Nama : G Mebat Elsaday Parhusip
NPM : 2415061028
Kelas : PSTI B
Jurnal ini membahas urgensi
Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) sebagai sarana pembentukan karakter bangsa Indonesia melalui demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan masyarakat madani. Penulis, Aulia Rosa Nasution, menekankan pentingnya
pendidikan kewarganegaraan dalam membangun warga negara yang cerdas, kritis, dan demokratis, terutama dalam konteks transisi Indonesia menuju demokrasi pasca-Reformasi 1998.
Jurnal ini menguraikan bagaimana
pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi alat untuk mengatasi tantangan seperti rendahnya literasi politik, apatisme politik, dan perilaku tidak demokratis yang masih sering terjadi di masyarakat.
Saya setuju dengan argumen penulis bahwa
pendidikan kewarganegaraan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter bangsa yang demokratis dan beradab. Namun,
jurnal ini kurang membahas secara mendalam tentang implementasi konkret
pendidikan kewarganegaraan di tingkat pendidikan dasar dan menengah, yang justru merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter sejak dini. Selain itu, meskipun penulis menyoroti pentingnya demokrasi dan HAM, analisis tentang bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum
pendidikan kewarganegaraan masih terasa kurang. Secara keseluruhan,
jurnal ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang pentingnya
pendidikan kewarganegaraan, tetapi perlu diperkuat dengan contoh praktis dan strategi implementasi yang lebih detail.