TUGAS

TUGAS

Number of replies: 34

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by SHANTY OKTA ANDELIA -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama Shanty Okta Andelia
Npm 2113053049
Kelas 4j
Jawab:
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah teori belajar itu adalah sebuah deskripsi karena tujuan utamanya itu hanya memeriksa proses belajar sedangkan teori pembelajaran adalah perspektifnya yang tujuan utamanya adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal bagaimana sebuah pembelajaran itu bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga dia bisa berhubungan dengan variabel-variabel atau kemajuan belajar dalam menentukan hasil belajarnya . Nah sedangkan belajar itu adalah sebuah rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan juga dia bisa mengakibatkan perubahan pada dalam dirinya berubah penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera atau pengalaman yang sudah didapatnya sedangkan pembelajaran itu adalah sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajarnya jadi peran pendidik ini adalah dalam pembelajaran untuk memberi bantuan agar peserta didik ini bisa mendapatkan ilmu dan juga pengetahuan . Teori belajar dan juga pembelajaran ini sangat berbeda karena upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia atau peserta didik belajar sehingga bisa membantu kita sama memahami proses yang kompleks dalam belajar atau pemerahan ilmu pada peserta didik. contoh misalnya guru atau pendidik ketika mendapatkan anak yang kesulitan dalam mengerti moral maka seorang guru ini harus tahu apa teori yang akan diberikan dan bagaimana pembelajaran yang akan diberikan misalnya anak ini tidak tahu tentang cara sopan santun maka teori yang akan diberikan harus sesuai dengan materi sopan santun dan untuk pembelajarannya bisa kita contohkan misalnya setiap ketemu guru kita harus bersalaman dan itu bisa dilakukan di saat sekolah padahal mau masuk ke dalam kelas anak-anak bisa melakukan sebuah kegiatan atau bersalaman dari situ anak-anak bisa tahu bahwa moral dalam sopan santun itu sangat penting dan disitu guru sudah memberikan sebuah pembelajaran bahwa bersalaman adalah salah satu dari bagian moral yang sangat penting yang harus ditanamkan pada anak-anak.Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Early sevia putri -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama : Early Sevia Putri
Npm : 2113053009
Kelas : 4J

Menurut saya, perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu :
~Teori belajar tujuan utamanya yaitu memeriksa proses belajar.
~sedangkan teori pembelajaran adalah bertujuan untuk menetapkan metode pembelajaran yang optimal/berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
In reply to Early sevia putri

Re: TUGAS

by BILLY.FARIO.21 BILLY.FARIO.21 -
Nama : Billy Fario
Npm : 2163053003
Kelas : 4J

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran :

Teori Belajar
1.Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2.Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3.Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4.Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5.Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6.Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7.Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang I menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Teori Pembelajaran
1.Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2.Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3.Berfokus pada upaya mengontrol variabel- variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4.Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5.Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6.Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7.Salah satu contoh teori pembelajaran adalahTeori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian n keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
In reply to First post

Re: TUGAS

by RISTA NURCAHYANI -
Nama : Rista Nurcahyani
NPM : 2113053114
Kelas : 4J

Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu bahwa teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Artinya teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, memperhatikan bagaimana seseorang itu belajar untuk menentukan hasil belajar. Dalam pengamplikasian teori belajar tergantung pada beberapa hal seperti materi, katakter pelajar, media belajar, dan fasilitas yang tersedia. contoh ketika siswa belajar di dalam kelas dan guru memberikan kesempatan untuk tanya jawab, proses belajar akan berlangsung tidak hanya dari guru terhadap siswa, melainkan siswa terhadap guru, atau bahkan siswa terhadap siswa.
Sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Teori pembelajaran sebaliknya menaruh perhatian pada “bagaimana seseorang mempengaruhi pada “bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar”. Dengan kata lain teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabel dispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Contoh ketika pendidik menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang menarik, peserta didik akan cenderung lebih mudah memahami dan mulai memiliki rasa penasaran untuk mengetahui materi pelajaran lebih dalam.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Rania Zahra -
Assalamu'alaikum Bapak/Ibu izin menjawab :
Nama : Rania Zahera
NPM : 2113053264
Kelas : 4J

Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.
Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting, sebab banyak terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran, sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.

Perbedaan :

* Teori Belajar :
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

*Teori Pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran

- Contoh penerapan teori belajar/pembelajaran Kognitif
Libatkan siswa dalam berbagai kegiatan, seperti memberikan waktu bagi mereka untuk bertanya, kesempatan untuk membuat kesalahan dan memperbaikinya berdasarkan, serta merefleksikan diri agar dapat membantu mereka dalam memahami proses mental.

- Contoh penerapan teori belajar/pembelajaran Behavioristik
Dapat kita lihat dari proses pembentukan perilaku bayi oleh para orang tua. Misalnya, orang tua terus mengulang kata tertentu pada si bayi, seperti “pa pa” dan “ ma ma”.

- Contoh penerapan teori belajar/pembelajaran Kontruktivisme
Dapat kita lihat pada saat pembelajaran diluar kelas/ di laboratorium. Guru melibatkan para peserta didik untuk mengamati dan menganalisis fenomena alam dan di dunia nyata.

- Contoh penerapan teori belajar/pembelajaran Humanistik
Yaitu seorang guru berperan sebagai fasilitator. Sedangkan para murid diberikan support agar mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya.

Maaf jika ada salah kata atau kurang dalam penyampaian, terimkasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Nama: Ummul Nanda Ridhotun 2113053153
Kelas: 4J

izin menjawab
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.
In reply to First post

Re: TUGAS

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
nama : Winia Riyanti Ningrum
npm : 2153053006
kelas : 4J

Izin menjawab
-Teori belajar adalah memberikan penjelasan tentang proses belajar sedangkan teori pembelajaran adalah hal yang akan dilakukan atau dalam artian pengajaran untuk menetapkan metode pengajaran.
-Teori belajar memberikan penjelasan bagaimana seseorang belajar, sedangkan teori pembelajaran adalah penjelasan tentang bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi sebuah pembelajaran. Sehingga teori pembelajaran lebih kepada seorang guru yang tugasnya memberikan pembelajaran kepada siswa agar ada keinginan untuk belajar dan akhirnya terjadilah sebuh pembelajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

by VIRDA SANI AULIA -
Nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201
Kelas : 4J

Menurut saya mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran yaitu
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memberikan proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
Selain itu teori belajar berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar dll
dan salah satu contoh teori belajar adalah teori kognitif berbicara tentang manusia membangun kemampuan kognitifnya dengan motivasi yang dilakukan oleh diri sendiri terhadap lingkungannya. Inti dari konsep teori ini adalah bagaimana munculnya dan diperolehnya schemata (skema atau rencana manusia dalam mempersepsikan lingkungannya) dalam tahapan-tahapan perkembangan manusia atau saat seseorang mendapatkan cara baru dalam memaknai informasi secara mental. Berdasarkan teori belajar kognitif, belajar merupakan proses perubahan persepsi dan pemahaman. Dengan kata lain, belajar itu tidak harus berbicara tentang perubahan tingkah laku atau sikap yang bisa diamati. Setiap orang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda dan tertata rapi dalam bentuk struktur kognitif. Pengalaman dan pengetahuan inilah yang membuat proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik. Teori ini dikatakan dapat berjalan dengan baik ketika materi pelajaran yang baru bisa beradaptasi dengan struktur kognitif atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Arti belajar dalam teori kognitif yaitu proses perseptual atau bisa dikatakan seperti perilaku seseorang dapat ditentukan oleh persepsi dan pemahamannya dalam melihat situasi yang berhubungan dengan tujuan proses belajar mengajar. Teori ini mempercayai bahwa belajar itu dihasilkan dari proses persepsi kemudian membentuk hubungan antara pengalaman yang baru dan pengalaman yang sudah tersimpan di dalam dirinya. Proses belajar mengajar dengan teori kognitif tidak hanya beroperasi dengan terpatah-patah atau terpisah-pisah, tetapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh. Hal yang ditekankan pada teori belajar kognitif adalah proses dari belajar bukan hasil belajar.
Contoh Teori Pembelajaran yaitu teori pembelajaran humanistik ini adalah bapak Abraham Maslow dan Carl Rogers. Pembelajaran Humanisme yang digagas kedua tokoh ini bertujuan untuk memanusiakan manusia. Disini peserta didik diharapkan bisa menemukan kemampuannya sendiri, kemudian diaktualisasikan dalam lingkungan keseharian mereka.Teori pembelajaran humanistik memberikan kebebasan kepada peserta didik tanpa harus didikte oleh lingkungan. Dalam teori humanistik aspek kognitif dan afektif adalah prioritas. Menurut teori ini, belajar dikatakan berhasil jika para peserta didik bisa memahami dirinya sendiri dan memahami lingkungannya.
In reply to First post

Re: TUGAS

by SINTIA APRIANA 2113053082 -
NAMA : SINTIA APRIANA
NPM : 2113053082
KELAS : 4 J
HARI : SENIN

Jadi perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif.untuk teori belajar, Teori pembelajaran adalah preskriptif dan Teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.
• Teori Belajar, menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. (goal free) teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil.
• Teori Pembelajaran, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. (goal oriented) teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan.

 Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskripti
Contoh teori belajar deskriptif:

Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

 Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Raissa Lestari -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama : Raissa Lestari
NPM : 2113053237
Kelas : 4J

Menurut saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu teori belajar merupakan suatu tujuan utama untuk memberikan siswa proses belajar sedangkan teori pembelajaran tujuan utama nya menetapkan metode pengajaran yang efektif dalam proses belajar. Hal ini sejalan dalam proses kemajuan belajar siswa.
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Contoh nya antara lain teori belajar behavioristik
In reply to First post

Re: TUGAS

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Panbudi
Npm : 2113053265

Izin menjawab
Perbedaan antara teori belajar dengan teori pembelajaran yaitu, Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Demikian halnya, teori belajar yang bersifat deskriptif itu akan mampu menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga, prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Karena itu, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Dengan demikian, jelaslah bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.
Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif
In reply to First post

Re: TUGAS

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129
Kelas : 4J
Izin menjawab :
Teori belajar adalah deskriptif dengan tujuan utamanya yaitu memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, dengan tujuan utamanya yaitu menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar, sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan pada teori pembelajaran mengarah kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain supaya terjadi proses belajar. Oleh karena itu teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol variable-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat mudah belajar. Teori belajar berfokus pada belajar dan hasil siswa sedangkan teori pembelajaran berfokus pada metode atau cara yang digunakan guru supaya dapat menarik perhatian siswa dalam belajar.
In reply to First post

Re: TUGAS

by ADELIA EKA PITALOKA -
Nama : Adelia Eka Pitaloka
NPM : 2113053102
Kelas : 4J

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah :
1. Teori pembelajaran termasuk ke dalam golongan preskriptif. Preskriptif disini maksudnya yakni mengaplikasikan teori metode pembelajaran dengan maksimal agar memudahkan siswa melakukan proses belajar dan menyerap sebuah ilmu. Sedangkan teri belajar termasuk ke dalam deskriptif. Deskriptif disini dimaksudkan dengan memaparkan proses belajar yang bisa memberikan pengaruh pada hasil belajar para siswa.
2. Teori pembelajaran memaparkan kaitan antara aktivitas belajar dengan proses psikologi yang ada pada siswa, sedangkan teori belajar memaparkan kaitan antara aktivitas belajar dengan fenomena yang ada pada siswa.

Contoh teori belajar :
1. Teori belajar kognitivisme
2. Teori belajar behaviorisme
3. Teori belajar humanistik
4. Teori belajar kontruktivisme
5. Teori belajar pemrosesan informasi
In reply to First post

Re: TUGAS

by RIZKA MARANTIKA -
Nama : Rizka Marantika
Npm : 2113052052
Kelas : 4J

Izin menjawab:
Teori belajar adalah suatu hal yang berkaitan tentang proses belajar sedangkan teori pembelajaran adalah suatu hal yang berkaitan antara kegiatan siswa dengan proses-proses untuk menetapkan metode pengajaran yang berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.

contohnya: seorang anak yang baru masuk sekolah dasar kelas 1 yang masih belum pandai menulis dan membaca. Setelah melalui rangkaian proses pembelajran yang dialaminya di sekolah bersama guru dan teman teman sekelasnya, maka satu semester kemudian dia sudah pandai menulis dan membaca dengan cukup lancar. Contoh belajar tersebut bisa dikatakan belajar pada pendidikan formal.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010
Kelas : 4J


Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.

- Menurut pendapat saya dapat dijawab yaitu kalau teori belajar itu bersifat deskriptif atau menggambarkan tujuan utama dalam memeriksa proses belajar itu, sedangkan kalau yang pembelajaran itu perspektif atau pandangan yang utama menetapkan metode pembelajaran optimal.

contoh :
Teori Pembelajaran

- Respon adalah reaksi yang ditimbulkan oleh siswa ketika mereka belajar, tetapi dapat juga berupa pikiran, perasaan, atau gerakan/tindakan.

Contoh Teori Belajar
- Libatkan siswa dalam berbagai kegiatan, seperti memberikan waktu bagi mereka untuk bertanya, kesempatan untuk membuat kesalahan dan memperbaikinya berdasarkan, serta merefleksikan diri agar dapat membantu mereka dalam memahami proses mental.
In reply to First post

Re: TUGAS

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi

Npm : 2163053001

izin menjawab :

Seorang pendidik harus memahami teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran upaya menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, dan
optimal. seorang guru yang menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran setidaknya guru dapat memahami apa dan bagaimana
sebenarnya proses belajar itu terjadi pada diri peserta didik, sehingga guru
dapat mengambil tindakan pedagogik dan edukatif yang tepat bagi
penyelenggaraan pembelajaran. Selain itu guru dapat memilih dan
menggunakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
luwes, variatif, dan efektif dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat
mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
Kompetensi pedagogik yang menjadi unsur penilaian kinerja guru adalah
kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran. Dalam
kompetensi ini guru dituntut untuk mampu menetapkan berbagai pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai
dengan standar kompetensi guru. Guru menyesuaikan metode pembelajaran
supaya sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk
belajar.
Guru yang telah menguasai Teori Belajar & Pembelajaran dengan guru yang
belum menguasai pastinya akan berbeda dalam cara mengajarnya. Guru yang
sudah menguasai TBP pasti bisa menggunakan bermacam-macam metode
pembelajaran terhadap peserta didiknya, jika guru tersebut menggunakan
metode pembelajaran yang tepat, otomatis proses belajar mengajar terhadap
peserta didik akan lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh peserta
didik tersebut.
In reply to First post

Re: TUGAS

by SILVY RAHMAWATI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bapak, ibu. Izin menjawab
Nama : Silvy Rahmawati
Npm : 2113053107
Kelas : 4J

Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah
Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
In reply to First post

Re: TUGAS

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J

Izin menjawab,
Teori Belajar yakni mencakup bagaimana proses internal dan eksternal seseorang dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Sebagai contoh, teori belajar dapat menjelaskan bagaimana seseorang itu memperoleh keterampilan baru dengan cara mengamati dan meniru perilaku orang lain.

Sedangkan teori pembelajaran adalah serangkaian prinsip, strategi, atau metode yang digunakan oleh pendidik untuk membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru. Sebagai contoh, teori pembelajaran dapat digunakan untuk merancang pengajaran yang efektif dengan menggunakan metode yang berbeda, seperti pengajaran langsung, diskusi kelompok, atau penugasan proyek.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Isnawati 2113053128 -
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128
Kelas : 4J

Menurut saya Teori belajar memiliki tujuan utamanya yaitu memeriksa proses belajar atau suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Contohnya seperti: adanya interaksi guru dengan murid seperti berdiskusi dan sebagainya.
Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Contohnya seperti guru menggunakan media pembelajaran seperti guru memilih metode pembelajaran yang menarik apa agar peserta didik tersebut tertarik dan tidak jenuh saat pembelajaran berlangsung. Atau guru menggunakan media pembelajaran seperti video animasi dan lain sebagainya agar siswa tidak jenuh dan bosan.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Alfina Damayanti -
Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274
Kelas : 4J

Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Jadi teori belajar adalah proses yang sebenarnya terjadi dalam pembelajaran dan guru harus menguasainya agar tercapainya tujuan dan dapat menentukan metode pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik.
Contoh penerapan teori belajar kognitif dalam pembelajaran, guru bisa mendorong siswa untuk berdiskusi terhadap materi yang telah disampaikan, meminta siswa untuk memberikan ide atau pendapat yang mereka miliki, dan hal-hal lainnya yang membuat siswa terus bergerak atau menggunakan logikanya dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ardila Yuliana Putri -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4 J
Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah teori belajar itu lebih pada konsep dan prinsip belajar yang sifatnya teoretis dan sudah teruji kebenarannya melalui eksperimen dan menyangkut masalah situasi belajar sedangkan teori pembelajaran lebih ke implementasi prinsip prinsip teori belajar tadi dan fungsinya untuk memecahkan masalah praktis pembelajaran, jika teori pembelajaran sudah terdapat sudut panjang pada psikolog yakni timbul teori belajar behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya maka teori belajar tentang akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif sehingga teori pembelajaran masih bersifat perskriptif dan normatif singkatnya teori belajar adalah landasan pilihan yang akan dilaksanakan sedangkan teori pembelajaran implementasi atau pelaksanaan dari teori belajar yang sudah dipilih. Contohnya guru memilih teori belajar yang cocok pada siswa adalah teori kognitif maka setelah itu diimplementasikan menjadi teori pembelajaran seperti hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaanya yakni
- Pembuatan materi pembelajaran harus disusun dengan pola atau logika sederhana dan kompleks,
- Siswa bukanlah orang dewasa yang sudah mengerti dan mudah dalam berpikir. Oleh karena itu, guru harus memberikan pengarahan sesuai dengan usia murid atau peserta didik,
- Setiap kegiatan pembelajaran harus memiliki makna.
- Agar keberhasilan murid tercapai maka guru perlu mengamati perbedaan yang ada pada setiap murid
Hal hal tersebut perlu dilakukan agar teori pembelajaran bisa bermanfaat bagi siswa, proses penyerapan ilmu pengetahuan pada siswa bisa terjadi secara maksimal sehingga teori belajar kognitif bisa cocok atau bermanfaat bagi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
In reply to First post

Re: TUGAS

by ARDIAN TRI FANANDI -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama : Ardian Tri Fanandi
Npm : 2113053296
Kelas : 4J

Teori belajar, teori yang memaparkan bagaimana tata cara perawatan kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.
Teori pembelajaran, proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini menyiapkan metode pembelajaran, untuk memberikan bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.
In reply to First post

Re: TUGAS

by CINDY DIAN LESTARI -
Assalamualaikum izin menjawab
Nama : Cindy Dian Lestari
Npm : 2113053042
Kelas : 4J

- teori belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar dari terampil menjadi terampil melakukan sesuatu melibatkan individu secara aktif membuat atau merevisi hasil belajar diterima menjadi pengalaman, perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran yaitu suatu kegiatan perubahan atau proses individu yang membuat ide konsep prosedur dan prinsip yang dapat dipelajari dianalisis dan diuji kebenarannya.
Contohnya guru mampu menjadi failitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik. Peran peserta didik disini bertujuan untuk dapat mengembangkan potensi secara posistif bukan mengembangkan potensi yang negatif.
- teori pembelajaran merupakan suatu sistem yang membuat individu belajar atau berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan.
-perbedaan teori pembelajaran merupakan adanya bantuan atau faktor pendukung atau penunjang agar dapat terjadinya proses perolehan ilmu dan pengetahuan.
- Contohnya seorang guru yang menyampaikan materi pada proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sehingga pendidik mampu tertarik dan mulai memahami materi secara mendalam.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019
Kelas : 4J

Teori belajar adalah sebuah prosedur cara seorang guru antar siswa menerapkan kegiatan pembelajaran baik diluar maupun dalam kelas sebagai tujuan untuk memastikan adanya suatu proses belajar didalamnya.
Contohnya teori belajar yaitu teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif dan teori belajar humanistik.

Teori pembelajaran tujuannya adalah untuk dapat menetapkan metode pembelajaran guna mewujudkan hasil belajar siswa yang baik dengan melibatkan tingkah laku untuk membimbing seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan pandangan hidup,dan kebiasan setiap tempat atau daerahnya diterapkan kegiatan pembelajaran tersebut.
Contoh teori pembelajaran yaitu teori behaviorisme,kognitivisme,humanistik,dan kontruktivisme.
In reply to First post

Re: TUGAS

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249
Kelas : 4J

Menurut saya teori belajar merupakan sebuah teori yang berisi penjelasan tentang proses belajar.Contohnya : Guru memilih teori belajar konstruktivisme maka selama proses belajar mengajar guru mengikuti teori belajar konstruktivisme..
Sedangkan teori pembelajaran merupakan seperangkat teori yang berisi implementasi teori belajar sehingga pada teori pembelajaran itu membahas bagaimana prosedur ataupun proses pembelajaran yang efektif untuk diterapkan selama proses belajar-mengajar. Contohnya : Guru memilih teori belajar konstruktivisme, maka proses pembelajarannya guru harus memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuannya sesuai dengan pengalaman mereka, guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat sesuai dengan pikiran mereka sendiri.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Dinda Rahmawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 211305338
Kelas : 4J

Teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, contohnya saat memberikan materi pembelajaran, guru harus menerangkannya dengan jelas serta menarik agar peserta didik mampu memahaminya, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, contohnya saat ketika guru mencontohkan kepada peserta didik untuk selalu membuang sampah di tempatnya, maka otomatis peserta didik akan mengikuti apa yang dilakukan oleh guru sebagai teladannya. Teori belajar Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar) sedangkan teori pembelajaran Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.

Terima kasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Teori belajar dan teori pembelajaran dapat dibedakan dari fungsinya, teori belajar adalah teori diskriptif sedangkan teori pembelajaran adalah teori preskriptif. Maksudnya disini teori belajar lebih menekankan kepada proses belajar, sedangkan teori pembelajaran bertujuan untuk mengoptimalkan metode pembelajaran. Tujuan dari teori pembelajaran berusaha mengajak peserta didik agar terjadi proses belajar sedangkan teori belajar bagaimana mendapatkan hasil belajar peserta didik yang optimal dari menghubungkan berbagai variabel. Pada teori belajar materinya lebih terkonsep sehingga peserta didik mudah
memahaminya, sistemnya jelas dan mudah di pahami, serta menyesuaikan kemampuan peserta didik. Teori pembelajaran menggunakan metode pembelajaran dalam mencapai tujuan belajar, menyesuaikan dengan kerja otak dan psikologi siswa dengan kegiatan pembelajaran, dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk giat belajar.

Contoh dalam pembelajaran pkn tentang menaati peraturan dan bersikap sopan santun dalam berbahasa, Ketika siswa terkadang masih menggunakan kata-kata yang kurang baku, contohnya: menulis kata "enggak", bukan "tidak‟, secara tegas guru dapat mengoreksinya. Proses mengoreksi tentu lebih dapat diterima siswa, karena sebelumnya guru telah menjelaskan secara deskriptif , dan siswa telah memiliki perbandingan sehingga paham apabila kegiatan yang sifatnya preskriptif, siswa harus taat terhadap aturan-aturan yang berlaku.
In reply to First post

Re: TUGAS

by NOVITA SARI -
Nama : Novita Sari
NPM : 2113053084
Kelas : 4J


1.Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran
 Perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran
Teori belajar adalah seperangkap situasi yang didalamnya terdapat ide, konsep, prosedur dan prinsip, yang terjadi dari satu atau lebih variable dan berhubungan satu sama lain.
Atau dalam dalam kata lain teori belajar adalah apa yang terjadi saat proses pembelajaran itu dilakukan. Tentang bagaimana seorang guru mampu melakukan kegiatan belajar mengajar, metode, media apa yang sesuai dengan siswa dan fasilitas apa yang harus ada, untuk mendukung proses belajar tersebut
Contoh : Seorang guru menggunakan metode active learning dengan tutor teman sebaya karena dengan tehnik teman sebaya dinilai guru lebih mudah dipahami, karena pengetahuan yang didapatkan siswa tidak akan hanya didapatkan dari guru saja tapi juga pada lingkungannya yaitu teman sebaya. Sehingga proses belajar tidak hanya dilakukan guru dengan siswa tapi juga akan didapatkan dari siswa dengan siswa.

 Sedangkan pembelajaran adalah suatu system yang membantu siswa dalam belajar dan juga berinteraksi dengan sumber belajarnya.
Jadi dapat pula disimpulkan pembelajaran nantinya akan mengkontrol variable –variable yang ada dalam proses belajar.
Contoh : Seorang siswa bertugas sebagai tutor, menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya pada siswa yang lain, sementara siswa yang mendengarkan pengetahuan itu, kemudian akan mencacat dan mempresentasikan hasil pengetahuan yang ia dapatkannya kedepan kelas kemudian diperhatikan oleh gurunya.

Terima kasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Kelas : 4J

Perbedaan antara teori pembelajaran dan teori belajar adalah bahwa teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan belajar dan proses psikologis siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara aktivitas siswa dan proses dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada pada diri siswa.

Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting, sebab banyak terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran, sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.
Sebagai contoh, bentuk deskriptif teori belajar mengungkapkan bagaiman terjadinya proses belajar yang mana terjadi dalam diri siswa. Misalkan proses belajar menurut pandakan teori belajar behavioristik, bahwa belajar merupakan perubahan perilaku yang tampak atau dapat diamati dimana hal tersebut disebabkan oleh adanya stimulus dan respon.
Sedangkan bentuk presktiptif dari teori belajar behavioristik ini bahwa teori pembelajaran yang menerangkan bahwa dalam pembelajaran, guru perlu memberikan sebuah stimulus kepada siswa agar siswa mengalami perubahan perilaku, seperti pemberian reward and punishment kepada perilaku siswa.
In reply to First post

Re: TUGAS

by MIFTA ULJANNAH WIJAYA -
Nama : Mifta uljannah wijaya
Kelas : 4J
Mapel : PKN

Jawaban :
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.
Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
Contoh teori belajar :
1. Teori kognitif : Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami.
2. Teori Berhavioristik : Tenaga pendidik melakukan pembelajaran yg membuat peserta didik menjadi memiliki rasa ingin tahu.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Eka Septiana Putri -
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085
Kelas : 4J

Perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran

Teori belajar adalah suatu sudut pandang yang digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran sementara teori pembelajaran adalah suatu proses yang didalamnya terdapat metode, strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya dan siswa mencapai pengalaman belajarnya.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Putri Jihanisah putrijihanisah05 -
Nama: Putri Jihanisah
NPM: 2153053036

Dari yang saya analisa teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.

Untuk perbedaannya, kedua teori ini terdapat beberapa perbedaan seperti tujuan utama dari teori belajar yaitu memberikan proses belajar sedangkan teori pembelajaran Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal.

Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskripti. Contoh teori belajar deskriptif:

Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptifContoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
In reply to First post

Re: TUGAS

by ALAN BUDI KUSUMA -

Nama : Alan Budi Kusuma

Npm   : 2113053206

Teori belajar dan teori pembelajaran adalah dua konsep yang saling terkait namun memiliki perbedaan.

Teori belajar mencakup konsep dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman atau interaksi dengan lingkungan. Teori belajar membahas tentang bagaimana otak dan pikiran seseorang bekerja untuk memproses informasi dan mengubah perilaku mereka sebagai hasil dari pengalaman belajar.

Sementara itu, teori pembelajaran mengacu pada bagaimana seseorang dipandu atau dibimbing untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu. Teori pembelajaran membahas tentang bagaimana guru atau fasilitator mengatur pengalaman belajar sehingga peserta didik dapat menguasai materi dengan lebih efektif.

Secara umum, teori belajar membahas tentang proses dan mekanisme yang terlibat dalam belajar, sedangkan teori pembelajaran membahas tentang strategi dan teknik yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran. Namun, keduanya saling terkait karena teori pembelajaran didasarkan pada prinsip-prinsip teori belajar untuk memastikan bahwa peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa contoh perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran:

1. Tujuan

- Teori belajar bertujuan untuk menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman atau interaksi dengan lingkungan.

- Teori pembelajaran bertujuan untuk membantu guru atau fasilitator memfasilitasi pembelajaran peserta didik dengan lebih efektif.

2. Fokus

- Teori belajar berfokus pada proses dan mekanisme yang terlibat dalam belajar, seperti bagaimana informasi diproses dan disimpan di otak, dan bagaimana perilaku seseorang berubah sebagai hasil dari pengalaman belajar.

- Teori pembelajaran berfokus pada strategi dan teknik yang dapat digunakan oleh guru atau fasilitator untuk membantu peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, seperti penggunaan media atau metode pengajaran yang berbeda.

3. Aspek

- Teori belajar mencakup aspek psikologis, neurologis, dan kognitif yang terkait dengan belajar.

- Teori pembelajaran mencakup aspek sosial, psikologis, dan kontekstual yang terkait dengan pembelajaran di kelas atau lingkungan pembelajaran.

4. Penerapan

- Teori belajar dapat diterapkan pada berbagai konteks dan situasi, seperti belajar secara mandiri atau dalam konteks kelompok.

- Teori pembelajaran lebih fokus pada penerapan dalam konteks pembelajaran formal, seperti di sekolah atau kelas.

5. Hasil

- Tujuan akhir teori belajar adalah untuk menghasilkan perubahan perilaku dan pemahaman yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

- Tujuan akhir teori pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik, seperti memahami konsep tertentu atau menguasai keterampilan tertentu.


In reply to First post

Re: TUGAS

by DHEA APRIANI -
Nama : Dhea Apriani
NPM: 2113053257

teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
Dengan kata lain, teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.
Contoh
Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskripti
Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.