Weekly outline
General
DAFTAR HADIR PERTEMUAN 1 - 16
PERTEMUAN 1: Penjelasan Program Semester (Kontrak Perkuliahan)
Assalamu'alaikum wr.wb.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga mampu memahami dengan baik pembahasan pada pertemuan ini. Pertemuan ini dilaksanakan secara asynchronous (mahasiswa melakukan kegiatan sesuai petunjuk di Vclass), terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
- PENGANTAR PERKULIAHAN 1
- DESKRIPSI MATA KULIAH
- CAPAIAN PEMBELAJARAN
- TATA CARA PERKULIAHAN
- SANKSI
- TAGIHAN PERKULIAHAN
- KRITERIA PENILAIAN
- MATERI DAN SUMBER BELAJAR
- REFERENSI
- PENUTUP
Selamat mengikuti perkuliahan dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa.
PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu'alaikum dan selamat pagi, rekan mahasiswa semua
Topik hari ini adalah memahami program semester atau kontrak perkuliahan.
Agar lebih memahami materi pada hari ini, dipersilahkan bagi rekan-rekan mahasiswa untuk join pada google meet ini untuk mendengarkan pemaparan kontrak perkuliahan dan melakukan diskusi serta tanya jawab.
Atas perhatian rekan-rekan mahasiswa kami ucapkan terimakasih.
Mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar SD merupakan suatu disiplin ilmu yang disajikan untuk membekali mahasiswa prodi S1 PGSD dalam melaksanakan proses pembelajaran, baik secara teoritis maupun penugasan tentang pengembangan media dan sumber belajar di SD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengkaji, memahami, menjelaskan, merancang, menggunakan, dan mengevaluasi media dan sumber belajar yang relevan di SD. Adapun materi perkuliahan ini meliputi pengertian, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, pemilihan, perancangan, dan produksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK, serta mengevaluasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Untuk lebih jelasnya rekan-rekan sekalian dapat membaca dan memahami kontrak kuliah berikut ini:
Baca dan pahami RPS berikut ini, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan dengan dosen pengampu MK
Mahasiswa diharapkan:
- Mampu memahami konsep dasar media dan sumber belajar.
- Mampu mengkaji prinsip penggunaan dan pengembangan media dan sumber belajar.
- Mampu memahami dasar pertimbangan pemilihan media dan sumber belajar.
- Mampu menganalisis pemanfaatan lingkungan dan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran.
- Mampu memahami klasifikasi dan kriteria media dan sumber belajar yang relevan di SD.
- Mampu mengembangkan media dan sumber belajar yang relevan di SD sesuai bidang studi.
- Mampu mengevaluasi media dan sumber belajar.
Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD menerapkan sistem belajar yang disajikan secara Synchronous, yakni Maya dengan cara kuliah secara online menggunakan Google Meet; sedangkan secara Asynchronous, yakni (i) Mandiri dan (ii) Kolaboratif dengan Virtual Class menggunakan Youtube, PPT & PDF.
Mata Kuliah ini juga menerapkan Student Centered Learning (SCL), yaitu proses proses pembelajaran yang tadinya berfokus pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered) untuk meningkatkan kemampuan analisis dan pemecahan permasalahannya sendiri (Karsen, 2008).
Mata Kuliah ini menggunakan penilaian (assesment) dan evaluasi pembelajaran berupa tes formatif (Tugas dan kuis) serta Tes sumatif (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester).
Agar pelaksanaan perkuliahan Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, ada beberapa hal yang perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini, yaitu:
- Mahasiswa wajib memiliki smartphone dan kuota/jaringan internet agar dapat mengakses perkuliahan melalui virtual class yang telah disediakan.
- Mahasiswa wajib memiliki komputer/laptop untuk menjalankan beberapa program/aplikasi yang dibutuhkan dalam perkuliahan ini.
- Mahasiswa diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan oleh dosen untuk setiap pertemuan sebelum pertemuan perkuliahan tersebut dilaksanakan.
- Mahasiswa menyiapkan bahan perkuliahan untuk didiskusikan pada saat pembelajaran berlangsung.
- Mahasiswa dianjurkan untuk secara aktif berpartisipasi dalam diskusi yang dilaksanakan di setiap pertemuan, karena hal ini merupakan salah satu aspek penilaian akhir.
- Mahasiswa wajib mengerjakan seluruh tugas yang diberikan oleh dosen, dan diharapkan aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran jika ada hal-hal yang masih kurang dipahami dari materi yang disampaikan oleh dosen.
- Mahasiswa wajib mengikuti KUIS yang akan diselenggarakan sebanyak satu (1) kali, yaitu pada akhir pertemuan/minggu ke-5.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan diselenggarakan pada pertemuan/minggu ke-8.
- Mahasiswa wajib mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan diselenggarakan pada akhir perkuliahan atau pertemuan/minggu ke-16.
- Mahasiswa dilarang melakukan plagiarism. Plagiarism adalah sebuah bentuk academic crime. Oleh karenanya, mahasiswa yang melakukan plagiarism akan mendapatkan sanksi.
Mahasiswa mempunyai hak untuk mengikuti ujian akhir semester, jika: Mengikuti kuliah minimal 80%, Mengumpulkan tugas, dan Dosen tidak memberikan arahan dalam pelaksanaan perkuliahan.
Adapun sanksi yang diberikan kepada mahasiswa pada mata kuliah ini, sebagai berikut:
- Jika mahasiswa melakukan plagiat dalam satu atau dua kalimat tanpa menyebutkan sumber aslinya, maka yang bersangkutan dikenakan sanksi berupa pemanggilan oleh dosen untuk diberi peringatan.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat dalam beberapa kalimat dan makalah yang sedang dibuatnya, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi berupa pemanggilan oleh dosen untuk mendapatkan peringatan keras, atau mungkin dikenakan sanksi untuk mendapatkan nilai NOL atas makalah yang dibuatnya.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat pada sebagian besar makalah yang dibuat, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi berupa pemberian nilai D pada matakuliah yang ditempuh.
- Jika mahasiswa melakukan plagiat pada seluruh isi makalah, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi dengan nilai E dan nama pelaku plagiat ini akan diumumkan di hadapan masyarakat akademik.
Berikut ini tagihan mata kuliah:
- Tugas individu yakni membuat membuat rangkuman dan blog secara mandiri dan mendesain blog tersebut untuk kegiatan pembelajaran sesuai materi pokok yang ditentukan pada pertemuan ke-13 yang dilengkapi dengan produk hasil pertemuan ke-13. Tugas ini dikumpulkan pada minggu ke-16 berupa link blog pada tempat yang telah disediakan di vclass.
- Tugas kelompok yakni membuat makalah yang dipresentasikan berdasar topik yang ditentukan dosen.
- Kuis yang diadakan pada minggu ke-5 perkuliahan berupa Ujian tertulis berbentuk pilihan jamak menggunakan platform V-Class.
- Ujian Tengah Semester (UTS) pada minggu ke-8, yaitu Membuat media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Prezi.
- Ujian akhir semester (UAS) pada minggu ke-16, yaitu membuat media pembelajaran menggunakan salah satu aplikasi yang telah ditentukan dosen (Powtoon/ Vyond/ Sparkol Videoscribe).
PEMBOBOTAN NILAI
KRITERIA PENILAIAN
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, agar dapat menambah wawasan kalian terkait topik bahasan pada mata kuliah ini, silahkan rekan-rekan download dan baca materi yang telah disajikan dalam bentuk pdf dengan klik bagian MATERI DAN SUMBER BELAJAR.
- Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. (edisi terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk). Jakarta: PU-UT dan Rajawali Press.
- Arief, S., R. Rahardjo, Anung Haryono. (2005). Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
- Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Barbara B. Seels, Rita C. Richey. (1994). Instructiuonal Technology: The Definition and Domains of The Field. AECT Washington DC.
- Dananjayautomo. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.
- Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtra.
- Fenrich, P. (1997). Pratical Guidelines for Creating Instructional Multimedia Aplication. Fort Worth, TX: Dryden Press Harcourt Collage Pub.
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. (D. A. Stollenwerk, Ed.) (seventh ed). New Jersey: Person Education Inc.
- Kemp, Jerrold E. & Dayton, Deane K. (1985). Planning and producing instructional media. New York: Harper & Row.
- Naz, a. a., & Akbar, R. a. (2010). Use of Media for Effective Instruction its Importance : Some Consideration. Journal of Elementary Education, 18, 35–40.
- Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Haryanto, Anung, et al. (2012). Media Pendidikan Pengertian Penelitian dan Pemanfaatannnya. Jakarta: PT Raja Grafmdo Persada.
- Scarrat, E. & Dovison, J. (2012). The Media Teachers Handbook. London: Routledge.
- Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R.(2011). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi pembelajaran dan Media unuk Belajar. Jakarta: Kencana.
- Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Demikian pengantar awal sebelum perkuliahan pada hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari selama mengikuti perkuliahan Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Untuk pertemuan selanjutnya, kalian akan melakukan diskusi kelompok melalui form diskusi yang ada pada LMS. Hal yang perlu dipersiapakan adalah bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Diskusi dilakukan secara berkelompok, sehingga kalian perlu membentuk 7 kelompok diskusi. Bahan diskusi, sebagai berikut:
- Konsep dasar media dan sumber belajar
- Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran
- Prinsip penggunaan & pengembangan media & sumber belajar
- Lingkungan sebagai media pembelajaran & sumber belajar
- TIK sebagai media pembelajaran & sumber belajar
- Klasifikasi dan kriteria media pembelajaran yang relevan di SD
- Menganalisis kebutuhan media di SD (mata pelajaran IPA, IPS, B.Indonesia, Matematika, SBdP) dan merumuskan konsep suatu media dan sumber belajar yang akan diproduksi (planning), serta merancang pengembagan media pembelajaran yang relevan di SD (design)
Kelompok maju disesuaikan dengan topik pembahasan pada LMS. Untuk pertemuan selanjutnya akan membahasa TOPIK Konsep dasar media dan sumber belajar. Jangan lupa pelajari topik selanjutnya dan persiapkan bahan diskusi dalam bentuk word dan ppt. Usahakan selalu aktif dalam perkuliahan. Karena keaktifan merupakan salah satu penilaian mata kuliah ini. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 2: Konsep dasar media dan sumber belajar
Assalamu'alaikum wr.wb.Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik pertama. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Pertama ini, yakni Konsep dasar media pembelajaran. dapat tercapai dengan baik.Pertemuan Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD membahas konsep dasar media pembeljaaran yang terdiri atas beberapa bagian. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!PENGANTAR PERTEMUAN 2
- Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:
- Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan media, dan peranan media
- Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan, dan peranan sumber belajar
- Menjelaskan persamaan dan perbedaan media dan sumber belajar, serta contohnya
- Menganalisis hubungan guru dan siswa dengan media dan sumber belajar
Layanan ini digunakan untuk memfasilitasi dosen dalam memaparkan materi dan sebagai media diskusi secara langsung.
Silahkan silahkan join pada link ini sebagai bagian dari pengantar perkuliahan.
AKTIVITAS 1
Pelajari materi dan jawablah soal-soal latihan yang terdapat pada media pembelajaran ini
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai, silahkan saksikan video singkat berikut yang berisi tentang konsep dasar media pembelajaran.
AKTIVITAS 2
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!- Berikut ini merupakan penilaian aktivitas mahasiswa saat berdiskusi yang dilakukan oleh Dosen pengampu mata kuliah
Demikian perkuliahan pada topik pertama hari ini tentang konsep dasar media pembelajaran, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Untuk pertemuan selanjutnya membahas Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran. Mohon dipersiapkan bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Selamat belajar dan semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.
PERTEMUAN 3: Mengkaji perkembangan media pembelajaran
Assalamu'alaikum wr.wb.Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik pertama. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Pertama ini, yakni Konsep dasar media pembelajaran. dapat tercapai dengan baik.Pertemuan Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD membahas konsep dasar media pembeljaaran yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 3, (i) Tujuan Pembelajaran 2 (ii) Peta Konsep 2, (iii) Materi Pembelajaran 2 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 2. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah AndaAdapun tujuan pada topik kedua mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan media pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan guru dan siswa dengan media pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan faktor pendukung dan penghambat belajar
Tahap selanjutnya pada topik kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah mempelajari Peta Konsep dalam bentuk gambar agar lebih menarik dan lebih mudah dimengerti. Peta Konsep Topik Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah suatu sistem untuk mengotimalkan kemampuan berpikir peserta didik dengan memakai otak kanan dan otak kiri secara bersama-sama untuk mempelajari tentang:
- Menjelaskan sejarah perkembangan media pembelajaran
- Menganalisis hubungan guru dan siswa dengan media pembelajaran
- Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat belajar
Selamat mempelajari Peta Konsep Topik Pertama Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Jangan lupa tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Aamiin...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, silahkan saksikan video singkat berikut yang berisi tentang konsep dasar media pembelajaran.
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Kedua Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum ini. Jangan lupa tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!Demikian perkuliahan pada topik pertama hari ini tentang konsep dasar media pembelajaran, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Untuk pertemuan selanjutnya membahas Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran. Mohon dipersiapkan bahan diskusi dalam bentuk word dan PPT. Selamat belajar dan semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini dalam bentuk link Gdrive, terimakasih
PERTEMUAN 4: Prinsip Penggunaan dan Pengembangan Media dan Sumber Belajar
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat siangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik ketiga. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-3 ini, yakni Konsep dasar media pembelajaran. dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD membahas konsep dasar media pembeljaaran yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 4, (i) Tujuan Pembelajaran 3, (ii) Peta Konsep 3, (iii) Materi Pembelajaran 3 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 3. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!- Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:
- Menjelaskan landasan filosofis, psikologis, sosiologis, teknologis, dan empiris penggunaan media dan sumber belajar
- Menjelaskan prinsip penggunaan media dan sumber belajar
- Menjelaskan prinsip pengembangan media dan sumber belajar
- Menjelaskan prosedur pengembangan media dan sumber belajar
Pada topik ketiga Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah mempelajari Peta Konsep dalam bentuk gambar agar lebih menarik dan lebih mudah dimengerti. Peta Konsep Topik Ketiga Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah suatu sistem untuk mengotimalkan kemampuan berpikir peserta didik dengan memakai otak kanan dan otak kiri secara bersama-sama untuk mempelajari tentang:
- Landasan filosofis, psikologis, sosiologis, teknologis, dan empiris penggunaan media dan sumber belajar
- Prinsip penggunaan media dan sumber belajar
- Prinsip pengembangan media dan sumber belajar
- Prosedur pengembangan media dan sumber belajar
Selamat mempelajari Peta Konsep Topik Ketiga Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Jangan lupa tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah oleh Allah SWT. Aamiin...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataeri singkat berikut ini.
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-3 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!Demikian perkuliahan pada topik kedua hari ini tentang Lingkungan sebagai media pembelajaran & sumber belajar, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa untuk pelajari dan persiapkan materi selanjutnya. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
SELAMAT SIANG
Silahkan kumpulkan tugas pada forum berikut ini dalam bentuk link Gdrive
PERTEMUAN 5: Lingkungan Sebagai Media dan Sumber Belajar
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat siangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik ketiga. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-4 ini, yakni Konsep dasar media pembelajaran. dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD membahas konsep dasar media pembeljaaran yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 5, (i) Tujuan Pembelajaran 4, (ii) Peta Konsep 4, (iii) Materi Pembelajaran 4 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 4. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!Adapun tujuan pada topik keempat mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:
- Ketepatan menjelaskan konsep lingkungan
- Ketepatan menjelaskan manfaat lingkungan
- Ketepatan menjelaskan kelebihan lingkungan dalam pembelajaran
- Ketepatan menjelaskan teknik penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran
- Ketepatan menjelaskan jenis lingkungan sebagai media pembelajaran.
Pada topik ketiga Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah mempelajari Peta Konsep dalam bentuk gambar agar lebih menarik dan lebih mudah dimengerti. Peta Konsep Topik Ketiga Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD adalah suatu sistem untuk mengotimalkan kemampuan berpikir peserta didik dengan memakai otak kanan dan otak kiri secara bersama-sama untuk mempelajari tentang Lingkungan Sebagai Media dan Sumber Belajar.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataeri singkat berikut ini.
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-4 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!Demikian perkuliahan pada topik kedua hari ini tentang Lingkungan sebagai media pembelajaran & sumber belajar, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa untuk pelajari 3 topik perkuliahan yang telah di bahas sebelumnya (konsep dasar media dan sumber belajar di SD, perkembangan media dan sumber belajar, serta dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar) untuk KUIS minggu depan dalam bentuk pilihan jamak. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
SELAMAT SIANG
Silahkan kumpulkan tugas pada forum ini, dalam bentuk link Gdrive, terimakasih.
PERTEMUAN 6: TIK sebagai media pembelajaran & sumber belajar
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat siangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik kelima. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-5 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 6, (ii) Tujuan Pembelajaran 5, (iii) Materi Pembelajaran 5 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 5. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!Adapun tujuan pada topik kelima mata kuliah ini agar mahasiswa dapat:
- Menjelaskan konsep TIK dalam pembelajaran
- Menjelaskan manfaat TIK
- Menguraikan kelebihan TIK dalam pembelajaran
- Mengidentifikasi teknik penggunaan TIK sebagai media pembelajaran
- Menjelaskan jenis TIK sebagai media pembelajaran.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataeri singkat berikut ini.
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!Demikian perkuliahan pada topik kedua hari ini tentang TIK sebagai media pembelajaran & sumber belajar, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa untuk pelajari 3 topik perkuliahan yang telah di bahas sebelumnya (konsep dasar media dan sumber belajar di SD, perkembangan media dan sumber belajar, serta dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar) untuk KUIS minggu depan dalam bentuk pilihan jamak. Jangan lupa persipakan juga bahan diskusi untuk kelompok selanjutnya yaitu klasifikasi dan kriteria media dan sumber belajar yang relevan di SD. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
SELAMAT SIANG
PERTEMUAN 7: Memahami klasifikasi dan kriteria media dan sumber belajar yang relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat siangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada topik kelima. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-6 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 7, (ii) KUIS, (iii) Tujuan Pembelajaran 6, (iv) Materi Pembelajaran 6 (PDF dan Video Pembelajaran), (v) Forum Diskusi 6. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!- KUIS dilaksanakan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengerjaan selama 40 menit.
- KUIS dapat dikerjakan sebanyak 2x dalam waktu 40 menit dan akan diambil dari nilai tertinggi.
- Jika waktu habis sebelum selesai pengerjaan, maka jawaban akan otomatis tersimpan.
- KUIS terdiri atas 16 pertanyaan pilihan jamak yang terbagi menajdi 4 halaman (page). Tiap page terdiri dari 4 soal dengan nilai masing-masing sebesar 6,26 (6,25x16 = 100).
- Mahasiswa harus menyelesaikan tiap page terlebih dahulu
- Bacalah soal secara seksama agar tidak terjadi kesalahan
- Materi yang diujikan yaitu
- Konsep dasar media dan sumber belajar di SD,
- Perkembangan media dan sumber belajar,
- Dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar.
- Pastikan jaringan internet Anda dalam keadaan stabil.
- Jangan lupa berdoa sebelum memulai KUIS. Selamat mengerjakan. Semoga berhasil dan Sukses. Terimakasih.
- KODE KUIS: KuisPemedsumb
Adapun tujuan pada topik keenam mata kuliah ini agar mahasiswa dapat:
- Mengklasifikasikan media yang relevan di SD seperti media audio, visual, adio-visual;
- Menjelaskan kriteria memilih media seperti tujuan, karakteristik siswa, alokasi waktu, ketersedian, efektivitas, kompatibilitas dan biaya
- Membedakan media pembelajaran peruntukkan di dalam kelas maupun peruntukkan di luar kelas
- Menjelaskan prosedur penggunaan media
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataerisingkat berikut ini.
Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!Demikian perkuliahan pada topik Keenam hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa untuk pelajari 3 topik perkuliahan yang telah di bahas sebelumnya (Lingkungan dan TIK sebagai media dan sumber belajar, serta media pembelajaran yang relevan di SD) untuk UTS minggu depan. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
PERTEMUAN 8: UTS
- UTS dilaksanakan sesuai dengan jam perkuliahan dan diberikan waktu pengerjaan selama 40 menit.
- UTS dapat dikerjakan sebanyak 2x dalam waktu 40 menit dan akan diambil dari nilai tertinggi.
- Jika waktu habis sebelum selesai pengerjaan, maka jawaban akan otomatis tersimpan.
- UTS terdiri atas 25 pertanyaan pilihan jamak yang terbagi menajdi 5 halaman (page). Tiap page terdiri dari 5 soal dengan nilai masing-masing sebesar 4 (4x25 = 100).
- Mahasiswa harus menyelesaikan tiap page terlebih dahulu.
- Bacalah soal secara seksama agar tidak terjadi kesalahan.
- Materi yang diujikan yaitu:
- Konsep dasar media dan sumber belajar di SD,
- Perkembangan media dan sumber belajar,
- Dasar-dasar pertimbangan dalam pemilihan media dan sumber belajar.
- Lingkungan sebagai media dan sumber belajar,
- TIK sebagai media dan sumber belajar.
- Pastikan jaringan internet Anda dalam keadaan stabil.
- Jika terjadi kendala segera hubungi dosen yang bersangkutan dan sertakan bukti screenshoot kendala.
- Jangan lupa berdoa sebelum memulai UTS. Selamat mengerjakan. Semoga berhasil dan Sukses. Terimakasih.
KODE UTS: UTSPemedsumb
PERTEMUAN 9: Menganalisis Kebutuhan Media di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat siangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-7. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-7 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-7 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 9, (ii) Tujuan Pembelajaran 7, (iv) Materi Pembelajaran 7 (PDF dan Video Pembelajaran), (v) Forum Diskusi 7. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-7 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-7 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
- Menentukan media pembelajaran yang relevan untuk siswa sekolah dasar sesuai bidang studi (IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, SBdP).
- Menentukan pembagian kelas untuk masing-masing kelompok (satu kelompok membuat media untuk jenjang kelas yang telah ditentukan (kelas 1/2/3/4/5/6).
- Karena bentuk pembelajaran di SD sudah tematik, jadi masing-masing kelompok membuat media pembelajaran pada 1 subtema dan dipilih 1 pertemuan yang mencakup 6 bidang studi berikut ini: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, SBdP.
- Menentukan pembagian bidang studi untuk masing-masing mahasiswa dalam 1 kelompok (satu mahasiswa mendapatkan satu bidang studi untuk dibuatkan media pembelajarannya.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataeri singkat berikut ini.
TOPIK DISKUSI (Dibimbing oleh TIM Pemateri):
- Menentukan pembagian kelas untuk masing-masing kelompok (satu kelompok membuat media untuk jenjang kelas yang telah ditentukan (kelas 1/2/3/4/5/6).
- Karena bentuk pembelajaran di SD sudah tematik, jadi masing-masing kelompok membuat media pembelajaran pada 1 atau 2 pertemuan saja, sehingga mencakup 6 bidang studi berikut ini: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKN, SBdP.
- Menentukan pembagian bidang studi untuk masing-masing mahasiswa dalam 1 kelompok (satu mahasiswa mendapatkan satu bidang studi untuk dibuatkan media pembelajarannya.
- Laporkan hasil diskusi pada forum diskusi diketik dalam format word dan kumpulkan di akhir pertemuan.
- Carilah materi-materi dan contoh-contoh media pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya sesuai dengan yang telah didiskusikan.
Demikian perkuliahan pada topik Keenam hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa carilah materi-materi dan contoh-contoh media pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya sesuai dengan yang telah didiskusikan. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
PERTEMUAN 10: Merancang Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-8. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-8 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-8 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 10, (ii) Tujuan Pembelajaran 8, (iv) Materi Pembelajaran 8 (PDF dan Video Pembelajaran), (v) Forum Diskusi 8. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-8 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-8 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Merancang media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebagai langkah awal sebelum kita memulai diskusi, bacalah dan pahami mataeri singkat berikut ini.
TOPIK DISKUSI PERKELOMPOK
Diskusikan bersama kelompokmu pada forum diskusi perkelompok di vclass terkait hal-hal berikut ini dan siapkan laporan rencana pembuatan media pembelajaran untuk masing-masing mahasiswa.
DISKUSIKAN terkait:
- Kelas/Semester
- Tema
- Sub Tema
- Pertemuan Ke
- Bidang Studi
- Kompetensi Inti (KI) untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Kompetensi Dasar (KD) untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Indikator untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Tujuan Pembelajaran untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Materi Pokok untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Media Pembelajaran [Uraikan terkait media pembelajaran yang dikembangkan, mulai dari konsep dasar media pembelajaran yang dikembangkan, alat dan bahan yang dibutuhkan beserta fotonya (jika sudah dikembangkan medianya, jika belum cukup sebutkan saja alat dan bahan), langkah-langkah pembuatan media beserta fotonya (jika sudah dikembangkan medianya, jika belum cukup sebutkan langkah-langkah pembuatan media)]
- Langkah pembelajaran dalam penggunaan media pembelajaran (pembuka, inti, penutup)
Buatlah rangkuman hasil diskusi dan upload pada forum diskusi perkelompok pada pertemuan selanjutnya. Dengan format sebagai berikut:
- Halaman sampul (memuat: tema, subtema, pertemuan ke-, bidang studi, nama mata kuliah, nama dosen pengampu, nama kelompok, lambang Unila, prodi, jurusan, universitas lampung, tahun pembuatan)
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- BAB I PENDAHULUAN (Latar Belakang, Tujuan Pembuatan)
Berisi:
- Kelas/Semester
- Tema
- Sub Tema
- Pertemuan Ke
- Bidang Studi
- Kompetensi Inti (KI) untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Kompetensi Dasar (KD) untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Indikator untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Tujuan Pembelajaran untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Materi Pokok untuk pengembangan media pembelajaran yang kalian kembangkan
- Media Pembelajaran (Uraikan terkait media pembelajaran yang dikembangkan, mulai dari konsep dasar media pembelajaran yang dikembangkan, alat dan bahan yang dibutuhkan beserta fotonya jika sudah ada, langkah-langkah pembuatan media beserta fotonya jika sudah ada, jika belum sebutkan saja langkah-langkahnya)
- Langkah pembelajaran dalam penggunaan media pembelajaran (pembuka, inti, penutup)
- BAB II MEDIA PEMBELAJARAN 1 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
Berisi: sama dg BAB I
- BAB III MEDIA PEMBELAJARAN 2 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
Berisi: sama dg BAB I, dst menyesuaikan dg yang bagian atas
- BAB IV MEDIA PEMBELAJARAN 3 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
- BAB V MEDIA PEMBELAJARAN 4 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
- BAB VI MEDIA PEMBELAJARAN 5 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
- BAB VII MEDIA PEMBELAJARAN 6 (SEBUTKAN NAMA MEDIANYA)
- PENUTUP (Kesimpulan dan Saran)
- DAFTAR PUSTAKA (jika mengambil data dari buku, internet, atau sumber lainnya)
silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 11: Memproduksi Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-9. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-9 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-9 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 11, (ii) Tujuan Pembelajaran 9, (iv) Materi Pembelajaran 9 (PDF dan Video Pembelajaran), (v) Forum Diskusi 9. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-9 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-9 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, berikut ini contoh media pembelajaran berbentuk video untuk kelas 5 SD tentang kegiatan ekonomi.
Berikut ini contoh media pembelajaran lainnya
Silahkan perwakilan kelompok untuk mengupload tugas rangkuman hasil diskusi pada forum ini, namun sebelumnya sebutkan kelompok dan nama-nama anggota kelompok beserta NPM nya.
Jika sudah mengupload tugas, dipersilahkan untuk membuat atau memproduksi media sesuai dengan yang sudah direncanakan.
Silahkan laporkan progress pembuatan media pada forum diskusi pada topik 10, 11, dan 12.
Hasil produksi media pembelajaran yang sudah dibuat, diupload di youtube paling lambat pada tanggal 4 Januari 2020 Tiap mahasiswa.
Selamat berkreasi dan berinovasi. Salam hangat dan tetap semangat!!
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 12: Memproduksi Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-10. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-9 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-10 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 12, (ii) Tujuan Pembelajaran 10, (iv) Materi Pembelajaran 10 (PDF dan Video Pembelajaran), (v) Forum Diskusi 10. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-10 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-10 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, berikut ini contoh media pembelajaran berbentuk video untuk kelas 5 SD tentang kegiatan ekonomi.
Berikut ini contoh media pembelajaran lainnya
- Silahkan laporkan progress pembuatan media pada forum diskusi ini yang dilakukan oleh semua mahasiswa.
- Sebelum melaporkan progress pembuatan media, pastikan sebutkan nama, npm, kelompok, serta sebutkan pula penjelasan media seperti, kelas, tema, subtema, dan nama medianya.
- Upload 1 foto sebagai bukti progress pembuatan media
- Hasil produksi media pembelajaran yang sudah dibuat, diupload di youtube paling lambat pada tanggal 4 Januari 2020 Tiap mahasiswa.
- Selamat berkreasi dan berinovasi. Salam hangat dan tetap semangat!!
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Tugas: Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif
Deskripsi Tugas: Buatlah sebuah video pembelajaran yang memanfaatkan media interaktif atau media lainnya yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Video ini bertujuan untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan cara yang menarik dan efektif.
Tujuan:
- Mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam merancang dan memproduksi media pembelajaran interaktif.
- Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan.
- Mengaplikasikan teori pembelajaran yang telah dipelajari ke dalam praktik nyata.
Instruksi Tugas:
Pilih Materi Pelajaran: Pilih salah satu topik pembelajaran untuk siswa sekolah dasar (misalnya, Matematika, Sains, Bahasa Indonesia, atau Sejarah).
Rancang Media Interaktif: Buatlah sebuah rencana media interaktif atau media pembelajaran lainnya yang akan digunakan dalam video. Media ini dapat berupa:
- Presentasi interaktif (misalnya, menggunakan PowerPoint dengan fitur interaktif)
- Animasi
- Video interaktif
- Aplikasi pembelajaran
- Permainan edukatif
- dan lain sebagainya.
Produksi Video:
- Durasi video antara 5-10 menit.
- Video harus mencakup penjelasan materi, demonstrasi penggunaan media interaktif, dan cara media tersebut dapat membantu proses pembelajaran.
- Pastikan video memiliki kualitas audio dan visual yang baik.
Sertakan Narasi: Berikan penjelasan yang jelas dan detail dalam video, baik secara lisan maupun melalui teks yang ditampilkan di layar.
Uji Coba: Uji media interaktif Anda pada teman sekelas atau lingkungan sekitarnya untuk mendapatkan umpan balik dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
Unggah Video: Unggah video Anda ke Google Drive, dan pastikan akses dapat diberikan kepada dosen, lalu link dari video tersebut dikumpulkan pada forum vclass ini.
1. Kreativitas dan inovasi dalam penggunaan media interaktif.
2. Kualitas konten pembelajaran.
3. Kualitas produksi video (audio, visual, editing).
4. Kejelasan dan keterpahaman penjelasan materi.
5. Keseluruhan presentasi dan profesionalisme.
Batas Waktu Pengumpulan Video dan laporan harus diunggah dan dikumpulkan paling lambat pada tanggal 20 Mei 2024..
Dengan tugas ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa di sekolah dasar.
Terimakasih & semangat selalu rekan-rekan mahasiswa.
PERTEMUAN 13: Memproduksi Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-11. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-11 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-11 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 13, (ii) Tujuan Pembelajaran 11, (iii) Materi Pembelajaran 11 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 11. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-10 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-11 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, berikut ini contoh media pembelajaran berbentuk video untuk kelas 5 SD tentang kegiatan ekonomi.
Berikut ini contoh media pembelajaran lainnya
- Silahkan laporkan progress pembuatan media pada forum diskusi ini yang dilakukan oleh semua mahasiswa.
- Sebelum melaporkan progress pembuatan media, pastikan sebutkan nama, npm, kelompok, serta sebutkan pula penjelasan media seperti, kelas, tema, subtema, dan nama medianya.
- Upload 1 foto sebagai bukti progress pembuatan media
- Hasil produksi media pembelajaran yang sudah dibuat, diupload di youtube paling lambat pada tanggal 4 Januari 2020 Tiap mahasiswa.
- Selamat berkreasi dan berinovasi. Salam hangat dan tetap semangat!!
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 14: Memproduksi Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-12. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-12 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-12 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 14, (ii) Tujuan Pembelajaran 12, (iii) Materi Pembelajaran 12 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Forum Diskusi 12. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-12 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-12 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
-
Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar.
-
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, berikut ini contoh media pembelajaran berbentuk video untuk kelas 5 SD tentang kegiatan ekonomi.
Berikut ini contoh media pembelajaran lainnya
- Silahkan laporkan progress pembuatan media pada forum diskusi ini yang dilakukan oleh semua mahasiswa.
- Sebelum melaporkan progress pembuatan media, pastikan sebutkan nama, npm, kelompok, serta sebutkan pula penjelasan media seperti, kelas, tema, subtema, dan nama medianya.
- Upload 1 foto sebagai bukti progress pembuatan media
- Hasil produksi media pembelajaran yang sudah dibuat, diupload di youtube paling lambat pada tanggal 4 Januari 2020 Tiap mahasiswa.
- Selamat berkreasi dan berinovasi. Salam hangat dan tetap semangat!!
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 15: Memproduksi Media dan Sumber Belajar yang Inovatif dan Relevan di SD
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat SiangRekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD pada Topik Ke-13. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Topik Ke-13 ini dapat tercapai dengan baik.Topik Ke-13 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Absensi 15, (ii) Tujuan Pembelajaran 13, (iii) Materi Pembelajaran 13 (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Tugas Individu. Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Topik Ke-13 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal.Selamat mengikuti Topik Ke-13 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD dengan penuh semangat, bahagia, dan dahului pertemuan ini dengan berdoa agar setiap langkah Anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. Aamiin... Selamat berjuang rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan!silahkan kumpulkan tugas dalam bentuk Gdrive, terimakasih.
Adapun tujuan pada topik pertemuan hari ini yaitu agar mahasiswa dapat:
Memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk siswa sekolah dasar.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, berikut ini contoh media pembelajaran berbentuk video untuk kelas 5 SD tentang kegiatan ekonomi.
Berikut ini contoh media pembelajaran lainnya
- Hasil produksi media pembelajaran yang sudah dibuat, diupload di youtube paling lambat pada tanggal 4 Januari 2020, pukul 17.00 yang dilakukan oleh tiap mahasiswa dan kirimkan link web youtube dengan me-reply tugas ini. Terimakasih.
Demikian perkuliahan pada topik hari ini, semoga rekan-rekan mahasiswa dapat memahami materi yang telah ditampilkan pada hari ini dengan baik. Jangan lupa pelajari seluruh materi pada topik 1-7 sebagai bahan belajar unutk UAS pada pertemuan selanjutnya. Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERTEMUAN 16: UJIAN AKHIR SEMESTER
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di kelas virtual mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD. Semoga rekan-rekan sekalian dalam keadaan baik dan siap mengikuti UAS pada hari ini dengan baik dan semangat sehingga hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan harapan kalian. Sebelum memulai UAS, silahkan berdoa terlebih dahulu dan isi daftar hadir. Selamat berjuang!!