Pemberolehan bahasa ada dua, yaitu pemerolehan bahasa pertama dan bahasa kedua. Dalam proses pembelajaran mana yang sering digunakan oleh anak? berikan pendapatmu
Npm: 1953053001
Izin menjawab bu, pemerolehan bahasa bersamaan dengan proses yang digunakan oleh anak-anak dalam pemerolehan bahasa pertama dan pemerolehan bahasa kedua. Pemerolehan bahasa menuntut interaksi yang berarti dalam bahasa sasaran yang merupakan wadah para pembicara memperhatikan bukan bentuk ucapan-ucapan mereka tetapi pesan-pesan yang mereka sampaikan dan mereka pahami. Sehingga menurut saya dalam proses pembelajaran bahasa anak lebih sering menggunakan pemerolehan bahasa pertama
NPM: 1913053073
Absen: 6
Izin berpendapat Bu, menurut saya dalam proses pembelajaran pemerolehan bahasa kedualah yang paling sering digunakan oleh anak. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan secara proses, bahasa pertama merupakan pemerolehan dari lingkungan sekitar yang kemudian dapat menjadi identitas sosial atau dalam hal ini adalah bahasa ibu yang anak perolehan dari interaksi keluarga atau masyarakat dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sengaja dan tidak sadar. Sedangkan konteks dari pemerolehan bahasa kedua dapat diartikan juga sebagai pembelajaran yang bersifat sengaja dan dengan kesadaran dalam situasi formal yakni didalam kelas. Pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua ini dilaksanakan dengan materi, startegi, serta metode yang diperlukan guna pencapaian tujuan yang dikehendaki. Terimakasih Ibu, mohon maaf jika terdapat kesalahan.
Npm : 1913053107
No. Absen : 2
Izin menjawab
Menurut saya dalam proses pembelajaran pemerolehan bahasa yang sering digunakan oleh anak yaitu pemerolehan bahasa kedua.
NPM : 1913053119
Izin menjawab bu.
Pemerolehan bahasa pertama karena sejak dini bayi telah berinteraksi di dalam lingkungan sosialnya. Seorang ibu sering memberikan kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam berkomunikasi sosial dengannya. Ketika itulah, bayi pertama kali mengenal sosialisasi bahwa dunia ini adalah tempat orang saling berbagi rasa.
Melalui bahasa, khusus bahasa pertama (B1), seorang anak belajar untuk menjadi anggota masyarakat. B1 menjadi salah satu sarana untuk mengungkapkan perasaan, keinginan, dan pendirian, dalam bentuk-bentuk bahasa yang dianggap representatif. Secara tidak sadar, ia belajar pula bahwa ada bentuk-bentuk yang dapat diterima anggota masyarakatnya dan adapula bentuk-bentuk yang tidak dapat diterima anggota masyarakatnya. Lewat pengalaman trial and error, ia dapat memilih dan menentukan mana yang layak pakai dan mana yang tidak layak pakai ketika mengekspresikan gagasan, perasaan, keinginan, dan pendiriannya.
NPm :1913053001
No. Absen :03
Izin menjawab, dalam proses pemorelahan bahasa yang pertama anak gunakan dan sering digunakan adalah pemetolehan bahasa pertama karena pemerolehan bahasa adalah proses yang berlangsung terhadap anak-anak yang belajar menguasai bahasa pertama atau
bahasa ibu sedangkan pembelajaran bahasa berkenaan dengan pemerolehan bahasa kedua, dimana bahasa diajarkan secara formal kepada anak. Pemerolehan bahasa pertama erat sekali kaitannya dengan perkembangan sosial anak dan karenanya juga erat hubungannya dengan pembentukan identitas sosial. Mempelajari bahasa pertama merupakan salah satu perkembangan menyeluruh anak menjadi anggota penuh suatu masyarakat. Bahasa memudahkan anak mengekspresikan gagasan, kemauannya dengan cara yang benar-benar dapat diterima secara sosial.
NPM : 1913053106
Izin menjawab pertanyaan, Menurut saya dalam proses pembelajaran yang sering digunakan oleh anak adalah bahasa kedua. Karena bahasa kedua merupakan bahasa yang belajar akibat dari proses interaksi dengan lingkungan lain yang tidak termasuk ke lingkungan pertama anak.
npm : 1913053109
izin menyampaikan pendapat ibu, berdasarkan sumber yang saya dapatkan Penguasaan sebuah bahasa oleh seorang anak dimulai dengan perolehan bahasa pertama yang sering kali disebut bahasa ibu (B1). Pemerolehan bahasa merupakan sebuah proses yang sangat panjang sejak anak belum mengenal sebuah bahasa sampai fasih berbahasa. Setelah bahasa ibu diperoleh maka pada usia tertentu anak lain atau bahasa kedua (B2) yang ia kenalnya sebagai khazanah pengetahuan yang baru.
menurut saya dalam proses pembelajaran baik bahasa pertama (B1) maupun bahasa kedua (B2) sama-sama sering digunakan karena Berdasarkan urutannya, bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh anak setelah mereka memperoleh bahasa lain. Bahasa yang diperoleh itu disebut sebagai B2 jika bahasa yang diperoleh lebih dulu itu telah dikuasai dengan relatif sempurna. Jika penguasaannya belum sempurna, bahasa yang diperoleh kemudian pun disebut B1.
Npm : 1913053080
Izin menjawab bu dari peetanyaan ibu, dalam proses pembelajaran anak lebih menggunakan bahasa kedua atau B2 karena yang kita tahu bahwa dalam pemerolehan bahasa ada dua yaitu bahasa pertama BI dan bahasa kedua B2. Untuk bahasa pertama lebih kebahasa yang dibawa sejak lahir namun tidak diterapkan ketika anak-anak beranjak dewasa. Sedangkan bahasa kedua B2 Pembahasan mengenai bahasa kedua (B2) tidak terlepas dari pembahasan mengenai bahasa pertama (B1). Bahasa kedua diperoleh setelah penguasaan bahasa pertama. Pemerolehan bahasa kedua berbeda dengan pemerolehan bahasa pertama. Perbedaan ini terletak dari proses pemerolehannya. Penguasaan B1 melalui proses pemerolehan sedangkan penguasaan B2 melalui proses pembelajaran. Pembelajaran B2 dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun informal hanya dengan cara sengaja dan sadar. Hal ini berbeda dengan pemerolehan bahasa pertama yang sifatnya alamiah serta dengan cara tidak sengaja dan tidak sadar.
Nama : Devi Kusuma Wati
NPM : 1913053099
Absen : 7
Izin menanggapi pertanyaan dari Ibu..
Menurut saya salah satu perbedaan antara pemerolehan bahasa pertama dan bahasa kedua ialah bahwa pemerolehan bahasa pertama merupakan komponen yang hakiki dari perkembangan kognitif dan sosial seorang anak, sedangkan pemerolehan bahasa kedua terjadi sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak sudah selesai.
Jadi saya simpulkan bahwa dalam proses pemerolehan bahasa pada anak lebih banyak didapatkan dari bahasa pertama anak.
Karena Pemerolehan bahasa pertama erat sekali kaitannya dengan perkembangan sosial anak dan karenanya juga erat hubungannya dengan pembentukan identitas sosial. Mempelajari bahasa pertama merupakan salah satu perkembangan menyeluruh anak menjadi anggota penuh suatu masyarakat.
Terima Kasih.
Npm: 1913053128
Izin berpendapat ibu menurut saya proses pembelajaran anak berawal dari lingkungan sosial anak. Terutama di lingkungan keluarga yang dikhususkan ibu Sejak dini bayi telah berinteraksi di dalam lingkungan sosialnya. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Kala itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi, bahwa dunia ini adalah tempat orang saling berbagi rasa. Mempelajari bahasa pertama merupakan salah satu perkembangan menyeluruh anak menjadi anggota penuh suatu masyarakat. Jadi pendapat saya yang sering digunakan anam yaitu pemberolehan bahasa pertama
NPM : 1913053062
No Absen : 18
Menurut saya dalam pembelajaran memperoleh bahasa yang digunakan adalah pemerolehan bahasa pertama karena pemerolehan bahasa pertama adalah pemerolehan bahasa yang merupakan proses yang bersamaan dengan cara anak-anak mengembangkan kemampuan dalam bahasa pertama mereka. Hasil atau akibat pemerolehan bahasa tersebut, kompetensi yang diperoleh dari otak bawah sadar anak lebih mudah difahami dan di menegerti serta dikembangkan dengan cara-cara memberikan pemerolehan bahasa yaitu belajar implisit, belajar informal dan alamiah. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung proses pemerolehan bahasa dapat terimplementasi dengan efektif dan efisien.
Npm : 1913053078
No absen : 27
Izin menjawab ibu, menurutnya saya yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah pemerolehan bahasa kedua. Mengapa demikian? Karena bahasa kedua adalah bahasa yang digunakan setelah anak menguasai bahasa pertamannya. Bahasa kedua ini juga bisa di bilang dengan bahasa asing yang belum pernah anak ketahui. Ibu bisa mengajarkan bahasa kedua yang dimana anak bisa menguasainya sejak usia dini, seperti bahasa Jawa, Sunda, dan juga bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : helvara Oktariyani
Npm : 1913053114
Absen : 14
Kelompok : 3
izin menjawab pertanyaan dari pertama ibu, B1 atau bahasa kali yang diperoleh seorang anak, yaitu bahasa yang didengarkan langsung dari sang ibu sewaktu anak itu lahir ke dunia ini. Kemudian seiring berjalannya waktu dan seiring dengan pertumbuhan anak maka ia akan memperoleh bahasa selain bahasa yang diajarkan baik bahasa kedua
Dan menurut pendapat saya bahasa yang akan sering digunakan oleh seorang anak adalah ketika anak tersebut masih kecil, yang dimana dijelaskan oleh ibu ketika di vorum google meet tadi bahwasanya bahasa yang diajarkan oleh orang tua ketika masih kecil mulai dari usia 0-3 th belajar bahasa asing. Ia harus menyesuaikan diri dengan segala bunyi-bunyian bahasa dari lingkungan di sekitarnya dan kemudian memahaminya, dan bahasa yang mereka peroleh nantinya akan digunakan untuk anak hingga dewasa, karena dari itu anak sejak dini harus diajarkan bahasa yang baik dan benar, cara pengucapan yang baik, makna dari bahasa yang harus diucapkan harus diajarkan, mana bahasa yang baik dalam keadaan baik atau tidak, agar nantinya bahasa yang mereka peroleh dan mereka terapkan di kehidupan mereka sehari sampai mereka memperoleh bahasa ke dua dan seterusnya hingga dewasa itu selalu baik, sekian menurut pendapat saya, jika terdapat kesalahan mohon di koreksi, kurang dan lebihnya saya mohon maaf wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 1953053005
Absen : Izin menjawab, menurut pendapat saya bahasa pertama yang sering digunakan dalam proses pembelajaran dikarenakan bahasa pertama merupakan komponen yang hakiki dari perkembangan kognitif dan sosial seorang anak, sedangkan pemerolehan bahasa kedua terjadi sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak sudah selesai.
NPM: 1913053100
Absen: 17
Izin berpendapat, menurut saya dalam proses pembelajaran anak, pemerolehan bahasa yang sering digunakan adalah pemerolehan bahasa kedua. Hal ini dikarenakan pemerolehan bahasa kedua identik dengan adanya proses belajar yang dilakukan secara sadar atau disengaja, seperti halnya yang diperoleh anak melalui kegiatan pembelajaran yang mereka peroleh di sekolah ataupun di lembaga kursus. Lain halnya pemerolehan bahasa pertama yang sering anak dapatkan melelui proses alamiah dan sifatnya primer
NPM : 1913053133
Absen : 11
Izin menjawab bu, menurut saya dalam proses pembelajaran yang digunakan adalah pemerolehan bahasa pertama (B1), karena Pemerolehan bahasa pertama erat hubungannya dengan perkembangan kognitif yakni, jika anak dapat menghasilkan ucapan-ucapan yang berdasar pada tata bahasa yang teratur rapi, tidaklah secara otomatis mengimplikasikan bahwa anak telah menguasai bahasa yang bersangkutan dengan baik.
Pemerolehan bahasa pertama erat kaitannya dengan perkembangan sosial anak dan karenanya juga erat hubungannya dengan pembentukan identitas sosial anak. Mempelajari bahasa pertama merupakan salah satu perkembangan menyeluruh anak menjadi anggota penuh suatu masyarakat. Bahasa memudahkan anak mengekspresikan gagasan, kemauannya dengan cara yang benar-benar dapat diterima secara sosial. Sejak dini bayi telah berinteraksi di dalam lingkungan sosialnya. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bahasa pertama menjadi salah satu sarana untuk mengungkapkan perasaan, keinginan, dan pendirian, dalam bentuk-bentuk bahasa yang dianggap ada.
Npm: 1913053005
Absen: 22
Izin menjawab, menurut saya dalam proses pembelajaran pemerolehan bahasa yang sering digunakan oleh anak yaitu pemerolehan bahasa kedua. Hal ini dikarenakan pemerolehan bahasa kedua yaitu sudah sampai pada tahap anak dapat sepenuhnya memperoleh bahasa pertama dan melanjutkan untuk memperoleh bahasa kedua yang mencakup tata bahasa Indonesia. Cara untuk memberikan pemerolehan termasuk belajar implisit, belajar informal dan belajar alamiah. Selain itu untuk mengembangkan bahasa kedua anak dapat dengan belajar bahasa, yang mengacu pada pengetahuan yang sadar terhadap bahasa kedua, mengetahui kaidah-kaidah, menyadari kaidah-kaidah dan mampu berbicara mengenai kaidah-kaidah itu yang oleh umum dikenal dengan tata bahasa. Beberapa sinonim mencakup pengetahuan formal mengenai suatu bahasa atau belajar eksplisit. Selain itu untuk ada dua tipe untuk memperoleh bahasa kedua yaitu Pertama, tipe naturalistik bersifat alamiah, tanpa guru dan tanpa kesengajaan pembelajaran berlangsung didalam lingkungan kehidupan bermasyarakat. Dalam masyarakat bilingual dan multilingual tipe naturalistik banyak dijumpai. Belajar bahasa menurut tipe naturalistik ini sama prosesnya dengan pemerolehan bahasa pertama yang berlangsungnya secara ilmiah, sehingga pemerolehan bahasa yang dihasilkan antara anak-anak dan dewasa berbeda. Kedua, yang bersifat formal berlangsung di dalam kelas dengan guru, materi dan alat-alat yang sudah dipersiapkan, pembelajaan bahasa dalam tipe ini dilakukan dengan sengaja atau sadar, pembelajaran bahasa bersifat formal seharusnya lebih baik daripada pembelajaran yang dilakukan secara naturalistik, tapi pada kenyataanya tidak, terdapat berbagai penyebab atau faktor yang mempengaruhinya dalam proses pembelajaran bahasa.
Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwasannya pemerolehan bahasa oleh anak dala proses pembelajaran yaitu pemerolehan bahasa kedua.
Terimakasih.
NPM : 1913053081
No. Absen : 24
Izin menjawab , menurut saya pemerolehan bahasa yang paling sering digunakan oleh anak adalah pemerolehan bahasa pertama.
Perlu untuk diketahui adalah seorang anak tidak dengan tiba-tiba memiliki tata bahasa B1 dalam otaknya dan lengkap dengan semua kaidahnya. B1 diperolehnya dalam beberapa tahap dan setiap tahap berikutnya lebih mendekati tata bahasa dari bahasa orang dewasa. Menurut para ahli, tahap-tahap ini sedikit banyaknya ada ciri kesemestaan dalam berbagai bahasa di dunia.
Pengetahuan mengenai pemerolehan bahasa dan tahapnya yang paling pertama di dapat dari buku-buku harian yang disimpan oleh orang tua yang juga peneliti ilmu psikolinguistik. Dalam studi-studi yang lebih mutakhir, pengetahuan ini diperoleh melalui rekaman-rekaman dalam pita rekaman, rekaman video, dan eksperimen-eksperimen yang direncanakan. Ada sementara ahli bahasa yang membagi tahap pemerolehan bahasa ke dalam tahap pralinguistik dan linguistik. Akan tetapi, pendirian ini disanggah oleh banyak orang yang berkata bahwa tahap pralinguistik itu tidak dapat dianggap bahasa yang permulaan karena bunyi-bunyi seperti tangisan dan rengekan dikendalikan oleh rangsangan (stimulus) semata-mata, yaitu respons otomatis anak pada rangsangan lapar, sakit, keinginan untuk digendong, dan perasaan senang. Oleh karena itu, tahap-tahap pemerolehan bahasa yang dibahas dalam makalah ini adalah tahap linguistik yang terdiri atas beberapa tahap, yaitu (1) tahap pengocehan (babbling); (2) tahap satu kata (holofrastis); (3) tahap dua kata; (4) tahap menyerupai telegram (telegraphic speech).
Terimakasih
NPM : 1913053058
Izin menjawab Bu, menurut saya bahas yang sering digunakan oleh anak dalam proses pembelajaran adalah bahasa kedua. Karena Pemerolehan bahasa kedua dapat dimulai oleh manusia ketika masih dalam usia anak. Proses pemerolehannya melalui pendengaran. Alasan tepatnya bahasa kedua yaitu terdapat salah satu teori yang terdapat dalam bahasa kedua digunakan untuk dapat menentukan keefektivitasan sebuah proses pembelajaran sehingga dalam hal ini pendidik dapat menciptakan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Salah satu contohnya adalah sebuah inovasi pembelajaran bahasa asing yang bernama Total Physical Response (TPR) yang diciptakan oleh Asher (1996).Teori ini menggunakan teknik penghubungan antara konsep kata atau frasa ke dalam gerakan badan yang diperagakan oleh pelajar. Sedangkan bahasa pertama atau yang sering disebut dengan bahasa ibu yang hanya diperoleh dalam bentuk interaksi keluarga saja dan memiliki ruang lingkup yang sempit.
NPM: 1913053082
Izin menjawab, menurut saya saat pembelajaran pemerolehan bahasa yang sering digunakan oleh anak adalah bahasa kedua, karena pemerolehan bahasa kedua yang digunakan oleh anak dilakukan secara sadar atas pemikiran diri sendiri yang biasa digunakan bersifat formal. Bahasa kedua yang anak gunakan maka proses pemerolehan bahasanya semakin cepat. Sedangkan pemerolehan bahasa pertama yaitu lebih ke sifat bahasa ibu yang anak dapat dari lingkungan sekitarnya dalam pembentukan identitas anak yang didapat secara ilmiah atau tanpa disadari.
Npm : 1913053035
Absen : 19
Semester : 6E
Pemerolehan bahasa pertama anak terjadi bila anak yang sejak semula tanpa bahasa kini telah memperoleh satu bahasa. Sedangkan pemerolehan bahasa kedua yaitu proses dimana seseorang telah menguasai bahasa pertamanya terlebih dahulu kemudian memperoleh bahasa kedua yang sama baiknya dengan bahasa pertama. Menurut saya yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah pemerolehan bahasa kedua, karena Berdasarkan fungsinya dalam kehidupan pembelajar, bahasa kedua memegang peran yang kurang kuat dibandingkan bahasa pertama. Jika bahasa pertama digunakan untuk semua aspek kehidupan, terutama yang bersifat emosional, bahasa kedua pada aspek-aspek tertentu saja.
Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh anak setelah mereka memperoleh bahasa lain. Pembelajaran bahasa kedua sendiri merupakan fenomena yang muncul dalam suatu masyarakat yang multilingual, dalam hal ini mengacu pada bahasa nasional atau bahasa kedua.
NPM: 1913053003
menurut pendapat saya dalam proses pembelajaran bahasa anak lebih sering menggunakan bahasa kedua, dimana bahasa ini merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara sadar. Biasanya bahasa kedua ini merupakan bahasa formal yang diperoleh saat anak sudah memasuki dunia persekolahan. Sedangkan bahasa pertama biasanya disebut dengan perolehan bahasa yang merupakan proses yang terjadi secara alamiah dibawah kesadaran.
Npm : 1913053104
Menurut pendapat saya bahasa yang digunakan anak dalam proses pembelajaran adalah bahasa kedua. Bahasa kedua adalah bahasa yang digunakan anak setelah ia menguasai bahasa pertamanya. Pemerolehan bahasa kedua merupakan proses pemerolehan bahasa yang kompleks dan bertahap, baik yang dialami oleh anak maupun orang dewasa, baik bahasa lisan maupun tulisan. Pemerolehan bahasa kedua merupakan proses yang kompleks dan mencakup banyak faktor yang saling berhubungan. Ada tiga macam pengaruh proses belajar bahasa kedua, yaitu pengaruh pada urutan kata dan karena proses penerjemahan, pengaruh pada morfem terikat, dan pengaruh bahasa pertama walaupun pengaruh isi sangat lemah (kecil).
Npm: 1913053024
Izin menjawab bu, menurut saya keduanya memang digunakan oleh anak dalam pembelajaran karena
pemerolehan bahasa
pertama (B1) sangat erat hubungannya dengan perkembangan
kognitif anak. Namun tampaknya dalam pembelajaran lebih menekankan kepada pemerolehan bahasa kedua atau B2, seperti yang diketahui bahwa pemerolehan bahasa kedua itu didapatkan saat anak mengenyam pendidikan yakni, penguasaan B2 diperoleh melalui proses pembelajaran. Pembelajaran B2 dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun informal baik dengan cara sengaja dan sadar. Sehingga saya menyimpulkan bahwa hanya dalam proses pembelajaran anak lebih menggunakan bahasa kedua atau B2 namun masih tetap dipengaruhi oleh B1.
No Absen : 26
Npm : 1913053013
Menurut saya, dalam proses pembelajaran yang sering digunakan oleh anak adalah bahasa kedua karena bahasa kedua dipelajari oleh anak secara sadar baik dalam bermasyarakat, menempuh pendidikan formal, dan lain-lain. Bahasa kedua menjadi suatu bahasa yang harus anak kuasai dengan baik untuk mempermudahnya berkomusikasi dengan masyarakat di luar lingkungan tempat tinggalnya bahkan dalam lingkup nasional. Sedangkan bahasa pertama merupakan bahasa ibu atau bahasa yang sering orang tua / keluarga gunakan untuk berkomunikasi dengan anak sejak anak itu lahir atau yang biasa disebut dengan bahasa daerah. Anak akan bergaul dengan anak-anak lain yang belum tentu menggunakan bahasa daerah yang sama, oleh sebab itu dengan anak menguasai bahasa kedua anak dapat berkomunikasi dengan siapapun.
NPM : 1913053115
Menurut saya dalam proses pembelajaran yang sering digunakan oleh anak adalah pemerolehan bahasa kedua karena bahasa kedua biasanya mengacu pada semua bahasa yang dipelajari setelah bahasa ibu mereka. Pada pemerolehan bahasa kedua diperoleh melalui proses orang dewasa yang belajar di kelas seperti pembelajaran secara formal di perbandingkan dengan bahasa pertama secara alamiah.