Posts made by NI LUH LOLA MIKA FATMAWATI

1. Pemanfaatan media pembelajaran educandy berbasis gamifikasi untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas III PPKN
2. Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar
3. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Hasil Belajar
Nama: Ni Luh Lola Mika Fatmawati
Npm; 2213032014

Kajian pustaka memiliki peran penting dalam sebuah penelitian. Salah satu tujuannya adalah membangun dasar teoritis yang kokoh dengan mengacu pada konsep-konsep yang relevan. Dalam penelitian ini, pendekatan gamifikasi berbasis simulasi permainan didukung oleh teori mengenai pembelajaran interaktif dan pendidikan karakter, yang menjadi dasar ilmiah bagi metode yang diterapkan. Selain itu, kajian pustaka memungkinkan peneliti untuk meninjau penelitian terdahulu yang membahas efektivitas gamifikasi dalam dunia pendidikan. Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan oleh Septyanto & Nugroho (2020) menemukan bahwa penerapan gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hingga 35%. Dengan menelusuri berbagai studi yang sudah ada, penelitian ini dapat mengidentifikasi tren dan temuan yang mendukung atau bahkan memberikan perspektif berbeda terhadap hipotesis yang diajukan.
Kajian pustaka juga membantu menemukan celah penelitian yang belum banyak dikaji. Dalam hal ini, masih minimnya penelitian yang secara spesifik menyoroti gamifikasi berbasis simulasi role-playing dalam pembelajaran PPKn, terutama dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai Pancasila, menjadi salah satu alasan utama penelitian ini dilakukan.

Selain itu, kajian pustaka berperan dalam memperkuat metode penelitian yang digunakan. Referensi dari studi terdahulu dapat menjadi acuan dalam pemilihan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk menilai efektivitas gamifikasi dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Lebih lanjut, kajian pustaka juga berfungsi untuk memverifikasi hasil penelitian. Dengan membandingkan temuan penelitian ini dengan hasil studi sebelumnya, dapat diketahui apakah hasil yang diperoleh sejalan dengan penelitian lain atau justru menunjukkan perbedaan yang signifikan. Jika penelitian ini membuktikan bahwa gamifikasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, maka hasilnya akan memperkuat bukti yang sudah ada.

Dalam penelitian yang berjudul "Peran Gamifikasi Berbasis Simulasi Permainan Role-Playing terhadap Pemahaman dan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran PPKn di SMP N 1 Seputih Mataram Kelas VII", kajian pustaka memiliki peran strategis dalam membangun dasar teoritis yang kuat. Selain memberikan wawasan tentang tantangan dalam pembelajaran PPKn di era digital, kajian ini juga membantu menjelaskan bagaimana gamifikasi dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai Pancasila. Selain itu, melalui kajian pustaka, penelitian ini dapat membandingkan efektivitas metode yang digunakan dengan hasil penelitian sebelumnya untuk melihat sejauh mana keberhasilannya.