Posts made by Novia Irmani Putri novia

1. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran PPKn
2. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMPN 5 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
3. Efektifitas Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran PKn di Kelas Rendah
Nama : Novia Irmani Putri
NPM : 2213032006

Tinjauan pustaka dalam penelitian ini bertujuan untuk meninjau dan mengkaji berbagai literatur terkait penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran, khususnya dengan media Blooket dalam meningkatkan civic knowledge siswa. Melalui kajian pustaka, peneliti dapat memahami konsep dasar, efektivitas, serta keterbatasan metode gamifikasi yang telah digunakan sebelumnya, sekaligus menemukan research gap agar penelitian ini memberikan kontribusi yang lebih spesifik. Selain itu, kajian pustaka membantu mengidentifikasi teori-teori pendidikan yang relevan, seperti konstruktivisme dan teori motivasi belajar, guna memperkuat landasan konseptual penelitian. Dengan membandingkan berbagai media gamifikasi dan menganalisis keunggulan serta kelemahan Blooket, peneliti dapat menyusun argumen yang kuat mengenai efektivitasnya dalam pembelajaran PPKn. Tinjauan pustaka juga berperan dalam perancangan metode penelitian, termasuk dalam pemilihan desain eksperimen, teknik pengumpulan data, serta instrumen pengukuran civic knowledge siswa. Dengan demikian, kajian pustaka tidak hanya berfungsi sebagai referensi, tetapi juga menjadi dasar dalam mengembangkan hipotesis, menentukan variabel penelitian, serta memastikan relevansi dan kontribusi akademik dari penelitian ini.