Silahkan diskusikan materi perkuliahan hari ini bersama dengan teman sekelas.
Untuk kelompok yang bertugas hari ini silahkan rekam presentasi melalui Gmeet, kemudian share link hasil rekaman/ upload disini.
Npm : 1913053114
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ari Puspita yaitu pendekatan dan metode pembelajaran bahasa seperti apa yang cocok jika di terapkan di kelas rendah Yang pertama yaitu pendekatan, menurut pendapat kelompok kami pendekatan pembelajaran bahasa yang cocok diterapkan di kelas rendah Pendekatan struktural merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran bahasa yang dilandasi oleh asumsi bahwa bahasa sebagai seperangkat kaidah, norma, dan aturan. Atas dasar anggapan tersebut, timbul pemikiran bahwa pembelajaran bahasa harus mengutamakan penguasaan kaidah-kaidah bahasa atau tata bahasa. Oleh sebab itu, pembelajaran bahasa perlu dititikberatkan pada pengetahuan tentang struktur bahasa yang terdiri atas: fonologi, morfologi, dan sintaksis. Dalam hal ini, pengetahuan tentang pola-pola kalimat, pola kata, dan suku kata menjadi sangat penting. Jelas bahwa aspek kognitif bahasa lebih diutamakan daripada aspek afektif dan aspek psikomotor. Dengan pendekatan struktural, siswa akan menjadi cermat dalam menyusun kalimat karena mereka memahami kaidah-kaidahnya. Dan bisa juga dipadukan dengan Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning atau CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Mereka sadar bahwa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya nanti. Dengan begitu mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang memerlukan suatu bekal untuk hidupnya nanti.
Misalnya, mereka mungkin tidak akan membuat kesalahan seperti di bawah ini.
a. "Bajunya anak itu baru". Kata yang benar " Baju anak itu baru"
b. "Anak-anak itu lari-lari di halaman". Kaylta yang benar anak-anak itu berlari di halaman.
Yang selanjutnya adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran bahasa yang cocok untuk diterapkan pada kelas rendah yaitu Metode tanya jawab, Metode diskusi, Metode kerja kelompok, Metode demonstrasi dan eksperimen.
-Metode tanya jawab merupakan metode mengajar dimana guru menanyakan hal-hal yang sifatnya faktual. -Metode diskusi, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya menggunakan informasi yang telah dipelajari untuk memecahkan suatu masalah.
-Metode kerja kelompok, dengan metode ini siswa dalam suatu kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi atas kelompok-kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
-Metode demonstrasi dan eksperimen, dengan demonstrasi guru atau narasumber atau siswa mengadakan suatu percobaan.
Sebagai contoh pada kelas rendah siswa pada umumnya masih diajarkan abjad yaitu berupa huruf vokal dan konsonan, mereka harus diajarkan bagaimana lambang bunyi huruf vokal dan konsonan, dan mereka juga harus diajarkan dan menguasai bagaimana cara melafalkan bunyi vokal dan konsonan, hal ini guru bisa menggunakan Metode demonstrasi dan eksperimen dengan membuat media pembelajaran berupa papah huruf vokal dan konsonan yang terbuat dari sterofom, kertas origami, lidi gambar benda di sekitar, dan lem, tujuan lain dalam penggunaan media pembelajaran ini adalah agar siswa dapat belajar mengejah dan dengan demikian pembelajaran akan lebih menarik. bisa juga kita sebagai guru kelas mengajak siswa untuk membuat media tersebut bersama-sama, namun karena keterbatasan waktu dalam mengajar biasanya guru telah membuat media pembelajaran dari rumah, kemudian di sekolah langsung ketahap pengaplikasian media pembelajaran tersebut. Sekian yang bisa saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf, terimakasih