Izin menjawab pertanyaan saudari Mae Lisa
Peran kami sebagai calon pendidik dalam menciptakan struktur pembelajaran IPS berbasis kurikulum merdeka supaya peserta didik tidak bosan ketika belajar di kelas apalagi sejarah yaitu dengan melakukan strategi berikut.
1. Mengaktifkan Siswa dalam Proses Pembelajaran: seperti Proyek dan Tugas, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas proyek yang memungkinkan peserta didik untuk menggali informasi secara mandiri. Contohnya, membuat dokumentasi video atau skenario tentang peristiwa sejarah yang relevan dengan minat peserta didik.
2. Menggunakan Metode Aktif: seperti diskusi dan debat yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam memahami dan menganalisis suatu informasi pembelajaran
3. Mengintegrasikan Teknologi: seperti menggunakan aplikasi dan Platform edukatif yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses sumber belajar secara mandiri.
4. Mengembangkan Karakteristik Siswa: dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, contohnya tantang peserta didik untuk mengembangkan proyek yang relevan dengan minat mereka. Hal ini akan membuat mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.
5. Menggunakan Sumber Belajar yang Beragam: seperti Buku, Dokumentasi, dan Sumber Lainnya untuk memberikan variasi dalam pembelajaran. Hal ini akan membuat peserta didik tidak bosan dan dapat memilih sumber yang paling sesuai dengan minat mereka.
Peran kami sebagai calon pendidik dalam menciptakan struktur pembelajaran IPS berbasis kurikulum merdeka supaya peserta didik tidak bosan ketika belajar di kelas apalagi sejarah yaitu dengan melakukan strategi berikut.
1. Mengaktifkan Siswa dalam Proses Pembelajaran: seperti Proyek dan Tugas, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas proyek yang memungkinkan peserta didik untuk menggali informasi secara mandiri. Contohnya, membuat dokumentasi video atau skenario tentang peristiwa sejarah yang relevan dengan minat peserta didik.
2. Menggunakan Metode Aktif: seperti diskusi dan debat yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam memahami dan menganalisis suatu informasi pembelajaran
3. Mengintegrasikan Teknologi: seperti menggunakan aplikasi dan Platform edukatif yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses sumber belajar secara mandiri.
4. Mengembangkan Karakteristik Siswa: dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, contohnya tantang peserta didik untuk mengembangkan proyek yang relevan dengan minat mereka. Hal ini akan membuat mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.
5. Menggunakan Sumber Belajar yang Beragam: seperti Buku, Dokumentasi, dan Sumber Lainnya untuk memberikan variasi dalam pembelajaran. Hal ini akan membuat peserta didik tidak bosan dan dapat memilih sumber yang paling sesuai dengan minat mereka.