Diminta kepada setiap mahasiswa untuk mengupload pembagian KD yang diperoleh di forum ini
PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
1) Rizky Isnani (1913022018)
2) Rizqi Marya Ulfah (1913022024)
3) M. Bachri Maulana (1913022026)
4) Zulfani Nadia Agustina (1913022036)
5) Rika Fitriyani (1913022038)
6) Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044)
7) Sofia Nurulita Hardini (1913022054)
Izin menyampaikan bahwa kami mendapatkan mata pelajaran Fisika pada tingkatan Kelas XII. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018, jumlah Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Fisika Kelas XII adalah 11 KD dengan 8 KD termasuk level kognitif HOTS (High Order Thinking Skill) dan 3 KD termasuk level kognitif LOTS (Lower Order Thinking Skill). Berikut ini adalah tabel penggolongan Kompetensi Dasar berdasarkan level kognitifnya.

Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Rizky Isnani 1913022018
Baik terimakasih Galuh. Berdasarkan pembagian tugas, saya mendapat Kompetensi dasar 3.1 dan 3.2, yaitu sebagai berikut :
3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus.
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
izin menyampaikan bahwa saya mendapat pembagian KD 3.3 dan 3.4 dengan uraian sebagai berikut:
3.3 Menganalisis medan magnetik, induksi magnetik, dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
3.4 Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, saya mendapatkan KD 3.5 dan 3.6 sebagai berikut :
3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
3.6 Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Zulfani Nadia Agustina (1913022036).
Pada kelas 12 ini saya mendapatkan 2 KD sebagai berikut.
3.3 Menganalisis medan magnetik, induksi magnetik, dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
3.7 Menjelaskan fenomena perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dengan energi dalam teori relativitas khusus
Berdasarkan hasil analisis pada taksonomi Bloom, KD 3.3 termasuk KKO level C4 dengan menggunakan kata menganalisis. Sedangkan untuk KD 3.7 itu termasuk KKO level C2 dengan menggunakan kata menjelaskan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa saya mendapatkan dua KD dengan level kognitifnya LOTS (KD 3.7) dan HOTS (KD 3.3).
Terima kasih.
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Saya mendapat bagian KD 3.9 dan 3.10 yaitu sebagai berikut:
3.9 Menjelaskan konsep penyimpanan dan transmisi data dalam bentuk analog dan digital serta penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari
3.10 Menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044)
Izin menyampaikan Kompetensi Dasar bagian saya.
Saya mendapatkan KD nomor 3.1 dan 3.11 dengan deskripsi masing-masing Kompetensi Dasar sebagai berikut
3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
3.11 Menganalisis keterbatasan sumber energi dan dampaknya bagi kehidupan
Berdasarkan pada kedua KD tersebut, menggunakan KKO Menganalisis, sehingga kedua KD tersebut termasuk ranah kognitif C4 dan termasuk level kognitif HOTS.
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Baik terima kasih Galuh. Izin menjawab, berdasarkan pembagian tugas, saya mendapatkan Kompetensi Dasar (KD) 3.2 dan 3.8 yaitu sebagai berikut
3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
3.8 Menjelaskan secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup sifat radiasi benda hitam, efek fotolistrik, efek Compton, dan sinar X dalam kehidupan sehari hari
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Mohon maaf mengganggu waktunya, Bapak dan Ibu. Izin menyampaikan, bahwa kami dari Kelompok 2 yang beranggotakan:
- Ina Fitriyani (1913022001)
- Meli Kurnia Wati (1913022003)
- Daniel Riyan Martua Lubis (1913022015)
- Anisa Pramita (1913022016)
- Mitha Nur Cahyani (1913022032)
- Amril Hakim (1913022033)
- Alya Rizki Mustopa (1913022046)
- Finka Natasya Nur Ashifa (1913022052)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Terimakasih Pramita, jadi saya mendapatkan pembagian KD yaitu
KD 3.1 (LOTS)
KD 3.8 (HOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, saya mendapatkan pembagian KD 3.7 dan 3.9 :
KD 3.7 (HOTS) : Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika
KD 3.9 (HOTS) : Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, bahwa saya mendapatkan pembagian KD 3.6 dan 3.12 dengan rincian sebagai berikut.
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Terima kasih, Anisa. Izin menyampaikan, bahwa saya mendapatkan pembagian KD 3.5 dan KD 3.10 dengan rincian sebagai berikut.
KD 3.5 (HOTS)
Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari
KD 3.10 (LOTS)
Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Terimakasih Pramita, jadi saya mendapatkan pembagian KD yaitu :
3.4 (LOST)
Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
3.7 (HOST)
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, saya mendapatkan pembagian KD 3.2 dan dan 3.11 :
KD 3.2 (HOTS) Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
KD 3.11 (HOTS) Menganalisis cara kerja alat optik umenggunakan sifat pemantulan ndan pembiasan cahaya oleh ncermin dan lensa
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Izin menyampaikan bahwasanya kami dari Kelompok 1 yang beranggotakan:
1) Revina Rosa (1913022028)
2) Egi Dia Ekayani (1913022002)
3) Anis Tasyani (1913022008)
4) Syahnaz Gustianne Dwinda (1913022049)
5) Luqman Hakim (1913022037)
6) Intan Khasana (1913022010)
7) Cindy May (1913022056)
Kami mendapatkan mata pelajaran Fisika pada tingkatan Kelas X. Adapun pembagian Kompetensi Dasar akan disampaikan oleh setiap anggota kelompok dengan masing-masing KD yang menjadi tugasnya. Silahkan kepada teman-teman untuk menyampaikan Kompetensi Dasar masing-masing
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, saya mendapat pembagian KD sebagai berikut.
KD 3.3 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan) (LOTS)
KD 3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas (HOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan Bapak dan Ibu, bahwasannya saya mendapatkan pembagian KD 3.2 dan KD 3.8, dengan rincian sebagai berikut:
KD 3.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian dan angka penting, serta notasi ilmiah. (LOTS)
KD 3.8 Menganalisis keteraturan gerak planet dan satelit dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton. (HOTS)
Terimakasih
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
KD 3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium (LOTS)
KD 3.7 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (HOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, saya mendapat pembagian KD yaitu sebagai berikut.
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian dan angka penting, serta notasi ilmiah (LOTS)
3.6 Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (HOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan pembagian KD yang saya dapatkan yaitu sebagai berikut.
3.10 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari (LOTS)
3.11 Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari (HOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan, bahwa saya mendapatkan pembagian KD 3.3 dan KD 3.11 pada SMA Kelas X dengan rincian sebagai berikut.
- 3.3 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan) --> termasuk ke dalam LOTS
- 3.11 Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari --> termasuk ke dalam HOTS
Terima kasih.
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
NPM : 1913022037
Izin menginformasikan bahwasannya saya mendapatkan KD sebagai berikut.
KD 3.9 Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari (HOTS).
KD 3.10 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari (LOTS).
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
Izin menyampaikan pembagian KD yang saya dapatkan yaitu sebagai berikut :
3.1 Menjelasakan Hakikat Ilmu Fisika dan Peranannya dalam kehidupan, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium (LOTS).
3.5 Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vector, berikut makna fisisnya dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari (HOTS).
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
NPM : 1913022003
Izin menyampaikan, bahwa saya mendapatkan KD 3.2 dan 3.3 pada kelas XI, dengan uraian sebagai berikut.
3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari (HOTS)
3.3 Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari (LOTS)
Re: PEMBAGIAN KOMPTENSI DASAR FISIKA SMA/MA UNTUK SETIAP KELOMPOK
NPM : 1913022001
Izin menginformasikan bahwasannya saya mendapatkan KD sebagai berikut.
KD 3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari (HOTS).
3.8 Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik (HOTS)