Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Analisis jurnal 2
"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"
Dalam jurnal membahas tentang hubungan antara pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan perilaku moral (moral action) siswa, dengan fokus pada pengaruh pendidikan orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa memiliki dampak pada perilaku moral mereka, dan pendidikan orang tua berperan penting dalam memengaruhi kedua aspek tersebut.
Pentingnya pendidikan orang tua sebagai faktor pengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku moral siswa menjadi sorotan utama dalam jurnal ini. Pendidikan moral yang diterapkan oleh orang tua di rumah diyakini berdampak positif pada pengetahuan moral siswa, yang selanjutnya memengaruhi tindakan moral mereka. Hasil analisis ini memberikan dukungan bagi konsep bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan yang diterapkan oleh orang tua dapat membentuk dasar moral siswa di tingkat SMP. Rekomendasi yang diajukan pada akhirnya dapat memberikan panduan bagi pendekatan pendidikan moral, khususnya melibatkan peran orang tua, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku moral siswa di tingkat pendidikan tersebut.
NPM : 2213053140
Analisis jurnal 2
"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"
Dalam jurnal membahas tentang hubungan antara pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan perilaku moral (moral action) siswa, dengan fokus pada pengaruh pendidikan orang tua. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa memiliki dampak pada perilaku moral mereka, dan pendidikan orang tua berperan penting dalam memengaruhi kedua aspek tersebut.
Pentingnya pendidikan orang tua sebagai faktor pengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku moral siswa menjadi sorotan utama dalam jurnal ini. Pendidikan moral yang diterapkan oleh orang tua di rumah diyakini berdampak positif pada pengetahuan moral siswa, yang selanjutnya memengaruhi tindakan moral mereka. Hasil analisis ini memberikan dukungan bagi konsep bahwa lingkungan keluarga dan pendidikan yang diterapkan oleh orang tua dapat membentuk dasar moral siswa di tingkat SMP. Rekomendasi yang diajukan pada akhirnya dapat memberikan panduan bagi pendekatan pendidikan moral, khususnya melibatkan peran orang tua, untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku moral siswa di tingkat pendidikan tersebut.