Posts made by Aisyah Suci Ningrum

1. INTERNALISASI KARAKTER DALAM PENERAPAN SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) AGAMA ISLAM GERAKAN PRAMUKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2018.
2. Peran Pendidikan Pramuka dalam Pembentukan Karakter Bangsa Menuju Pembangunan Nasional
3. Analisis Penempuhan Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penegak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Ma–Islamiyah Pakondang Rubaru
Nama: Aisyah Suci Ningrum
NPM: 2213032024

Kajian pustaka dalam penelitian memiliki beberapa tujuan penting yang mendukung validitas dan kebaruan studi yang dilakukan. Pertama, kajian pustaka membantu peneliti memahami latar belakang penelitian dengan menelaah berbagai penelitian terdahulu yang relevan, sehingga dapat menentukan apakah penelitian yang dilakukan memiliki kebaruan atau hanya mengulang studi yang sudah ada. Selain itu, melalui kajian pustaka, peneliti dapat mengidentifikasi research gap, yaitu kesenjangan penelitian yang belum banyak dikaji atau aspek yang masih memerlukan pendalaman lebih lanjut. Kajian pustaka juga berperan dalam menyusun kerangka teoritis dan konseptual yang menjadi dasar dalam penelitian. Dengan merujuk pada teori-teori yang telah dikembangkan sebelumnya, peneliti dapat membangun argumen yang lebih kuat dalam menganalisis data. Tidak hanya itu, melalui kajian pustaka, peneliti dapat menentukan metodologi yang tepat dengan mempelajari metode penelitian yang telah digunakan dalam penelitian sebelumnya, sehingga dapat memilih pendekatan yang paling sesuai. Selain itu, kajian pustaka juga berfungsi untuk memperkuat argumen penelitian dengan memberikan justifikasi ilmiah yang solid melalui referensi dari berbagai sumber akademik yang kredibel.

Dalam konteks penelitian tentang "Peran Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penggalang dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral dan Etika dalam Interaksi Sosial di lingkungan SMP Negeri 1 Seputih Banyak", kajian pustaka sangat penting dalam beberapa aspek. Pertama, kajian pustaka dapat digunakan untuk mengidentifikasi konsep moral dan etika dalam konteks Pramuka, termasuk bagaimana SKU dirancang untuk membentuk karakter serta nilai-nilai moral peserta didik. Peneliti juga perlu menemukan studi atau teori yang membahas pendidikan karakter dalam lingkungan nonformal seperti Gerakan Pramuka. Kedua, kajian pustaka membantu dalam meneliti dampak SKU terhadap interaksi sosial siswa dengan menelusuri penelitian sebelumnya yang mengkaji hubungan antara kegiatan Pramuka dan pembentukan keterampilan sosial. Teori perkembangan moral, seperti yang dikemukakan oleh Kohlberg, dapat dijadikan sebagai dasar analisis bagaimana SKU berkontribusi dalam membentuk karakter peserta didik. Selain itu, dalam menentukan metode penelitian yang tepat, kajian pustaka memungkinkan peneliti untuk membandingkan metode yang telah digunakan dalam studi terkait, sehingga dapat memilih metode yang paling sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Dengan demikian, penyusunan kajian pustaka yang baik akan memperkuat landasan penelitian ini dalam memahami peran SKU Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika serta dampaknya terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 1 Seputih Banyak.