Posts made by 1914121022 Muhammad Wahyudi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya Muhammad Wahyudi 1914121022, izin mengirimkan tugas kuliah bu.

1. Product
Product merupakan barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan atau konsumen. Produk barang atau jasa yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan pasar atau kebutuhan konsumen sehingga nilai penjualan dan pendapatan semakin meningkat.

2. Price
Price merupakan harga yang ditentukan setelah menentukan produk. Penentuan harga tersebut berdasarkan pada kualitas barang, kerumitan proses produksi dan kelas sosial dari pasar yang dituju.

3. Promotion
Promotion merupakan tahapan pemasaran yang dilakukan agar barang atau jasa yang kita tawarkan diketahui dan diminati. Seorang pengusaha harus menentukan atau mengetahui target pasar yang dituju untuk menentukan promosi. Promosi ditentukan dari kepribadian, segi usaha dan kelas sosial.

4. Place
Place merupakan tahapan untuk mencari tempat yang akan dituju atau digunakan untuk berbelanja dalam pasar sasaran. Tempat tersebut tidak hanya bangunan fisik, melainkan dapat berupa media sosial atau digital lain. Tempat yang kita cari harus strategis sehingga konsumen dapat mengetahui letak dimana barang atau jasa tersebut kita tawarkan.
Nama : Muhammad Wahyudi
NPM : 1914121022
Tugas Kewirausahaan


Sifat-sifat penjual yang disenangi pembeli

1. Jujur dalam informasi
Maksudnya jujur dalam memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang kita tawarkan, tidak dilebih-lebihkan sehingga antara informasi yang kita berikan dengan barang atau jasa yang kita tawarkan tidak ada perbedaan dengan kata lain sesuai dengan apa yang kita sampaikan.

2. Pengetahuan yang baik tentang barang
Maksudnya pembeli harus mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan, bagaimana penjual dapat mempengaruhi pembeli jika barang atau jasa yang ditawarkan saja tidak memahaminya. Sehingga pengetahuan akan barang atau jasa yang kita tawarkan merupakan salah satu aspek yang penting dan harus dipahami oleh penjual untuk dijelaskan kepada pembeli.

3. Tahu kebutuhan konsumen
Penjual yang bijak adalah penjual yang mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar yang ditargetkan. Sehingga capaian yang akan kita targetkan akan tercapai. Kebutuhan konsumen dapat diketahui dari perkembangan zaman. Kebutuhan konsumen yang semakin banyak dan beragam membuat peluang usaha baru yang dapat dijalankan oleh pelaku usaha dalam hal ini penjual barang atau jasa.

4. Pribadi yang menarik
Kepribadian yang menarik merupakan salah satu aspek yang ditonjolkan dalam penjualan barang atau jasa. Jika penampilan penjual terlihat rapi dan bersih maka akan menjadi point lebih kepada pembeli. Kepribadian yang menarik lainnya misalnya murah senyum dan mudah bergaul sehingga penjual akan merasa santai dalam artian penjual dan pembeli dapat bersahabat sehingga kegiatan penjualan dapat terjalin berkelanjutan. Berbeda dengan penjual yang berpakaian kurang rapi, tidak mudah bergaul dan tidak murah senyum, maka pembeli akan merasa enggan untuk membeli barang atau jasanya.