Posts made by META SARI

1. Mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas
Nadri Taja, Helmi Aziz
Jurnal Pendidikan Agama Islam 13 (1), 39-52, 2016
2. Membangun budaya anti-korupsi: Implementasi prinsip-prinsip Mohammad Hatta dalam pembelajaran di universitas muhammadiyah Purwokerto
Efi Miftah Faridli, Harsono Harsono, Endang Fauziati, Muhammad Musiyam
Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 10 (1), 200-208, 2024
3. Pendidikan Anti Korupsi: Konsep Pendidikan Karakter Dan Tantangannya
Nurudin Nurudin, M Asif Nur Fauzi, Chulil Barory
Educatus 2 (1), 19-26, 2024
Nama : Meta Sari
NPM : 2213032007

Tujuan dari penyusunan kajian pustaka dalam penelitian adalah untuk memberikan landasan teoritis yang kuat, mengidentifikasi celah penelitian sebelumnya, serta memperkuat argumentasi dalam mendukung penelitian yang dilakukan. Kajian pustaka juga berfungsi untuk memahami perkembangan penelitian terkait dan bagaimana konsep-konsep yang telah ada dapat diterapkan atau dikembangkan lebih lanjut dalam penelitian yang sedang dilakukan.

Dalam konteks penelitian yang saya yang berjudul Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi (PAK) terhadap Integritas Peserta Didik di SMAN 13 Bandar Lampung, kajian pustaka sangat penting karena membantu:

• Menjelaskan Konsep Integritas dan Pendidikan Anti Korupsi
Kajian pustaka membantu dalam merumuskan definisi yang jelas tentang integritas serta bagaimana pendidikan anti korupsi berperan dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan mengacu pada teori-teori yang relevan, penelitian ini dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam mengenai hubungan antara PAK dan integritas.
• Mengidentifikasi Masalah yang Sudah Dikaji Sebelumnya
Dengan menelaah penelitian terdahulu, peneliti dapat memahami sejauh mana pendidikan anti korupsi telah diterapkan di berbagai sekolah serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa masih terdapat tantangan seperti kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan minimnya dukungan sarana pendidikan.
• Mendukung Hipotesis dan Argumen Penelitian
Kajian pustaka memberikan dasar akademik yang kuat dalam menyusun hipotesis penelitian, yaitu apakah terdapat pengaruh signifikan antara PAK dan integritas siswa. Dengan mengacu pada data dari KPK yang menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang tidak memiliki sikap anti korupsi yang kuat, penelitian ini dapat memperkuat urgensi dalam mengembangkan metode pembelajaran PAK yang lebih efektif.
• Mengembangkan Solusi untuk Permasalahan dalam Penelitian
Salah satu kendala yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai integritas akibat metode pembelajaran yang terlalu teoritis. Kajian pustaka dapat membantu dalam mencari solusi yang telah terbukti efektif, misalnya dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek atau studi kasus nyata.

Penyusunan kajian pustaka dalam penelitian ini bukan hanya sekadar mengumpulkan teori, tetapi juga harus mampu memberikan analisis mendalam tentang bagaimana konsep yang sudah ada dapat diterapkan atau diperbaiki dalam konteks pendidikan di SMAN 13 Bandar Lampung. Kajian pustaka yang baik akan memungkinkan penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan efektivitas pendidikan anti korupsi di sekolah.