1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
1. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang didasarkan dari sebuah tema yang digunakan untuk mengaitkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak akan lebih mudah memahami sebuah konsep, karena hanya berdasarkan dari satu tema untuk beberapa pelajaran yang diajarkan.
2. Adapun model pembelajaran tematik menurut forgaty (1991) sbb:
1).Model sequenced (urutan/rangkaian)
Merupakan model pemaduan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel contohnya adalah memadukan mata pelajaran IPA dan matematika tentang dalam materi pengukuran.
2).Model shared
Merupakan model pembelajaran berbentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya konsep atau ide pada mata pelajaran atau lebih. Contohnya adalah seperti menggabungkan dua mata pelajaran atau lebih dalam satu tema seperti pembelajaran mengenai konsep pelajaran.
3).Model jaring laba-laba (web)
Merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema ajar, dan fungsi dari tema tersebut adalah sebagai pengikat keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain.
4).Model threaded
Merupakan model pembelajaran yang mengembangkan pokok gagasan dengan fokus pada metakurikulum. Contohnya untuk melatih keterampilan berpikir peserta didik /problem-solving dari beberapa mata pelajaran maka ditentukan lah beberapa bagian materi yang merupakan bagian dari pokok materi yang menyajikan problem solving.
5).Model keterpaduan (integrated)
Merupakan model pembelajaran yang memadukan sejumlah tema atau topik dari mata pelajaran yang berbeda ada tetap mempertahankan esensinya.
6).Model networked
Merupakan model pembelajaran yang mengendalikan kemungkinan perubahan konsep, bentuk pemecahan masalah, maupun tuntutan bentuk keterampilan baru setelah siswa mengadakan studi lapangan dan situasi kondisi maupun konteks yang berbeda.
3. Tujuan pembelajaran tematik terpadu adalah :
1) Mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topic tertentu.
2) Mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama.
3) Memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
4) Mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengaitkan berbagai pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.
5) Lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
6) Lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas.
7) Guru dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih atau pengayaan. 8) Budi pekerti dan moral siswa dapat ditumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab ibu,
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036
1. Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa (Effendi, 2009: 129). Kemudian menurut Trianto (2010: 78) menyatakan
bahwa pembelajaran tematik dimaknai
sebagai pembelajaran yang dirancang
berdasarkan tema-tema tertentu, dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari
berbagai mata pelajaran.
Berdasarkan dua pandangan di
atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang didasarkan dari sebuah tema
yang digunakan untuk mengaitkan beberapa
konsep mata pelajaran, sehingga anak akan
lebih mudah memahami sebuah konsep, karena dalam pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik akan dapat pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajari.
2. Model pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterkaitan (linkages) dan keterhubungan (relationship) antar berbagai disiplin. Model Pembelajaran Tematik Terpadu itu sendiri setidaknya ada sepuluh macam model, antara lain :
1. Model Terhubung (The Connected Model),
2. Model Jaring Laba-Laba (The Webbed Model),
3. Model Tematik Terpadu (The Integrated Model),
4. Model Sarang (The Nested Model),
5. Model Penggalan (The Fragmented Model),
6. Model Terurut (The Sequenced Model),
7. Model Irisan (The Shared Model),
8. Model Galur (The Threaded Model),
9. Model Celupan (The Immersed Model). Dan
10. Model Jaringan Kerja (The Networked model).
3. Tujuan dari model pembelajaran tematik dikembangkan adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yaitu guna :
1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi
3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
4. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
5. Meningkatkan gairah dalam belajar; dan
6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh