1. Pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 13 yaitu pendekatan saintifik (scientific approach), yang merupakan model pembelajaran yang menggunakan prinsip-prinsip saintifik, meliputi rangkaian kegiatan pengumpulan data melalui observasi, pertanyaan, eksperimen, pengolahan informasi atau data, dan komunikasi.
2. Metode yang digunakan dalam Kurikulum 13 adalah :
A. Metode Inquiry
Metode inquiri adalah metode pembelajaran dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan dalam memecahkan masalah. Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan mengembangkan cara befikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri dan berusaha mengembangkan kreatifitas dalam pengembagnaan masalah yang dihadapinya sendiri.
B. Metode Mind Mapping
Pada metode ini, guru memberikan permasalahan kepada siswa. Kemudian siswa membuat peta konsepnya dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.
C. Metode Numbered Heads Together
Metode ini terdiri dari tugas diberi nomor. Tujuan dari metode ini adalah agar dipelajari oleh siswa yang mendapatkan nomor tersebut dalam kelompok yang berbeda. Setelah itu masing-masing siswa pemegang nomor akan berbagi dengan anggota kelompok serta kelompok lainnya.
D. Sintaks Model Project Based Learning (PJBL)
Model Project-based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah. Dilakukan secara berkelompok ataupun mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu. untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.
2. Metode yang digunakan dalam Kurikulum 13 adalah :
A. Metode Inquiry
Metode inquiri adalah metode pembelajaran dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan dalam memecahkan masalah. Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan mengembangkan cara befikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri dan berusaha mengembangkan kreatifitas dalam pengembagnaan masalah yang dihadapinya sendiri.
B. Metode Mind Mapping
Pada metode ini, guru memberikan permasalahan kepada siswa. Kemudian siswa membuat peta konsepnya dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.
C. Metode Numbered Heads Together
Metode ini terdiri dari tugas diberi nomor. Tujuan dari metode ini adalah agar dipelajari oleh siswa yang mendapatkan nomor tersebut dalam kelompok yang berbeda. Setelah itu masing-masing siswa pemegang nomor akan berbagi dengan anggota kelompok serta kelompok lainnya.
D. Sintaks Model Project Based Learning (PJBL)
Model Project-based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah. Dilakukan secara berkelompok ataupun mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu. untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.