Posts made by Ninda Putriayu 2213053136

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Mery

Pendidik dapat memastikan bahwa penggunaan media digital tidak mengalihkan fokus peserta didik dari pemahaman materi bahasa dan sastra dengan menyusun kegiatan pembelajaran yang terarah dan berpusat pada tujuan pembelajaran. Langkah pertama adalah memilih media digital yang sesuai dengan topik dan keterampilan yang ingin dicapai, misalnya aplikasi interaktif untuk analisis teks atau video yang mendukung interpretasi sastra. Pendidik juga perlu memberikan panduan penggunaan media secara jelas dan menetapkan waktu yang terbatas agar peserta didik tidak terdistraksi. Selain itu, penting untuk membiasakan peserta didik melakukan refleksi atau diskusi setelah menggunakan media digital guna memastikan bahwa mereka benar-benar memahami dan dapat menghubungkan konten digital dengan materi yang diajarkan. Integrasi aktivitas analisis dan tanya jawab berbasis teks juga dapat membantu peserta didik mempertahankan fokus pada pemahaman materi inti, alih-alih hanya terpesona oleh aspek visual atau teknologi dari media tersebut.
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ratih

Prinsip keterhubungan dengan pengalaman nyata dalam pemilihan media pembelajaran sangat penting untuk siswa sekolah dasar karena pada usia ini mereka masih berada dalam tahap operasional konkret, artinya mereka lebih mudah memahami hal-hal yang bisa mereka lihat, sentuh, atau alami langsung daripada konsep yang abstrak.

Menggunakan media konkret atau visual membantu siswa SD memahami materi abstrak dengan cara sebagai berikut:
1. Media konkret seperti balok atau kancing membantu siswa memahami operasi dasar, misalnya, konsep pembagian dijelaskan dengan membagi kelereng.
2. Keterhubungan dengan pengalaman sehari-hari membuat materi lebih akrab; misalnya, siklus air dijelaskan dengan gambar atau model penguapan.
3. Media visual seperti video atau animasi menjadikan pembelajaran lebih menarik, misalnya, animasi tata surya untuk memahami rotasi planet.
4. Alat bantu visual menyederhanakan konsep sulit, seperti gelas ukur untuk volume atau kertas potongan untuk pecahan.