Nama: Gilang Yudhistira
NPM: 2413053136
Kelas: 3D
1. Metode yang Digunakan
Kelebihan
- Beragam metode pembelajaran terutama penggunaan diskusi kelompok dan presentasi yang memacu partisipasi siswa.
- Kegiatan ice breaking dengan menyanyi menambah energi positif dan membantu menjaga fokus siswa.
- Tanya jawab yang dilakukan guru membantu meningkatkan pemahaman mereka secara langsung.
Kekurangan
- Instruksi diskusi kurang disusun secara rinci sehingga beberapa siswa tampak bingung saat memulai.
- Durasi kegiatan inti cukup panjang, perlu pembagian waktu yang lebih efektif agar semua siswa tetap terlibat aktif.
2. Media yang Digunakan
Kelebihan
Penggunaan gambar dan video sesuai materi memudahkan siswa memahami dan mengaitkan teori dengan realitas.
Kekurangan
Media belum melibatkan media fisik atau alat peraga yang bisa meningkatkan daya ingat siswa melalui pengalaman langsung.
3. Penguasaan Materi oleh Guru
Kelebihan
- Guru menguasai materi secara cukup baik, menyampaikan konten dengan bahasa yang mudah dimengerti siswa.
- Guru mampu menjawab pertanyaan siswa dengan jelas dan relevan.
Kekurangan
- Pendalaman materi kurang terlihat terutama pada contoh-contoh kontekstual dari lingkungan sekitar siswa.
- Materi kurang dikaitkan dengan pengalaman siswa sehari-hari agar lebih relevan dan menarik.
4. Pengelolaan Kelas
Kelebihan
- Penataan meja kelompok sangat efektif untuk mendorong interaksi dan kerja sama antar siswa.
- Guru bergerak di antara kelompok siswa untuk memberikan arahan, walaupun tidak terlalu intens.
Kekurangan
- Beberapa siswa kurang memperhatikan saat pemutaran video, menunjukkan kurangnya pengaturan perhatian yang optimal.
- Strategi pengelolaan kelompok seperti pembagian tugas tiap anggota belum diterapkan sehingga partisipasi tidak merata.
5. Skor untuk Bu Beti (Rentang 1–100)
Metode: 82
Media: 78
Penguasaan materi: 85
Pengelolaan kelas: 75
Total Rata-rata: 80/100
Pembelajaran Bu Beti sudah berjalan efektif dengan penguasaan materi yang cukup baik.
NPM: 2413053136
Kelas: 3D
1. Metode yang Digunakan
Kelebihan
- Beragam metode pembelajaran terutama penggunaan diskusi kelompok dan presentasi yang memacu partisipasi siswa.
- Kegiatan ice breaking dengan menyanyi menambah energi positif dan membantu menjaga fokus siswa.
- Tanya jawab yang dilakukan guru membantu meningkatkan pemahaman mereka secara langsung.
Kekurangan
- Instruksi diskusi kurang disusun secara rinci sehingga beberapa siswa tampak bingung saat memulai.
- Durasi kegiatan inti cukup panjang, perlu pembagian waktu yang lebih efektif agar semua siswa tetap terlibat aktif.
2. Media yang Digunakan
Kelebihan
Penggunaan gambar dan video sesuai materi memudahkan siswa memahami dan mengaitkan teori dengan realitas.
Kekurangan
Media belum melibatkan media fisik atau alat peraga yang bisa meningkatkan daya ingat siswa melalui pengalaman langsung.
3. Penguasaan Materi oleh Guru
Kelebihan
- Guru menguasai materi secara cukup baik, menyampaikan konten dengan bahasa yang mudah dimengerti siswa.
- Guru mampu menjawab pertanyaan siswa dengan jelas dan relevan.
Kekurangan
- Pendalaman materi kurang terlihat terutama pada contoh-contoh kontekstual dari lingkungan sekitar siswa.
- Materi kurang dikaitkan dengan pengalaman siswa sehari-hari agar lebih relevan dan menarik.
4. Pengelolaan Kelas
Kelebihan
- Penataan meja kelompok sangat efektif untuk mendorong interaksi dan kerja sama antar siswa.
- Guru bergerak di antara kelompok siswa untuk memberikan arahan, walaupun tidak terlalu intens.
Kekurangan
- Beberapa siswa kurang memperhatikan saat pemutaran video, menunjukkan kurangnya pengaturan perhatian yang optimal.
- Strategi pengelolaan kelompok seperti pembagian tugas tiap anggota belum diterapkan sehingga partisipasi tidak merata.
5. Skor untuk Bu Beti (Rentang 1–100)
Metode: 82
Media: 78
Penguasaan materi: 85
Pengelolaan kelas: 75
Total Rata-rata: 80/100
Pembelajaran Bu Beti sudah berjalan efektif dengan penguasaan materi yang cukup baik.