DAFA FARHAN HAQIQI 2267051001
Posts made by DAFA FARHAN HAQIQI Dafahan
Nama:Dafa Farhan Haqiqi
NPM:2267051001
Kelas:D
Prodi:S1 Ilmu Komputer
dari vidio tentang ketahanan nasional diatas berikut analisis yang dapat saya simpulkan:
Ketahanan nasional itu adalah keuletan,keterampilan,ketangguhan suatu bangsa dan kemampuan mengembangkan potensi untuk memhami potensi ancaman yang akan datang.Ancaman ada 2,langsung dan tidak langsung,Jika secara langsung contohnya peperangan,saling perang antar negara,lalu juga ada yang dari dalam negeri mereka mencoba mememecah keutuhan negara,dan ada juga secara tidak langsung contohnya pelan pelan menguasai ekonomi negara kita.yang diserang oleh para penghancur negara ialah integritas,identitas,kelangsungan hidup bangsa,perjuangan mencapai tujuan nasional agar tidak dapat kita capai,oleh karena itu kita sebagai warga negara harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan NKRI.
Selain itu juga ada ancaman unsur trigatra,ancaman ini mengancam beberapa aspek yaitu:
lokasi Posisi Geografis Indonesia,contohnya timor timor melepaskan diri,dan kapal perang asing masuk.untuk mengatasi hal ini kita harus memiliki diplomat yang bagus agar dapat berdiplomatik dengan negara lain dengan baik,serta negara kita harus berwibawa dimata asing
Keadaan dan kekayaan alam,contohnya pencurian kapal oleh nelayan asing,kita harus memperketat pengawasan solusinya setiap pencurian ikan harus ditenggelamkan dan meningkatkatkan potensi alam kita sendiri tanpa campur tangan pihak asing.
kemampuan penduduk,contohnya apabila masyarakat indonesia tidak mengenyam bangku pendidikan maka akan kalah dengan negara lain.solusinya masyarakat indonesia harus belajar dengan giat untuk memhami suatu ilmu agar mampu bersaing dengan orang asing.
lalu ada Ancaman pancagatra yaitu mengancam
Ideologi contohnya ancaman g30spki ideologi negara akan dirubah menjadi ideologi komunis solusinya kita harus mampu memahami ideologi pancasila secara praktis dan mempraktikannya secara tepat dengan menyusun kurikulum pendidikan sejak anak kecil contohnya kecilnya antrian,dan kesopanan.
lalu dalam politik yaitu contohnya demokrasi,Politik contohnya tidak bebas seperti pembungkaman kritik,demokrasi dibatas,solusinya ialah setiap anggota dpr harus bersikap terbuka dengan menerima aspirasi masyarakat,dan masyarakat harus mampu mengkritik apabila anggota dpr tersebut tidak bekerja sesuai yang dikampanyekan.
sosialbudaya,contohnya tradisi,solusinya kita disetiap daerah harus menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah.
ekonomi ,masyarakat dibuat susah untuk membuka usaha,contohnya mall lebih digemari dari pada pasar tradisional
Hankam.hankam,contohnya ada masyarakat yang menentang pancasila contoh Pemberontakan Papua merdeka,solusinya ialah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat yaitu kegiatan bela negara.
sehingga diharapkan kita mampu menjaga ketahan nasional,sebagai mahasiswa kita dapat berperan dalam menkaga ketahan nasional dengan belajar secara giat agar kelak mampu bersaing dan membangun bangsa kita.
Analisis yang saya dapatkan dari video youtube tentang ketahanan nasional, yaitu
ketahanan nasional adalah keuletan, keterampilan, ketangguhan, dan kemampuan mengembangkan potensi nasional untuk menghadapi ancaman yang datang atau bisa diartikan sebagai kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Tembok penghancur ketahanan nasional yaitu, integritas, identitas, kelangsungan hidup, dan perjuangan mencapai tujuan nasional. Tantangan ancaman hambatan gangguan bisa secara langsung, luar, dalam, dan tidak langsung.
Perwujudan aspek alamiah (tri gatra), yaitu lokasi dan posisi geografis (peningkatan potensi laut dan darat posisi dengan negara tetangga), sumber daya alam (kesadaran nasional pemanfaatan kekayaan alam), dan keadaan dan kemampuan penduduk (pendidikan). Ancaman unsur tri gatra, yaitu lokasi dan posisi geografis, keadaan dan kekayaan alam, dan kemampuan penduduk.
Perwujudan aspek sosial (panca gatra), yaitu ideologi adalah rangkaian nilai mampu menampung aspirasi. Politik adalah demokrasi atau keseimbangan input dan output. Ekonomi adalah sarana, modal, TK, dan teknologi. Sosbud adalah tradisi, pendidikan, dan kemimpinan. Hankam adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat. Ancaman unsur panca gatra, yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosbud, dan hankam.
NPM:2267051001
Kelas:D
Prodi:S1 Ilmu Komputer
dari vidio tentang ketahanan nasional diatas berikut analisis yang dapat saya simpulkan:
Ketahanan nasional itu adalah keuletan,keterampilan,ketangguhan suatu bangsa dan kemampuan mengembangkan potensi untuk memhami potensi ancaman yang akan datang.Ancaman ada 2,langsung dan tidak langsung,Jika secara langsung contohnya peperangan,saling perang antar negara,lalu juga ada yang dari dalam negeri mereka mencoba mememecah keutuhan negara,dan ada juga secara tidak langsung contohnya pelan pelan menguasai ekonomi negara kita.yang diserang oleh para penghancur negara ialah integritas,identitas,kelangsungan hidup bangsa,perjuangan mencapai tujuan nasional agar tidak dapat kita capai,oleh karena itu kita sebagai warga negara harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan NKRI.
Selain itu juga ada ancaman unsur trigatra,ancaman ini mengancam beberapa aspek yaitu:
lokasi Posisi Geografis Indonesia,contohnya timor timor melepaskan diri,dan kapal perang asing masuk.untuk mengatasi hal ini kita harus memiliki diplomat yang bagus agar dapat berdiplomatik dengan negara lain dengan baik,serta negara kita harus berwibawa dimata asing
Keadaan dan kekayaan alam,contohnya pencurian kapal oleh nelayan asing,kita harus memperketat pengawasan solusinya setiap pencurian ikan harus ditenggelamkan dan meningkatkatkan potensi alam kita sendiri tanpa campur tangan pihak asing.
kemampuan penduduk,contohnya apabila masyarakat indonesia tidak mengenyam bangku pendidikan maka akan kalah dengan negara lain.solusinya masyarakat indonesia harus belajar dengan giat untuk memhami suatu ilmu agar mampu bersaing dengan orang asing.
lalu ada Ancaman pancagatra yaitu mengancam
Ideologi contohnya ancaman g30spki ideologi negara akan dirubah menjadi ideologi komunis solusinya kita harus mampu memahami ideologi pancasila secara praktis dan mempraktikannya secara tepat dengan menyusun kurikulum pendidikan sejak anak kecil contohnya kecilnya antrian,dan kesopanan.
lalu dalam politik yaitu contohnya demokrasi,Politik contohnya tidak bebas seperti pembungkaman kritik,demokrasi dibatas,solusinya ialah setiap anggota dpr harus bersikap terbuka dengan menerima aspirasi masyarakat,dan masyarakat harus mampu mengkritik apabila anggota dpr tersebut tidak bekerja sesuai yang dikampanyekan.
sosialbudaya,contohnya tradisi,solusinya kita disetiap daerah harus menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah.
ekonomi ,masyarakat dibuat susah untuk membuka usaha,contohnya mall lebih digemari dari pada pasar tradisional
Hankam.hankam,contohnya ada masyarakat yang menentang pancasila contoh Pemberontakan Papua merdeka,solusinya ialah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat yaitu kegiatan bela negara.
sehingga diharapkan kita mampu menjaga ketahan nasional,sebagai mahasiswa kita dapat berperan dalam menkaga ketahan nasional dengan belajar secara giat agar kelak mampu bersaing dan membangun bangsa kita.
Analisis yang saya dapatkan dari video youtube tentang ketahanan nasional, yaitu
ketahanan nasional adalah keuletan, keterampilan, ketangguhan, dan kemampuan mengembangkan potensi nasional untuk menghadapi ancaman yang datang atau bisa diartikan sebagai kemampuan mengembangkan kekuatan nasional. Tembok penghancur ketahanan nasional yaitu, integritas, identitas, kelangsungan hidup, dan perjuangan mencapai tujuan nasional. Tantangan ancaman hambatan gangguan bisa secara langsung, luar, dalam, dan tidak langsung.
Perwujudan aspek alamiah (tri gatra), yaitu lokasi dan posisi geografis (peningkatan potensi laut dan darat posisi dengan negara tetangga), sumber daya alam (kesadaran nasional pemanfaatan kekayaan alam), dan keadaan dan kemampuan penduduk (pendidikan). Ancaman unsur tri gatra, yaitu lokasi dan posisi geografis, keadaan dan kekayaan alam, dan kemampuan penduduk.
Perwujudan aspek sosial (panca gatra), yaitu ideologi adalah rangkaian nilai mampu menampung aspirasi. Politik adalah demokrasi atau keseimbangan input dan output. Ekonomi adalah sarana, modal, TK, dan teknologi. Sosbud adalah tradisi, pendidikan, dan kemimpinan. Hankam adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat. Ancaman unsur panca gatra, yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosbud, dan hankam.
NAMA :DAFA FARHAN HAQIQI
KELAS :D
NPM:2267051001
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki urgensi yang sangat penting sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat belajar tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Hal ini sangat penting dalam membentuk karakter bangsa yang baik dan membangun masyarakat yang demokratis serta menghargai hak asasi manusia. Pendidikan kewarganegaraan juga dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kebangsaan serta mempersiapkan generasi muda menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membangun Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu diperkuat dan dikembangkan di Indonesia.
Pendidikan kewarganegaraan juga menjadi sarana penting dalam memperkuat fondasi demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani di Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat memahami dan menghargai peran penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pendidikan kewarganegaraan juga dapat membantu masyarakat memahami hak-hak asasi manusia dan bagaimana menghargai keberagaman serta mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif dan toleran. Masyarakat madani juga dapat diperkuat melalui pendidikan kewarganegaraan dengan membentuk masyarakat yang beradab, santun, dan mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu terus dikembangkan dan diperkuat dalam membangun karakter bangsa Indonesia yang baik dan membentuk masyarakat yang demokratis, inklusif, dan beradab
KELAS :D
NPM:2267051001
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki urgensi yang sangat penting sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat belajar tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Hal ini sangat penting dalam membentuk karakter bangsa yang baik dan membangun masyarakat yang demokratis serta menghargai hak asasi manusia. Pendidikan kewarganegaraan juga dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kebangsaan serta mempersiapkan generasi muda menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membangun Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu diperkuat dan dikembangkan di Indonesia.
Pendidikan kewarganegaraan juga menjadi sarana penting dalam memperkuat fondasi demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani di Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat memahami dan menghargai peran penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pendidikan kewarganegaraan juga dapat membantu masyarakat memahami hak-hak asasi manusia dan bagaimana menghargai keberagaman serta mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif dan toleran. Masyarakat madani juga dapat diperkuat melalui pendidikan kewarganegaraan dengan membentuk masyarakat yang beradab, santun, dan mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu terus dikembangkan dan diperkuat dalam membangun karakter bangsa Indonesia yang baik dan membentuk masyarakat yang demokratis, inklusif, dan beradab
NAMA : DAFA FARHAN HAQIQI
KELAS : D
NPM : 2267051001
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki urgensi yang sangat penting sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat belajar tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Hal ini sangat penting dalam membentuk karakter bangsa yang baik dan membangun masyarakat yang demokratis serta menghargai hak asasi manusia. Pendidikan kewarganegaraan juga dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kebangsaan serta mempersiapkan generasi muda menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membangun Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu diperkuat dan dikembangkan di Indonesia.
Pendidikan kewarganegaraan juga menjadi sarana penting dalam memperkuat fondasi demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani di Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat memahami dan menghargai peran penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pendidikan kewarganegaraan juga dapat membantu masyarakat memahami hak-hak asasi manusia dan bagaimana menghargai keberagaman serta mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif dan toleran. Masyarakat madani juga dapat diperkuat melalui pendidikan kewarganegaraan dengan membentuk masyarakat yang beradab, santun, dan mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu terus dikembangkan dan diperkuat dalam membangun karakter bangsa Indonesia yang baik dan membentuk masyarakat yang demokratis, inklusif, dan beradab
KELAS : D
NPM : 2267051001
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki urgensi yang sangat penting sebagai bagian dari pendidikan karakter bangsa Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat belajar tentang nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani. Hal ini sangat penting dalam membentuk karakter bangsa yang baik dan membangun masyarakat yang demokratis serta menghargai hak asasi manusia. Pendidikan kewarganegaraan juga dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kebangsaan serta mempersiapkan generasi muda menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membangun Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu diperkuat dan dikembangkan di Indonesia.
Pendidikan kewarganegaraan juga menjadi sarana penting dalam memperkuat fondasi demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani di Indonesia. Melalui pendidikan kewarganegaraan, masyarakat dapat memahami dan menghargai peran penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pendidikan kewarganegaraan juga dapat membantu masyarakat memahami hak-hak asasi manusia dan bagaimana menghargai keberagaman serta mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif dan toleran. Masyarakat madani juga dapat diperkuat melalui pendidikan kewarganegaraan dengan membentuk masyarakat yang beradab, santun, dan mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan sosial. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan perlu terus dikembangkan dan diperkuat dalam membangun karakter bangsa Indonesia yang baik dan membentuk masyarakat yang demokratis, inklusif, dan beradab