forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 39

silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

In reply to First post

Re: forum diskusi

Resa Kurnia གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Resa Kurnia
NPM : 2013053071
Izin menjawab,

1. Media Audio
Media audio adalah media yang berkaitan erat dengan indera pendengaran. Media audio dapat menyampaikan pesan verbal maupun nonverbal. Contohnya radio, tape recorder, telepon, laboratorium, dsb. Menurut saya media audio cocok diterapkan untuk anak-anak di kelas tinggi, supaya mereka mampu mengembangkan keterampilan menyimaknya serta dapat melatih fokusnya dalam proses pembelajaran.
2. Media Audio Visual
Media audio visual merupakan media yang mampu menampilkan suara dan gambar sekaligus. Media audio visual sendiri memiliki dua karakteristik yakni media audio visual diam dan gerak. Menurut saya pada anak kelas tinggi sudah mampu memahami materi dengan cara mendengarkan dan mengamati secara bersamaan sehingga media audio visual cocok diterapkan dikelas tinggi. Kelebihan media audio visual adalah: 1) Mengatasi keterbatasan jarak dan waktu. 2) Pesan yang disampaikan cepat dan mudah diingat. 3) Sangat kuat mempengaruhi emosi seseorang. 4) Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan gambaran yang realistis.
3. Peta dan Globe
Peta dan Globe ini berfungsi menyajikan data-data lokasi, contohnya keaadan permukaan bumi (bumi, daratan, sungai, gunung, dsb) serta tempat-tempat dan arah mata angin serta jarak. Menurut saya pemilihan media globe dan peta ini tepat digunakan pada anak kelas tinggi, supaya mereka memiliki gambaran bagaimana bentuk permukaan bumi serta tahu letak geografis suatu tempat.
4. Media Serbaneka
Media pembelajaran serbaneka merupakan sebuah media yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki suatu daerah, di sekitar sekolah maupun di lingkungan masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media ataupun juga sumber belajar bagi peserta didik. Contoh media pembelajaran serbaneka yakn:
a. Papan (board), contoh media ini diantaranya yaitu: papan tulis, papan bulletin, papan flannel, papan magnetic, papan listrik, dsb.
b. Media tiga dimensi
c. Media realita, yakni benda-benda konkret atau nyata dan asli adanya contoh pemanfaatan media realita ini mengajak peserta didik menuju kebun sekolah atau membawa siswa ke kebun binatang untuk mengamati hewan-hewan yang terdapat disana.
d. Su,ber belajar pada masyarakat, contohnya karya wisata dan berkemah.
Menurut saya pemilihan media ini dapat diterapkan pada anak kelas tinggi, supaya mereka merasakan sensasi pemanfaatan benda-benda maupun lingkungan yang ada disekitar mereka, serta tak hanya belajar melalui gurunya saja namun dapat jua belajar dari alam sekitar serta benda-benda yang ada.
5. Multimedia
Secara umum multimedia adalah gabungan atau kombinasi dari tiga elemen, yakni suara, gambar, dan teks, atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001) atau Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001).

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Lutfi Liana Pramesti གིས-
Nama : Lutfi Liana Pramesti
NPM : 2013053083
Izin menjawab,
1. Media Overhead Projektor (OHP)
OHP merupakan salah satu media instruksional yang cukup efektif dalam menjelaskan konsep-konsep penting yang sulit di diskusikan atau di ajarkan apabila hanya dengan menggunakan papan tulis. Daya tarik luar biasa telah di tampilkan OHP karena kemampuan media tersebut dalam memanipulasi benda yang diletakkan di atasnya.
Alasan : Media ini cocok untuk kelas tinggi karena pada media ini peserta didik akan mampu
untuk bisa memahami proyeksi yang akan ditampilkan sehingga dapat berpikir kritis
2. Media PPT/slide
Powerpoint merupakan aplikasi pembantu untuk membuat paparan dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan professional.
Penggunaan powerpoint yang interaktif dapat membantu seorang tenaga pengajar untuk memaparkan materi kepada peserta dengan lebih mudah sehingga transformasi ilmu pengetahuan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar. Selain itu, penggunaan
powerpoint yang interaktif dapat memudahkan para tenaga pengajar untuk menguasai kelas dan membantu peserta pelatihan untuk selalu fokus dengan materi yang dijelaskan oleh tenaga pengajar tersebut serta membuat peserta untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran dua arah yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman belajar yang
unik bagi peserta pelatihan.
Alasan : Media ini cocok untuk kelas tinggi karena pada tahap ini peserta didik sudah mulai
berpikir secara kritis mengenai materi yang ditayangkan
3. Media Televisi dan VCD
Media ini berperan sebagai gambar hidup dan juga sebagai radio yang dapat dilihat dan didengar secara bersamaan. Televisi juga dapat memberikan kejadian-kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi dengan disertai komentar penyiarnya. Kedu aspek tersebut secara simultan dapat didengar dan dilihat oleh para pemirsa karena peristiwa tersebut langsung disiarkan dari stasiun pemancar TV tertentu
Alasan : Karena pada media ini dinilai cocok untuk kelas tinggi karena akan menampilkan
berbagai interaksi yang terjadi sekitar peserta didik, dengan demikian peserta didik
dapat berpikir kritis
In reply to First post

Re: forum diskusi

Ni Luh Putu Suciari གིས-
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003

Izin menjawab, media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi :

1. Media peta dan globe : kenapa saya memilih ini karena media ini bisa membantu guru untuk mengajarkan kepada siswa terkait posisi dari daerah, pulau, negara, dll, dapat juga merangsang keingin tahuan siswa terhadap penduduk dan pengaruh geografis, serta dapat juga memberikan gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, kehidupan hewan, hingga bentuk bumi yang sebenarnya.

2. Media Visual : kenapa karena pada media ini memfokuskan pada penglihatan jadi dalam proses pembelajaran ini dapat menggunakan alat proyeksi atau proyektor dan dapat menarik perhatian siswa, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide mudah diingat, dan proses pembelajaran ini juga dapat dicerna baik oleh siswa.

3. Media audio visual : kenapa karena dalam media ini dapat menampilkan gambar serta suara yang dapat mampu menarik minat atau perhatian siswa dalam proses belajar.

4. Media fotografi : karena media ini dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, seperti surat kabar, kartun, ilustrasi, serta foto, dengan menggunakan media ini menjadikannya salah satu menunjang keberhasilan dalam proses mengajar.

5. Media serba aneka : Pada media ini sangat cocok diterapkan pada anak SD kelas rendah maupun tinggi karena menggunakan media papan tulis, tiga dimensi, dan sumber lainnya, media ini dapat menarik pembelajaran bagi siswa kalo kita dapat memanfaatkan fasilitas yang ada seperti mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan materi atau mata pelajaran yang pada saat ini diajarkan.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Dinda Wahyu Puspita 2013053137 གིས-
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Izin mengemukakan pendapat,
Nama : Dinda Wahyu Puspita
Npm : 2013053137

Menurut saya, media-media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi adalah,
1) Media Grafis
Media grafis termasuk media visual, pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Beberapa contoh media grafis, diantaranya adalah gambar/foto, sketsa, diagram, bagam, grafik,peta, dll. Media grafis dapat menarik perhatian, memperjelas ide, mengilustrasikan/menghiasi fakta yang mungkin dilupakan bila tidak digrafiskan.
2) Media Tiga Dimensi
Media tiga dimensi berkaitan dengan indra penglihatan dan peraba anak, dapat berupa model, benda asli, diorama, boneka, dan topeng. Dengan media tiga dimensi anak akan dapat merasakan dan mengamati media lebih detail, dan meningkatkan motorik anak dalam menggunakannya.
3) Media Audio
Media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambanglambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Media audio dapat berupa radio atau rekman suara, dengan media audio akan lebih meningkatkan imajinasi anak, anak akan menggambarkan apa yang didengarnya dalam imajinasi mereka tanpa batas.
4) Media Proyeksi
Media proyeksi diam mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Perbedaan yang jelas diantara mereka adalah bila pada media grafis dapat secara langsung berinteraksi dengan pesan media yang bersangkutan pada media proyeksi. Media proyeksi dapat berupa OHP, film, Tv, ,dll. media proyeksi sangat menarik, dan dapat dengan mdah diterima oleh anak.
5) 5) Media teknologi komputer interaktif
Komputer untuk pembelajaran sering diistilahkan dengan Pembelajaran berbasis komputer (PBK) atau yang sering disebut computer assisted instruction (CAI) menekankan siswa berhadapan dan berinteraksi langsung dengan komputer. Pembelajaran berbasis komputer (PBK) akan memberikan beberapa manfaat, diantaranya; Dengan desain menarik PBK dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, Komputer mampu memberikan informasi kepada siswa tentang kesalahan dan jumlah waktu belajar serta waktu mengerjakan soal-soal, pembelajaran berbantuan komputer juga dapat didesain untuk mengatasi masalah dan keleman pada pembelajaran kelompok besar. Selain dari itu pembelajaran berbantuan komputer melatih siswa untuk terampil memilih bagian-bagian isi pembelajaran yang dikehendaki. Pengembangan pembelajaran yang dirancang dengan teliti dan memperhatikan psikologis siswa akan bermanfaat bagi siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran dengan metode tradisional. Dengan PBK dapat memberikan penguatan kepada siswa yang lemah dalam belajar karena materi dapat diulang-ulang. manfaat yang lainya adalah pembelajaran berbantuan komputer memungkinkan siswa untuk lebih mengenal dan terbiasa dengan komputer yang menjadi semakin penting dalam masyarakat modern sekarang ini.
Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Riska Dwi Ayu Triyana གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Riska Dwi Ayu Triyana
NPM : 2013053097
Izin menjawab Ibu,
Menurut saya media yang tepat untuk anak SD kelas tinggi adalah, sebagai berikut:
1. Media peta dan globe
Karena dapat mengajarkan siswa terkait posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain. Lalu dapat merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap penduduk dan pengaruh geografis. Dan memberikan gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, kehidupan hewan, hingga bentuk bumi yang sebenarnya, sehingga siswa akan lebih tertarik dan mudah memahami secara luas bentuk permukaan bumi.
2. Media Visual
Karena media ini dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat diserap dengan baik oleh siswa dan pembelajaran akan menyenangkan.
3. Media Audio Visual
Karena media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal tersebut dapat menjadi metode pembelajaran yang menarik bagi para siswa.
4. Media Serba Aneka
Karena media ini dapat menarik minat siswa untuk belajar memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada. Contohnya seperti menggunakan aneka benda, papan tulis, tiga dimensi, dan yang paling efektif adalah mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan fokus mata pelajaran, sehingga pembelajaran tidak membosankan.
Terima Kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Dhea Ayu Purba Laras གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dhea Ayu Purba Laras
NPM : 2013053119

Izin menjawab,
Media pembelajaran yang tepat untuk siswa SD kelas tinggi yaitu:
1. Bahan – bahan cetakan atau bacaan (supplementary materials)
Bahan bacaan dapat berupa buku, komik, majalah, koran, bulletin, pamphlet dan lain sebagainya.
Alasan : Karena bahan ini mengutamakan kegiatan bacaan dengan menggunakan simbol – simbol kata atau visual. Selain itu pula dengan membaca peserta didik menjadi lebih memiliki wawasan yang luas.
2. Alat audio-visual
Alat-alat yang tergolong dalam audio-visual adalah
a. Media pembelajaran tanpa proyeksi
Contohnya adalah papan tulis, diagram, grafik, poster, gambar, dan lain sebagainya.
b. Media pembelajaran tiga dimensi
Contohnya seperti model benda asli, benda tiruan, boneka, topeng, globe, diorama, dsb.
c. Media pembelajaran dengan menggunakan teknik/ mesin
Contohnya berupa PPT, film, radio, televisi, computer, dll.
Alasan memilih media audio visual adalah karena peserta didik dapat lebih jelas dan mudah memahami karena materi langsung tersampaikan, dan dapat meningkatkan imajinasi anak.
3. Sumber dari masyarakat
Contohnya yaitu peninggalan bersejarah, dokumentasi, bahan makalah, dan sebagainya. Hal ini dapat didapat dengan cara mengadakan karya wisata, survey, dll.
Alasa : Dengan ini peserta didik dapat mempelajari peninggalan sejarah bangsa, selain itu juga dapat mengasah kemampuan anak dalam kerjasama tim karena melibatkan kegiatan karya wisata, dsb.
4. Kumpulan benda-benda (materials collection)
Dapat berupa benda yang dibawa dari masyarakat ke sekolah untuk dapat dipelajari, seperti potongan kaca, bibit, benih, dan sebagainya.
Alasan : dapat meningkatkan imajinasi anak untuk lebih mengembangkan kreatuvutasnya.

Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Pajar irawan 2013053085 གིས-

Nama               : Pajar Irawan
NPM               : 2013053085
Kelas               : 4D

Media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
1. Media Manipulatif

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang pertama adalah dengan menggunakan media manipulatif. Media ini bisa digunakan untuk berbagai macam bentuk pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Misalnya seperti menggunakan barang untuk belajar menghitung atau mengenal huruf hingga pembelajaran sains. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini bisa membuat murid atau pelajar terlibat dengan proses belajar.

2. Media Video

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik berikutnya adalah dengan menggunakan media video. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan melihat secara visual dan mendengarkan sesuatu, murid atau pelajar akan lebih mudah memahami bahan yang diajarkan.

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik seperti video bisa dijadikan salah satu cara agar proses pembelajaran tidak membosankan. Kamu bisa mencari atau membuat bahan videonya sendiri.

3. Media Gambar

Bisa dikatakan bahwa media gambar merupakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang murah dan mudah. Sebagai pengajar, agar proses belajar tidak membosankan, kamu bisa mencari gambar-gambar yang sesuai dengan pelajaran yang diajarkan.

Misalnya, ingin mengajarkan seni lukis. Maka kamu bisa menggunakan gambar pelukis dan hasil karyanya. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini bertujuan untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada murid atau pelajar.

4. Media Grafik

Media grafik bisa digunakan sebagai contoh media pembelajaran kreatif dan menarik untuk pelajaran hitung-hitungan. Pembelajaran kreatif dengan menggunakan media grafik bertujuan sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan pelajaran.

Sebagai pengajar, kamu bisa membuat media grafik sekreatif mungkin. Namun jangan lupa untuk mencantumkan keterangan yang lengkap pada contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini agar para murid atau pelajar dapat memahaminya dengan mudah.

5. Media Relia

Media relia merupakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang diambil dari benda nyata. Media ini tidak selalu harus dihadirkan di dalam kelas, tetapi kamu bisa mengajak langsung murid atau pelajar untuk mengamatinya.

Misalnya seperti belajar mengenai fotosintesis atau praktikum laboratorium. Dengan menggunakan contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini, kegiatan belajar mengajar jadi lebih menyenangkan.

 

6. Media peta dan globe

Meski saat ini mereka bisa mengakses sendiri peta dan globe itu melalui internet, namun akan beda rasanya jika dibawakan oleh guru. Terlebih lagi peta dan globe menyajikan data lengkap terkait permukaan bumi, Anda bisa bermain game bersama siswa, misalnya menebak lokasi suatu negara di peta sehingga pembelajaran akan jauh lebih menarik dari biasanya.

Peta dan globe juga memiliki kelebihan lainnya, antara lain:

  • Bisa untuk mengajarkan siswa terkait posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain.
  • Merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap penduduk dan pengaruh geografis.
  • Memberikan gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, kehidupan hewan, hingga bentuk bumi yang sebenarnya


 anak kelas tinggi tentunya sudah memiliki pemikiran yang kritis karena dapat mengamati dan menganalisis dengan apa yang di alami dan apa yang dilihat, ke 6 media ini cocok untuk mengembangkan pemikiran anak dalam belajar terutama anak kelas tinggi

In reply to First post

Re: forum diskusi

Alya Syafira གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Alya Syafira
NPM : 2013053126
Izin menjawab bu, Media Grafis
Media grafis termasuk media visual, pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Grafis berfungsi menarik perhatian, memperjelas ide, mengilustrasikan/menghiasi fakta yang mungkin dilupakan bila tidak digrafiskan. Beberapa contoh media grafis, diantaranya adalah sebagai berikut:
a) Gambar/Foto
Kelebihan media foto:
- sifatnya konkret, menunjukkan pokok masalah dibanding media verbal
- Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
- Mengatasi keterbatasan pengamatan
- Dapat memperjelas suatu masalah
- Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan.
Dari kelebihan ini media gambar/foto tepat digunakan bagi anak SD pada kelas tinggi karena dengan sifat nya yang konkret dapat memudahkan anak untu lebih memahami materi atau masalah yang dibahas dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak saat memahami sebuah gambar.
d) Bagan/chart
Seperti halnya media grafis yang lain, fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit disampaikan secara tertulis atau secara. Syarat dan kelebihan media bagan yang baik, adalah:
- Dapat dimengerti anak
- Sederhana dan lugas, tidak rumit dan berbelit-belit
- Diganti pada waktu-waktu tertentu agar tetap termasa juga tidak kehilangan daya tarik.
Contohnya adalah bagan pembagian kekuasaan di Indonesia, dengan adanya media bagan ini memudahkan anak memahami inti dari pembagian materi yang Panjang dan dapat di ringkas menjadi materi yang singkat dan lebih sederhana untuk di pahami.
Media Audio
Berbeda dengan media grafis, media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Ada beberapa jenis media yang dapat kita kelompokkan dalam media audio, tetapi kita hanya akan membahas radio dan laboratorium bahasa
a) Radio
Sebagai media, radio mempunyai kelebihan:
- Harganya relatif murah dan variasi program
- Sifatnya mudah dipindahkan
- Program dapat direkam dan diputar sesuka kita
- Merangsang partisipasi aktif daripada pendengar
- Dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang digunakan
- Radio dapat mengerjakan hal-hal tertentu yang tak dapat dikerjakan oleh guru, misalnya dapat menyajikan pengalaman-pengalaman dunia luar kelas
- Mengatasi batasan ruang dan waktu
Pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar yang sedang aktif-aktifnya ingin mengetahui materi dari media yang tidak membosankan, media radio sangat cocok digunakan karena merangsang kemampuan memahami secara audio dan dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang digunakan.
Media yang Diproyeksikan
Media yang termasuk sebagai media yang diproyeksikan adalah overhead transparansi (OHT), ddan Slide OHT merupakan media yang paling banyak digunakan karena relative mudah dalam penyediaan materinya, karena hanya dibutuhkan bahan transparansi dan alat tulis. Namun untuk hasil yang bagus sebaiknya alat tulis yang di gunakan khusus untuk overhead transparansi. Media yang termasuk sebagai media yang diproyeksikan adalah slide. Media tersebut diproyeksikan ke layar dengan menggunakan proyektor. Dengan menggunakan slide gambar yang disampaikan sangat realistis. Perkembangan teknologi yang ada saat ini memungkinkan komputer dan video juga diproyeksikan dengan menggunakan peralatan khusus, yaitu LCD.
Terimakasih,
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Rita Septiana གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ibuk, izin menyampaikan pendapat

Nama : Rita Septiana
Npm : 2013053048

Menurut saya media pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak SD kelas tinggi yaitu media audio visual dapat berupa ppt interaktif.

Alasan saya memilih media tersebut ialah : Membuat pembelajaran lebih menarik karena didukung tampilan template, animasi, video, audio, gambar bahkan gambar 3D. Pendidik juga bisa mengenalkan dan mengajarkan siswa sejak dini agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana pendukung dalam dunia pendidikan.

Selain itu di dalam proses pembelajaran media ppt interaktif tersebut diharapkan dapat menarik minat peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar dengan baik, karena dengan menggunakan media pembelajaran dapat merangsang pola pembelajaran peserta didik sehingga tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai atau mencapai hasil yang diharapkan.

Adapun berbagai media audio visual lainnya yang dapat pendidik gunakan dalam pembelajaran anak SD kelas tinggi adalah sebagai berikut :
1. Rekaman, Pita Film dan Film
Alasannya : Perpaduan antara rekaman dan pita film adalah alternatif media belajar yang lebih baik dari pada hanya gambarnya saja karena memiliki dimensi auditor tambahan terhadap hasil pengamatan siswa. Namun sebuah film akan lebih baik lagi karena film melibatkan gambar bergerak sehingga akan melibatkan banyak sensor dalam diri siswa.

2. Video
Alasannya : Penggunaan vidio sama baiknya dengan penggunaan film sebagai media belajar. Hanya saja, video memiliki satu kelebihan dimana video dapat dibuat sendiri oleh siswa dan gurunya.

3. Televisi
Alasannya : Televisi dapat dijadikan sumber informasi pada mata pelajaran. Bayak acara televisi menayangkan program-program kebudayaan, sejarah, geografi dan habitat mahluk hidup dari berbagai negara. Menonton rekaman tayangan televisi dikelas bisa memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama menonton kejadian untuk didiskusikan.

4. Komputer
Alasannya : Media ini memiliki prospek arah pengembangan yang lebih luas secara bertahap komputer dapat dikembangkan untuk meliputi media belajar yang sudah ada dengan mengaplikasikan berbagai macam sofware dan program aplikasi serta menambahkan beberapa hardware sesuai kebutuhan, sehingga guru tinggal meningkatkan keterampilan dan kecakapannya dalam menggunakan teknologi canggih ini.

5. Internet
Alasannya : Internet merupakan jaringan global yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komputer, termasuk didalamnya jaringan lokal. Situs dalm internet dapat digunakan sebagai media belajar, sumber informasi dalam pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi guru dan siswa.

Terimakasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Lutfi Qurrotul A'yun གིས-
Nama : Lutfi Qurrotul A'yun
NPM : 2013053135

Izin menjawab,
Media yang cocok untuk kelas tinggi
1. Media Pembelajaran Multi Media
Multi media merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audiovisual.
Alasan :
Alasan memilih media visual karena Media pembelajaran multimedia membantu guru dalam memberikan materi dalam pembelajaran dengan mudah di pahami. Dengan media pembelajaran multimedia juga dapat menarik perhatian siswa, memudahkan guru dalam memberikan materi, membuat semangat siswa untuk aktif, dan berakhir pada kualitas hasil belajar

2.Media Bahan Cetak
Media bahan cetak menyajikannya pesannya melalui huruf dan gambar gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Contohny buku teks, modul, Bahan pengajaran terprogram.
Alasan :
Penggunaan media bahan cetak sangat membantu guru dalam menjelaskan meteri yang akan disampaikan, dengan media cetak siswa dapat mampelajari dan mengulang kembali materi yang disampaikan gurudan juga media cetak untuk mempermudah siswa belajar.

3. Medi Power Point
Alasan:
Alasan pengunaan media ini karena bentuk isi materi dalam media Power Point dapat menarik minat anak sehingga anak dapat lebih memperhatikan dalam proses pembelajaran sehingga harapan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

4. Media Pembelajaran Audio
Media pembelajaran audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang lambang auditif yang berupa kata kata, musik, dan sound effect

Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Fara Nalya Hadhaini གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab
Nama : Fara Nalya Hadhaini
NPM : 2013053148
Media yang tepat digunakan bagi anak kelas tinggi seperti
1. media visual diam yaitu peta dan globe meskipun sekarang adalah era globalisasi, letak suatu tempat akan mudah diakses melalui internet tetapi rasanya akan berbeda ketika mencarinya sendiri secara menual lewat peta dan globe hal ini akan membuat para peserta didik menjadi fokus dalam mencarinya dan bisa diselingi game seperti tebak tebakan mencari letak suatu negara.
2. Media audio visual gerak seperti menonton film, daripada menceritakan dan hanya bisa di angan angan saja anak pada kelas tinggi ini akan mudah menerima atau memahami suatu cerita ketika ia melihatnya secara langsung contohnya dengan cara memperlihatkan sebuah film-film pendidikan
3. Media serbaneka seperti realita, guru mengajak peserta didik untuk belajar secara outdoor dan melihat disekitar halaman sekolah mengamati tanaman tanaman yang ada atau bisa juga dengan cara herbarium yaitu mengawetkan sebuah tumbuhan
4. Media audio, media ini juga dapat digunakan bagi anak kelas tinggi, karena mereka sudah bisa berangan atau sudah bisa mendefinisikan seperti apakah yang dijelaskan oleh guru walaupun hanya dengan via pesan suara dalam menjelaskan materi tersebut.
Terima kasih bu
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

Rahmat Rahmat Agung Dwisarjana གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rahmat Agung Dwisarjana
NPM : 2013053086

Izin menjawab
a. Media Audio
Media audio adalah segala macam bentuk media yang berkaitan dengan indra pendengaran. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.
Media audio cocok untuk anak kelas tinggi karena, media audio dapat menyesuaikan kecepatan belajar, siswa yang lambat dapat mengulang pembelajaran. Sedangkan untuk siswa yang bisa belajar dengan cepat bisa disesuaikan kecepatannya. Contoh media audio adalah kaset dan radio.

b. Media Visual
Media Visual merupakan semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( image atau perumpamaan) memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar. Media visual merupakan media komunikasi bersifat visual yang ditampilkan dalam bentuk sketsa, gambar, foto, diagram, tabel, torso dan benda visual lainya yang merupakan benda asli atau replikasinya.
Media visual cocok diterapkan pada kelas tinggi karena sesuai dengan usia mereka, yaitu usia konkret dimana mereka sudah berpikir secara logis. Dengan menggunakan media visual dapat menarik perhatian dan focus siswa. penggunaan media visual yaitu dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki peserta didik, dapat menanamkan konsep yang benar, dan dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

c. Media Audio Visual
Media audio visual merupakan media yang dapat menyajikan gambar bergerak, warna dan disertai penjelasan berupa tulisan dan suara. Pengajaran melalui audio visual contohnya pada pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film, televisi, tape recorder dan proyektor visual yang lebar.
Media audio visual cocok digunakan pada siswa kelas tinggi karena, siswa dapat melihat langsung objek yang dituju melalui media audio visual yang diputarkan oleh guru dalam pembelajaran. Media audio visual melatakkan dasar-dasar yang konkrit dari konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi pemahaman siswa yang bersifat verbalisme, dan juga dapat memperjelas hal yang dianggap sulit untuk dipahami siswa.

d. Sumber-Sumber Masyarakat
Media sumber-sumber masyrakat dapat berupa objek peninggalan sejarah, dokumentasi, bahan-bahan makalah dan sebagainya.
Media pembelajaran yang satu ini cocok untuk kelas tinggi karena dibutuhkan tingkat kematangan siswa yang cukup untuk menggunakan media seperti ini. Media ini juga menampilkan bukti bukti nyata secara factual, sehingga pengalaman belajar akan lebih bermakna. Untuk penggunaan media ini dapat berupa karya wisata, berkemah, survey dan lain-lain.

e. Media Serbaneka
Media serbaneka adalah media pembelajaran yang akan disesuaikan dengan potensi sebuah daerah di sekitar lokasi, atau sekitar sekolah. Media serbaneka berpusat dengan potensi yang ada disekitar lingkungaannya. Dalam penggunaan media ini guru dituntut untuk kreatif dalam memanfaat apa yang disekitar lingkunnya.
Media ini cocok pada kelas tinggi karena dapat menarik perhatian dan focus siswa. Menggunakan media ini juga tentunya tidak akan menyenangkan dan tidak akan membuat siswa cepat merasa bosan.
Terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Arawinda Olatta གིས-
Nama : Arawinda Olatta
NPM : 2013052089
izin menjawab

Media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi :
1. Media Audio
a. Rancangan media audio
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan suara
sekaligus melatih keterampilan mendengarkan maupun menyimak
- Mengembangkan imajinasi siwa terhadap apa yang didengarkannya
baik melalui guru maupun media
- Memantapkan bagian-bagian yang dianggap penting dari materi ajar
yang disampaikan
b. Langkah-langkah penyajian media audio
- Memberikan tugas pada siswa untuk terlebih dahulu mempelajari materi
yang akan diaplikasikan pada media audio
- Guru menjelaskan pada siswa materi apa yang akan dibaha, kemudian
siswa diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan
misalnya alat tulis menulis
- Kemudian audio diperdengarkan, diusahakan suara audio dapat dengar
semua siswa dengan jelas. Sehingga siswa dapat menyimak materi ajar
dengan jelas
- Setelah audio diperdengarkan, guru kemudian meminta beberapa siswa
untuk mengulang secara garis besar materi yang telah didengarkan
- Guru meminta murid-murid lain untuk menanggapi pendapat dari
temannya tadi
- Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang
tidak dimengerti
- Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan dan menanamkan
konsep yang menjadi pokok bahasan yang telah disampaikan.
2. Media LCD dan Overhead Proyektor
Media LCD dan Overhead Proyektor cocok digunakan untuk anak kelas tinggi
karena media pembelajaran ini cukup menarik dan cocok digunakan untuk
kelompok besar atau kelas yang siswanya banyak.
a. Fungsi media overhead proyektor
- Meningkatkan daya Tarik dan motivasi siswa untuk belajar
- Mempermudah guru untuk menyiapkan materi pembelajaran
- Memperjelas tayangan materi pembelajaran sehingga perhatian siswa
terhadap materi yang diberikan guru akan lebih besar
b. Langkah-langkah penyajian media overhead proyektor
- Analisis TIK pokok bahasan yang akan diajarkan
- Analisis materi pelajaran untuk menentukan jenis media yang
diperlukan
- Analisis keadaan siswa untuk mempertimbangkan kesulitan-kesulitan
yang dihadapi siswa dalam menerima pelajaran, kecepatan daya serap siswa, serta tingkat perbendaharaan kata yang dipakai
- Kembangkan bahan-bahan tersebut kedalam transparan yang telah
disiapkan
- Sajikan transparan di kelas dengan diatur fokusnya sebaik mungkin
sehingga apa yang tertera dalam transparan dapat dibaca dan dilihat
dengan jelas oleh semua siswa
- Sesekali diselingi dengan pertanyaan, tanggapan, dan pernyataan dari
siswa.
- Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
In reply to First post

Re: forum diskusi

Siti Muthoharoh 2013053114 གིས-

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Siti Muthoharoh

NPM : 2013053114

Izin menjawab bu,

Menurut saya, jenis media yang tepat bagi anak kelas tinggi yaitu : 

1. Media nonproyeksi 

 Disebut juga media pameran atau displayed media. Media yang termasuk media nonproyeksi yaitu: 

 a. Model 

 Model adalah benda nyata yang dimodifikasikan. Penggunaan model sebagai media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi kendala pengadaan realita karena harga yang mahal, sulit pengadaannya, barangnya terlalu besar, bahkan mungkin terlalu kecil. Model dapat berukuran lebih besar, lebih kecil atau berukuran sama persis dengan benda aslinya, dan dapat menampilkan bentuk yang lengkap dan rinci dari benda aslinya. Sebagai salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, model memiliki keunggulan dan keterbatasan. 

 b. Grafis 

Grafis adalah media visual nonproyeksi yang mudah digunakan karena tidak membutuhkan peralatan dan relatif murah. Ada lima jenis media grafis yang memiliki keunggulan yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran yaitu : graft, chart atau diagram, kartun, poster, peta atau globe. Masing-masing media grafis memiliki keunggulan dan keunikan sendiri-sendiri. 

Kelebihannya : Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dan mempermudah menangkap materi yang diberikan, mudah didapat, relatif murah, dan bentuknya bervariasi. 

Kelemahannya : Tidak adanya audio, lambat, kurang praktis membosankan, dan lain-lain 

2. Media yang Diproyeksikan 

Media yang termasuk sebagai media yang diproyeksikan adalah slide. Media tersebut diproyeksikan ke layar dengan menggunakan proyektor. Perkembangan teknologi yang ada saat ini memungkinkan komputer dan video juga diproyeksikan dengan menggunakan peralatan khusus, yaitu LCD. 

Kelebihannya : 

• Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang. 

• Dapat menjangkau kelompok yang besar. 

• Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas. 

• Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru baik yang dibuat secara manual maupun yang lainnya. 

• Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna. 

• Dapat disimpan dan digunakan berulang kali. 

Kekurangannya : 

• Fasilitas OHP harus tersedia 

• Listrik pada ruang atau lokasi harus tersedia. 

• Tanpa layar yang dapat dimiringkan sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang berbentuk trapesium. 

• Harus memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun penyimpanan. 

3. Media Cetak 

Media cetak merupakan jenis media yang telah lama digunakan sebagai sarana dalam aktivitas belajar. Media cetak juga dipandang sebagai jenis media yang relatif murah dan memiliki sifat yang sangat fleksibel. Adapun contohnya : buku teks, koran, dan majalah. 

Kelebihannya : 

• Siswa dapat belajar dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. Materi pelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan siswa baik yang cepat maupun yang lamban membaca dan memahami. Namun pada akhirnya semua siswa diharapkan dapat menguasai materi pelajaran itu. 

• Di samping dapat mengulangi materi dalam media cetakan siswa akan mengikuti urutan pikiran secara logis. 

• Perpaduan teks dan gambar dalam halaman cetak dapat menambah daya tarik serta dapat memperlancar pemahaman informasi yang disajikan dalam dua format verbal dan visual. 

• Meskipun isi informasi media cetak harus diperbaharui dan direvisi sesuai dengan perkembangan dan temuan-temuan baru dalam bidang ilmu itu, materi tersebut dapat direproduksi dengan ekonomis dan didistribusikan dengan mudah. 

Kekurangannya : 

• Sulit menampilkan gerak dalam halaman media cetakan. 

• Biaya pencetakan akan mahal jika ingin menampilkan ilustrasi gambar atau foto yang berwarna-warni. 

• Proses pencetakan media seringkali memakan waktu beberapa hari bahkan berbulan-bulan tergantung kepada peralatan percetakan dan kerumitan informasi pada halaman cetakan. 

• Jika tidak dirawat dengan baik media cetakan cepat rusak atau hilang 

Alasan memilih media nonproyeksi, media yang diproyeksikan dan media cetak pada kelas tinggi yaitu karena pada usia peserta didik kelas tinggi daya pikir mereka sudah lebih tinggi dan sudah lebih mampu berfikir kritis sehingga mampu menerima dan memahami materi dari penggunaan media-media seperti menggunakan LCD, koran, majalah, globe, peta, dll dibandingkan kelas rendah yang masih membutuhkan media yang menarik dan konkret agar mereka dapat memahami materi serta anak usia kelas rendah masih terlalu sulit apabila menggunakan media tersebut

Terimakasih

In reply to First post

Re: forum diskusi

Nita Yuansari གིས-
Selamat Siang
Nama : Nita Yuansari
NPM : 2013053082
Izin menjawab bu

1. Peta Dan Globe
Mengapa, karena dalam hal ini siswa kelas tinggi diharapkan mampu belajar posisi dari kesatuan kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain-lain.
Dengan menggunakan peta dan globe maka siswa kelas tinggi diharapkan mampu mengigat posisi-posisi negara di dunia.

2. Grafik
Dengan menggunakan grafik, peserta didik diharapkan mampu membaca data dari grafik yang ada.
Media yang dapat digiunakan :
• Grafik lingkaran
• Grafik gambar
• Grafik batang
• Grafik garis

3. Media Audiovisual
Karena dengan pemanfaatan indera pendengaran dan penglihatan untuk menyerap isi pesan dari media pembelajaran, maka penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat dari peserta didik.
Dengan menggunakan audio visual, peserta didik juga mampu belajar tak hanya dari melihat melainkan dengan cara mendengarkan juga. Dan bisa mengambil kesimpulan secara mandiri.

4. Media visual
Media visual ini diharapkan mampu meransang siswa kelas tinggi untuk lebih kreatif dan berimajinasi pada saat pembelajaran berlangsung.
Media yang dapat digunakan bisa :
• Ppt
• Gambar
• Poster

terima kasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

Nisa Nisa Rizki El Balqis གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Nisa Rizki El Balqis
NPM: 2013053166

Izin menjawab, Bu.
1. Media nonproyeksi
terdapat dua jenis media non proyeksi, yaitu:
a. Model
Model adalah benda nyata yang dimodifikasikan. Penggunaan model sebagai media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mengatasi kendala pengadaan realita karena harga yang mahal, sulit pengadaannya, barangnyaterlalu besar, bahkan mungkin terlalu kecil. Model dapat berukuran lebih besar, lebih kecil atau berukuran sama persis dengan benda aslinya, dan dapat menampilkan bentuk yang lengkap dan rinci dari benda aslinya. Sebagai salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, model memiliki keunggulan dan keterbatasan.
b. Grafis
Grafis adalah media visual nonproyeksi yang mudah digunakan karena tidak membutuhkan peralatan dan relatif murah. ada lima jenis media grafis yang memiliki keunggulan yang cukup tinggi dalam proses pembelajaran yaitu: graft, chart atau diagram, kartun, poster, peta atau globe. Masing-masing media grafis memiliki keunggulan dan keunikan sendiri-sendiri.
2. Media Video
Media video dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi. Hal itu disebabkan oleh kemampuan video untuk memanipulasi kondisi waktu dan ruang sehingga peserta didik atau siswa dapat diajak untuk melihat objek yang sangat kecil maupun objek yang sangat besar.
3. Media Audio Visual
Bentuk penyajian audio visual yang dikombinasikan dengan kemampuan melakukan sesuatu tersebut mampu menstimulir siswa tidak hanya untuk mendengar dan melihat melainkan juga secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Safira Ulfa གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Safira Ulfa
NPM : 2013053110
Izin menjawab bu,

Media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu:

1.Media Audio Visual
Media audio visual adalah jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti misalnya rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara dan lain sebagainya. Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa. Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

Alasan:
Alasan saya memilih media audio visual adalah media audio visual dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Media audio visual berperan sebagai sarana proses belajar menjadi lebih mudah dalam memahami objek, peristiwa, atau materi yang dibutuhkan dalam pembelajaran, bekerja untuk mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi pada pelajaran, mendukung pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dan bermanfaat dalam menyampaikan materi yang lebih jelas, metode pengajaran lebih variatif tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuntunan pendidik, peserta didik akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar karena tidak hanya mendengarkan kegiatan dan aktif dapat mengamati serta melakukan sesuatu mendemonstrasi serta menampilkan pembelajaran lebih menarik perhatian peserta didik.

2. Media grafik 
Media grafik dalah media visual yang menyajikan fakta, ide atu gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat angka-angka, dan simbol atau gambar. Grafik biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.

Alasan:
Alasan saya memilih media grafik karena dapat digunakan sebagai contoh media pembelajaran kreatif dan menarik untuk pelajaran hitung-hitungan. Pembelajaran kreatif dengan menggunakan media grafik bertujuan sebagai penggambaran data kuantitatif untuk menerangkan pelajaran. Pendidik dapat membuat media grafik sekreatif mungkin. Namun jangan lupa untuk mencantumkan keterangan yang lengkap pada contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini agar para murid atau pelajar dapat memahaminya dengan mudah.

3.Media Globe dan Peta
Media peta merupakan gambaran rata permukaan bumi yang lazimnya memberikan berbagai keterangan tentang bumi berupa garis, simbol kata dan warna, sedangkan media globe merupakan model dari bumi atau bumi tiruan dalam bentuk yang kecil.
Globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran, tetapi secara khusus globe tersebut memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi, tempat, arah, jarak, tentang permukaan bumi, dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah, dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif, dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya.

Alasan:
Alasan saya memilih media globe dan peta karena dapat mengajarkan siswa terkait posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain,dapat merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap penduduk dan pengaruh geografis dan memberikan gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, kehidupan hewan, hingga bentuk bumi yang sebenarnya.

4.Media Relia dan Poster
Media relia dan poster ialah media yang berbentuk benda nyata dimana dalam penerapannya siswa akan diajak untuk melakukan pengamatan, observasi dan praktek guna mengasah daya berpikir kritisnya karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa siswa kelas tinggi itu lebih suka atau perhatiannya lebih tertuju kepada hal-hal nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari contohnya materi mengenai Hak dan Kewajiban dalam pembelajarannya siswa diajak untuk mengamati sekelilingnya apa saja yang termasuk bentuk hak dan mana saja yang berbentuk kewajiban melalui kegiatan mengamati dan menganalisis. Kemudian kita juga dapat menerapkan media poster karena pada kelas tinggi anak-anak tidak menyukai sesuatu yang bergambar-gambar seperti waktu dikelas rendah mereka lebih tertarik terhadap isi yang ada didalamnya sehingga poster sangat tepat bila dijadikan sebagai metode karena tampilannya itu bisa disesuaikan dengan isi materinya mau seperti apa bentuknya dan berkualitas.

Alasan:
Alasan saya memilih media relia dan poster karena media ini dapat dilihat dan dipegang untuk membantu guru menyampaikan materi agar lebih mudah dimengerti oleh siswa,mudah didapat karena memanfaatkan benda di sekitar,dapat enumbuhkan semangat dan keingintahuan siswa,memberikan kesempatan siswa mengalami pembelajaran secara langsung,melatih keterampilan motorik dan sensoris siswa,dan memberikan pemahaman tentang aplikasi ilmu pengetahuan secara nyata pada siswa.

5.Media Manipulatif
Media manipulatif adalah alat bantu yang pembelajaran yang digunakan terutama untuk menjelaskan konsep dan prosedur pembelajaran. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik yang pertama adalah dengan menggunakan media manipulatif. Media ini bisa digunakan untuk berbagai macam bentuk pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya seperti menggunakan barang untuk belajar menghitung atau mengenal huruf hingga pembelajaran sains. Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik ini bisa membuat murid atau pelajar terlibat dengan proses belajar.

Alasan:
Alasan saya memilih media manipulatif karena Karena dengan menggunakan media manipulatif ini selain bisa membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran media ini juga dapat membuat peserta didik menemukan masalah dan diharapkan dapat memecahkan masalahnya sendiri terhadap apa yang diamatinya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

Risca Wulantika 2013053147 གིས-
Nama : Risca Wulantika
NPM : 2013053147

Media Pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi

1.      Media Audio-Visual

Media audio-visual adalah media yang memiliki unsur suara dan juga unsur gambar. Jenis media ini memiliki keahlian yang lebih baik, sebab meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan juga visual (melihat). Media Audiovisual adalah suatu alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipakai dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan juga kata yang diucapkan dalam memberi pengetahuan, sikap, dan ide. Contoh media ini yaitu televisi, video, film. Alasan memilih media audio-visual  ini yaitu memudahkan peserta didik dalam memahami dan juga menerima materi yang akan disampikan pendidik.

2.      Peta dan Globe

Media pembelajaran ini berfungsi menyajikan data-data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang didapat dalam menggunakan media pembelajaran ini ialah mengetahui bumi, sungai, gunung-gunung, dan daratan. Salah satu jenis media pembelajaran ini dapat memungkinkan siswa untuk mengerti posisi kesatuan pulau dan politik dari belahan dunia. Selain itu jenis media pembelajaran ini juga dapat merangsang minat terhadap pengaruh-pengaruh geografis.

3.      Media Audio

Media audio adalah media pembelajaran yang memfokuskan pada indra pendengaran peserta didik. Alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar menggunakan media audio ini di antaranya tape recorder, radio, telepon, dan lain sebagainya. Alasan memilih media ini karena media ini mudah dijangkau atau didapatkan dan juga agar peserta didik mudah menerima isi pembelajaran.