Nama : Christin Ananta Putri
NPM : 2213053061
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran :
1. Teori Belajar: Fokus pada proses internal individu yang terlibat dalam perolehan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Ini lebih menekankan pada bagaimana individu menyusun informasi, mengasimilasi pengalaman baru, dan mengubah perilaku mereka sebagai hasil dari pengalaman tersebut. Contohnya adalah Teori Kognitif Piaget yang menyoroti perkembangan kognitif individu melalui tahap-tahap tertentu, seperti tahap sensorimotor, prapoperasional, konkret operasional, dan formal operasional.
2. Teori Pembelajaran: Lebih menekankan pada proses sosial atau interaksi dengan lingkungan eksternal, baik itu melalui pengajaran langsung, observasi, atau interaksi sosial lainnya. Teori-teori ini mempertimbangkan bagaimana pengaruh lingkungan, guru, dan faktor-faktor eksternal lainnya membentuk pembelajaran individu. Contohnya adalah Teori Konstruktivis Vygotsky yang menekankan peran interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti dalam kerjasama antara guru dan siswa atau antara rekan sebaya.
Dalam praktiknya, teori belajar dan teori pembelajaran sering saling terkait dan digunakan bersama-sama untuk merancang pendekatan pembelajaran yang efektif.