forum pertanyaan

forum pertanyaan

Number of replies: 32

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?

In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001
Penilaian Sikap:
1. Penilaian Sikap Afektif: penilaian terhadap sikap, nilai, dan kepercayaan individu terhadap suatu topik atau situasi.
2. Penilaian Sikap Moral: penilaian terhadap perilaku individu dalam menghadapi situasi yang melibatkan nilai-nilai moral.
3. Penilaian Sikap Sosial: penilaian terhadap perilaku individu dalam hubungannya dengan orang lain.
4. Penilaian Sikap Estetik: penilaian terhadap keindahan, seni, dan estetika.

Penilaian Pengetahuan:
1. Penilaian Formatif: penilaian yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengukur kemajuan siswa dalam memahami suatu topik atau subjek.
2. Penilaian Sumatif: penilaian yang dilakukan pada akhir suatu periode untuk mengukur pengetahuan siswa secara keseluruhan.
3. Penilaian Normatif: penilaian yang digunakan untuk membandingkan kinerja siswa dengan kinerja siswa lainnya.
4. Penilaian Kriteria: penilaian yang digunakan untuk membandingkan kinerja siswa dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan.

Penilaian Keterampilan:
1. Penilaian Kinerja: penilaian terhadap kemampuan individu dalam menyelesaikan tugas atau situasi tertentu.
2. Penilaian Portofolio: penilaian terhadap keterampilan individu dalam mengumpulkan, menyusun, dan mengevaluasi karya-karya atau proyek-proyek mereka.
3. Penilaian Observasi: penilaian terhadap keterampilan individu dengan cara mengamati dan mencatat aktivitas atau perilaku mereka.
4. Penilaian Tes: penilaian terhadap kemampuan individu dalam menjawab pertanyaan atau mengikuti instruksi tertentu.

Buku laporan adalah dokumen tertulis yang memuat catatan mengenai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam suatu periode waktu tertentu. Biasanya buku laporan digunakan dalam lingkungan pendidikan atau pekerjaan sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi kemajuan individu atau kelompok. Buku laporan dapat berisi informasi tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan suatu kegiatan atau proyek.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Nama: Ummul Nanda Ridhotun
NPM: 2113053153
- Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian, teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai, dan oleh diri sendiri.

- Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menambah wawasan siswa di suatu bidang.

- Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat, melaksanakan, dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatih sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan.

Buku lapor adalah suatu cara pengukuran kinerja siswa. Umumnya laporan ini diberikan oleh sekolah kepada siswa atau orang tua siswa dua kali dalam setahun.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by BILLY.FARIO.21 BILLY.FARIO.21 -
Nama : Billy Fario
Npm : 2163053003

Ada beberapa macam penilaian yang umum digunakan dalam pendidikan, yaitu:

1. Penilaian Sikap: Penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi sikap atau perilaku siswa dalam belajar. Penilaian sikap dilakukan dengan cara mengamati, menganalisis, dan mengevaluasi perilaku siswa selama proses belajar-mengajar. Contoh penilaian sikap antara lain penilaian kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah, penilaian kedisiplinan, penilaian keteraturan dalam mengerjakan tugas, dan penilaian sikap dalam berinteraksi dengan teman sekelas.

2. Penilaian Pengetahuan: Penilaian yang digunakan untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes atau ujian. Contoh penilaian pengetahuan antara lain penilaian tugas, ujian harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

3. Penilaian Keterampilan: Penilaian yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam melakukan suatu tindakan atau aktivitas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara mengamati atau memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa. Contoh penilaian keterampilan antara lain penilaian presentasi, penilaian keterampilan memecahkan masalah, penilaian keterampilan berkomunikasi, dan penilaian keterampilan berpikir kritis.

Buku lapor merupakan sebuah buku yang biasanya digunakan oleh siswa atau mahasiswa untuk mencatat kegiatan yang telah dilakukan atau tugas yang telah dikerjakan. Buku lapor dapat berisi informasi tentang aktivitas belajar, tugas, proyek, dan evaluasi diri. Biasanya buku lapor dipakai sebagai alat bantu untuk memantau kemajuan belajar siswa dan sebagai alat refleksi bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dirinya sendiri.
, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang buku lapor, yaitu:

1. Tujuan Buku Lapor: Tujuan utama dari buku lapor adalah untuk membantu siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan belajar dan keterampilan diri. Buku lapor dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memantau kemajuan belajar siswa dan sebagai alat refleksi bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dirinya sendiri.

2. Isi Buku Lapor: Isi dari buku lapor tergantung pada tujuan dan kebutuhan siswa atau mahasiswa. Biasanya, buku lapor berisi tentang aktivitas belajar, tugas, proyek, dan evaluasi diri. Isi buku lapor harus sesuai dengan kebutuhan siswa atau mahasiswa dan dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan belajar mereka.

3. Format Buku Lapor: Format buku lapor dapat beragam tergantung pada kebutuhan dan preferensi siswa atau mahasiswa. Ada beberapa format buku lapor yang umum digunakan, seperti buku lapor dengan kolom-kolom tertentu, buku lapor dengan gambar atau ilustrasi, atau buku lapor yang diisi secara digital.

4. Manfaat Buku Lapor: Manfaat dari buku lapor antara lain membantu siswa atau mahasiswa dalam memantau kemajuan belajar mereka, mengembangkan kemampuan diri, dan merencanakan tindakan selanjutnya untuk meningkatkan prestasi belajar. Selain itu, buku lapor juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi bagi guru atau dosen dalam mengevaluasi kemajuan belajar siswa atau mahasiswa.

Dalam penggunaannya, siswa atau mahasiswa sebaiknya memperhatikan isi buku lapor dan memanfaatkannya sebaik mungkin sebagai alat bantu dalam belajar dan mengembangkan kemampuan diri. Selain itu, siswa atau mahasiswa juga sebaiknya mengikuti instruksi dari guru atau dosen dalam pengisian buku lapor dan melaporkan perkembangan belajar mereka secara berkala.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4J

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap ini ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh capaian perilaku serta budi pekerti yang dimiliki peserta didik yang meliputi sikap spiritual dan sikap social.
Teknik Penilaian Sikap
a. Observasi/Jurnal : Teknik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku. Hasil dicatat dalam jurnal yang dibuat selama satu semester oleh guru muatan pelajaran, guru BK, dan guru kelas.
b. Penilaian diri sendiri : dilakukan dengan cara peserta didik diminta mengemukakan kekurangan dan kelebihan dirinya dalam berprilaku.
c. Penilaian antar teman : penilaian dilakukan dengan cara peserta didik saling menilai perilaku temannya. Penilaian antar teman bisa mendorong : obyektifitas peserya didik, empati, mengapresiasi keragaman, refleksi diri.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan ditujukan dalam menilai capaian kompetensi pengetahuan peserta didik.
Teknik Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis : merupakan bentuk seperangkat pertanyaan dalam bentuk tulisan yang direncanakan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Instrumen berisi soal pilhan ganda, isian, jawaban singkat, benar salah, menjodohkan, dan uraian.
b. Tes lisan : merupajan bentuk tes yang menuntut peserta didik menjawabnya secara lisan Instrument tes ini dilakukan dengan pendidik menyiapkan daftar pertanyaan yang nantinya akan dilakukan kegiatan tanya jawab pada siswa.
c. Tes Penugasan : tes ini dilakukan dengan memberikan tugas pada siswa yang dikerjakan dirumah ataupun proyek yang dikerjakan secara individu atau kelompok
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan ditujukan untuk menilai capaian kompetensi keterampilan peserta didik
a. Penilaian Praktik : penilaian yang menuntut respon berupa ketrampilan melakukan aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi berupa tes praktik
b. Penilaian Proyek : proyek yaitu tugas belajar berupa kegiatan yang meliputi perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis dalam waktu tertentu . Penilaian yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan, relevansi, keaslian, inovasi, kreativitas.
c. Penilaian Potofolio : penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu untuk dapat mengetahui minat, perkembangan, prestasi, kreativitas siswa dalam waktu tertentu.
d. Penilaian Produk : meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat hasil karya, produk-produk, seni, dan teknologi. Pengembangan produk melalui 3 tahap dan setiap tahap penilaian meliputi persiapan, tahap pembuatan, tahap produk atau hasil.
Buku lapor adalah buku yang berisi hasil kerja atau kinerja peserta didik yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui hasilnya oleh orang tua siswa. Buku lapor beriri lapan nilai siswa yang sudah didapatkan setelah menempuh Pendidikan selama satu semester. Biasanya buku lapor dibagikan tiap akhir semester.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Early sevia putri -
Nama : Early Sevia Putri
Npm : 2113053009

1. ~ Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.

~Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

~ Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

2. Buku lapor adalah segala sesuatu yang tertulis yang didapatkan setelah mendapat informasi yang akurat , jelas , dan tepat .
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by SILVY RAHMAWATI -
Nama : Silvy Rahmawati
Npm : 2113053107

Instrumen penilaian sikap terdiri atas tiga jenis instrumen, yaitu instrumen penilaian diri, instrumen penilaian teman sejawat, dan instrumen observasi sikap. Bentuk penilaian aspek pengetahuan terbagi dalam delapan bentuk yaitu pilihan ganda, isian, benar salah, menjodohkan, uraian, tanya jawab, penugasan individu, dan penugasan kelompok.Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan teknik, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Buku rapor adalah suatu cara pengukuran kinerja siswa. Umumnya laporan ini diberikan oleh sekolah kepada siswa atau orang tua siswa dua kali hingga empat kali dalam setahun
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by RIZKA MARANTIKA -
Nama: Rizka Marantika
Npm: 2113053053
Kelas: 4J

Macam-macam penilaian yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan adalah penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
1. Penilaian sikap dilakukan untuk menilai sikap siswa terhadap lingkungan sekitar dan sesama manusia.
2. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai sejauh mana siswa memahami materi pelajaran.
3. Penilaian keterampilan dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam menerapkan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Buku lapor adalah sebuah buku yang digunakan untuk mencatat kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dalam jangka waktu tertentu. Buku lapor biasanya digunakan oleh siswa atau mahasiswa untuk mencatat kegiatan belajar mereka selama satu semester atau satu tahun ajaran.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by VIRDA SANI AULIA -
Nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201

Penilaian yaitu proses pengumpulan data dan informasi mengenai kinerja seseorang atau suatu sistem. Ada tiga jenis penilaian yang umum digunakan:
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap adalah penilaian terhadap sikap, nilai, dan perilaku seseorang. Jenis penilaian ini meliputi penilaian terhadap sikap positif seperti kejujuran, kedisiplinan, dan kerjasama, serta sikap negatif seperti sikap malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak sopan.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan adalah penilaian terhadap pemahaman seseorang terhadap suatu materi atau konsep. Jenis penilaian ini meliputi tes tertulis, tes lisan, atau tes praktik yang mengevaluasi pengetahuan siswa mengenai suatu subjek atau topik tertentu.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas secara praktis. Jenis penilaian ini meliputi tes keterampilan seperti tes praktik, tes observasi, atau tes proyek yang mengevaluasi kemampuan siswa dalam menerapkan keterampilan yang telah dipelajari.

Buku lapor yaitu sebuah buku yang digunakan oleh guru atau pengajar untuk mencatat prestasi dan perkembangan siswa dalam pembelajaran. Buku lapor dapat mencatat berbagai jenis penilaian seperti penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dicapai oleh siswa. Buku lapor ini berguna untuk memudahkan guru dalam mengevaluasi kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Dalam penggunaannya, buku lapor harus disusun secara sistematis dan teratur untuk memudahkan pengawasan dan evaluasi kemajuan siswa.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091

Macam-macam penilaian dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap adalah penilaian terhadap sikap siswa dalam proses belajar mengajar. Penilaian sikap dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa mampu menunjukkan sikap yang positif dalam belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan adalah penilaian terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep dan teori yang diajarkan. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa mampu menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan adalah penilaian terhadap kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep dan teori yang telah dipelajari ke dalam kegiatan praktik. Penilaian keterampilan dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa mampu menguasai keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku lapor adalah buku yang digunakan oleh guru untuk mencatat perkembangan siswa dalam proses pembelajaran. Buku lapor biasanya berisi catatan tentang nilai, absensi, dan catatan lain yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Buku lapor juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk menilai kemajuan siswa dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Pambudi
Npm : 2113053265
1. Asesmen Diagnostik
Penilaian dengan pendekatan asesmen diagnostik merupakan bentuk pra-penilaian, di mana seorang guru melakukan upaya memahami kelebihan dan kekurangan peserta didik sebelum melakukan proses pembelajaran. Dengan asesmen ini guru dapat mengetahui tingkat kognitif peserta didik sehingga dapat memutuskan tindak lanjut dalam mendesain pembelajaran.

2. Formatif dan Sumatif
Penilaian formatif adalah evaluai yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian formatif biasa disebut dengan Assesment for Learning (AFL). Sedangkan penilaian sumatif merupakan penilaian yang dilakukan di akhir proses pembelajaran. Penilaian sumatif biasanya digunakan untuk menentukan kinerja akhir peserta didik seperti ulangan akhir semester atau ujian kelulusan. Penilaian sumatif biasa disebut Assesment Of Learning (AOF).

3. Penilaian Informal dan Formal
Penilaian informal biasanya dilakukan dalam bentuk umpan balik dengan peserta didik seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan awal sebelum memulai pembelajaran. Sedangkan penilaian formal merupakan evaluasi terhadap kinerja peserta didik selama proses pembelajaran, baik berupa tes tertulis maupun lainnya dengan menggunakan standar yang telah ditetapkan.



4. Continuous Assesment dan Final Assesment
Continuous merupakan penilaian sepanjang pengalaman belajar atau terus-menerus. Sementara Final Assement merupakan penilaian di akhir kegiatan belajar. Penilaian akhir biasanya digunakan untuk pengambilan keputusan sumatif.

5. Penilaian Proses dan Penilaian Produk
Penilaian proses adalah penilaian yang terfokus pada langkah-langkah atau prosedur yang mendasari kemampuan tertentu, seperti mengerjakan tugas dengan proses penyelesaian yang sesuai prosedur yang sistematis. Sedangkan penilaian produk merupakan penilaian pada karya atau hasil akhir dari tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Buku lapor adalah suatu cara pengukuran kinerja siswa. Umumnya laporan ini diberikan oleh sekolah kepada siswa atau orang tua siswa dua kali dalam setahun.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by RISTA NURCAHYANI -
Nama: Rista Nurcahyani
Npm: 2113053114

Penilaian sikap dibagi menjadi 2 yaitu sikap spiritual dan sikap sosial. Penilaian sikap dapat dilakukan guru saat pembelajaran dengan memperhatikan setiap siswa beserta hasil belajarnya.
Penilaian pengetahuan berupa pengerjaan soal pilihan ganda, esai, uraian, tanya jawab, penugasan baik individu maupun kelompok.
Penilaian keterampilan berupa penilaian produk, penilaian praktek, obyek, dan portofolio hasil.

Buku rapor adalah hasil kinerja siswa setiap semester dan berisikan tentang nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan mereka selama itu di bawah pengawasan guru. pada buku rapor biasa juga berisi tentang kegiatan pembelajaran selama 1 semester.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Rania Zahra -
Rania Zahra
2113053264

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap ditujukan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku serta budi pekerti peserta didik yang terdiri atas sikap spiritual dan sikap sosial.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan ditujukan untuk menilai capaian kompetensi pengetahuan peserta didik.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan ditujukan untuk menilai capaian kompetensi keterampilan peserta didik.

Teknik Penilaian
1. Teknik Penilaian Sikap
a. Observasi/Jurnal
Observasi dalam penilaian sikap peserta didik merupakan teknik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan.

b. Penilaian Diri Sendiri
Penilaian diri dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam berperilaku. Selain itu, penilaian diri juga dapat digunakan untuk membentuk sikap peserta didik terhadap mata pelajaran dan hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi.

c. Penilaian Antar Teman
Penilaian antar teman adalah penilaian dengan cara peserta didik saling menilai perilaku temannya. Penilaian antar teman dapat mendorong :
* Obyektifitas peserta didik;
* Empati;
* Mengapresiasi keragaman/perbedaan;
* Refleksi diri. 
Penilaian antar teman dapat dilakukan pada saat peserta didik melakukan kegiatan di dalam dan/atau diluar kelas.

2. Teknik Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis
Tes Tulis merupakan seperangkat pertanyaan atau tugas dalam bentuk tulisan yang direncanakan untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan peserta didik.
Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benarsalah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi Petunjuk Teknis penskoran.

b. Tes Lisan
Tes lisan merupakan pemberian soal/pertanyaan yang menuntut peserta didik menjawabnya secara lisan. Instrumen tes lisan disiapkan oleh pendidik berupa daftar pertanyaan yang disampaikan secara langsung dalam bentuk tanya jawab dengan peserta didik.

c. Tes Penugasan
Penugasan berupa tugas pekerjaan rumah dan/atau proyek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

3. Teknik Penilaian Keterampilan
Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, proyek, dan penilaian portofolio.

a. Penilaian Praktik
Tes Praktik adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.

b. Penilaian Proyek
Proyek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis dalam waktu tertentu.
Dalam penilaian proyek setidaknya ada 4 (empat) hal yang perlu diperhatikan yakni Pengelolaan, Relevansi, Keaslian, dan Inovasi dan Kreatifitas.

c. Penilaian Portofolio
Penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Disimpan dalam suatu folder dan diberi tanggal pembuatan sehingga perkembangan kualitasnya dapat dilihat dari waktu ke waktu.

d. Penilaian Produk
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat hasil karya, produk-produk, teknologi, dan seni.
Pengembangan produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan (proses), dan tahap produk atau hasil.

Rapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan rapor.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
1. Penilaian sikap
Penialian peserta didik dalam proses pembelajaran sikap spiritual dan sosial.
-sikap spiritual
-sikap sosial
2. Penilaian pengetahuan
Cara mengukur penguasan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir .
-tes tertulis
-tes lisan
-penugasan
3. Penilaian keterampilan(KD dari KI4)
-penilaian kinerja
-penilaian proyek

2. Buku lapor adalah laporan hasil kinerja siswa yang berbentuk buku yang diberikan kepada orang tua atau wali. Biasa disebut dengan rapor, rapor ini juga merupakan tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah. Pada umumnya berisi nilai dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dinilai menggunakan rentang nilai.
Fungsi buku lapor
- laporan pertanggungjawaban dari pihak sekolah
- dokumen tertulis yang autentik
- bukti pencapaian kompetensi
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249

Penilaian sikap merupakan penilaian terhadap sikap peserta didik selama proses pembelajaran. Penilaian sikap terbagi menadi 2 yaitu penilaian sikap spiritual dan penilaian sikap sosial.
Penilian Pengetahuan merupakan penilaian terhadap pengetahuan peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penilaian pengetahuan terbagi menjadi 8 bentuk yaitu pilihan ganda, Isian atau Esai, benar salah, menjodohkan, uraian, tanya jawab, penugasan individu, dan penugasan kelompok.
Penilaian keterampilan merupakan penilaian terhadap keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Penilaian keterampilan terbagi menjadi 4 bentuk yaitu penilaian produk, penilaian praktek, penilaian obyek, dan penilaian portofolio hasil.
menurut saya, Buku rapor adalah sebuah buku yang berisi nilai hasil belajar siswa selama satu semester. Buku rapor ini memuat sejauh mana siswa memahami materi pelajaran ketika di kelas selama satu semester.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Nama : Try Wahyuning Utami
NPM : 2153053041

Penilaian sikap atau penilaian afektif merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik untuk bisa melihat perkembangan tingkah laku dan prilaku peserta didik baik nilai, moral, maupun norma yang diterapkan oleh peserta didik.
Penilaian pengetahuan atau kognitif, penilaian ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk melihat kemampuan pengetahuan peserta didik yang biasanya menggunakan cara yaitu mengerjakan soal-soal yang sudah disediakan oleh pendidik.
Penilaian keterampilan atau penilaian psikomotorik merupakan penilaian yang dilakukan untuk melihat keterampilan berfikir peserta didik untuk mengerjakan suatu soal atau menyelesaikan suatu masalah-masalah sederhana yang terjadi di lingkungan sekitar.

Buku lapor merupakan sebuah buku yang dimana didalam buku tersebut terdapat hasil belajar peserta didik yang disusun dan dibuat oleh pendidik selama peserta didik tersebut bersekolah, buku rapor yang biasanya dibagikan saat pergantian semester dari semester ganjil ke semester genap atau kenaikan kelas, dengan buku lapor tersebut kita bisa mengetahui hasil belajar peserta didik dalam per-semesternya.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by NOVITA SARI -
Nama : Novita Sari
NPM: 2113053084
A.Penilaian Sikap
Penilaian sikap adalah penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Maka dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
1) Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara. Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.
2.Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.
Ada beberapa tehnik dalam penilaian pengetahuan yaitu test lisan,tertulis dan penugasan
3. Penilianan keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.
Ada beberapa tehnik dalam penilaian ini diataranya
1.enilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan.
2.Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan.
3.Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu. Pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orangtua sebagai bukti autentik perkembangan peserta didik.

Buku laporan adalah sebuah buku hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka,buku laporan ini biasanya di gunakan sebagai tolek ukur belajar siswa selama belajar disekolah.Biasanya buku laporan ini diberikan oleh guru dalam satu tahun sebanyak 2kali.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Raissa Lestari -
Raissa Lestari
2113053237

Penilaian sikap : penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.
a. sikap spiritual adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
b. sikap sosial mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
c. sikap moral penilaian sikap mencakup tingkah laku dan perilaku individu itu dalam kehidupan nya peraturan, kebiasaan, dan prinsip-prinsip tertentu yang berdampak pada kesejahteraan manusia.


Penilaian Pengetahuan : dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
a. tertulis
b. lisan
c. penugasaan


Penilaian Keterampilan : dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. (praktik atas pengetahuan yang sudah dipelajari)


Buku Lapor : buku yang berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah atau hasil gambaran proses siswa selama sekolah
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202

1. Penilaian Sikap adalah penilaian yang dilakukan terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosialnya.Jadi macam-macam dari penilaian sikap ada sikap spiritual dan sikap sosial. Sikap spiritual yang diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan sikap sosial yang diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, masyarakat.

2. Penilaian Pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur seberapa pemahaman peserta didik melalui sebuah tes baik lisan, tulisan atau penugasan. Tes lisan dapat berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes tulisan dapat berupa pertanyaan yang terdapat ditulisan yang biasanya berupa pilihan ganda, esai, atau uraian singkat. Sedangkan penugasan berupa pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik agar dapat melatih kemampuan pengetahuannya.

3. Penilaian Keterampilan adalah penilaian yang dilakukan dengan melihat kinerja, proyek, dan portofolio siswa.

Buku lapor adalah produk dari sebuah kegiatan yang tersusun dengan benar. Buku Lapor ini memuat berbagai macam materi seperti hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, catatan mengenai kepribadian, kegiatan ekstrakurikuler, dan berbagai data relevan lainnya yang berkaitan dengan pembuatan rapor.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129

Penilaian Sikap merupakan penilaian yang berhubungan dengan perilaku peserta didik berikut beberapa penilaian sikap :
1. Penilaian Sikap Afektif: penilaian terhadap sikap, nilai, dan kepercayaan individu terhadap suatu topik atau situasi.
2. Penilaian Sikap Moral: penilaian terhadap perilaku individu dalam menghadapi situasi yang melibatkan nilai-nilai moral.
3. Penilaian Sikap Sosial: penilaian terhadap perilaku individu dalam hubungannya dengan orang lain.
4. Penilaian Sikap Estetik: penilaian terhadap keindahan, seni, dan estetika.

Penilaian Pengetahuan merupakan penilaian yang berhubungan dengan pengetahuan peserta didik baik berupa wawasan, maupun kemampuan peserta didik dalam berpikir. Beberapa contoh penilaian pengetahuan yaitu:
1. Penilaian Formatif: penilaian yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengukur kemajuan siswa dalam memahami suatu topik atau subjek.
2. Penilaian Sumatif: penilaian yang dilakukan pada akhir suatu periode untuk mengukur pengetahuan siswa secara keseluruhan.
3. Penilaian Normatif: penilaian yang digunakan untuk membandingkan kinerja siswa dengan kinerja siswa lainnya.
4. Penilaian Kriteria: penilaian yang digunakan untuk membandingkan kinerja siswa dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan.

Penilaian Keterampilan merupakan penilaian yang berhubungan dengan keterampilan yang dimiliki peserta didik, baik berupa keterampilan saat mengerjakan tugas, berkreasi dll. Berikut beberapa contoh penilaian keterampilan:
1. Penilaian Kinerja: penilaian terhadap kemampuan individu dalam menyelesaikan tugas atau situasi tertentu.
2. Penilaian Portofolio: penilaian terhadap keterampilan individu dalam mengumpulkan, menyusun, dan mengevaluasi karya-karya atau proyek-proyek mereka.
3. Penilaian Observasi: penilaian terhadap keterampilan individu dengan cara mengamati dan mencatat aktivitas atau perilaku mereka.
4. Penilaian Tes: penilaian terhadap kemampuan individu dalam menjawab pertanyaan atau mengikuti instruksi tertentu.

Buku laporan merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi catatan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam suatu periode waktu tertentu. Biasanya buku laporan digunakan dalam lingkungan pendidikan atau pekerjaan sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi kemajuan individu atau kelompok. Dalam sebuah buku laporan dapat berisi informasi tentang tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan suatu kegiatan.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ARDIAN TRI FANANDI -
Nama : Ardian Tri Fanandi
NPM : 2113053296
Kelas : 4J

1.
a. Penilaian Sikap Penilaian sikap dilakukan untuk mengukur tingkat perilaku dan kepercayaan seseorang terhadap suatu hal. Biasanya, penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan skala penilaian seperti skala Likert atau skala semantik diferensial.
b. Penilaian Pengetahuan Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap suatu materi atau konsep. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti ujian tulis, ujian lisan, dan ujian praktek.
c. Penilaian Keterampilan Penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam melakukan suatu tugas atau aktivitas. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti observasi, penilaian portofolio, atau tes praktik.

2. Buku lapor merupakan sebuah buku yang biasanya berada di tempat-tempat seperti kantor pemerintah, sekolah, restoran, atau hotel, dan bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung atau pelanggan untuk memberikan umpan balik, saran, keluhan, atau permintaan kepada pengelola atau pihak yang bertanggung jawab.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Eka Septiana Putri -
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085

Macam-macam penilaian :
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik. Biasanya penilaian sikap dilakukan dengan observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran berlangsung.

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan ataupun penugasan.

3. Penilaian Keterampilan
merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks keterampilan, sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian keterampilan biasanya dilakukan dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio.

Buku laporan hasil pembelajaran atau rapor adalah laporan yang umumya berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Penilaian pencapaian kompetensi peserta didik mencakup kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuanyang dilaksnakan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan posisi relative setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan.

  1. Penilaian sikap meliputi : (1) penilaian spiritual di dalamnya terdapat agama dan ahlak,(2) penilaian sosial di dalamnya terdapat disiplin, tanggung jawab, santun, jujur, toleransi, dan percaya diri.
  2. Untuk penilaian pengetahuan meliputi: (1) tes tulis di dalamnya terdapat tes pilihan ganda, tes uraian, tes salah benar, (2) tes lisan di dalamnya terdapat kuis dan tanya jawab,(3) tes penugasan di dalamnya terdapat tes kelompok dan individu baik dalam sekolah maupun di luar sekolah,(4) tes protofolio dan observasi.
  3. Untuk penilaian keterampilan meliputi: (1) penilaian praktik di dalamnya terdapat membaca, praktek menulis, praktek mendengarkan, (2) penilaian berbasis projek di dalamnya terdapat minat dan kreativitas, (3) penilaian portofolio, (4) penilaian Instrumen.
Setelah memberikan evaluasi, setiap tengah semester atau akhir semester guru harus mengolah nilai akhir dan memasukan dalam buku lapor, yang berisi laporan hasil kerja peserta didik. Buku lapor merupakan pencatatan dan pelaporan peserta didik dimulai dari awal semester hingga akhir semester, buku lapor ini berfungsi sebagai laporan hasil kerja sekolah kepada orang tua atau wali murid
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
Npm : 2113053042
Kelas : 4J

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap ini merupakan untuk mengetahui bagaimanakah pencapaian perilaku atau budi pekerti dalam karakter Siswa yang termasuk pada sikap spiritual dan sikap sosial.

Teknik Penilaian Sikap
A. Observasi/Jurnal : Dalam observasi jurnal ini dilakukan dengan berkesinambungan secara mengamati perilaku. Kemudian dalam pengamatan tersebut dicatat dalam selama satu semester oleh guru muatan pelajaran, guru BK, dan guru kelas.

B. Penilaian diri sendiri : Penilaian ini pendidik meminta siswa untuk mengemukakan kekurangan dan kelebihan dalam diri mereka pada berprilaku.

C. Penilaian antar teman : Penilaian yang dilakukan pada peserta didik dengan sesama temannya, hal ini Penilaian antar teman bisa tercantum dalam: obyektifitas peserta didik, empati, mengapresiasi keragaman, refleksi diri.

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan siswa pada capaian kompetensi pengetahuan peserta didik.

Teknik Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis : bentuk penilaian secara tulisan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Yaitu bisa berisi soal pilhan ganda, isian, jawaban singkat, benar salah, menjodohkan, dan uraian.
b. Tes lisan : Pada tes ini siswa diminta pendidik untuk menjawab soal secara lisan
c. Tes Penugasan : Pada tes ini guru memberikan tugs untuk peserta didik supaya mereka mengerjakannya dirumah atau bisa juga proyek yang dikerjakan secara individu atau kelompok.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan untuk capaian kompetensi keterampilan peserta didik

a. Penilaian Praktik : Penilaian keterampilan dalam hal ini dilakukan pada aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi berupa tes praktik.
b. Penilaian Proyek : Pada penilaian proyek tugas kegiatan yang meliputi perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan yang di kumpul secara tertulis dalam waktu yang ditentukan pendidik. Penilaian dalam tugas proyek meliputi ; pengelolaan, relevansi, keaslian, inovasi, kreativitas.
c. Penilaian Potofolio : Penilaian ini secara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu untuk dapat mengetahui minat, perkembangan, prestasi, kreativitas siswa dalam waktu tertentu.
d. Penilaian Produk : Dalam penilaian ini siswa diminta untuk membuat hasil karya, produk-produk, seni, dan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pengembangan produk melalui 3 tahap dan setiap tahap penilaian meliputi persiapan, tahap pembuatan, tahap produk atau hasil.

*Buku lapor adalah buku yang dibuat dari hasil proses pembelajaran pada kinerja peserta didik yang diberikan oleh sekolah untuk para siswa, kemudian hasilnya penilaian mampu diambil dengan bimbingan oleh orang tua siswa pada akhir semester. Buku lapor berisi nilai siswa yang sudah didapatkan setelah menempuh Pendidikan selama satu semester.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010

tuliskan macam macam penilaian : sikap, pengetahuan dan keterampilan? dan apakah yang kalian ketahui tentang buku lapor ?

-Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.
1) Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
1) Tes Tertulis
Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan.
3) Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.

c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio.
1) Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Buku lapor adalah berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
Npm : 2113053138

Macam-macam penilaian :
1. Penilaian sikap adalah penilaian terhadap kecenderungan perilaku peserta didik sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

2. Penilaian pengetahuan merupakan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.

3. Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di dalam berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Pelaksanaan penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian kinerja praktik.

Buku lapor merupakan buku yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar peserta didik di sekolah, yang berfungsi sebagai laporan guru kepada orangtua atau wali dari peserta didik yang bersangkutan.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Putri Jihanisah putrijihanisah05 -
Nama: Putri Jihanisah
NPM: 2153053036

1. Penilaian sikap yaitu sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.

2. Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

3. Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

4. Buku lapor adalah buku yang berisi laporan hasil pembelajaran siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Isnawati 2113053128 -
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128

1. Penilaian sikap
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal catatan guru.
2. Pengetahuan meliputi:
- ulangan harian
- ulangan tengah semester
- ulangan akhir semester
3. Keterampilan
Ada 3 macam penilaian keterampilan yaitu :
- praktik
- penilaian projek
- penilaian berbasis portofolio

Buku lapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang dilaporkan adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakurikuler beserta data yang diperlukan yang berkaitan dengan rapor.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by Alfina Damayanti -
Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274

a. Penilaian Sikap
1) Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara. Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang.

b. Penilaian pengetahuan
1) Tes Tertulis
Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif.
3) Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.

C. Penilaian Keterampilan
1) Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk.
2) Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan
pelaporan.

Buku laporan hasil pembelajaran sering dikenal juga dengan istilah rapor. Laporan ini pada umumnya berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka. Rapor juga sering dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa selama belajar di sekolah.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by SINTIA APRIANA 2113053082 -
Sintia apriana
2113053082

Penilaian Sikap
-penilaian diri
Penilaian diri sendiri dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangam dalam berperilaku.hasil penilaian dapat di gunakan sebagai data konfirmasi sikap.
-penilaian sikap antartemn dilakukan oleh siswa dan siswa lainya dengan sikap/prilaku siswa yg dinilai dngan penilaian ini kita dapat menumbuhkan rasa tenggang rasa pada siswa,bersikap jujur dan saling menghargai.
-sikap jujur
Yaitu tidak menyontek,tidak menjadi plgiat dan mengakui kesalahan
-disiplin
Datang tepat waktu,patuh pada tata peraturan skolah
-bertanggung jawab
Menepati janji,mengembalikan barang yg di pinjam dll
-sikap santun
Tidak berkata"kotor,tidak menyela"pembicaraan orng lain
-percaya diri
Tidak mudah putus asa,tidak canggung dalam bentindak

Penilaian pengetahuan
-Tes tertulis
adalah tes yang memberikan siswa pertanyaan dan jawaban tertulis. Saat menjawab pertanyaan, siswa tidak selalu memberikan jawaban dalam bentuk tanggapan tertulis, tetapi dapat berbentuk lain seperti menyorot, mewarnai, dan menggambar.
Format tes tertulis terdiri dari pilihan ganda, isian, benar/salah, menjodohkan, dan penjelasan.

-Tes lisan
adalah tes yang dilakukan langsung antara guru dan siswa. Menurut Thoha (2011), tes lisan diklasifikasikan sebagai tes lisan, yaitu tes tanya jawab lisan.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan secara lisan oleh guru dan siswa menjawab secara lisan selama proses pembelajaran. Ujian lisan dibagi menjadi ujian lisan bebas dan ujian lisan terbimbing.

-Penugasan
Memberi siswa tugas untuk mengukur dan/atau membantu siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan mereka. Tugas pengukuran pengetahuan dapat mengikuti proses pembelajaran (learning assessment). Tugas untuk menambah pengetahuan diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (penilaian pembelajaran).

Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan (CD KI-4) dilakukan dengan menggunakan teknik kinerja, penilaian proyek dan portofolio. Keterampilan dinilai menggunakan angka dengan skor 0-100, predikat dan deskripsi. 

Buku lapor adalah dokumen tertulis yang berisi catatan tentang kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam jangka waktu tertentu. Buku laporan biasanya digunakan dalam pendidikan atau tempat kerja sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi kemajuan individu atau kelompok. Buku laporan dapat berisi informasi tentang tujuan, metode, hasil dan kesimpulan dari suatu kegiatan atau proyek.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by MIFTA ULJANNAH WIJAYA -
Nama : Mifta uljanah wijaya
Npm : 2153053047
Jawaban :
a. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dari penilaian pengetahuan dan keterampilan sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. Dalam hal ini, penilaian sikap lebih ditujukan untuk membina perilaku dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
1) Sikap Spiritual
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2) Sikap Sosial
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
b. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

1) Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja (performance assessment) adalah penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan.
2) Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan. Pada penilaian proyek ada 4 (empat) hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
(a) Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, mengelola waktu pengumpulan data, dan penulisan laporan yang dilaksanakan secara kelompok.
(b) Relevansi
Kesesuaian tugas proyek dengan muatan pelajaran.
(c) Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri di bawah bimbingan pendidik.
(d) Inovasi dan kreativitas
Proyek yang dilakukan peserta didik mengandung unsur-unsur kebaruan atau sesuatu yang berbeda dari biasanya.
3) Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu.

Buku laporan hasil pembelajaran sering dikenal juga dengan istilah rapor. Laporan ini pada umumnya berisi hasil kinerja siswa yang diberikan oleh sekolah kepada siswa untuk diketahui orang tua mereka
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by ALAN BUDI KUSUMA -
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206

Ada beberapa macam penilaian yang umum digunakan dalam pendidikan, yaitu:
*Penilaian Sikap: Penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi sikap atau perilaku siswa dalam belajar. Penilaian sikap dilakukan dengan cara mengamati, menganalisis, dan mengevaluasi perilaku siswa selama proses belajar-mengajar.
*Penilaian Pengetahuan: Penilaian yang digunakan untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes atau ujian.
*Penilaian Keterampilan: Penilaian yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam melakukan suatu tindakan atau aktivitas. Penilaian keterampilan dilakukan dengan cara mengamati atau memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa.


Buku lapor adalah suatu cara pengukuran kinerja siswa yang dibukukan. laporan ini diberikan oleh sekolah kepada siswa atau orang tua siswa dua kali dalam setahun biasanya berbentuk hard file.
In reply to First post

Re: forum pertanyaan

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 21130530119

A. Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

B. Penilaian sikap dimaksudkan sebagai penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.

C. Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilain kinerja, penilaian proyek, dan portofolio. Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100, predikat, dan deskripsi.

Menurut pendapat saya buku raport adalah buku dalam bentuk fisik atau digital yang berisi laporan selama kegiatan berlangsung selama satu semester yang berikan guru kepada walimurid terhadap penialain pengetahannya,sikap dan keterampilannya.