Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 2
NPM: 2213053078
Analisis video 2
Video kedua ini membahas mengenai pendidikan moral disekolah dasar.
Dalam video dijelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat nya sesuai dengan nilai dan moral kebudayaan setempat.
Tahap-tahap perkembangan moral
1. Usia 6-12 bulan
2. Usia 12-18 bulan
3. Usia 18-30 bulan
4. Usia 30- 36 bulan
5. Usia 3-4 tahun
6. Usia 4-6 tahun
7. Usia 7-8 tahun
8. Usia 9-11 tahun
9. Usia 12-15 tahun
10. Usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda ( usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. Dewasa tua ( usia 65 tahun)
Dalam video juga dibahas mengenai beberapa implikasi
•Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM disekolah dasar.
Baik pertimbangan pribadi maupun sosial. Anak terkadang memerlukan teman untuk belajar. Tapi kadang bisa secara mandiri.
•Implikasi indentitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar.
Orang tua dan guru harus mengenalkan identitas gender kepada peserta didik, sehingga mereka bisa berperilaku sesuai identitas nya.
Dalam video menjelaskan permasalahan apa yang sering terjadi pada anak dan bagaimana solusinya
Permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar:
1. Hilangnya kejujuran, solusinya mengajak anak untuk lebih percaya diri.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab, solusinya mengajarkan untuk tanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin, solusinya harus bersikap tegas
4. Kurang bisa bekerja sama, solusi nya melibatkan anak
5. Mengambil hak orang lain, solusinya membiasakan anak untuk menyadari apa yang dia miliki.
Video ini cukup mengedukasi kita. Video ini bisa di tonton oleh anak-anak maupun orang dewasa seperti kita. Tetapi sayangnya dalam video tidak terdapat ilustrasi yang bisa memudahkan kita dalam memahami materi.
NPM: 2213053287
Pendidikan Moral di Sekolah Dasar
Pada video dijelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai dan moral masyarakat setempat.
Tahap-tahap perkembangan moral:
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia12- 18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Pada video dijelaskan Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di Sekolah Dasar. Perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar, anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tapi anak bisa melakukan nya sendiri.
Dijelaskan pada video mengenai Implikasi identitas Gender dalam perkembangan Moral anak Sekolah Dasar. Guru sebaiknya mengajarkan mengenai identitas gender supaya perilaku mereka sesuai dengan gendernya. Bukan hanya guru, tetapi orang tua dirumah pun m penting memiliki peranan yang sangat penting.
Dalam video dijelaskan tentang adanya permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu:
1. Hilangnya kejujuran.
Solusinya yaitu dengan mengajak anak untuk lebih percaya diri dan mengajarkan anak untuk bersikap jujur.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab.
Solusinya yaitu mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab. Guru dapat memberikan konsekuensi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas. Agar kedepannya siswa akan lebih bertanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin.
Solusinya yaitu guru bersikap tegas agar siswa akan menjadi jera dan kedepannya akan menjadi disiplin.
4. Kurang bisa bekerja sama.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk terlibat dalam kerja sama.
5. Mengambil hak orang lain.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain.
Materi yang disajikan dalam video sangat bermanfaat untuk menumbuhkan sikap patuh terhadap aturan dan nilai moral yang berlaku. Hal ini akan sangat menimbulkan efek yang berarti dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
Tahap-tahap perkembangan moral:
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia12- 18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Meskipun video ini memberikan pengetahuan yang berharga, ada kekurangan dalam bentuk ketiadaan ilustrasi yang dapat memudahkan pemahaman materi. Namun, materi yang disampaikan dalam video memiliki potensi besar untuk membantu menumbuhkan sikap patuh terhadap aturan dan nilai moral yang berlaku, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Dalam video dijelaskan tentang adanya permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu:
1. Hilangnya kejujuran.
Solusinya yaitu dengan mengajak anak untuk lebih percaya diri dan mengajarkan anak untuk bersikap jujur.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab.
Solusinya yaitu mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab. Guru dapat memberikan konsekuensi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas. Agar kedepannya siswa akan lebih bertanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin.
Solusinya yaitu guru bersikap tegas agar siswa akan menjadi jera dan kedepannya akan menjadi disiplin.
4. Kurang bisa bekerja sama.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk terlibat dalam kerja sama.
5. Mengambil hak orang lain.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain.
Secara keseluruhan, video ini dapat menjadi sumber informasi yang berguna untuk anak-anak, orang tua, dan pendidik dalam upaya membentuk moral yang kuat dan perilaku yang baik pada anak-anak di tingkat sekolah dasar.
NPM: 2213053180
Pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untu mengubah sikap, perilaku, tindakan dan kelakuan agar mampu berinteraksi dengan masyarakatnya. Ada beberapa tahap dalam perkembangan moral, fungsinya agar kita dapat mendemonstrasikan nilai-nilai moral sesuai usia dan kemampuan mereka dalam menyerap hal tersebut. Implikasi ini sangat penting salam perkembangan KBM siswa, salah satu hal penting yaitu karena anak perlu teman belajar untuk mendukung kelancaran siswa dalam pembelajaran. Terdapat beberapa permasalahan dalam perkembangan solusi anak salah satunya yaitu hilangnya rasa tanggung jawab. Maka dari itu, guru wajib mengajari rasa tanggung jawab tersebut agar siswa paham dan mengerti apa itu tanggung jawab.
Luluk Utami
2213053257
Pendidikan Moral di Sekolah Dasar
Pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan setempat.
1. Tahap perkembangan moral
1. Usia 6-12 bulan ( orang tua melindungi bayi)
2. Usia 12-18 bulan ( membuat komitmen )
3. Usia 18-30 bulan (anak mulai menunjukkan perilaku menolong)
4. Usia 30-36 bulan ( aktifitas fisik berkurang)
5. Usia 3-4 tahun (perilaku menolong yang lain menjadi lazim)
6. Usia 4-6 tahun ( penalaran moral makin fleksibel)
7. Usia 7-8 tahun ( penalaran moral makin fleksibel dan perilaku sosial meningkat)
8. Usia 9-11 tahun ( penalaran moral makin di pandu)
9. Usia 12-15 tahun ( peningkatan kesadaran akan keadilan)
10. Usia 16-20 tahun (Relativisme)
11 . Dewasa muda 20-40 tahun ( penalaran moral menjadi makin rumit)
12. Dewasa tengah 40-65 tahun
13. Dewasa Tua usia 65 tahun
2. Implikasinya pada sekolah dasar
Perkembangan nilai sosial dan pribadi dan sangat diperlukan untuk membantu proses belajar.
Implikasi identitas gender, guru mengajarkan pada anak tentang identitas gender.
3. Permasalahan serta solusi perkembangan nilai moral anak SD
1. Hilangnya kejujuran, cara mengatasinya ketika anak berkata jujur kita tidak boleh memarahinya.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab, cara mengatasinya mengajarkan anak untuk tanggung jawab.
3. Rendahnya Disiplin, cara mengatasinya kita harus bersifat tegas.
4. Kurang bisa bekerja sama, cara mengatasinya ajak anak untuk terbiasa bekerja sama.
5. Mengambil hak orang lain, solusinya membiasakan anak untuk menerima apa yang ia miliki.
Menurut saya materi tersebut sudah sangat baik untuk di sampaikan kepada anak sekolah dasar agar mereka mengerti mengenai pendidikan moral, tahapannya, implikasi, seta permasalahan dan solusinya.
Nama : Nadia Tri Utami
NPM : 2213053300
Video ini secara mendalam membahas pendidikan moral di sekolah dasar, mencakup konsep pendidikan moral, tahap-tahap perkembangan moral dari bayi hingga dewasa, implikasi perkembangan sosial, dan identitas gender dalam pengembangan moral anak. Tahap-tahap perkembangan moral yang dijelaskan, mulai dari usia bayi hingga dewasa muda, memberikan pemahaman yang komprehensif tentang evolusi moral individu.
Pentingnya memahami tahap-tahap ini juga diperkuat dengan identifikasi permasalahan perkembangan moral anak sekolah dasar, seperti hilangnya kejujuran, kurangnya rasa tanggung jawab, rendahnya disiplin, kurangnya kerja sama, dan perilaku mengambil hak orang lain. Solusi yang diajukan, seperti mengajarkan kejujuran, membangun rasa tanggung jawab, menegakkan disiplin, mendorong kerja sama, dan mengajarkan penerimaan, memberikan panduan praktis untuk mengatasi tantangan ini.Pemahaman yang mendalam tentang tahap-tahap perkembangan moral dan solusi untuk permasalahan yang muncul memberikan pandangan yang kaya untuk orang tua, pendidik, dan anak-anak sendiri.
Selain itu, video ini memberikan perspektif yang lebih luas dengan menyoroti kompleksitas penilaian moral pada dewasa muda, dewasa tengah, dan dewasa tua. Pemahaman ini dapat membantu membimbing pendidik dan orang tua dalam memberikan dukungan yang sesuai dengan tingkat perkembangan moral anak.mampu mendukung upaya membentuk moral yang kuat dan perilaku positif pada anak-anak sekolah dasar, sekaligus memberikan arah solutif terhadap permasalahan perkembangan moral yang mungkin muncul.
NPM 2213053005
Pendidikan Moral di Sekolah Dasar
Pendidikan moral di sekolah dasar adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, dan tindakan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat. Pendidikan moral bertujuan untuk membentuk karakter dan moralitas anak-anak sejak dini.
Tahap-tahap Perkembangan Moral pada Anak
Perkembangan moral pada anak dapat terjadi dalam beberapa tahap. Berikut adalah tahap-tahap perkembangan moral pada anak:
Usia 6-12 bulan : Pada tahap ini, orang tua berperan dalam mengemudi, mengendalikan, dan melindungi anak dengan baik.
Usia 12-18 bulan : Pada tahap ini, anak mulai membuat komitmen dan kepatuhan sesuai dengan keadaan. Mereka juga mulai menunjukkan perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak dan cemas dalam melakukan hal yang salah.
Usia 18-30 bulan : Pada tahap ini, anak mungkin menunjukkan perilaku menolong, rasa bersalah, malu, dan empati. Perkembangan moral terkait akurasi terkait mainan dan ruang muncul.
Usia 30-36 bulan : Pada tahap ini, kondisi fisik menurun dan lebih banyak perkembangan verbal.
Usia 3-4 tahun : Pada tahap ini, altruisme dan perilaku menolong orang lain menjadi lebih lazim. Motifnya adalah untuk mendapatkan pujian dan menghindari rasa bersalah. Anak juga mulai peduli tentang berbuat salah.
Usia 4-6 tahun : Pada tahap ini, penalaran moral anak menjadi lebih fleksibel.
Usia 7-8 tahun : Pada tahap ini, penalaran moral semakin fleksibel dan perilaku prososial meningkat.
Usia 9-11 tahun : Pada tahap ini, penalaran moral semakin dipandu oleh rasa keadilan. Anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial. Agresifitas beralih ke hubungan yang lebih kooperatif.
Usia 12-15 tahun : Pada tahap ini, penanaman moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
Usia 16-20 tahun : Pada tahap ini, relativisme moral memainkan peran penting dalam penalaran moral
Usia 20-40 tahun : Pada tahap ini, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
Usia 40-65 tahun : Pada tahap ini, penilaian moral bisa menjadi lebih tinggi
Usia 65 tahun ke atas : Pada tahap ini, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
Implikasi Perkembangan Sosial dan Pribadi Anak dalam KBM di Sekolah Dasar
Dalam konteks KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah dasar, perkembangan pribadi dan sosial anak sangat diperlukan. Anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar, namun kadang juga bisa melakukannya sendiri atau mandiri. Implikasi ini menunjukkan bahwa dalam KBM, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi dan kolaborasi antar anak-anak.
Implikasi Identitas Gender dalam Perkembangan Moral Anak Sekolah Dasar
Identitas gender dapat tertanam dalam perkembangan moral anak sekolah dasar. Guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender agar moral atau perilaku mereka sesuai dengan gendernya. Selain guru, orang tua juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengajarkan anak mengenai identitas gender.
Permasalahan dan Solusi Perkembangan Moral Anak SD
Beberapa permasalahan yang mungkin muncul dalam perkembangan moral anak SD adalah:
Hilangnya kejujuran
Rendahnya rasa tanggung jawab : Anak tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas atau pekerjaan rumah. Solusinya adalah mengajarkan anak untuk tidak bertanggung jawab dengan memberikan tugas kecil yang harus mereka kerjakan.
Rendahnya disiplin : Anak tidak tepat waktu datang ke sekolah. Solusinya adalah guru dan kepala sekolah harus memberikan penekanan tegas kepada siswa yang terlambat, agar mereka tidak terbiasa dengan perilaku tersebut.
Kurangnya kemampuan bekerja sama : Anak tidak bisa bekerja sama dalam kelompok kerja. Solusinya adalah membiasakan anak untuk lebih banyak bekerja sama dan tidak membiarkan mereka menjadi pasif saat bekerja sama.
Mengambil hak orang lain : Anak mencuri atau mengambil hak milik orang lain. Solusinya adalah membiasakan anak untuk menerima apa yang dimilikinya dan tidak mengambil hak milik orang lain.
Analisis dari hasil tersebut menunjukkan bahwa perkembangan moral anak SD membutuhkan pendekatan yang terencana dan melibatkan peran guru dan orang tua. Dalam mengatasi permasalahan perkembangan moral, penting untuk menanamkan nilai-nilai anak seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dan menghormati hak orang lain.
NPM : 2213053090
Dalam analisis video ke 2 yang berjudul "Pendidikan Moral di Sekolah Dasar" ini menjelaskan tentang pendidikan moral, tahapan perkembangan moral berdasarkan rentang usia, implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam konteks KBM di sekolah dasar, implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak, serta beberapa permasalahan yang sering terjadi pada anak beserta solusinya dalam perkembangan moral di sekolah dasar.
Pendidikan moral dijelaskan sebagai usaha terencana untuk mengubah perilaku peserta didik agar dapat berinteraksi sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan lokal.
Pada tahapan perkembangan moral yang digambarkan dan dijelaskan berdasarkan kelompok umur, mulai dari lahir hingga dewasa, menekankan pentingnya pemahaman bahwa perkembangan moral merupakan suatu proses yang terjadi sepanjang kehidupan individu.
Video ini menjelaskan implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak sangat penting dalam KBM di sekolah dasar karena anak memerlukan teman untuk membantu proses belajar, namun anak juga perlu belajar mandiri.Identitas gender juga memiliki implikasi dalam perkembangan moral anak sekolah dasar, di mana guru dan orang tua perlu mengajarkan anak mengenai identitas gender agar moral dan perilaku anak sesuai dengan gender yang sebenarnya
Pada video ini Mengidentifikasi beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada anak, seperti kehilangan kejujuran, kurangnya rasa tanggung jawab, rendahnya disiplin, kesulitan dalam bekerja sama, dan perilaku mengambil hak orang lain, serta menawarkan solusi yang berfokus pada keterlibatan anak, pendekatan positif, dan kesadaran atas hak dan tanggung jawab.
Video tersebut menunjukkan bahwa pendidikan moral bukan hanya menanamkan nilai-nilai, tetapi juga mengarahkan perilaku sesuai dengan nilai-nilai tersebut dan pasti terdapat solusi untuk suatu masalah.
NPM: 2213053269
Video tersebut merupakan sebuah presentasi yang memberikan penjelasan tentang pendidikan moral di sekolah dasar. Berikut adalah analisis video tersebut:
Topik yang dibahas yaitu pendidikan moral di sekolah dasar di mana diberikan definisi dari pendidikan moral sebagai upaya terencana untuk mengubah sikap, perilaku, dan tindakan peserta didik agar sesuai dengan nilai moral dan budaya masyarakat setempat. Selanjutnya menjelaskan tahap-tahap perkembangan moral dari bayi hingga dewasa. Ini memberikan pemahaman tentang bagaimana moral berkembang seiring dengan usia, dan pentingnya perkembangan pribadi dan sosial dalam proses pembelajaran bahwa anak-anak mungkin memerlukan teman sebaya untuk membantu proses belajar. Di dalam video juga sudah disebutkan pentingnya guru dan orang tua dalam mengajarkan anak-anak tentang identitas gender, sehingga perilaku mereka sesuai dengan identitas mereka. Dan di dalam video juga membahas beberapa masalah dalam perkembangan moral anak sekolah dasar, seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dan perilaku mencuri. Dia juga memberikan solusi untuk mengatasi masalah-masalah ini, seperti mengajarkan kejujuran dan tanggung jawab.
Nah jadi hasil snalisis video ini menunjukkan upaya untuk memberikan pengetahuan tentang pendidikan moral dan masalah-masalah moral yang mungkin dihadapi anak-anak di sekolah dasar. Dia juga memberikan solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Presenter menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana untuk memahamkan audiensnya, yang kemungkinan besar adalah siswa sekolah dasar.
NPM : 2213053263
Dalam video kedua ini menjelaskan tentang pendidikan moral di sekolah dasar.
Dalam video dijelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai dan moral kebudayaan setempat.
Tahap-Tahap Perkembangan Moral:
1. Usia 6-12 bulan: orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia 12-18 bulan: membuat komitmen dan kepatuhan sesuai dengan keadaan.
3. Usia 18-30 bulan: anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah, malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan: agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun: perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun: penalaran moral semakin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun: penalaran moral semakin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkatkan jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun: penalaran moral semakin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun: penalaran moral yang mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan.
10. Usia 16-20 tahun: relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun: penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa pertengahan 40-65 tahun: penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65 tahun: penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Dalam video dijelaskan implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar. Perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar, anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tapi anak juga bisa melakukannya sendiri.
Dalam video dijelaskan juga mengenai implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar. Guru sebaiknya mengajarkan mengenai identitas gender agar perilaku mereka sesuai dengan gendernya. Bukan hanya guru, tetapi orang tua dirumah pun penting memiliki peranan yang sangat penting.
Selanjutnya didalam video juga menjelaskan tentang permasalahan apa yang sering terjadi pada anak dan solusinya.
Permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar:
1. Hilangnya kejujuran.
Solusinya yaitu dengan mengajak anak untuk lebih percaya diri dan mengajarkan anak untuk bersikap jujur.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab.
Solusinya yaitu mengajarkan anak untuk tanggung jawab. Guru dapat memberikan konsekuensi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas.
3. Rendahnya disiplin.
Solusinya yaitu guru harus bersikap tegas.
4. Kurang bisa bekerja sama.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk terlibat dalam kerja sama.
5. Mengambil hak orang lain.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa yang dimilikinya.
Menurut saya video yang disampaikan sudah bagus, mencakup semua hal mulai dari apa itu pendidikan moral, tahap-tahap perkembangan moral, implikasi perkembangan moral, serta permasalahan dan solusinya.
Npm : 2213053025
Analisis Video 2
moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah Sikap perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat
tahap-tahap perkembangan moral
1. Usia 6-12 bulan
2. Usia 12-18 bulan
3. Usia 18-30 bulan
4. Usia 30- 36 bulan
5. Usia 3-4 tahun
6. Usia 4-6 tahun
7. Usia 7-8 tahun
8. Usia 9-11 tahun
9. Usia 12-15 tahun
10. Usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda ( usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. Dewasa tua ( usia 65 tahun)
implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar pada implikasi dalam KBM perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar, anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tapi anak bisa melakukannya sendiri atau mandiri
Implikasi Identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar,bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting
permasalahan serta solusi perkembangan warna anak SD
yang pertama hilangnya kejujuran ketika anak sudah terbiasa bersikap bohong itu akan membuat anak menjadi pribadi yang pembohong dan akan ketakutan ketika bersikap jujur masalah ini sering terjadi di sekolah ataupun di tempat lainnya misalnya ketika sedang lafalkan ujian sekarang ada selesai siswa yang mencontek atau bakal bekerjasama dengan temannya solusi atau untuk mengatasinya yaitu dengan mengajarkan anak untuk lebih percaya diri akan jawabannya mengajarkan anak untuk bersikap jujur ketika anak lebih caranya cukup Jangan memarahinya karena jika anak dimarahi maka ia akan takut ketika berbicara jujur dan memilih untuk penuh bicara bohong yang kedua hilangnya rasa tanggung jawab, guru di haruskan untuk membimbing anak didiknya dan mengajarkan anaknya untuk memiliki rasa tanggungjawab misalnya ketika anak diberikan Tugas atau pekerjaan rumah ada saja siswa yang tidak mengerjakan tugasnya padahal tuh sama saja bahwa siswa itu tidak memiliki rasa tanggungjawab solusi dari hilangnya rasa tanggung jawab yaitu mengajarkan anak untuk bersikap tanggungjawab dalam hal kecil yang bisa guru lakukan yaitu ketika ada siswa yang tidak mengerjakan Tugas maka akan diminta untuk maju kedepan dan mengerjakan soal yang akan diberikan oleh gurunya yang
ketiga rendahnya disiplin misalnya masih saja ada siswa yang tidak tepat waktu untuk datang ke sekolah Jika ada siswa yang sedang terlambat ke sekolah sebaiknya guru dan kepala sekolah bersikap tegas jika guru tanpa kepala sekolah tidak bersifat tegas akan membuat tersebut menjadi terbiasa dan tidak taat waktu
yang keempat kurang bisa bekerjasama misalnya tapi kerja kelompok solusinya yaitu membiasakan anak untuk terlibat dalam bekerja sama Jangan biarkan anak tidak aktif ketika kerjasama
yang kelima mengambil hak orang lain misalnya mencuri solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa ya dia miliki Dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain
NPM: 2213053183
Vidio ini menjelaskan tentang pendidikan moral di sekolah dasar,moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat .
Dalam Vidio ini juga dijelaskan tentang tahap-tahap perkembangan moral yang :
2. Usia 12-18 bulan membuat komitmen dan kepatuhan sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani ,perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak ,mencerminkan kecemasan diri dalam melakukan hal yang salah.
3. Pada usia 18-30 bulan anak mungkin menunjukkan perilaku menolong rasa bersalah dan empati mendorong perkembangan akurasi moral terkait mainan dan ruang.
4. Usia 30 sampai 36 bulan lebih banyak verbal .
5. Pada usia 3-4 tahun perilaku menolong yang lain menjadi lebih lazim.
6. Usia 4-6 tahun penalaran moral semakin fleksibel .
7. Pada usia 7-8 tahun penalaran moral semakin fleksibel dan perilaku prososial meningkatkan agresi terutama jenis permusuhan berkurang.
8. Pada usia 9-11 tahun penalaran moral semakin dipandu oleh rasa keadilan anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial agresif beralih ke hubungan.
9. Pada usia 12-15 tahun namun mencerminkan peningkatan kesadaran moral akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Adapun usia sudah sampai 20 tahun relatif memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Pada usia 20-40 tahun penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah pada usia 40 sampai 65 tahun penilaian moral bisa membeli.
13. Dewasa tua pada usia enam puluh lima tahun penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
Selanjutnya penerapan perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar pada penerapan dalam KBM perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tetapi hakikat anak bisa melakukannya sendiri atau Mandiri.
Selanjutnya Vidio ini menjelaskan tentang rindu krisis identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender agar mengontrol atau perilaku mereka Sesuai dengan gendernya Sebenarnya bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peran yang sangat penting tetap ah enggak jelas ini tentang moral pendidikan.
Dalam video ini juga dijelaskan tentang permasalahan serta solusi perkembangan warna anak SD yang pertama hilangnya kejujuran hai ketika anak sudah terbiasa membayangkan berbohong itu akan membuang anak menjadi pribadi yang pembohong dan akan ketakutan ketika berbohong jujur masalah ini sering terjadi di sekolah ataupun di tempat lainnya misalnya ketika sedang lafalkan ujian sekarang ada selesai siswa yang mencontek atau bakal bekerjasama dengan teman solusi atau untuk mengatasinya yaitu dengan mengajarkan anak untuk lebih percaya diri akan menjelaskan mengajarkan anak untuk berdoa jujur ketika anak lebih caranya cukup Jangan memarahinya karena jika anak dimarahi maka ia akan takut ketika berbicara jujur dan memilih untuk penuh bicara bohong yang kedua hilangnya rasa tanggung jawab guru dihaluskan untuk membimbing anak didiknya dan mengajarkan anaknya untuk memiliki rasa tanggungjawab misalnya ketika anak diberikan Tugas atau pekerjaan rumah ada saja siswa yang tidak bekerja mengarah padahal tuh selama saja bahwa siswa itu tidak memiliki rasa tanggungjawab solusi dari hilangnya rasa tanggung jawab yaitu mengajarkan anak untuk menjaga tanggung jawab halte kecil yang bisa guru lakukan yaitu ketika ada sesuai adegan kerja Tugasmu. Tekan dan minta untuk maju kedepan dan mengerjakan soal yang akan diberikan oleh gurunya yang ketiga rendahnya disiplin misalnya masih saja ada siswa yang tidak tepat waktu untuk datang ke sekolah Jika ada siswa yang sedang terlambat ke sekolah sebaiknya guru dan kepala sekolah menekankan tegas jika guru tanpa ditekankan tidak bersifat tegas akan membuat orang tersebut menjadi terbiasa dan mampu data waktu yang keempat kurang bisa bekerja sama misalnya tapi kelompok kerja solusinya yaitu membiasakan anak untuk lebih banyak dalam seja sama Jangan biarkan kesel tidak aktif ketika kerjasama yang kelima mengambil hak orang lain misalnya mencuri solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki Dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain.
NPM: 2213053260
moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah Sikap perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat selanjutnya joget aku atau menjelaskan tentang tahap-tahap perkembangan moral yang pertama pada usia 6-12 bulan orang tua akan memandu mengendalikan dan melindungi bayi yang kedua usia 12-18 bulan membuat komitmen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak mencerminkan cemasan diri dalam melakukan hal yang salah yang ketiga pada usia 18-30 bulan anak mungkin menunjukkan perilaku menolong rasa bersalah malu dan empati mendorong perkembangan moral akurasi terkait mainin dan ruang muncul yang keempat pada usia 30 sampai 36 bulan atau fisik berkurang lebih banyak verbal yang kelima pada usia 3-4 tahun perilaku menolong yang lain menjadi lebih lazim tipsnya untuk menelpon pujian dan menarik penolakan rasa bersalah dan kepedulian mengenai berbuat salah memuncak yang keenam pada usia 4-6 tahun penalaran moral makin fleksibel yang ketujuh pada usia 7-8 tahun penalaran moral makin fleksibel 4i dan perilaku prososial meningkat agresi terutama jenis permusuhan berkurang yang ke-8 pada usia 9-11 tahun penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial agresif beralif ke hubungan yang kesembilan pada usia 12-15 tahun namun moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif yang ke-10 pada usia udah sampai 20 tahun relativisme um mainkan peran penting dalam penalaran moral yang ke-11 dewasa muda pada usia 20-40 tahun penilaian moral bisa menjadi lebih rumit yang ke-12 dewasa tengah pada usia 40 sampai 65 tahun penilaian moral bisa membeli lebih milik yang ke-13 dewasa tua pada usia enam puluh lima tahun penilaian moral bisa menjadi lebih murid selanjutnya implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar pada implikasi dalam KBM perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tapi anak bisa melakukannya sendiri atau Mandiri selanjutnya saya akan menjelaskan tentang rindu krisis identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender supaya mengontrol atau perilaku mereka Sesuai dengan Winner nya Sebenarnya bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting tetap ah enggak jelas ini tentang pendidikan moral sekarang kakak Mbak makalah ngasi tau ke kalian tentang permasalahan serta solusi perkembangan warna anak SD yang pertama hilangnya kejujuran hai ketika anak sudah terbiasa bersikap bohong itu akan membuang anak menjadi pribadi yang pembohong dan akan ketakutan ketika bersikap jujur masalah ini sering terjadi di sekolah ataupun di tempat lainnya misalnya ketika sedang lafalkan ujian sekarang ada selesai siswa yang mencontek atau bakal bekerjasama dengan temannya solusi atau untuk mengatasinya yaitu dengan mengajarkan anak untuk lebih percaya diri akan jawabannya mengajarkan anak untuk bersikap jujur ketika anak lebih caranya cukup Jangan memarahinya karena jika anak dimarahi maka ia akan takut ketika berbicara jujur dan memilih untuk penuh bicara bohong yang kedua hilangnya rasa tanggung jawab Hai guru dihaluskan untuk membimbing anak didiknya dan mengajarkan anaknya untuk memiliki rasa tanggungjawab misalnya ketika anak diberikan Tugas atau pekerjaan rumah ada saja siswa yang tidak mengerjakan tugasnya padahal tuh selama saja bahwa siswa itu tidak memiliki rasa tanggungjawab solusi dari hilangnya rasa tanggung jawab yaitu mengajarkan anak untuk bersikap tanggungjawab halte kecil yang bisa guru lakukan yaitu ketika ada sesuai adegan mengerjakan Tugasmu apa tekan diminta untuk maju kedepan dan mengerjakan soal yang akan diberikan oleh gurunya yang ketiga rendahnya disiplin misalnya masih saja ada siswa yang tidak tepat waktu untuk datang ke sekolah Jika ada siswa yang sedang terlambat ke sekolah sebaiknya guru dan kepala sekolah bersikap tegas jika guru tanpa prasekolah tidak bersifat tegas akan membuat tersebut menjadi terbiasa dan mampu data waktu yang keempat kurang bisa bekerjasama misalnya tapi kerja kelompok solusinya yaitu membiasakan anak untuk lebih banyak dalam seja sama Jangan biarkan kesel tidak aktif ketika kerjasama yang kelima mengambil hak orang lain misalnya mencuri solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa ya dia miliki Dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain
Npm: 2213053072
Pendidikan nilai dan moral disekolah dasar
Tahap-tahap perkembangan moral
1. Usia 6-12 bulan
2. Usia 12-18 bulan
3. Usia 18-30 bulan
4. Usia 30- 36 bulan
5. Usia 3-4 tahun
6. Usia 4-6 tahun
7. Usia 7-8 tahun
8. Usia 9-11 tahun
9. Usia 12-15 tahun
10. Usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda ( usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. Dewasa tua ( usia 65 tahun)
Dalam video menjelaskan permasalahan apa yang sering terjadi pada anak dan bagaimana solusinya
Permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar:
1. Hilangnya kejujuran, solusinya mengajak anak untuk lebih percaya diri.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab, solusinya mengajarkan untuk tanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin, solusinya harus bersikap tegas
4. Kurang bisa bekerja sama, solusi nya melibatkan anak
5. Mengambil hak orang lain, solusinya membiasakan anak untuk menyadari apa yang dia miliki.
Jadi, Untuk itu sangatlah penting menanamkan pendidikan moral di Sekolah Dasar agar dapat membentuk karakter dan pribadi siswa yang lebih baik dan membangun generasi bangsa yang berkualitas serta menjadi penerus bangsa yang berintegritas.
NPM : 2213053207
analisis video 2
Pendidikan moral menjadi isu penting akhir-akhir ini di Indonesia. Banyak
hal yang melatar belakangi mengapa pendidikan moral harus mendapatkan porsi
besar dalam kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia. Sekolah Dasar sebagai institusi
pendidikan formal mempunyai peran dan tanggung jawab dalam menanamkan
pendidikan moral. Sampai sekarang insititusi pendidikan masih dipercaya sebagai
medium strategis untuk mengenalkan diri dan menanamkan nilai-nilai moral kepada
anak. Namun, tak dapat disangkal, beragam masalah yang masih mendera di
lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dalam memfasilitasi anak untuk melatih
diri dan berbuat sesuai dengan nilai-nilai moral belum terpenuhi. Sehingga ada
ungkapan bahwa lembaga pendidikan dianggap telah gagal dalam membentuk anak
bangsa yang memiliki akhlak, moral dan budi pekerti.
Untuk membentuk dan mengarahkan peserta didik pada nilai dan moral baik
atau berperilaku baik diperlukan kondisi dan situasi yang benar-benar berada dalam
keadaan selaras, tenang, kasih sayang, tanpa perselisihan, dan saling menerima
dalam perbedaan. Situasi dan kondisi tersebut diatas dianggap sebagai asumsi bahwa
jiwa manusia dalam mengambil keputusan sangat dipengaruhi oleh kondisi jiwa dan
lingkungan dimana mereka hidup, bersosialisasi, dan meniru.
Persoalannya adalah bagaimana sebenarnya pendidikan moral itu dapat
terinternalisasi dalam diri setiap manusia. Menciptakan sekolah yang dilandasi
dengan nilai-nilai moral sebenarnya dapat dimulai dari mana saja sesuai dengan
peran masing masing. Salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan dalam
rangka menuju ke arah pengembangan sekolah yang bermuatan moral adalah melalui
penanaman pendidikan moral dalam proses pembelajaran.
NPM : 2213053064
Video ini menjelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat nya sesuai dengan nilai dan moral kebudayaan setempat.
Tahap-tahap perkembangan moral:
- Usia 6-12 bulan: orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
- Usia 12-18 bulan: membuat komitmen dan kepatuhan sesuai dengan keadaan.
- Usia 18-30 bulan: anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah, malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
- Usia 30-36 bulan: agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
- Usia 3-4 tahun: perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
- Usia 4-6 tahun: penalaran moral semakin fleksibel.
- Usia 7-8 tahun: penalaran moral semakin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkatkan jenis permusuhan berkurang.
- Usia 9-11 tahun: penalaran moral semakin dipandu oleh rasa keadilan.
- Usia 12-15 tahun: penalaran moral yang mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan.
- Usia 16-20 tahun: relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
- Dewasa muda 20-40 tahun: penilaian moral menjadi lebih rumit.
- Dewasa pertengahan 40-65 tahun: penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
- Dewasa tua usia 65 tahun: penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Video ini juga menjelaskan implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar. Perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar, anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tapi anak juga bisa melakukannya sendiri.
Selain itu, video ini memberikan perspektif yang lebih luas dengan menyoroti kompleksitas penilaian moral pada dewasa muda, dewasa tengah, dan dewasa tua. Pemahaman ini dapat membantu membimbing pendidik dan orang tua dalam memberikan dukungan yang sesuai dengan tingkat perkembangan moral anak mampu mendukung upaya membentuk moral yang kuat dan perilaku positif pada anak-anak sekolah dasar, sekaligus memberikan arah solutif terhadap permasalahan perkembangan moral yang mungkin muncul.
Npm: 2213053301
Analisis video 2
Pendidikan Moral Di sekolah Dasar
Dalam video tersebut dijelaskan, terdapat beberapa permasalahan yang muncul dalam pendidikan moral di sekolah dasar. Salah satu permasalahan yang disebutkan adalah ketidakjujuran siswa, baik dalam mencontek saat ujian maupun dalam mengerjakan tugas. Solusi yang diberikan adalah mengajarkan anak untuk lebih percaya diri dan bersikap jujur, serta tidak memarahi anak ketika ia berbicara jujur.
Permasalahan lain yang disebutkan adalah hilangnya rasa tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Solusi yang diberikan adalah mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab dan memberikan tindakan tegas jika siswa terlambat datang ke sekolah.
Selain itu, rendahnya disiplin siswa juga menjadi permasalahan dalam pendidikan moral. Solusi yang diberikan adalah guru dan kepala sekolah harus bersikap tegas terhadap siswa yang terlambat datang ke sekolah agar siswa tidak terbiasa dengan perilaku tersebut.
Kurangnya kemampuan siswa dalam bekerja sama dalam kelompok juga menjadi permasalahan. Solusi yang diberikan adalah membiasakan anak untuk lebih aktif dalam bekerja sama dan tidak membiarkan siswa menjadi pasif saat bekerja sama.
Permasalahan terakhir yang disebutkan adalah mengambil hak orang lain, seperti mencuri. Solusi yang diberikan adalah mengajarkan anak untuk menerima apa yang dia miliki dan tidak mengambil hak milik orang lain.
Dalam video tersebut juga dijelaskan mengenai tahap-tahap perkembangan moral pada anak, mulai dari usia 6-12 bulan hingga usia dewasa. Tahap-tahap perkembangan moral ini penting untuk dipahami dalam pendidikan moral di sekolah dasar.
Selain itu, dalam videojuga menyebutkan pentingnya mengajarkan identitas gender kepada anak dalam perkembangan moral mereka. Guru dan orang tua memiliki peran penting dalam mengontrol dan mengarahkan perilaku anak sesuai dengan
NPM : 2213053123
video tersebut menjelaskan tentang Pendidikan moral di Sekolah Dasar
Pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan peserta didik untuk mampu berinteraksi pada lingkungan dan masyarakat sesuai dengan nilai moral dan budaya yang ada di masyarakat.
Tahap perkembangan moral yaitu pada usia yang terkecil dari usia 6-36 bulan lalu menengah dari usia 3-20 tahun adapun dewasa muda,tengah dan tua.
Implikasi perkembangan sosial dan pribadi dalam KBM di SD sangat diperlukan dalam belajar, karena anak memerlukan teman untuk proses belajar. Perkembangan sosial dan pribadi memiliki implikasi penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di Sekolah Dasar (SD). Berikut beberapa implikasi utama:
1. Interaksi Sosial: SD adalah tempat di mana anak-anak mulai berinteraksi secara intensif dengan teman sebaya dan guru. Ini memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan sosial seperti berbagi, bekerja sama, dan berkomunikasi.
2. Pengembangan Identitas: Proses KBM di SD membantu anak-anak memahami siapa mereka, minat mereka, dan potensi mereka. Ini dapat memengaruhi perkembangan identitas pribadi mereka.
3. Empati dan Etika: KBM dapat membantu anak-anak memahami nilai-nilai etika dan mengembangkan empati terhadap orang lain, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial dan pribadi.
Oleh karena itu, pendekatan KBM yang mendukung perkembangan ini akan memiliki dampak positif pada perkembangan holistik siswa di SD.
Permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar
1. Hilangnya kejujuran
2. Hilangnya rasa tanggung jawab
3. Rendahnya disiplin
4. Kurang bisa bekerja sama
5. Mengambil hak orang lain
solusi:
1.Memberikan Contoh: Orang dewasa, termasuk orang tua dan guru, harus memberikan contoh perilaku moral yang baik. Anak-anak cenderung belajar dari apa yang mereka lihat.
2.Fokus pada Pengembangan Empati: Ajarkan anak-anak untuk merasakan empati terhadap orang lain. Membantu mereka memahami perasaan dan perspektif orang lain.
3. Dukungan Profesional: Jika anak menghadapi masalah perkembangan moral yang serius, pertimbangkan bantuan dari seorang konselor atau psikolog.
Perkembangan moral adalah proses seumur hidup, dan penerapan solusi ini secara konsisten dapat membantu anak-anak dan remaja menjadi individu yang lebih moral dan etis.
Selain itu, keterlibatan orang tua, guru, dan komunitas dalam mendukung perkembangan moral anak sangat penting. Membangun fondasi moral yang kuat adalah tugas yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta konsistensi dalam memberikan bimbingan dan contoh yang positif.
Npm : 2213053130
Pada video analisis 2 membahas pendidikan moral disekolah dasar. di dalam video juga dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha secara sadar dan terencana untuk mengubah sikap dan perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral kebudayaan masyarakat setempat.
selain itu dijelaskan juga tahap-tahap perkembangan moral yaitu:
1. usia 6-12 bulan
2. usia 12-18 bulan
3. usia 18-30 bulan
4. usia 30-36 bulan
5. usia 3-4 tahun
6. usia 4-6 tahun
7. usia 7-8 tahun
8. usia 9-11 tahun
9. usia 12-15 tahun
10. usia 16-20 tahun
11. dewasa muda (usia 20-40 tahun)
12. dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. dewasa tua (usia 65 tahun)
selain itu dijelaskan implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di SD, Implikasi Identitas Gender Dalam Perkembangan Moral Anak SD.
Disebutkan terdapat permasalahan serta solusi perkembangan moral anak SD
1. Hilangnya kejujuran, solusi : mengajak anak lebih percaya diri dan bebicara jujur.
2. hilangnya rasa tanggung jawab, solusi : mengajak anak untuk bersikap tanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin, solusi : guru lebih tegas jika mendapatkan anak yang tidak disiplin.
4. kurang bisa bekerja sama, solusi : membiasakan anak terlibat untuk bekerja sama.
5. mengambil hak orang lain, solusi : membiasakan anak untuk menerima apa yang merekea miliki.
NPM : 2213053081
ANALISIS VIDIO 2
Vidio tersebut menggunakan animasi yang lucu dan bagus.
dalam vidio tersebut menjelaskan tentang pendidikan moral yaitu usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat nya sesuai dengan nilai dan moral kebudayaan setempat.
Tahap - tahap perkembangan moral :
1. usia 6-12 bulan : orang tua menggunkan disiplin untuk melindungi anaknya
2. usia 12 - 18 bulan : membuat komitmen dan patuh pada keadaan
3. usia 18- 30 bulan : anak menunjukan rasa menolong, bersalah , malu, empati dan mendorong perkembangan moral
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
impikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM disekolah dasar.
perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam kegiatan belajar anak
terkadang anak bisa mandiri atau membutuhkan teman dalam belajar.
implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar.
guru serta orang tua sangat berperan penting dalam mengajarkan anak tentang identitas gender supaya moral dan perilakunya sesuai gendernya.
permasalahan apa yang sering terjadi pada anak dan bagaimana solusinya
Permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar:
1. Hilangnya kejujuran
solusinya mengajak anak untuk lebih percaya diri.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab,
solusinya mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin,
solusinya guru harus bersikap tegas
4. Kurang bisa bekerja sama,
solusinya mebiasakan anak terlibat dalam kerjasama
5. Mengambil hak orang lain,
solusinya membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki dan tidak boleh mengambil hak orang lain.
Materi yang disampaikan pada vidio tersebut sangat memberikan manfaat dan mengedukasi kita untuk memahami perkembangan moral anak, dan bagaimana membentuk moral anak yang baik di sekolah dasar.
NPM: 2213053089
Analisis vidio 2
Dalam vidio tersebut membahas tentang pendidikan moral disekolah dasar.
Dalam vidio tersebut penyaji menjelaskan pendidikan moral merupakan usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, prilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai dan moral kebudayaan setempat.
Penyaji juga melampirkan tahap tahap perkembangan moral:
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia 12-18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan prilaku menolong, memiliki rasa bersalah, malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan prilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Pada penjelasan tahapan tersebut menekankan pentingnya pemahaman bahwa perkembangan moral merupakan suatu proses yang terjadi disepanjang kehidupan.
Penyaji dalam vidio ini juga menjelaskan implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak itu sangat penting dalam KBM disekolah dasar karena anak memerlukan teman untuk membantu proses belajar, namun anak juga perlu belajar sendiri atau mandiri. Selanjutnya terdapat juga implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar, dimana guru dan orang tua perlu mengajarkan anak mengenai identitas gender agar moral dan prilaku anak sesuai dengan gender yang sebenarnya.
Dalam vidio juga dilampirkan permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar
1. Hilangnya kejujuran
2. Kurangnya rasa tanggungjawab
3. Rendahnya disiplin
4. Kesulitan dalam bekerja sama,
5. Mengambil hak orang lain
Secara keseluruhan pada vidio tersebut sangatlah bermanfaat untuk menumbuhkan sikap yang baik dalam aturan dan nilai moral yang berlaku. Dan vidio tersebut juga menunjukkan bahwa pendidikan moral bukan hanya menanamkan nilai nilai, tetapi juga mengarahkan prilaku sesuai dengan nilai nilai tersebut.
NPM : 2253053020
Pendidikan nilai moral di sekolah dasar bertujuan untuk membentuk karakter, mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerjasama, disiplin serta mengembangkan pemahaman tentang etika dan perilaku yang baik pada anak.
Materi-materi tersebut seringkali diajarkan melalui pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, contoh dari guru, serta lingkungan sekolah.
NPM: 2213053296
Video ini menyoroti pendidikan moral di sekolah dasar sebagai fokus utama, memberikan penjelasan mendalam tentang berbagai aspek, termasuk konsep pendidikan moral, tahap-tahap perkembangan moral dari bayi hingga dewasa, implikasi perkembangan sosial, dan peran identitas gender dalam pengembangan moral anak.
Dalam konteks tahap-tahap perkembangan moral, video menjelaskan langkah-langkah penting yang harus diikuti:
1. Bayi usia 6-12 bulan : belajar tentang disiplin yang diterapkan oleh orang tua.
2. Antara usia 12-18 bulan : anak mulai memahami perasaan hati nurani, membuat janji, dan mematuhi aturan.
3. Usia 18-30 bulan : menandai awal perkembangan perilaku sosial, seperti menolong, rasa bersalah, malu, dan empati.
4. Usia 30-36 bulan : ditandai dengan penurunan agresi fisik dan peningkatan komunikasi verbal.
5. Di usia 3-4 tahun : altruisme dan perilaku menolong lainnya menjadi lebih umum karena anak ingin mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun : menghadirkan peningkatan penalaran moral yang lebih fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun : menunjukkan pertumbuhan empati dan perilaku pro-sosial, sementara jenis permusuhan berkurang.
8. Di usia 9-11 tahun : penalaran moral semakin dipengaruhi oleh keadilan.
9. Usia 12-15 tahun : menunjukkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun : melibatkan peran relativisme dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda (20-40 tahun) dan dewasa tengah (40-65 tahun) : menunjukkan perkembangan penilaian moral yang lebih kompleks.
12. Dewasa tua (usia 65+) : mencerminkan penilaian moral yang lebih kompleks seiring bertambahnya usia.
Meskipun video ini menyajikan materi yang berharga, kekurangannya adalah ketiadaan ilustrasi yang dapat membantu pemahaman materi. Namun, isi dari video memiliki potensi besar untuk membantu membangun perilaku patuh terhadap aturan dan nilai-nilai moral, baik di keluarga, sekolah, atau masyarakat.
Dalam video tersebut, dibahas masalah dan solusi terkait perkembangan moral anak-anak di sekolah dasar. Beberapa permasalahan yang dijelaskan mencakup:
1. Hilangnya Kejujuran:
Anak-anak terkadang berbohong karena takut atau merasa bahwa berbohong adalah cara yang lebih mudah. Hal ini dapat menyebabkan mereka menjadi pribadi yang pembohong. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengajarkan anak untuk lebih percaya diri dan menjelaskan pentingnya kejujuran. Lebih baik memberikan dorongan positif daripada menghukum anak saat berbicara jujur.
2. Hilangnya Rasa Tanggung Jawab:
Beberapa anak mungkin tidak merasa bertanggung jawab terhadap tugas atau pekerjaan rumah mereka di sekolah. Guru perlu membimbing anak-anak dan mengajari mereka arti tanggung jawab. Salah satu metodenya adalah memberikan tugas atau pekerjaan dan memastikan anak memahami pentingnya menyelesaikannya.
3. Rendahnya Disiplin:
Beberapa siswa mungkin datang terlambat ke sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, guru dan kepala sekolah perlu memberlakukan aturan yang tegas terkait kedisiplinan dan mengingatkan siswa pentingnya tepat waktu.
4. Kurangnya Kemampuan Bekerja Sama:
Ada siswa yang mungkin kesulitan bekerja sama dalam kelompok kerja. Solusinya adalah dengan melibatkan anak dalam kegiatan kerjasama, mengajar mereka keterampilan bekerja sama, dan memastikan semua siswa aktif berpartisipasi.
5. Mengambil Hak Orang Lain:
Anak-anak harus diajarkan untuk menghargai kepemilikan orang lain dan tidak mengambil hak milik orang lain. Ini dapat dicapai dengan mengajarkan anak untuk menghormati hak milik orang lain dan menerima apa yang mereka miliki.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana mengatasi beberapa masalah perkembangan moral yang dapat terjadi pada anak-anak di sekolah dasar. Itu juga menyoroti peran guru dan orang tua dalam membantu anak-anak mengembangkan nilai moral yang kuat dan perilaku yang baik.
NPM : 2253053022
Analisis video 2
Video kedua ini membahas mengenai pendidikan moral disekolah dasar.
Tahap tahap perkembangan Moral
1. usia 6-12 bulan
2. usia 12-18 bulan
3. usia 18-30 bulan
4. usia 30-36 bulan
5. usia 3-4 tahun
6. usia 4-6 tahun
7. usia 7-8 tahun
8. usia 9-11 tahun
9. usia 12-15 tahun
10. usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda(usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. Dewasa Tua ( usia 65 tahun )
Dalam video juga dibahas mengenai beberapa implikasi
•Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM disekolah dasar
•Implikasi indentitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar.
Kesimpulan
Pendidikan moral sebaik nya di ajarkan sejak dini,karena agar anak lebih percaya diri pada diri sendiri,agar tidak berbohong seperti contoh kecil nya menyontek dan lainya,jika anak salah sebaiknya jangan di marahi,agar anak tidak takut untuk berkata jujur.
Jika anak selalu di marahi selalu,anak tersebut malah bisa kehilangan tanggung jawab,dan rendah nya kedisiplinan, tapi dukung anak agar selalu bisa menjadi lebih maju, seperti hal nya dalam mengerjakan tugas kelompok dan berbaur dengan kawan kawan nya dalam hal yang positif
Npm : 2253053028
Video kedua ini membahas mengenai pendidikan moral disekolah dasar.
Pada video tersebut dijelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai dan moral masyarakat setempat.
Tahap tahap perkembangan Moral
1. usia 6-12 bulan
2. usia 12-18 bulan
3. usia 18-30 bulan
4. usia 30-36 bulan
5. usia 3-4 tahun
6. usia 4-6 tahun
7. usia 7-8 tahun
8. usia 9-11 tahun
9. usia 12-15 tahun
10. usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda(usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (usia 40-65 tahun)
13. Dewasa Tua ( usia 65 tahun )
video tersebut juga menjelaskan tentang Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di Sekolah Dasar.
Npm :2253053032
Pada video ini membahas mengenai pendidikan moral di sekolah dasar. Pendidikan moral adalah usaha sadar dan terencana untuk mengubah sikap dan perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan oleh peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat nya sesuai dengan nilai moral kebudayaan masyarakat setempat. Selain itu video ini juga menjelaskan tahap tahap perkembangan moral mulai dari usia 6 sampai 12 bulan hingga usia 7 s/d 8 tahun.
NPM: 2213053227
Analisis Video
Video tersebut membahas tentang Pendidikan moral di sekolah dasar.Sebelumnya Pendidikan moral itu adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah Sikap perilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat.
Tahap-tahap perkembangan moral
1. Usia 6-12 bulan
orangtua akan dengan syuting untuk memandu mengendalikan dan melindungi bayi yang
2. Usia 12-18 bulan
membuat komitmen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak mencerminkan cemasan diri melakukan hal yang salah
3. Usia 18-30 Bulan
anak mungkin menunjukkan perilaku menolong rasa bersalah malu dan empati mendorong perkembangan moral akurasi terkait mainin dan ruang muncul
4. Usia 30 sampai 36 bulan atau fisik berkurang lebih banyak verbal
5. Usia 3-4 tahun
perilaku menolong yang lain menjadi lebih lazim Tipsnya untuk menelpon pujian dan menarik penolakan rasa bersalah dan kepedulian mengenai berbuat salah memuncak yang keenam pada usia 4-6 tahun penalaran moral makin fleksibel
6. Usia 7-8 tahun
penalaran moral makin fleksibel dan perilaku prososial meningkat agresi terutama jenis permusuhan berkurang
7. Usia 9-11 tahun
penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial agresif beralif ke hubungan
8. Usia 12-15 tahun
moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif yang
9. 10 pada usia
udah sampai 20 tahun relativisme memainkan peran penting dalam penalaran
10. Dewasa muda
pada usia tahun penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
Video tersebut juga membahas tentang Implikasi dalam KBM perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar bisa melakukannya sendiri krisis identitas gender. Perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender supaya mengontrol atau perilaku mereka Sesuai dengan Winner nya .Sebenarnya bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting.
NPM : 2213053045
Video tersebut berjudul Pendidikan Moral di Sekolah Dasar. Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan moral di sekolah dasar dan bagaimana moral berkembang pada anak-anak dalam berbagai tahap perkembangan. Pembicara dalam video ini mengambil pendekatan pengajaran yang melibatkan penguraian tahap perkembangan moral, dimulai dari bayi hingga dewasa muda. Ini memberikan gambaran tentang bagaimana perilaku dan nilai moral berkembang seiring bertambahnya usia. Video ini menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam mengajar anak-anak tentang identitas gender dan perkembangan moral. Guru dan orang tua dianggap memiliki peran penting dalam membentuk perilaku dan nilai-nilai moral anak-anak.
Video ini mengidentifikasi beberapa isu moral yang sering muncul pada anak-anak sekolah dasar, seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan pengambilan hak orang lain. Isu-isu ini diuraikan secara ringkas. Video juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi isu-isu moral tersebut. Contohnya, mengajarkan anak untuk menjadi lebih percaya diri dalam berbicara jujur, mempromosikan rasa tanggung jawab, meningkatkan disiplin, mendorong kerjasama, dan melarang perilaku seperti mencuri.
Video ini juga bertujuan memberikan pemahaman tentang bagaimana perkembangan moral anak-anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan bagaimana peran guru dan orang tua dapat membantu membentuk perilaku dan nilai-nilai moral yang positif pada anak-anak sekolah dasar. Selain itu, video ini memberikan solusi konkret untuk mengatasi beberapa isu moral yang sering muncul pada anak-anak di usia tersebut.
Npm :2213053011
Pendidikan moral? Pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap prilaku tindakan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat nya sesuai dengan nilai moral kebudayaan masyarakat setempat.
Menjelaskan tahap "perkembangan moral
1.pada usia 6-12bulan orang tua akan menggunakan syuting untuk memandu pengendalian dan melindungi bayi.
2.usia 12-18bulan membuat komitmen dan patuh sesuai keadaan merupakan awal tanda hati nurani perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak mencerminkan kemasan diri dalam melakukan hal yang salah.
3.usia 18-30bulan anak akan menunjukkan prilaku menolong rasa bersalah,malu dan empati mendorong perkembangan moral.
4.usia 30-36 bulan atau si fisik berkurang lebih banyak verbal .
5.usia 3-4 tahun akruisma dan perilaku menolong yang lain menjadi lebih lazim.
6.usia 4-6tahun penalaran moral makin fleksibel.
7.usia 7-8 tahun penalaran moral makin fleksibel empati dalam prilaku prososial agresi terutama jenis permusuhan berkurang.
8.usia 9-11 tahun penalaran makin dipandu oleh rasa keadilan, anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial.dan seterusnya.
Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM disekolah dasar baik perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar anak. Anak kadang membutuhkan teman dalam proses belajar tapi ada anak yang bisa melakukanya sendiri atau mandiri.
Npm : 2213053043
PENDIDIKAN MORAL DI SEKOLAH DASAR
Pengertian Pendidikan Moral : Usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, Tindakan, kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan daerah setempat.
Tahap-tahap perkembangan Moral
1. Usia 6 - 12 bulan orang tua akan menggunakan disiplin untuk memandu, mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia 12-18 bulan membuat komitmen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani perhatian terhadap objek yang cacat atau rusak mencerminkan cemasan diri dalam melakukan hal yang salah.
3. Usia 18-30 bulan anak mungkin menunjukkan perilaku menolong, rasa bersalah, malu, dan empati mendorong perkembangan moral akurasi terkait mainin dan ruang muncul.
4. Usia 30-36 bulan, si fisik berkurang lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun akruIsme dan perilaku menolong yang lain menjadi lebih lazim motifnya untuk mendapat pujian dan menarik penolakan rasa bersalah dan kepedulian mengenai berbuat salah memuncak.
6. Usia 4-6 tahun penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun penalaran moral makin fleksibel dan perilaku prososial meningkat agresi terutama jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan anak ingin menjadi baik untuk memelihara tatanan sosial, agresif beralih ke hubungan.
9. Usia 12-15 tahun moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Usia 20-40 (dewasa muda) penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
12. dewasa tengah pada usia 40 sampai 65 tahun penilaian moral bisa membeli lebih rumit
13. dewasa tua pada usia 65 tahun penilaian moral bisa menjadi lebih rumit
Implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM di sekolah dasar
Pada implikasi ini pentingnya perkembangan pribadi dan sosial dalam diri masing masing peserta didik.
Implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar
Pentingnya ditanamkan sejak dini agar peserta didik dapat mengontrol perilaku sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan (gender).
Permasalahan serta solusi perkembangan Moral anak di Sekolah Dasar:
1. Hilangnya kejujuran,
2. Hilangnya rasa tanggung jawab,
3. rendahnya disiplin,
4. kurang bisa bekerjasama,
5. Mengambil hak orang lain
NPM: 2213053181
Pendidikan moral adalah usaha yang direncanakan untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, dan kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai, moral, dan kebudayaan masyarakat setempat. Contoh permasalahan dalam perkembangan nilai moral diantaranya adalah hilangnya kejujuran, hilangnya rasa tanggung jawab, dan rendahnya disiplin.
Tahap-tahap dalam perkembangan moral yaitu:
1. Usia 6-12 bulan
2. Usia 12-18 bulan
3. Usia 18-30 bulan
4. Usia 30-36 bulan
5. Usia 3-4 tahun
6. Usia 4-6 tahun
7. Usia 7-8 tahun
8. Usia 9-11 tahun
9. Usia 12-15 tahun
10. Usia 16-20 tahun
11. Dewasa muda (Usia 20-40 tahun)
12. Dewasa tengah (Usia 40-65 tahun)
13. Dewasa tua (Usia 65 tahun)
NPM : 2213053124
Analisi video 2
Dalam video ini, pendidikan moral di sekolah dasar menjadi fokus utama, dengan penjelasan yang mendalam mengenai konsep pendidikan moral, tahap-tahap perkembangan moral dari bayi hingga dewasa, implikasi perkembangan sosial, dan identitas gender dalam pengembangan moral anak.
Tahap-tahap perkembangan moral:
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia12- 18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Dalam video dijelaskan tentang adanya permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu:
1. Hilangnya kejujuran.
Solusinya yaitu dengan mengajak anak untuk lebih percaya diri dan mengajarkan anak untuk bersikap jujur.
2. Hilangnya rasa tanggung jawab.
Solusinya yaitu mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab. Guru dapat memberikan konsekuensi terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas. Agar kedepannya siswa akan lebih bertanggung jawab.
3. Rendahnya disiplin.
Solusinya yaitu guru bersikap tegas agar siswa akan menjadi jera dan kedepannya akan menjadi disiplin.
4. Kurang bisa bekerja sama.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk terlibat dalam kerja sama.
5. Mengambil hak orang lain.
Solusinya yaitu membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki dan tidak boleh mengambil hak milik orang lain.
NPM: 2213053304
Didalam video tersebut dijelaskan bahwa pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan, yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sesuai dengan nilai dan moral masyarakat setempat.
Tahap-tahap perkembangan moral terbagi menjadi 11 bagian yaitu :
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia12- 18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit
Selanjutnya penerapan perkembangan sosial dan pribadi anak dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar, KBM pada penerapan dalam perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar tetapi hakikat anak bisa melakukannya sendiri atau Mandiri.
Selanjutnya Vidio ini menjelaskan tentang rindu krisis identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar yaitu guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender agar mengontrol atau perilaku mereka Sesuai dengan gendernya Sebenarnya bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peran yang sangat penting tetap ah enggak jelas ini tentang moral pendidikan.
NPM: 2213053217
Pada video tersebut menjelaskan mengenai:
1. Pengertian Pendidikan Moral
2. Tahapan Perkembangan Moral
3. Implikasi Perkembangan Sosial dan Budaya dalam KBM
4. Implikasi Identitas Gender di Sekolah Dasar
5. Permasalahan dan Solusi dari Perkembangan Moral
1. Pengertian Pendidikan Moral
Moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap, perilaku, tindakan, kelakuan yang dilakukan peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan nilai moral dan kebudayaan masyarakat setempat.
2. Tahapan Perkembangan Moral
–pada usia 6 sampai 12 bulan
–pada usia 12 sampai 18 bulan
–pada usia 18 sampai 30 bulan
–pada usia 30 sampai 36 bulan
–usia 3-4 tahun
–usia 7-8 tahun
–usia 9-11 tahun
–usia 12-15 tahun
–usia 16-20 tahun
–dewasa muda usia 20-40 tahun
–dewasa tengah usia 40-65 tahun
–dewasa tua usia 65 tahun
3. Implikasi Perkembangan Sosial dan Budaya dalam KBM
Pada implikasi dalam KBM perkembangan pribadi dan sosial sangat diperlukan dalam belajar. Anak kadang memerlukan teman untuk membantu proses belajar, tapi kadang anak bisa melakukannya sendiri atau mandiri.
4. Implikasi Identitas Gender di Sekolah Dasar
Guru sebaiknya mengajarkan murid mengenai identitas gender supaya bisa mengontrol perilaku mereka sesuai dengan umurnya. Sebenarnya, bukan hanya guru saja tetapi orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting.
5. Permasalahan dan Solusi dari Perkembangan Moral
A. Hilangnya kejujuran. Solusinya, dengan mengajarkan anak untuk lebih percaya diri akan jawabannya dan mengajarkan anak untuk bersikap jujur. Ketika anak berbicara jujur jangan memarahinya, jika dimarahi maka ia akan takut ketika akan berbicara jujur dan memilih dengan berbicara bohong.
B. Hilangnya rasa tanggung jawab. Solusinya, guru bisa mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab dari hal yang terkecil yang bisa dilakukan misalnya anak diminta maju ke depan dan mengerjakan soal.
C. Rendahnya disiplin. Solusinya, guru bersikap tegas. Jika guru atau sekolah tidak bersifat tegas maka akan membuat siswa tersebut menjadi terbiasa tidak tepat waktu.
D. Kurang bisa bekerja sama. Solusinya, membiarkan anak terlibat dalam kerjasama dan jangan sampai dibiarkan anak tersebut tidak aktif.
E. Mengambil hak orang lain. Solusinya, membiasakan anak untuk menerima apa yang dia miliki dann tidak boleh mengambil hak milik orang lain.
Npm : 2213053184
Dari hasil analisis yg saya dapatkan, dalam video tersebut membahas mengenai pendidikan moral di sekolah dasar menjadi fokus utama, dengan penjelasan yang mendalam mengenai konsep pendidikan moral, tahap-tahap perkembangan moral dari bayi hingga dewasa, implikasi perkembangan sosial, dan identitas gender dalam pengembangan moral anak.
Tahap-tahap perkembangan moral:
1. Usia 6-12 bulan, orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. Usia12- 18 bulan, membuat lomtemen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. Usia 18-30 bulan, anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. Usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. Usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. Usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. Usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. Usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. Usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. Usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. Dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. Dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. Dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
Dalam video menjelaskan permasalahan apa yang sering terjadi pada anak anak di sekolah dasar.
1. Hilangnya kejujuran
2. Hilangnya rasa tanggung jawab
3. Rendahnya disiplin
4. Kurang bisa bekerja sama
5. Mengambil hak orang lain
Dan menurut saya video tersebut sangat mengedukasi kita sebagai calon pendidik untuk mengetahui bagaimana solusi permasalahan pendidikan moral pada peserta didik, dan dalam rangka membentuk pendidikan moral anak anak menjadi kuatt dan terarah
npm : 2253053038
dari video diatas menjelaskan tentang pendidikan moral disekolah dasar.
pendidikan moral adalah usaha yang dilakukan secara terencana untuk mengubah sikap tingkah laku peserta didik
tahap perkembangan moral meliputi :
1. pada usia 6-12 bulan orang tua akan menggunakan disiplin untuk membantu mengendalikan dan melindungi bayi.
2. pada usia 12 - 18 bulan membuat komitmen dan patuh sesuai dengan keadaan merupakan awal tanda hati nurani.
3. pada usia 18-30 bulan anak menunjukkan perilaku menolong, memiliki rasa bersalah,malu, dan empati ini akan mendorong perkembangan moral.
4. pada usia 30-36 bulan, agresi fisik berkurang, lebih banyak verbal.
5. pada usia 3-4 tahun, akruisme dan perilaku menolong yang lain jadi lebih lazim agar mendapatkan pujian.
6. pada usia 4-6 tahun, penalaran moral makin fleksibel.
7. pada usia 7-8 tahun, penalaran moral makin fleksibel, empati dan perilaku pro-sosial meningkat jenis permusuhan berkurang.
8. pada usia 9-11 tahun, penalaran moral makin dipandu oleh rasa keadilan.
9. pada usia 12-15 tahun, penalaran moral mencerminkan peningkatan kesadaran akan keadilan dan pembuat aturan yang kooperatif.
10. pada usia 16-20 tahun, relativisme memainkan peran penting dalam penalaran moral.
11. usia dewasa muda 20-40 tahun, penilaian moral menjadi lebih rumit.
12. usia dewasa tengah 40-65 tahun, penilaian moral bisa menjadi lebih rumit.
13. usia dewasa tua usia 65, penilaian moral akan menjadi lebih rumit.
implikasi perkembangan sosial dan pribadi anak dalam KBM disekolah
ini sangat diperlukan dalam belajar terkadang anak membutuhkan teman dalam proses belajar, ada juga anak yang bisa lakukan sendiri
implikasi identitas gender dalam perkembangan moral anak sekolah dasar
guru harus mengajarkan ini pada murid supaya moral mereka sesuai dengan gender
permasalahan serta solusi perkembangan moral anak sekolah dasar
1. hilangnya kejujuran solusinya mengajak anak untuk percaya diri
2. hilangnya rasa tanggung jawab solusinya mengajarkan anak untuk bersikap tanggung jawab
3. rendahnya disiplin solusinya sebaiknya guru tegas
4. kurang bisa bekerja sama solusinya melibatkan untuk berkerja sama
5. mengambil hak orang lain solusinya membiasakan anak untuk terima apa yang dia miliki.
Npm :2253053032
Analisis video 2
Berdasarkan video yanng telah saya lihat saya menganalisis bahwa Perkembangan dunia digital yang begitu pesat memang memberikan banyak sumbangsih bagi kemajuan peradaban di dunia. Berbagai kemajuan yang dimilikinya tidak hanya dapat digunakan oleh orang dewasa, melainkan anak-anak juga bisa menikmatinya dengan cara yang lebih sederhana. Dunia digital mampu dengan mudah membius cara berkehidupan penggunanya, mulai dari mindset, life style, bahkan ideologi. Dunia digital tidak hanya memberikan manfaat dan peluang besar bagi mobilitas kehidupan manusia di dunia ini. Namun, terdapat tantangan di dalamnya yang harus diantisipasi dan dikontrol penggunaannya dengan cara bersama-sama.Salah satu tantangan akibat kemajuan perkembangan di era digitalisasi yang dihadapi adalah dalam pendidikan karakter anak, khususnya kemerosotan nilai moral dan budaya yang terjadi di lingkungan masyarakat. Tantangan ini menjadi salah satu tantangan yang sangat serius dan jika hal ini tidak diawasi dan dikontrol maka akan berdampak pada kenakalan anak.
Di antara semua pihak yang berpengaruh terhadap pendidikan karakter anak, keluarga atau orang tua merupakan pihak yang paling berperan dan dominan dalam usaha ini. Jika keluarga atau orang tua dapat menyikapinya dengan bijak, maka karakter anak akan terbentuk dengan mudah menyesuaikan cara didik keluarga atau orang tuanya. Sebab keluarga atau orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi putra/putrinya. Sehingga peran aktif orang tua sangat dibutuhkan dalam pengasuhan anak. Orang tua dituntut cerdas di tengah perkembangan zaman, karena bekal pendidikan di sekolah saja tidak cukup untuk membekali anak-anak. Maka perlu peran penting keluarga atau orangtua dalam hal pengawasan, baik di dalam keluarga, lingkungan, maupun sekolah.