik menjadi termotivasi untuk lebih semangat belajar, dan menambah wawasan.

Dari video yang diamati pengalaman Martencis sangat mengajarkan kita bahwa kita harus selalu mengusahakan sanak saudara kita untuk bersekolah, dalam video sangat memprihatinkan kala saudara kita yang berada di desa terpelosok seperti itu sangat serba kekurangan dan hidup apa adanya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Fitri Novita 2213053081 -
Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081


Dalam video tersebut menceritakan tentang perjalanan pengajar muda ditanah papua yang bernama Martencis Veronica Siregar dari program indonesia mengajar yang di tempatkan di Tanjung Matol, Kalimantan Utara. Daerah tersebut merupakan salah satu daerah pedalaman yang jaraknya jauh dari kota. Martencis menceritakan kehidupan sehari - hari masyarakat tanjung mantol yang masih tradisional dan bagaimana pendidikan di tanah disana. Disana juga adat istiadatnya masih kental. Sedikit sekali anak - anak mengenyam bangku pendidikan dan rata - rata hanya sebatas lulusan SD. Anak perempuan yang sudah lulus Sd kebanyakan langsung menikah dan anak laki - laki bekerja. Pendidikan disana sangat memprihatinkan dan pola pikir masyarakat yang masih tradisional membuat sulit sekali merubah pemikiran tentang sangat pentingnya pendidikan. Hal tersebut sebenarnya wajar saja karena jauhnya desa mereka dari kota menjadikan desa tanjung mantol masih tertinggal. Setelah melihat vidio tersebut saya berharap pihak pemerintah pusat dan pendidikan lebih memperhatikan desa pedalaman tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Siti Nurhaliza -
Nama : Siti Nurhaliza
NPM : 2253053028

Analisis video menunjukkan bahwa pendidikan di daerah terpencil Indonesia, terutama di desa Tanjung Matoa, menghadapi tantangan signifikan. terlihat dari banyaknya anak yang putus sekolah dan pernikahan dini. Martencis berharap masyarakat setempat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan,
Martencis berharap dan menginginkan lebih banyak perhatian dari pemerintah.
Selama mengajar di daerah tersebut, Martencis menggunakan berbagai metode dan strategi agar pembelajaran tidak membosankan, mengingat anak-anak di sana cenderung cepat bosan. Untuk memotivasi siswa agar rajin belajar, siswa berprestasi dihadiahi perjalanan ke luar kota, dan mereka berbagi pengalaman mereka di depan kelas. Video ini juga menjelaskan tentang kehidupan di daerah tersebut, yang kaya akan tradisi seperti berburu dan meramu sebagai cara bertahan hidup. Desa ini masih sangat melekat pada budayanya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Iftah Farida Reza Nur 2213053184 -
Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Di awal video kita di kenalkan dengan seorang pengajar muda dari gerakan Indonesia mengajar yakni martencis Siregar. Dia di tempatkan di desa terpencil yaitu desa tanjung matoa, Kalimantan barat.

Yang mana di desa tersebut pendidikan masih sangat minim dan kurang, bahkan masih banyak budaya pernikahan dini pada perempuan. Para orang tua di sana masih kurang sadar akan penting nya pendidikan. tujuan Martencis sendiri sangat sederhana yakni agar anak anak mau pergi ke sekolah, belajar dan bisa mempunyai bekal yang lebih baik untuk masa depan.

Dalam kelas, Martencis banyak menggunakan metode metode yg menarik karena mengajar di kelas yg rendah, menurutnya metode seperti itulah yg di butuhkan anak anak kelas rendah agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Cara memotivasi murid murid agar punya semangat belajar yg tinggi pun cukup unikk yakni dengan memberikan sebuah perjalanan cuma cuma keluar tanjung matoa dengan begitu mereka menjadi semangat, rajin dan giat untuk belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by DEFI FITRIA NURAINI 2213053263 -
Nama: Defi Fitria Nuraini
NPM : 2213053263

Analisis Video 1

Di dalam video ini menjelaskan tentaang seorang Martencis Veronica Siregar yang mengikuti Indonesia mengajar dan ditempatkan di desa pelosok terpencil yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matoa. Di dalam video, diceritakan anak-anak kurang berminat untuk melanjutkan sekolah setelah lulus sekolah dasar. Banyak anak yang menikah di usia dini setelah lulus SD. Selain itu, kurang nya perhatian orang tua pada pendidikan anak menjadi persoalan. Ketika sekolah, kelas hanya terisi segelintir anak. Pengajar berharap dapat membuat anak semangat sekolah, belajar dan bisa memiliki bekal untuk masa depan.

Pengajar mengatakan bahwa ia selalu berusaha membuat anak betah untuk belajar. Sungguh sangat disayangkan, bahwa ternyata TK dan paud belum masuk ke desa tanjung matol. Sehingga awal pendidikannnya adalah kelas 1 SD. Pengajar berusaha mengelola kelas dengan baik, agar anak tidak bosan belajar, menciptakan suasana belajar yang kondusif. Salah satu alternatif nya adalah belajar sambil bermain diluar kelas untuk menghilangkan rasa jenuh. Pengajar juga menekankan kepada peserta didik bahwa belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan motivasi peserta didik, Kepala sekolah memberikan reward kepada murid berprestasi, hadiah nya berupa perjalanan keluar desa. Harapannya agar peserta didik menjadi termotivasi untuk semangat belajar. Selain itu hal ini dilakukan demi membuka wawasan anak anak tentang cerita dunia luar.
Dalam video tersebut, para warga desa untuk mencari makan harus mencari ke hutan terlebih dahulu. Jika tidak mereka tidak bisa mengharapkan siapa pun dan tidak akan bisa makan apapun. Begitu terpencil nya desa ini.
Berdasarkan video tersebut ternyata masih banyak desa terpencil dan pendidikan yang kurang, peran kita dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
NPM: 2213053072

Video ini menceritakan tentang Martencis Veronica Siregar dia adalah pengajar muda dari gerakan Indonesia Mengajar yang ditempatkan di Desa Tanjung Matou, Nunukan, Kalimantan Utara. Desa terpencil dan pelosok yang ada di Kalimantan, dimana anak-anak di desa ini masih kurang minat untuk melanjutkan Pendidikan setelah tamat SD karena para orang tua masih kurang sadar dengan pentingnya Pendidikan dimana anak Perempuan banyak yang menikah di usia dini atau belum cukup umur
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Velinda Widyacahya 2213053130 -
Nama : Velinda Widyacahya
Npm : 2213053130

"Sepenggal Cerita Pengajar di Pelosok Kalimantan"

Pada video tersebut dilihatkan mengenai kehidupan sehari-hari di sebuah desa. Dengan begitu, memberikan kita pengajaran betapa pentingnya perhatian lebih terhadap kehidupan di desa, dan seharusnya pemerintah lebih perhatian dan terlibat lebih aktif dalam mengatasi berbagai masalah di daerah terutama di desa. Oleh sebab itu, Pendidikan dianggap krusial karena berpengaruh dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yang akan membawa perubahan positif untuk generasi penerus selanjutnya.
Sebagai pendidik, kita harus memahami dan mengerti keadaan yang akan kita ajarkan, seperti membuat media pembelajaran yang akan membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, selain itu dapat menyediakan fasilitas seperti bahan ajar yang tepat sesuai dengan kurikulum dan kondisi setempat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Nanda Veri Apriansyah 2213053181 -
Nama: Nanda Veri Apriansyah
NPM: 2213053181

Selain karena tidak meratanya pendidikan, minat masyarakat terhadap pendidikan yang rendah juga merupakan masalah dalam dunia pendidikan. Banyak orang tua yang seolah nampak tidak peduli dengan pendidikan anaknya, mungkin hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi lingkungan serta akses pendidikan yang tidaklah mudah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Yuda Kristian Lumban Raja -
Nama: Yuda Kristian Lumban Raja
NPM: 2213053260

Pendidikan seperti cahaya, jika kita tak memiliki cahaya dalam perjalanan maka kita tersesat, namun ketika kita ada cahaya, kita tahu arah kita mau kemana.
dalam video tersebut yang diambil dari daerah terpencil di Kalimantan utara dan masiih banyak anak-anak yang tidak melanjutkan pendidikannya dan hanya lulus SD saja, dan siswa perempuan masih banyak yang menikah di bawah umur. Dan masih banyak orang tua yang kurang mengerti akan pentingnya pendidikan.
Banyak hal yang kita dapatkan dari video ini, mulai dari pendidikan dan sosial, dan budaya. Mulai dari keseharian masyarakat disana, adat istiadat yang ada dan perilakunya. Banyak keterbatasan, namun tak menghalangi semangat guru-guru yang ada disana dengan tujuan yang sama yaitu memajukan pendidikan anak-anak malinau
In reply to First post

Re: Forum Analisis Video 1

by Are Benata Tarigan 2213053124 -
Nama : Are Benata Tarigan
NPM : 2213053124

Analisis Video1
Sumber: YT(Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan- Lentera Indonesia)

Video ini menampilkan seorang Martencis Veronica Siregar, ia adalah seorang yang mengikuti program Indonesia mengajar dan ditempatkan di desa pelosok terpencil yang jaraknya jauh dari pusat kabupaten yaitu Tanjung matol Kec. Sembakung. Di Tanjung Matol pendidikan masih kurang disadari oleh masyarakat. Banyak anak kecil yang putus sekolah. Dan pernikahan dini. Orang tua kurang peduli tentang anak nya tentang pendidikan. Pendidikan anak usia dini atau PAUD belum masuk ke daerah ini. Martencis berharap para masyarakat didesa ini bisa menyadari pentingnya pendidikan dan pemerintah lebih memperhatikan mereka yang kurang merasakan pentingnya pendidikan.