FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

Number of replies: 7


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Ladaina Fahrun Nada 2213053044 -

Anggota Kelompok 2

1.      Dwi Ratna Asih                      (2213053037)

2.      Ladaina Fahrun Nada           (2213053044)

3.      Rosa Ananta Febrianti          (2213053288)

 

Link Makalah, PPT, Mindmap

https://drive.google.com/folderview?id=1SgVlswDlacU_O25_qdqCD6ZIk7jdjBlO.


In reply to Ladaina Fahrun Nada 2213053044

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Angga Putra 2253053043 -
Nama: Angga Putra
NPM: 2253053043

Izin bertanya kepada kelompok 2 Dimakalah kelompok anda menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka atau kurikulum 2022 merupakan perbaikan dari kurikulum 2013.

Pertanyaan saya adalah apakah kurikulum Merdeka atau kurikulum 22 ini sudah membawa dampak yang besar serta positif dalam pendidikan di Indonesia saat ini?

Sekian Terimakasih
In reply to Angga Putra 2253053043

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by DWI RATNA ASIH 2213053037 -

Izin menjawab dari pertanyaan saudara angga 

Menurut pendapat kelompok kami, pada saat ini Kurikulum Merdeka telah membawa dampak positif dalam mendorong kemandirian, kreativitas, dan pengembangan karakter siswa. Namun, dampak besar dan merata baru bisa dirasakan sepenuhnya setelah beberapa waktu, seiring dengan adaptasi dan peningkatan kompetensi para pendidik serta infrastruktur yang memadai di seluruh Indonesia.

Contoh dari dampak positif tersebut yakni :

1. Pembelajaran yang Lebih Fleksibel dan Kontekstual

2. Fokus pada Pengembangan Karakter

3. Peningkatan Kemandirian dan Kreativitas Siswa

4. Penggunaan Teknologi dan Sumber Belajar Digital

5. Pemberdayaan Guru dalam Merancang Pembelajaran

In reply to Ladaina Fahrun Nada 2213053044

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by MAE LISA INDRIYANI 2253053014 -
Nama : Mae Lisa Indriyani
NPM : 2253053014

Izin bertanya kepada kelompok 2, pertanyaan nya yaitu :
Bagaimana peran kalian sebagai calon pendidik dalam menciptakan struktur pembelajaran IPS berbasis kurikulum merdeka supaya peserta didik tidak bosan ketika belajar di kelas apalagi sejarah, karena kurikulum merdeka ini lebih menekankan kepada student centered?

Terima kasih
In reply to MAE LISA INDRIYANI 2253053014

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Ladaina Fahrun Nada 2213053044 -
Izin menjawab pertanyaan saudari Mae Lisa

Peran kami sebagai calon pendidik dalam menciptakan struktur pembelajaran IPS berbasis kurikulum merdeka supaya peserta didik tidak bosan ketika belajar di kelas apalagi sejarah yaitu dengan melakukan strategi berikut.

1. Mengaktifkan Siswa dalam Proses Pembelajaran: seperti Proyek dan Tugas, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas proyek yang memungkinkan peserta didik untuk menggali informasi secara mandiri. Contohnya, membuat dokumentasi video atau skenario tentang peristiwa sejarah yang relevan dengan minat peserta didik.
2. Menggunakan Metode Aktif: seperti diskusi dan debat yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam memahami dan menganalisis suatu informasi pembelajaran
3. Mengintegrasikan Teknologi: seperti menggunakan aplikasi dan Platform edukatif yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses sumber belajar secara mandiri.
4. Mengembangkan Karakteristik Siswa: dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek, contohnya tantang peserta didik untuk mengembangkan proyek yang relevan dengan minat mereka. Hal ini akan membuat mereka lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.
5. Menggunakan Sumber Belajar yang Beragam: seperti Buku, Dokumentasi, dan Sumber Lainnya untuk memberikan variasi dalam pembelajaran. Hal ini akan membuat peserta didik tidak bosan dan dapat memilih sumber yang paling sesuai dengan minat mereka.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Miftaudin Mahfudz 2253053017 -

Nama : Miftaudin Mahfudz 

NPM : 2253053017

Izin bertanya

menurut pendapat kelompok kalian, bagimana cara mengajarkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SD?

sekian terimakasih

In reply to Miftaudin Mahfudz 2253053017

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 2

by Rosa ananta Febrianti 2213053288 -
*Penanya:*
Miftaudin Mahfudz (2253053017)

menurut pendapat kelompok kalian, bagimana cara mengajarkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SD?

*Jawabannya:*
Menurut kami di dalam nilai nilai pengembangan karakter terdapat 9 nilai pembelajaran ips yaitu :

1. Susun RPP yang berkarakter: Susun RPP yang berkarakter dan sesuai dengan tujuan pendidikan IPS.

2. Pilih model pembelajaran yang menarik: Gunakan model pembelajaran yang menarik, seperti pembelajaran berbasis masalah, kooperatif, dan proyek.

3. Gunakan media yang tepat: Gunakan media yang tepat agar penyampaian pembelajaran IPS dapat mengena pada peserta didik.

4. Berikan contoh yang baik: Berikan contoh yang baik kepada siswa.

5. Berikan pengertian: Berikan pengertian kepada anak tentang nilai-nilai yang ingin diajarkan.

6. Berikan tugas langsung: Berikan tugas langsung kepada anak untuk menerapkan nilai-nilai yang telah diajarkan.

7. Tanamkan kebiasaan: Tanamkan kebiasaan baik kepada anak.

8. Buat aturan bersama: Buat aturan bersama siswa.

9. Berbagi cerita: Bagikan cerita kepada siswa.