Nama: Mudrikah Rihadhatul Aisy
Npm: 2216031022
Kelas: Reguler B
Prodi: S1 Ilmu Komunikasi
Ketahanan Nasional
adalah keuletan, keterampilan, ketangguhan suatu bangsa dan kemampuan mengembangkan potensi untuk menghadapi ancaman yang datang dr luar, dalam , langsung seperti belanda yang menjajah indonesia, maupun tidak langsung seperti menguasai skala ekonomi. itu adalah gangguan bagi keutuhan negara kita, yang menyerang integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa, dan perjuangan mencapai tujuan nasional. kita sebagai masyarakat indonesia harus melindungi keutuhan negara.
a. ancaman unsur trigatra: lokasi dan posisi geografis, keadaan dan kekayaan alam, kemampuan penduduk
b. sncaman unsur pancagatra: idoeologi, politik, ekonomi, sosbud, dan pertahanan dan keamanan
Ancaman trigatra
lokasi dan geografis: contoh timor timur yang lepas dr indonesia.
keadaan dan kekayaan alam: kapal asing yang masuk ke laut indonesia dan mengambil ikan
kemampuan penduduk: kepintaran penduduk. apabila penduduk tidak pandai untuk bersaing, maka akan kalah dengan orang luar negeri yang masuk dan bekerja di Indonesia.
Ancaman pancagatra
ideologi: ancaman perubahan idologi, ex: G30SPKI (komunis)
politik: pembatasan hak bersuara. ex: tidak boleh mengkritik
ekonomi: masyarakat kita tidak diakomodir kepentingannya
sosbud: tradisi yang digeser secara perlahan dan digantikan dengan budaya lain
hankam:
kita harus menghadapi ancaman dengan:
- perwujudan aspek alamiah (trigatra)
lokasi dan posisi geografis terancam, maka kita harus melakukan peningkatan potensi laut dan darat dan menyesuaikan kemampuan posisi dengan negara tetangga. negosiasi dengan negara yang ingin mengeksploitasi negara kita
sumberdaya alam terancam, maka kita harus meningkatkan kesadaran nasional pemanfaatan kekayaan alam
kemampuan penduduk: meningkatkan pendidikan agar dapat mengelola kekayaan yang dimiliki
- perwujudan aspek sosial (pancagatra)
ideologi terancam, maka harus membuat nilai yang mampu menampung aspirasi
politik terancam, maka melakukan demokrasi
ekonomi terancam, maka memperbaiki dan meningkatkan kualitas sarana, modal, tenaga kerja, dan teknologi
sosbud terancam, maka kita harus mempertahankan tradisi, contoh mempelajari bahasa daerah agar bahasa daerah tidak hilang. mempertahankan pendidikan, dan juga kepemimpinan
hankam terancam, maka kita perlu berpartisipasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat