Nama : suci indah sari
NPM : 2213031035
Setelah saya menonton video tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa integrasi antara strategi pemasaran digital (termasuk SEM/SEO) dengan manajemen rantai pasok dan logistik sangat krusial agar bisnis e-commerce berjalan efisien dan sukses.
Video ini menekankan bahwa jika pemasaran online berhasil menarik banyak pembeli tapi produk tidak tersedia (stock kosong) atau pengiriman lambat, maka reputasi dan kepercayaan pelanggan akan tergerus. Di sisi lain, rantai suplai dan logistik harus responsif terhadap permintaan yang dihasilkan dari strategi pemasaran agar tidak terjadi bottleneck.
Dalam topik pekan ini yang membahas SEM dan pemasaran digital, video tersebut mengingatkan saya bahwa strategi SEM tidak berdiri sendiri hasilnya baru maksimal bila aspek operasional seperti stok, pengadaan, dan pengiriman bisa mendukung. Jadi, menurut saya, pelaku bisnis harus menyelaraskan kampanye iklan dengan kesiapan internal agar janji pemasaran dapat dipenuhi secara nyata.
Dengan demikian, saya percaya bahwa untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik, tidak cukup hanya fokus pada iklan dan visibilitas. Semua bagian mulai dari riset kata kunci, kampanye SEM, hingga manajemen stok dan distribusi harus bersinergi agar pelanggan puas dan bisnis bisa tumbuh berkelanjutan
NPM : 2213031035
Setelah saya menonton video tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa integrasi antara strategi pemasaran digital (termasuk SEM/SEO) dengan manajemen rantai pasok dan logistik sangat krusial agar bisnis e-commerce berjalan efisien dan sukses.
Video ini menekankan bahwa jika pemasaran online berhasil menarik banyak pembeli tapi produk tidak tersedia (stock kosong) atau pengiriman lambat, maka reputasi dan kepercayaan pelanggan akan tergerus. Di sisi lain, rantai suplai dan logistik harus responsif terhadap permintaan yang dihasilkan dari strategi pemasaran agar tidak terjadi bottleneck.
Dalam topik pekan ini yang membahas SEM dan pemasaran digital, video tersebut mengingatkan saya bahwa strategi SEM tidak berdiri sendiri hasilnya baru maksimal bila aspek operasional seperti stok, pengadaan, dan pengiriman bisa mendukung. Jadi, menurut saya, pelaku bisnis harus menyelaraskan kampanye iklan dengan kesiapan internal agar janji pemasaran dapat dipenuhi secara nyata.
Dengan demikian, saya percaya bahwa untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik, tidak cukup hanya fokus pada iklan dan visibilitas. Semua bagian mulai dari riset kata kunci, kampanye SEM, hingga manajemen stok dan distribusi harus bersinergi agar pelanggan puas dan bisnis bisa tumbuh berkelanjutan