PRETEST

PRETEST

Number of replies: 42

TATA TERBIT PRETEST 

1. Simak baik-baik video pembelajaran diatas

2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri

3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan

4. Tugas ini bersifat individu


TUGAS

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?

In reply to First post

Re: PRETEST

by Dinda Wahyu Puspita 2013053137 -
Izin menjawab,
Nama : Dinda Wahyu Puspita
Npm : 2013053137

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawaban :
Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
Adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung)
Adalah model pembelajaran dimana guru mentransformasikan ilmu atau informasi maupun keterampilan secara langsung kepada peserta didik.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Adalah model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
d. Model Pembelajaran Jigsaw
Adalah model pembelajaran dimana siswa belajar dalam tim yang heterogen. Ada kelompok asal dan kelompok ahli, kelompok ahli membahas topik-topik tertentu kemudian masing-masing anggota dari kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan apa yang sudah didapat dari kelompok ahli, sehingga semua anggota kelompok asal memahami materi yang dibahas.
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Model pembelajaran Inquiry adalah model pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawaban :
Pembelajaran tematik merupakan suatu konsep pembelajaran yang efektif untuk SD/MI karena dapat membantu meningkatkan kecakapan berfikir siswa, meningkatkan semangat belajar dan sesuai dengan perkembangan anak. Model pembelajaran tematik memperhatikan keterkaitan tema dengan mata pelajaran yang terkait. Kemudian dari tema itu akan dikembangkan sub-tema yang akan menghubungkan ide-ide dalam sebuah
mata pelajaran, siswa mempunyai gambaran yang besar dan juga fokus
belajar pada satu aspek. Menghubungkan ide-ide dalam mata pelajaran membolehkan siswa untuk mereview, mengkonseptualisasi, mengedit, dan menggabungkan ide-ide secara perlahan-lahan dan dapat mentransfer manfaat. Dengan penerapan model-model pembelajaran tematik diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Model pembelajaran tematik yang diterapkan memberikan dampak bagi siswanya yakni:
(1) siswa tertantang untuk mempelajari suatu hal;
(2) siswa berusaha mencari sumber untuk menyelesaikan masalah ketika menghadapi kesulitan;
(3) dengan percaya diri mereka tidak takut untuk bertanya banyak hal kepada kepala sekolah;
(4) siswa menyukai materi yang sedang dipelajari dan berusaha keras memahaminya;
(5) rasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran tidak muncul; dan
(6) siswa bekerja keras untuk memecahkan masalah yang sedang mereka pelajari di kelas.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawaban :
a) Model pembelajaran untuk kelas rendah diantaranya adalah :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
Adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
Adalah teknik model yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling memberikan ide-ide dan pertimbangan jawaban yang paling tepat, model ini mendorong siswa untuk meningkatkan semangat bekerja sama.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Adalah model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
d. Model Pembelajaran Picture and Picture
Model pembelajaran ini Menggunakan gambar yang disusun secara sistematis. Artinya siswa secara aktif menyusun gambar yang tidak beraturan menjadi keadaan yang utuh atau sebenarnya.

b) Model pembelajara untuk kelas tinggi diantaranya adalah :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
Adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung)
Adalah model pembelajaran dimana guru mentransformasikan ilmu atau informasi maupun keterampilan secara langsung kepada peserta didik.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Adalah model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
d. Model Pembelajaran Jigsaw
Adalah model pembelajaran dimana siswa belajar dalam tim yang heterogen. Ada kelompok asal dan kelompok ahli, kelompok ahli membahas topik-topik tertentu kemudian masing-masing anggota dari kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan apa yang sudah didapat dari kelompok ahli, sehingga semua anggota kelompok asal memahami materi yang dibahas.
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Model pembelajaran Inquiry adalah model pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

Terimakasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Roza Melinda Puri 2013053004 -
Nama : Roza Melinda Puri
NPM : 2013053004
Izin Menjawab :
1. Demostrasi, Direct Intruction, Group Investigation, jigsaw, inquiry based learning.

2. Dapat meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik menjadi lebih lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

3. Kelas tinggi : Demostrasi, Direct Intruction, Group Investigation, jigsaw, inquiry based learning
Kelas Rendah : Demostrasi, Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together) , Group Investigation , Picture and Picture.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Sonnya Adelia -
Nama : Sonnya Adelia
NPM : 2013053140
Izin menjawab

1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu:
A. Demostrasi
B. Direct Intruction
C. Group Investigation
D. Jigsaw dan
E. Inquiry based learning.

2. Menurut Tim Pustur dalam Daryanto (2014:33) terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran tematik :
A. Terdapat banyak materi dari beberapa mata pelajaran yang memiliki
keterkaitan konsep sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan utuh.

B. Memudahkan peserta didik untuk memusatkan perhatian hal ini dikarenakan beberapa materi dikemas menjadi satu tema yang sama.

C. Peserta didik dapat mempelajari dan mengembangankan pengetahuan
dari berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama.

D. Pemebelajaran tematik melatih peserta didik menghubungkan beberapa
mata pelajaran sehingga informasi dapat diproses sesuai daya pikirnya
sehingga memungkinkan pberkembangnya jaringan konsep.

E. Efesien waktu hal in dikarenakan beberapa matpel dalam pembelajaran
tematik dikemas dalam satu tema dan disajikan dalam satu waktu yang
direncanakan sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan sebagai
pemantapan,pengayaan, pembiasaan keterampilan dan remideal.

3. Kelas Rendah
A. Demostrasi
B. Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
C. Group Investigation dan
E. Picture and Picture.

Kelas Tinggi
A. Demostrasi
B. Direct Intruction
C. Group Investigation
D. Jigsaw dan
E. Inquiry based learning.

Terimakasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by M. Zauzi Turseno -
Nama : M. Zauzi Turseno
Npm : 2013053146
izin menjawab :

1. model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
1. Model Pembelajaran Demonstrasion.
2. Model Pemeblajaran Direct Intruction.
3. Model Pembelajaran Group Investigation.
4. Model Pembelajaran Jigsaw.
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning.

2. Pembelajaran tematik merupakan konsep pembelajaran yang efektif untuk SD/MI karena dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan sejalan dengan perkembangan anak. Model pembelajaran mata pelajaran menitikberatkan pada relevansi mata pelajaran dengan mata pelajaran yang relevan. Subtopik kemudian dikembangkan dari topik tersebut untuk menghubungkan ide-ide dalam topik Subyek, siswa memiliki gambaran besar dan sangat fokus belajar di satu sisi. Menghubungkan ide dalam kursus memungkinkan siswa untuk secara perlahan meninjau, membuat konsep, mengedit, dan menggabungkan ide, dan manfaatnya dapat ditransfer. Dengan penerapan model pembelajaran topik, diharapkan Meningkatkan hasil belajar siswa.

3. Kelas Rendah
a. Demostrasi
b. Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
c. Group Investigation dan
d. Picture and Picture.

Kelas Tinggi
a. Demostrasi
b. Direct Intruction
c. Group Investigation
d. Jigsaw dan
e. Inquiry based learning.
Terimakasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Siti Muthoharoh 2013053114 -
Nama : Siti Muthoharoh
NPM : 2013053114
Izin menjawab bu,

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab :
1) Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik
2) Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru
3) Model Pembelajaran Group Investigation
Menurut Trianto (2009: 78) Group Investigation tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pembelajaran tipe ini bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, disamping itu tipe ini memerlukan pengajaran keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik pada siswa
4) Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran Jigsaw, siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan ”lembar ahli” yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca. Setelah semua siswa selesai membaca siswa-siswa yang dari tim yang memiliki topik yang sama bertemu dalam ’’ kelompok ahli’’ untuk mendiskusikan topik mereka. Setelah itu para ahli kembali ke timnya secara bergantian untuk mengajari teman satu timnya mengenai topik mereka.
5) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Menurut Gunawan dkk (2016) model pembelajaran inquiry based learning merupakan kegiatan pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab :
Dengan diterapkannya beberapa model pembelajaran tematik pada kelas tinggi tersebut seperti model pembelajaran demonstration, direct instruction, group investigation, jigsaw, dan inquiry based learning, maka tujuan pembelajaran yang hendak dicapai akan tercapai dan dalam model tersebut terdapat strategi, metode, pendekatan, teknik, media, dan penilaian pembelajaran yang dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk siswa kelas tinggi yaitu kelas 4, 5, dan 6. Selain itu, dengan beberapa model tersebut, peserta didik kelas tinggi akan lebih mampu untuk mencari dan menemukan jawaban atas permasalahan yang dihadapi, karena beberapa model tersebut pembelajarannya berpusat pada siswa. Jadi siswa dituntut untuk lebih aktif.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
Model pembelajaran untuk kelas rendah :
1) model pembelajaran picture and picture
2) model pembelajaran induktif
3) model pembelajaran realistik
4) Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
Model pembelajaran untuk kelas tinggi :
1) model pembelajaran demonstration
2) model pembelajaran direct instruction
3) model pembelajaran Group Investigation
4) model pembelajaran jigsaw
5) model pembelajaran inquiry based learning
Terimakasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Divana Oriza Sativa 2013053128 -
Nama : Divana Oriza Sativa
NPM: 2013053128
Izin menjawab

1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu diantaranya:
- Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.
- Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
- Model Pembelajaran Group Investigation
Merupakan tipe pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya dilakukan bersama-sama secara berkelompok dan struktur dengan baik, dimana siswa ikut berperan dalam pembelajaran yang dilaksanakan guna memecahkan masalah.
- Model pembelajaran Jigsaw
Pada model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen. Kemudian Materi disajikan peserta didik dalam bentuk teks dan setiap peserta didik bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain
- Model pembelajaran Inquiry Based Learning
Merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tersebut yaitu diharapkan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, sehingga tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien.

3. Model pembelajaran untuk kelas rendah :
- model pembelajaran terpadu
- model pembelajaran inquiry based learning
- model pembelajaran direct instruction
- model pembelajaran group investigation
- model pembelajaran ekspositori
- model pembelajaran picture and picture
- model pembelajaran kooperatif

Berikut ini klasifikasi model pembelajaran untuk kelas tinggi
- model pembelajaran demonstration
- model pembelajaran jigsaw
- model pembelajaran direct instruction
- model pembelajaran group investigation
- model pembelajaran inquiry based learning
- model pembelajaran mind mapping
In reply to First post

Re: PRETEST

by Fara Nalya Hadhaini -
Nama : Fara Nalya Hadhaini
NPM : 2013053148
Izin menjawab
1. Model pembelajaran untuk kelas tinggi antara lain:
a. Demostrasi
b. Direct Intruction
c. Group Investigation
d. Jigsaw
e. Inquiry based learning

2. peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.

3. Model pembelajaran untuk kelas rendah antara lain :
- Demostrasi
- Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
-Group Investigation
- Picture and Picture.
Model pembelajaran untuk kelas tinggi antara lain:
- Demostrasi
-Direct Intruction
-Group Investigation
-Jigsaw
In reply to First post

Re: PRETEST

by Naila Rahma Kurnia 2013053073 -
Nama: Naila Rahma Kurnia
NPM: 2013053073
Absen: 22
Izin menjawab.
1). Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a) Model Pembelajaran Demonstrasion
b)Model Pemeblajaran Direct Intruction
c) Model Pembelajaran Group Investigation
d) Model Pembelajaran Jigsaw
e) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2). Dampak bagi peserta didik jika di terapkan beberapa model pembelajaran tematik yaitu Dapat meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik menjadi lebih lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

3).Klasifikasi model pembelajaran:
a. Kelas rendah
Demonstration, NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, dan Picture and Picture.
b. Kelas tinggi
Demonstration, Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, dan Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Rinta Renjani 2013053098 -
Nama : Rinta Renjani
NPM : 2013053098
Izin Menjawab,

1. Jenis-Jenis Model Pembelajaran PPKn SD di Kelas Tinggi
1. Model Pembelajaran Demonstration
2. Model Pembeelajaran Direct Intruction atau model pembelajaran langsung
3. Model Pembelajaran Group Investigation atau pembelajaran berkelompok
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.
1. Model Pembelajaran Demonstration
Dampak Positif : Domonstrasi dapat mengaitkan teori dengan peristiwa alam sekitar
Dampak negatif : Sukar dimengerti apabila didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai materi.
2. Model Pembeelajaran Direct Intruction atau model pembelajaran langsung
Dampak Positif : Guru dapat mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang diterima oleh siswa.
Dampak negatif : Sulit untuk mengatasi perbedaan dalam hal kemampuan pengetahuan, pemahaman atau ketertarikan siswa.
3. Model Pembelajaran Group Investigation atau pembelajaran berkelompok
Dampak Positif : Dapat mengembangkan kreatifitas siswa, baik secara individu maupun kelompok.
Dampak negatif : Tidak semua topik cocok dengan model pembelajaran.
4. Model Pembelajaran Jigsaw
Dampak Positif : Pemerataan penguasaan materi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat.
Dampak negatif : Perlu dilakukan penguasaan materi yang menjadi tugas mereka.
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Dampak Positif : Peserta didik lebih aktif dalam mencari dan mengolah informasi, sampai menemukan jawaban atas pertanyaan secara mandiri.
Dampak negatif : Sering kali guru mengalami kesulitan dalam merencakan pembelajaran karena terbentuk dengan kebiasaan perseta didik dalam belajar.

3. Model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi
Kelas Rendah :
1. Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasi adalah model mengajar yang menggunakan peragaan
2. Model pembelajaran direct instruction
Yaitu model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep atau perubahan perilaku
3. Model pembelajaran group investigation
Yaitu pembelajaran kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar.
4. Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran ini melibatkan siswa pada proses pembelajaran langsung dengan mengunakan cara-cara bertanya dan berpikir kritis.
5. Model pembelajaran jigsaw
6. Model pembelajaran kooperatif
7. Model pembelajaran picture end picture
Kelas Tinggi : Model Pembelajaran Demonstration, Model Pembeelajaran Direct Intruction atau model pembelajaran langsung, Model Pembelajaran Group Investigation atau pembelajaran berkelompok, Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Inquiry Based Learning.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Arawinda Olatta -
Nama : Arawinda Olatta
NPM : 2013053089

1. Model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu :
a. Model pembelajaran Demonstrasion
b. Model pembelajaran Direct intruction
c. Model pembelajaran Group investigation
d. Model pembelajaran Jigsaw
e. Model pembelajaran inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut adalah :
a. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan anak
b. Hasil belajar akan lebih tahan lama
c. Menimbulkan keterampilan berpikir dan skill
d. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti; kerjasama, toleransi,
komunikasi dan respek terhadap orang lain

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi yaitu :
a. Model pembelajaran Kelas rendah :
- Model pembelajaran Demonstrasion
- Model pembelajaran Numbered Head Together
- Model pembelajaran Group Investigation
- Model pembelajaran Picture and Picture
b. Model pembelajaran Kelas tinggi :
- Model pembelajaran Demonstrasion
- Model pembelajaran Direct Intruction
- Model pembelajaran Group investigation
- Model pembelajaran Jigsaw
- Model pembelajaran Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Indah Indah Hartini -
Nama : Indah Hartini
NPM : 2013053162

1. Berdasarkan video pembelajaran, model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah:
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
b. Model Pembelajaran Direct Intruction/ pembelajaran langsung
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lainpeserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan pembelajaran dengan berbagai mata pelajaran dengan satu tema.

3. Klasifikasi model pembelajaran
a. Untuk Kelas rendah: Demonstration(menggunakan peragaan), NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, dan Picture and Picture.(menggunakan gambar sebagai medianya)

b.Untuk Kelas tinggi: Demonstration(menggunakan peragaan), Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, dan Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Salsabila Nur Asyifa -
Nama : Salsabila Nur Asyifa
NPM : 2013053142
Izin menjawab

1. Model Pembelajaran Demostrasi
Model Pembelajaran Direct Intruction
Model Pembelajaran Group Investigation
Model Pembelajaran jigsaw
Model Pembelajaran inquiry based learning.

2. Dengan model pembelajaran tersebut peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran serta siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan kreativitasnya

3. Kelas tinggi : Demostrasi, Direct Intruction, Group Investigation, jigsaw, inquiry based learning
Kelas Rendah : Demostrasi, Numbered Head Together , Group Investigation , Picture and Picture.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Ida Farida -
Nama : Ida Farida
NPM : 2013053051

Izin menjawab
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pemeblajaran Direct Intruction
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampak bagi peserta didik adalah bisa meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini siswa juga akan menjadi lebih lebih aktif, dan berfikir kritis dalam berfikir serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran untuk kelas rendah :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Picture and Picture

Model pembelajaran untuk kelas tinggi :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pemeblajaran Direct Intruction
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Terima kasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Ikhsan Kurniawan -
Nama : Ikhsan Kurniawan
NPM : 2013053164
Izin menjawab,

1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi:
- Model Pembelajaran Demonstration
- Model Pembelajaran Direct Instruction
- Model Pembelajaran Group Investigation
- Model Pembelajaran Jigsaw
- Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Beberapa model pembelajaran yang diterapkan memberi dampak positif kepada peserta didik karena memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema, yang mana dapat menambah semangat belajar karena materi yang siswa pelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi siswa.

3. Klasifikasi model pembelajaran:
a. Kelas rendah
Demonstration, NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, dan Picture and Picture.
b. Kelas tinggi
Demonstration, Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, dan Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Putri Septiana -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Putri Septiana
Npm: 2013053105
Izin menjawab,

1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu:
a. Demonstrasi
b. Direct Intruction
c. Group Investigation
d. Jigsaw
e. Inquiry based learning.

2. Dampak yang diakibatkan apabila menggunakan model model pembelajaran tersebut yakni peserta didik dapat mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. Kemudian dengan adanya model-model pembelajaran ini dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu persoalan dalam pembelajaran.

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah yaitu:
a. Model Demonstrasi
b. Model Group Investigation
c. Model Inquiry Based learning
d. Model Direct Interaction
e. Model Jigsaw
f. Model Kooperatif
g. Model Picture end picture
h. Model NHT (numbered head together)

Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu:
a. Model Demonstrasi
b. Model Direct Interaction
c. Model Group investigation
d. Model Jigsaw
e. Model inqury Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Dita Khoirunnisa -
Nama : Dita Khoirunnisa
NPM : 2013053106

Izin menjawab,
1. Berdasarkan video penjelasan di atas, model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi, yaitu :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
b. Model Pembelajaran Direct Intruction
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik adalah dapat meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna, peserta didik mampu mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi dan menumbuhkembangkan keterampilan sosial peserta didik seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.

3. Klasifikasi model pembelajaran
a. Kelas Rendah
Model Pembelajaran untuk kelas rendah : Demonstrasion, NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, Picture and Picture, Tebak Kata.
b. Kelas Tinggi
Model pembelajaran untuk kelas tinggi : Demonstrasion, Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, Inquiry Based Learning.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Ni Luh Putu Suciari -
Selamat siang Ibu,
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003
Izin menjawab,
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Jawab :
- Model Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi).
- Model Pembelajaran Langsung (DL, Direct Learning)
Pengetahuan yang bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada ketrampilan dasar akan lebih efektif jika disampaikan dengan cara pembelajaran langsung
- Model pembelajaran demonstrasi
Menggunakan peragaan untuk menjelaskan suatu pengertian kepada anak didik.
- Model pembelajaran jisaw
Siswanya bersifat heterogen dimana ada kelompok asal dan kelompok ahli.
- Model pembelajaran inquiri
Mandiri, siswa dituntut mencari jawaban sendiri.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab :
- Siswa tertantang untuk mempelajari suatu hal baru dalam pelajaran
- Siswa berusaha mencari sumber untuk menyelesaikan masalah ketika menghadapi kesulitan dalam belajar
- Dengan percaya diri mereka tidak takut untuk bertanya banyak hal kepada guru dan kepala sekolah
- Siswa menyukai materi yang sedang dipelajari dan berusaha keras untuk memahaminya
- Rasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran tidak muncul, dan
- Siswa bekerja keras untuk memecahkan masalah yang sedang mereka pelajari di kelas.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Jawab :
Kelas rendah :
Model pembelajaran langsung, Model grop investigatiaon, Model demonstrasi, dan Model Picture and Picture.
Kelas tinggi :
Model Kontekstual (CTL), Model Pembelajaran Langsung, Model pembelajaran demonstrasi, Model pembelajaran jisaw, dan Model pembelajaran inquiri.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Nola Mardiah -
Nama: Nola Mardiah
NPM: 2013053168
Izin Menjawab
1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu:
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pemeblajaran Direct Intructio
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampak positif bagi peserta didik jika diterapkan model pembelajaran tematik tersebut diantaranya memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang tergabung dalam tema, sehingga dapat menambah semangat belajar karena materi yang siswa pelajari merupakan materi yang konkret/nyata (kontekstual) sehingga bermakna bagi peserta didik.
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
A. Model pembelajaran untuk kelas rendah :
1) model pembelajaran picture and picture
2) model pembelajaran induktif
3) model pembelajaran realistik
4) Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
B. Model pembelajaran untuk kelas tinggi :
1) model pembelajaran demonstration
2) model pembelajaran direct instruction
3) model pembelajaran Group Investigation
4) model pembelajaran jigsaw
5) model pembelajaran inquiry based learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Mutiara Cinta Amanda -
Nama : Mutiara Cinta Amanda
NPM : 2013053017
Izin menjawab,

1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi, yaitu :
a. Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model pembelajaran direct intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori.
c. Model pembelajaran group investigation
Group investigation adalah tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan, baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan. Terdapat 5 langkah pembelajaran group investigation, yaitu : 1) Pemilihan topik , 2) Implementasi, 3) Analisis, 4) Presentasi, 5) Evaluasi.
d. Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran jigsaw siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli" yang dibagi atas tipik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
e. Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran inquiry based learning merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Terdapat 6 langkah pembelajaran inquiry based learning, yaitu : 1) Simulation, 2) Problem statement, 3) Data collection, 4) Data processing, 5) Verification, 6) Generalization.

2. Dampak diterapkannya beberapa model pembelajaran tematik bagi peserta didik adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik dan tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien untuk peserta didik di sekolah dasar.

3. Model pembelajaran untuk kelas rendah yaitu :
a. Model Pembelajaran Demostrasi
Model pembelajaran demonstrasi adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada tanggung jawab secara individu dan kelompok untuk memahami materi yang dipelajari sehingga siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Model Pembelajaran Group Investigation adalah pembelajaran yang melibatkan kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar.
d. Model Pembelajaran Picture and Picture
Model Pembelajaran Picture and Picture adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Model ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.

Model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu :
a. Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model pembelajaran direct intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori.
c. Model pembelajaran group investigation
Group investigation adalah tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan, baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan.
d. Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran jigsaw siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli" yang dibagi atas tipik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
e. Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran inquiry based learning merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Mita Ayuning Tias -
Nama : Mita Ayuning Tias
Npm : 2013053034
Izin menjawab,
1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a) model Pembelajaran Demonstration, model mengajar yang
menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk
memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b) Model Pembelajaran Direct Intruction, model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau
keterampilan secara langsung kepada peserta didik.
c) Model Pembelajaran Group Investigation, tipe pembelajaran
berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang
dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
d) Model jigsaw,
e) Model pembelajaran Inquiry Based Learning, kegiatan pembelajaran
berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari
permasalahan yang dihadapi.

2. Dapat menumbuhkan pemahaman siswa atas konsep yang dipelajari serta kreativitasannya dalam memaknai pembelajaran tingkat tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak. 

3. Model pembelajaran untuk kelas tinggi adalah model Pembelajaran Demonstration, jigsaw, Model pembelajaran Inquiry Based Learning,
Model Pembelajaran Group Investigation, dan Model Pembelajaran Direct Intruction.
Model pembelajaran untuk kelas rendah adalah model Pembelajaran picture and picture, examples non examples, model Pembelajaran Demonstration.
Terimakasih..
In reply to First post

Re: PRETEST

by Lutfi Qurrotul A'yun -
Nama : Lutfi Qurrotul A’yun
NPM : 201305135

Izin menjawab,
1. Model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Direct Intruction atau model pembelajaran langsung
pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang bertahap atau langkah demi langkah.
b. Model Group Investigation
merupakan, pembelajaran dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik/ sub topik maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi
c. Model Pembelajaran Jigsaw
merupakan metode belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen
d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
suatu pendekatan yang digunakan dan mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan (informasi), atau mempelajari suatu gejala.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut yaitu Peserta didik dapat mempelajari dan mengembangankan pengetahuan dari berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, Pembelajaran tematik melatih peserta didik menghubungkan beberapa mata pelajaran sehingga informasi dapat diproses sesuai daya pikirnya sehingga memungkinkan pberkembangnya jaringan konsep. Dan efesien waktu hal ini dikarenakan beberapa matpel dalam pembelajaran tematik dikemas dalam satu tema dan disajikan dalam satu waktu yang direncanakan sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan sebagai pemantapan,pengayaan, pembiasaan keterampilan dan remideal.

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi
1. Model pembelajaran untuk kelas tinggi
a. Model Direct Intruction atau model pembelajaran langsung
Pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses pembelajaran siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang bertahap atau langkah demi langkah.
b. Model Group Investigation
Pembelajaran dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik/ sub topik maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi
c. Model Pembelajaran Jigsaw
Merupakan metode belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen
d. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Pendekatan yang digunakan dan mengacu pada suatu cara untuk mempertanyakan, mencari pengetahuan (informasi), atau mempelajari suatu gejala.

2. Model pembelajaran untuk kelas rendah
a. Model pembelajaran Demontrasion
Metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
b. Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
Model pembelajaran kooperatif yang menekan pada tanggung jawab secara individu dan kelompok untuk memahami materi yang dipelajari sehingga siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Adalah kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalan keterlibatan belajar
d. Model pembelajaran picture and picture
Metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis.
e. Model pembelajaran tebak kata
Terima kasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Nisa Nisa Rizki El Balqis -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Nisa Rizki El Balqis

NPM: 2013053166

Berdasarkan hasil setelah saya menonton video diatas, dapat disimpulkan bahwa:

1. Terdapat lima model pembelajaran yang tepat digunakan untuk kelas rendah, yaitu:

Model pembelajaran demostrasi
Model pembelajaran direct intruction atau pembelajaran langsung
Model pembelajaran group investigation
Model pembelajaran jigsaw
Model pembelajaran inquiry based learning
2. Dampak positif jika menggunakan model pembelajaran tematik adalah:

Peserta didik akan lebih muda h melakukan pembelajaran
Siswa mampu mempelajarai pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam tema yang sama
Waktu yang diguakan akan lebih efisien karena guru dapat mengajarkan berbagai mata pelajaran dalam satu waktu
3. Klasifikasi model pembelajaran kelas rendah dan kelas tinggi
Terdapat lima model pembelajaran kelas rendah, yaitu:

Model pembelajaran demonstrasi
Model pembelajaran NHT (Number Head Together)
Model Pembelajaran Group Investugation
Model pembelajaran picture and picture
Model pembelajaran tebak kata
Terdapat lima model pembe;lajaran kelas tinggi, yaitu:

Model pembelajaran demostrasi
Model pembelajaran direct intruction atau pembelajaran langsung
Model pembelajaran group investigation
Model pembelajaran jigsaw
Model pembelajaran inquiry based learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Anggini Mareta -
Nama : Anggini Mareta
NPM : 2013053046
Izin Menjawab
1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a) Model Pembelajaran Demonstrasion
b)Model Pemeblajaran Direct Intruction
c) Model Pembelajaran Group Investigation
d) Model Pembelajaran Jigsaw
e) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Memberikan dampak yaitu kemudahan bagi siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta menambah semangat belajar karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi siswa. Siswa juga akan lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan kemampuan dan daya pola pokir mereka.

3. Model pembelajaran kelas rendah =
a). Model Pembelajaran Demonstrasion
b). Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
c). Group Investigation
d). Picture and Picture
e). Jigsaw
f). Mind Mapping

Model pembelajaran untuk kelas tinggi =
a) Model Pembelajaran Demonstrasion
b)Model Pemeblajaran Direct Intruction
c) Model Pembelajaran Group Investigation
d) Model Pembelajaran Jigsaw
e) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Risca Wulantika 2013053147 -
Nama : Risca Wulantika
NPM : 2013053147

1.model pembelajaran untuk kelas tinggi :
1). Model Pembelajaran Demonstration
2). Model Pembelajaran Direct Intruction
3). Model Pembelajaran Group Investigation
4). Model Pembelajaran Jigsaw
5). Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak yang di timbulkan bagi peserta didik adalah terjadi pada aspek afektif peserta didik, perubahan tersebut antara lain :
1). Peserta didik lebih kreatif,
2). Peserta didik lebih percaya diri,
3). Peserta didik senang dalam mengikuti pembelajaran,

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah
1). Model Demonstrasi
2). Model Group Investigation
3). Model Direct Interaction
4). Model Picture end picture
5). Model Pembelajaran Kooperatif
6). Model Jigsaw

Klasifikasi model pembelajaran untik kelas tinggi
1). Model Demonstrasi
2). Model Direct Interaction
3). Model Jigsaw
4). Model Group investigation
5). Model Problem Based Learning
6). Model Pembelajaran Inquiry
In reply to First post

Re: PRETEST

by Dhea Ayu Purba Laras -
Nama : Dhea Ayu Purba Laras
NPM : 2013053119

Izin menjawab,
1. Model pembelajaran yang tepat di kelas tinggi adalah :
- Model pembelajaran Demonstrasi
- Model Pembelajaran Direct Instruction
- Model pembelajaran Group Investigation
- Model pembelajaran Jigsaw
- Model pembelajaran Inquiry based learning.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tentunya akan berdampak sangat baik, karena peserta didik sendiri dituntuk untuk aktif berfikir, selain itu pula dengan diterapkannya model pembelajaran tersebut kegiatan belajar peserta didik menjadi lebih bermakna dan berkesan, serta dapat lebih mudah dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

3. Berikut klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah dan tinggi:
- Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
b. Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Picture and Picture
- Klasifikasi model pembelajaran untik kelas tinggi :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Rahmat Rahmat Agung Dwisarjana -
Nama : Rahmat Agung Dwisarjana
NPM : 2013053086
Izin menjawab

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi:
- Model Pembelajaran Demonstration
- Model Pembelajaran Direct Instruction
- Model Pembelajaran Group Investigation
- Model Pembelajaran Jigsaw
- Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampak positifnya adalah siswa akan lebih mudah paham mengenai konsep-konsep yang ada, membuat siswa lebih aktif dan juga memberikan pengalaman yang bermakna sehingga ilmu pengetahuan yang diperoleh akan lebih bertahan lama.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Klasifikasi model pembelajaran:
Kelas rendah
a.Demonstration
b.NHT (Numbered Head Together)
c. Group Investigation
d.Picture and Picture.
Kelas tinggi
a. Demonstration
b. Direct Intruction
c. Group Investigation
d. Jigsaw
e. Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Resa Kurnia -
Nama : Resa Kurnia
Npm: 2013053071
Izin menjawab:

1. Berikut adalah model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Demonstration
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak jika diterapkan beberapa model tersebut yakni, memudahkan siswa dalam memahami dan mendalami konsep materi secara bermakna. Dengan diterapkan model pembelajaran tematik juga akan menjadikan siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, dan mendorong siswa berfikir secara kritis.

3. Klasifikasi model pembelajaran
a. Kelas rendah
a.) Model Pembelajaran Demonstrasi
b.) Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
c.) Model Pembelajaran Group Investigation
d.) Model Pembelajaran Picture and Picture
e.) Model Pembelajaran Tebak Kata

b. Kelas tinggi
a.)Model Pembelajaran Demonstration
b.)Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
c.)Model Pembelajaran Group Investigation
d.)Model Pembelajaran Jigsaw
e.)Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Terima kasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Nita Yuansari -
Nama : Nita Yuansari
NPM : 2013053082

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawaban :
a. Model Pembelajaran Demonstration
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
jawaban :
Siswa mampu mempelajarai pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam tema yang sama dan waktu yang diguakan akan lebih efisien karena guru dapat mengajarkan berbagai mata pelajaran dalam satu waktu.

3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
jawaban :
Model pembelajaran untuk kelas rendah (Model Pembelajaran Demonstrasion, Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together), Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Picture and Picture)

Model pembelajaran untuk kelas tinggi : (Model Pembelajaran Demonstrasion, Model Pemeblajaran Direct Intruction, Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Inquiry Based Learning)
In reply to First post

Re: PRETEST

by ARIF RAHMAN 2013053069 -
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi !
Jawab :
-Demonstrasi: Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
-Direct instruction: Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.
-Group investigation: Group Investigation tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pembelajaran tipe ini bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, disamping itu tipe ini memerlukan pengajaran keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik pada siswa.
-Model Jigsaw:  Suatu model pembelajaran yang didasarkan pada bentuk struktur rmultifungsi kelompok belajar yang dapat digunakan pada semua pokok bahasan dan semua tingkatan untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan setiap kelompok yang telah mereka pelajari sebelumnya.
-Inquiry Based Learning: Merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat kepada siswa, kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan melalui suatu prosedur yang telah direncanakan secara jelas.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Jawab :
-Demonstrasi: dapat mendorong motivasi belajar peserta didik, dapat menghidupkan pelajaran karena peserta didik tidak hanya mendengar tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi, dapat mengaitkan teori dengan peristiwa alam sekitar.
-Direct instruction: Dapat mengarahkan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran untuk tetap berprestasi.
Group investigation: Beorientasi menuju pembentukan siswa menjadi manusia sosial, dapat mengembangkan kreatifitas siswa, baik secara individu maupun kelompok.
-Model Jigsaw: Dapat menumbuhkan semangat kerja sama dan kegairahan dalam belajar bagi siswa, meningkatkan motivasi dan saling menghargai antara sesama siswa.
-Inquiry Based Learning: Peserta didik lebih aktif dalam mencari dan mengolah informasi, sampai menemukan jawaban atas pertanyaan secara mandiri dan peserta didik memahami konsep-konsep dasar dan ide-ide dengan lebih baik, serta memberikan ruang kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi !
Jawab :
-Model pembelajaran kelas rendah:
Demonstration: Model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan materi yang diajarkan.
-NHT (Numbered Head Together):  Merupakan rangkaian penyampaian materi dengan menggunakan kelompok sebagai wadah dalam menyatukan persepsi/pikiran siswa terhadap pertanyaan yang dilontarkan atau diajukan guru, yang kemudian akan dipertanggungjawabkan oleh siswa.
Group Investigation: Pembelajaran dimana siswa dilibatkan sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik/ sub topik maupun cara untuk pembelajaran secara investigasi dan model ini menuntut para siswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam arti bahwa pembelajaran investigasi kelompok itu metode yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informan) pelajaran yang akan di pelajari melalui bahan-bahan yang tersedia misalnya dari buku pelajaran, masyarakat, internet.
-Picture and Picture: Suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Pembelajaran ini memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. 
-Tebak Kata: Model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Permainan tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menjodohkan soal teka-teki dengan kartu jawaban yang tepat.

Model pembelajaran kelas tinggi: Demonstrasi, Direct instruction, Group investigation, Model Jigsaw, dan Inquiry Based Learning.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Riska Dwi Ayu Triyana -
Nama : Riska Dwi Ayu Triyana
NPM : 2013053097
Izin menjawab Ibu,
1. Model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah, sebagai berikut :
1) Model Pembelajaran demonstrasion
2) Model Pembelajaran Direct Intruction
3) Model Pembelajaran Group Investigation
4) Model Pembelajaran Jigsaw
5) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik adalah dapat membantu mengembangkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen (Joice& Wells). Dan Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan semangat belajar menggunakan model yang sesuai dengan perkembangannya.

3. Klasifikasi model pembelajaran kelas rendah:
1) Model Pembelajaran Demonstrasion
2) Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
3) Model Pembelajaran Group Investigation
4) Model Pembelajaran Picture and Picture

Klasifikasi model pembelajaran kelas tinggi:
1) 1) Model Pembelajaran demonstrasion
2) Model Pembelajaran Direct Intruction
3) Model Pembelajaran Group Investigation
4) Model Pembelajaran Jigsaw
5) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Terima kasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Rita Septiana -
Izin menjawab buk
Nama : Rita Septiana
Npm : 2013053048

1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi !
MODEL PEMBELAJARAN PKn SD KELAS TINGGI
a. Model pembelajaran demonstrasion
Adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.

b. Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung Pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori.

c. Model Pembelajaran Group Investigation
Group Investigation tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka (Trianto, 2009).
Terdapat 5 langkah pembelajaran: 1) pemilihan Topik, 2) Implementasi, 3) analisis 4) Presentasi, 5) Evaluasi

d. Model Pembelajaran Jigsaw
Yaitu siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli” yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi focus perhatian anggota tim saat mereka membaca, Terdapat 9 langkah dalam pelaksanaan pembelajarannya.

e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Model pembelajaran Inquiry Based Learning merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran (Shoimin,2014).
Model pembelajaran inquiry based learning merupakan kegiatan pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi (Gunawan dkk, 2016).
Terdapat 6 langkah pembelajaran: 1) Stimulation, 2)Problem statement, 3) Data Collection, 4) Data processing, 5) Verification, 6) Generalization.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut !
Hasil studi pendahuluan di Sekolah Dasar Alam Baturraden, model pembelajaran tematik yang diterapkan memberikan dampak bagi siswanya yakni: (1) siswa tertantang untuk mempelajari suatu hal; (2) siswa berusaha mencari sumber untuk menyelesaikan masalah ketika menghadapi kesulitan; (3) dengan percaya diri mereka tidak takut untuk bertanya banyak hal kepada kepala sekolah; (3) siswa menyukai materi yang sedang dipelajari dan berusaha keras memahaminya; (5) rasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran tidak muncul; dan (6) siswa bekerja keras untuk memecahkan masalah yang sedang mereka pelajari di kelas.
Hasil pengamatan tersebut sejalan dengan skala motivasi yang dikemukakan oleh Sardiman (2016: 83) yaitu: (1) tekun menghadapi tugas; (2) ulet menghadapi kesulitan; (3) menunjukkan minat terhadap permasalahan yang terjadi; (4) lebih senang bekerja mandiri; (5)kreatif; (6) dapat mempertahankan pendapat; dan (7) senang mencari dan memecahkan masalah. Dengan demikian, pembelajaran dengan model pembelajaran tematik yang diterapkan di Sekolah Dasar mampu memotivasi siswa.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi ?
Model pembelajaran kelas rendah : Model Pembelajaran demonstrasi, model pembelajaran langsung, model pembelajaran ekspositori, model pembelajaran NHT, Model Pembelajaran terpadu, dll
Model pembelajaran kelas tinggi : Model pembelajaran demonstrasion, Model Pembelajaran Direct Intruction, Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Jigsaw, Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Model kontekstual learning, model induktif, model pembelajaran diskusi kelompok, dll
In reply to First post

Re: PRETEST

by Niken Niken Ayu Saputri -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Niken Ayu Saputri
Npm : 2013053005

1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi!
a. Model Pembelajaran demonstrasion
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (pembelajaran langsung)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lain peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran dalam pembelajaran tematik dikemas dalam satu tema dan disajikan dalam satu waktu yang direncanakan sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan sebagai pemantapan, pengayaan, pembiasaan keterampilan dan remideal.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran untuk kelas rendah;
a)Model pembelajaran demonstrasion
b)Model pembelajaran picture and picture
c)Model pembelajaran mind mapping
d)Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
Model pembelajaran untuk kelas tinggi;
a)Model Pembelajaran demonstrasion
b)Model Pembelajaran Direct Intruction (pembelajaran langsung)
c)Model Pembelajaran Group Investigation
d)Model Pembelajaran Jigsaw
e)Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: PRETEST

by Dinda Maharani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab ibu,
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036

Berdasarkan hasil menyimak video pembelajaran yang ibu berikan tadi ialah,
1. Sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi?
Model-model pembelajaran yang tepat jika diterapkan d kelas tinggi antara lain :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pembelajaran Direct Intruction
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
Dampak bagi peserta didik a dengan adanya penerapan model pembelajaran tematik adalah meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna kepada peserta didik kemudian peserta didik juga akan menjadi pribadi yang aktif, kreatif dan terlatih untuk berfikir kritis serta melatih kepercayaan diri siswa karena dalam pembelajaran ini berpusat pada siswanya.

3. Klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
Model pembelajaran yang tepat diterapkan untuk kelas rendah antara lain :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pembelajaran NHT ( Numbered Head Together)
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Picture and Picture

Model pembelajaran yang tepat diterapkan untuk kelas tinggi antara lain :
1. Model Pembelajaran Demonstrasion
2. Model Pemeblajaran Direct Intruction
3. Model Pembelajaran Group Investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Terima kasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: PRETEST

by Lutfi Liana Pramesti -
Nama : Lutfi Liana Pramesti
NPM : 2013053083
Izin menjawab

1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu
a. Model Pembelajaran Demonstration, merupakan model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihat bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik
b. Model Direct Instruction, merupakan pembelajaran langsung dimana Guru menginformasikan informasi dan keterampilan secara langsung kepada peserta didik yang berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru
c. Model Group Investigation, di mana tipe pembelajaran ini terdiri dari kegiatan yang dilakukan bersama-sama secara berkelompok dan struktur dengan baik di mana siswa ikut berperan dalam pembelajaran yang dilaksanakan guna memecahkan masalah
d. Model Pembelajaran Jigsaw, dalam model ini siswa belajar dalam tim yang heterogen siswa harus diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan lembar ahli yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut ialah peserta didik akan lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik Mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama dan efisien waktu karena peserta didik dapat melakukan berbagai mata pelajaran di waktu yang sama

3. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah
a. Model Demonstrasi
b. Model Group Investigation
c. Model Inquiry Based learning
d. Model Direct Interaction
e. Model Jigsaw
f. Model Kooperatif
g. Model Picture end picture

Klasifikasi model pembelajaran untik kelas tinggi
a Model Demonstrasi
b. Model Direct Interaction
c model Group investigation
d. Model Jigsaw
e. model Based Learning

Terimakasih
In reply to First post

Re: PRETEST

by Mika Dea Agustin -
Nama : Mika Dea Agustin
NPM : 2013053006

1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu model pembelajaran demonstrasion, model pembelajaran direct intruction (model pembelajaran langsung), model pembelajaran group investigation (model pembelajaran berkelompok), model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran inquiry based learning.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut adalah dapat meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada peserta didik. Pada pembelajaran tematik ini peserta didik dituntut lebih aktif dan berpikir kritis serta dalam proses pembelajaran berpusat pada siswa.

3. Model pembelajaran kelas tinggi : model pembelajaran demonstrasion, model pembelajaran direct intruction (model pembelajaran langsung), model pembelajaran group investigation (model pembelajaran berkelompok), model pembelajaran jigsaw, model pembelajaran inquiry based learning.
Model pembelajaran kelas rendah : picture and picture, examples non examples, cooperative script, numbered heads together (NHT)
In reply to First post

Re: PRETEST

by Tamam Abdiella Sancari -
Nama : Tamam Abdiella Sancari
NPM : 2013053176
Izin menjawab

1. Berikut model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi :
a. Model Pembelajaran Demonstration
b. Model Pembelajaran Direct Instruction
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Jigsaw
e. Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dampak bagi peserta didik :
a. siswa tertantang untuk mempelajari suatu hal
b. siswa berusaha mencari sumber untuk menyelesaikan masalah ketika menghadapi kesulitan
c. dengan percaya diri mereka tidak takut untuk
bertanya banyak hal kepada kepala sekolah
d. siswa menyukai materi
yang sedang dipelajari dan berusaha keras memahaminya
e. rasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran tidak
muncul
f. siswa bekerja keras
untuk memecahkan masalah yang sedang mereka pelajari di kelas

3. Klasifikasi model pembelajaran kelas rendah :
a. Demonstration
b. NHT (Numbered Head Together)
c. Group Investigation
d. Picture and Picture.

Klasifikasi model pembelajaran kelas tinggi :
a. Demonstration
b. Direct Intruction
c. Group Investigation
d. Jigsaw
e. Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Pajar irawan 2013053085 -
Nama : Pajar Irawan
NPM : 2013053085
Izin menjawab
1. model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model Pembelajaran Langsung
Pembelajaran langsung adalah salah satu macam-macam model pembelajaran. Model ini bisa didefinisikan sebagai model pembelajaran di mana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung pada peserta didik.
b. Model Pembelaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak macam-macam model pembelajaran, yang menitik beratkan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang mengungkapkan pengalaman dan kejadian dekat dengan siswa sebagai sarana untuk memahamkan persoalan matematika.
PMRI adalah salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang mencoba menggunakan pengalaman dan lingkungan siswa sebagai alat bantu mengajar primer.
Selain itu, PMRI adalah teori pembelajaran yang telah dikembangkan khusus untuk matematika. Konsep matematika realistik tersebut sejalan dengan kebutuhan untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia yang didominasi oleh persoalan bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika serta mengembangkan daya nalar.
c. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Model pengajaran berdasar masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk proses berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran ini membantu siswa memproses informasi yang sudah ada dalam benaknya, dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial serta sekitarnya.
d. Model Pembelajaran Kontekstual
Selanjutnya, model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL adalah salah satu konsep macam-macam model pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata. Hingga pada akhirnya, para siswa mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian, bisa dikatakan juga jika CTL merupakan salah satu konsep pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh agar dapat menemukan materi yang dipelajari, serta mampu menghubungkannya dengan situasi di kehidupan nyata.
CTL juga merupakan sebuah proses pendidikan yang memiliki tujuan untuk membantu siswa melihat makna maupun arti dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari, tentunya dengan cara menghubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, yaitu menggunakan konteks lingkungan pribadi, sosial, serta budaya yang dianutnya.
d. model pembelajaran Discovery Learning
Discovery Learning menjadi model pembelajaran yang menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan pengalaman belajar secara aktif. Dalam prosesnya, model pembelajaran ini akan membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasannya terkait topik yang dipelajari.
e. model Problem Based Learning
Problem Based Learning diartikan sebagai Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu jenis model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk.

2. Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lain peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

3. klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah dan kelas tinggi
model pembelajaran untuk kelas rendah
a. Model Pembelajaran DemonstrationModel pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung)
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru.
c. Model Pembelajaran JigsawDapat digunakan apabila materi pembelajaran adalah materi yang berbentuk tertulis.
d. Model Pembelajaran Discovery Learning
Dalam prosesnya, model pembelajaran ini akan membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasannya terkait topik yang dipelajari.
e. Model Integrated
Model integrated merupakan model pemaduan sejumlah tema (topik) pembelajaran dari mata pelajaran yang berbeda tetapi esensinya sama dalam sebuah tema atau topik tertentu.
f. Model Connected ( keterhubungan / terkait )
Model pembelajaran connected dimana guru mencermati standar kompetensi suatu mata pelajaran untuk menentukan keterkaitan antar kompetensi dasar suatu mata pelajaran dalam satu tingkat kelas.
g. Model Webbed ( jaring laba-laba )
Model jaring laba-laba adalah pembelajaran yang mengintegrasikan materi pengajaran dan pengalaman belajar melalui keterpaduan tema. Tema menjadi pengikat keterkaitan antar satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.

Model pembelajaran yang cocok untuk kelas tinggi
a. Model Contexstual Teaching Learning (CTL)
Model CTL disebut juga REACT, yaitu relating (belajar dalam kehidupan nyata), experiencing (belajara dalam konteks eksplorasi, penemuan, dan penciptaan), applying (belajar dengan menyajikan pengetahuan untuk kegunaannya), cooperating (belajar dalam konteks interaksi kelompok), dan transferring (belajar dengan menggunakan penerapan dalam konteks baru atau konteks lain).
b. Model Pembelajaran Induktif
Pendekatan ini dikembangkan oleh filsuf Francis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang konkrit sebanyak mungkin. semakin banyak fakta semakin banyak kita menarik kesimpulan.
c. Model Pembelajaran Deduktif
Pendekatan deduktif merupakan pendekatan yang mengutamakan penalaran dari umum ke khusus.
d. Model ekspositori
Model ini merupakan suatu model dengan pendekatan yang menekankan pada interaksi guru dengan siswa.
e. Pembelajaran Inkuiri Based Learning
suatu model pembelajaran yang berpusat kepada siswa, kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban atas pertanyaanpertanyaan melalui suatu prosedur yang telah direncanakan secara jelas.
f. Model Pembelajaran Inkuiri
Suatu model langkah-langkah pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru untuk mengadakan inkuri dalam proses pembelajaran.
g. Model Generatif Learning
Pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan sendiri makna dari informasi yang diperolehnya.
h. Pembelajaran kooperatif dan Kolaboratif
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu yang dapat diterapkan untuk mewujudkan kelas sebagai laboratorium demokrasi bagi siswa. Konsep yang lebih luas meliputi semua kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Safira Ulfa -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin menjawab bu,
Nama: Safira Ulfa
NPM : 2013053110

1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi yaitu sebagai berikut:
A. Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung)
Adalah model pembelajaran dimana guru mentransformasikan ilmu atau informasi maupun keterampilan secara langsung kepada peserta didik.
B. Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
C. Model Pembelajaran Group Investigation
Merupakan tipe pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya dilakukan bersama-sama secara berkelompok dan struktur dengan baik, dimana siswa ikut berperan dalam pembelajaran yang dilaksanakan guna memecahkan masalah.
D. Model pembelajaran Jigsaw
Pada model pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen. Kemudian Materi disajikan peserta didik dalam bentuk teks dan setiap peserta didik bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain
E. Model pembelajaran Inquiry Based Learning
Model pembelajaran Inquiry adalah model pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik yaitu peserta didik akan lebih mudah melakukan pembelajaran karena adanya model pembelajaran yang efektif dan efisien, peserta didik akan mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

3. A. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas rendah yaitu:
a. Model Demonstrasi
b. Model Group Investigation
c. Model Inquiry Based learning
d. Model Direct Interaction
e. Model Jigsaw
f. Model Kooperatif
g. Model Picture end picture

B. Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu:
a. Model Demonstrasi
b. Model Direct Interaction
c Model Group investigation
d. Model Jigsaw
e. Model Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by Nova Nova Atika Royani -
Nama : Nova Atika Royani
NPM : 2013053163

Izin menjawab ibu,
1. Model Pembelajaran yang tepat pada pembelajaran Kelas tinggi:
-Model Demonstrasi, model mengajar menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu terhadap peserta didik
-Model Pembelajaran Direct Instruction, model ini merupakan model pembelajaran langsung, dimana guru mentransformasikan ilmu baik informasi maupun keterampilan terhadap peserta didik.
-Model Pembelajaran Group Investigation, tipe pembelajaran secara berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan, dalam model ini siswa lebih merasa tertantang.
-Model Jigsaw, pada model ini terdapat kelompok/tim ahli dengan kelompok asal, yang dibagi atas topik-topik yang berbeda
-Model pembelajaran Inquiry Based Learning, pembelajaran ini siswa mencari permasalahan terhadap topik tertentu dan nantinya akan diselesaikan dimana dalam prosesnya akan dibimbing oleh pendidik.

2. Dengan diterapkan model pembelajaran tematik maka siswa akan lebih memahami materi lebih mendalam dan bermakna, siswa mampu mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, pemanfaatan waktu juga lebih hemat, dalam pelaksanaannya siswa dituntut untuk lebih aktif dan berpikir kritis, serta pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.

3. Pada Kelas Rendah : Model Demonstrasi, Model Group Investigation, Model NHT, Model Picture and picture, Model Example non Example, Model Make a match, dan lain sebagainya
Pada Kelas Tinggi : Model Demonstrasi, Model Direct Instruction, Model Group Investigation, Model Jigsaw, dan Model Inquiry Based Learning.

Terimakasih ibu.
In reply to First post

Re: PRETEST

by Ferdyansyah 2013053054 -
Izin menjawab
Nama : Ferdyansyah
NPM : 201305305

1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
Jawab :
A) Model Pembelajaran Demonstration
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik
B) Model Pembelajaran Direct Intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran dimana guru mentransformasikan informasi atau keterampilan secara langsung kepada peserta didik, pembelajaran berorientasi pada tujuan dan distrukturkan oleh guru
C) Model Pembelajaran Group Investigation
Menurut Trianto (2009: 78) Group Investigation tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Pembelajaran tipe ini bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, disamping itu tipe ini memerlukan pengajaran keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik pada siswa
D) Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran Jigsaw, siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan ”lembar ahli” yang dibagi atas topik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca. Setelah semua siswa selesai membaca siswa-siswa yang dari tim yang memiliki topik yang sama bertemu dalam ’’ kelompok ahli’’ untuk mendiskusikan topik mereka. Setelah itu para ahli kembali ke timnya secara bergantian untuk mengajari teman satu timnya mengenai topik mereka.
E) Model Pembelajaran Inquiry Based Learning
Menurut Gunawan dkk (2016) model pembelajaran inquiry based learning merupakan kegiatan pembelajaran berbasis pendidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

2. Dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut adalah :

a. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan anak
b. Hasil belajar akan lebih tahan lama
c. Menimbulkan keterampilan berpikir dan skill
d. Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti; kerjasama, toleransi,
komunikasi dan respek terhadap orang lain

3. Klasifikasi model pembelajaran:
a. Kelas rendah
Demonstration, NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, dan Picture and Picture.

b. Kelas tinggi
Demonstration, Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, dan Inquiry Based Learning3. Klasifikasi model pembelajaran:

a. Kelas rendah
Demonstration, NHT (Numbered Head Together), Group Investigation, dan Picture and Picture.

b. Kelas tinggi
Demonstration, Direct Intruction, Group Investigation, Jigsaw, dan Inquiry Based Learning
In reply to First post

Re: PRETEST

by ELY LUPITA SARI 2013053133 -

Nama : Ely Lupita Sari
NPM : 2013053133
1. Model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
a. Model pembelajaran demonstrasion
b. Model pembelajaran direct instruction
c. Model pembelajaran Group investigation
d. Model pembelajaran jingsaw
e. Model pembelajaran Inquiry Based Learning

2. Dengan diterapkannya proses pembelajaran tematik, maka akan memberikan beberapa dampak bagi siswa yakni :
1. Dengan menyatukan beberapa kompetensi dasar dan indikator serta isi mata pelajaran, maka akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.
2. Peserta didik mampu melihat hubungan-hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran lebih berperan sebagai alat atau sarana, bukan tujuan akhir.
3. Pembelajaran menjadi lengkap sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah.
4. Dengan adanya pengaitan beberapa mata pelajaran, maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat 
5. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa.
6. Memanfaatkan prinsip belajar sambil bermain yang menyenangkan.
7. Pembelajaran yg dialami siswa bersifat flexibel.

3. Klasifikasi model pembelajaran kelas rendah dan kelas tinggi.
a) Model pembelajaran untuk kelas rendah diantaranya adalah :
a. Model Pembelajaran Demonstrasion
b. Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
c. Model Pembelajaran Group Investigation
d. Model Pembelajaran Picture and Picture

b) Model pembelajaran kelas untuk kelas tinggi diantaranya adalah:
a. Model pembelajaran demonstrasion
b. Model pembelajaran direct instruction
c. Model pembelajaran Group investigation
d. Model pembelajaran jingsaw
e. Model pembelajaran Inquiry Based Learning

In reply to First post

Re: PRETEST

by Alya Syafira -
Nama : Alya Syafira
NPM : 2013053126
(1.) 1. Model pembelajaran demonstrasi, dimana yang mengajar dengan menggunakan model ini memeragakan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta dididk
2. Model direct intruction atau model pembelajaran langsung, model ini merujuk pada berbagai teknik pembelajaran ekspositori yaitu pemindahan pengetahuan dari guru kepada peserta didik secara langsung. Dalam model ini metode yang familiar digunakan adalah metode ceramah.
3. Model investigation yaitu tipe pembelajran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
4. Model pembelajaran Jigsaw yaitu siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang di bagi menjadi kelompok asli dan kelompok asal.
5 model pembelajaran Inquiry Based Learning yaitu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Pada model ini siswa mencari sendiri penyelesaian masalah yang dihadapi. Permasalahan yang diselesaikan oleh peserta didik adalah permasalahan yang sudah disiapkan oleh guru.

(2.) Pembelajaran tematik memiliki dampak positif bagi pendidik dan peserta didik antara lain peserta didik lebih mudah melakukan pembelajaran, peserta didik dapat ngoptimalkan emampuan berfikir kritis mereka dengan memecahkan pemasalahn yang dibahas, melatih sikap disiplin dalam menyimak, mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama, efesien waktu karena guru dapat melakukan berbagai mata pelajaran diwaktu yang sama.

(3.) Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas redah
- model pembelajaran picture and picture, yaitu dengan guru memperlihatkan gamar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi lalu peseerta didik dapat mengurutkan atau memasangkan gambar tersebut. selanjutnya guru dapat menanyakan alasan penyususnan gambar tersebut pada siswa
- model pembelajaran numbered head together yaitu model pembelajaran yang dilakukan dalan 4 tahap penomeran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban
- model pembelajaran examples non examples yaitu model pembelajran yang menayangkan atau memeperlihatkan gamabar-gamar yang selanjutnya didiskusikan perkelompok dan hasil diskusi dibacakan didepan kelas

Klasifikasi model pembelajaran untuk kelas tinggi
- Model pembelajaran demonstrasi, dimana yang mengajar dengan menggunakan model ini memeragakan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta dididk
- Model direct intruction atau model pembelajaran langsung, model ini merujuk pada berbagai teknik pembelajaran ekspositori yaitu pemindahan pengetahuan dari guru kepada peserta didik secara langsung. Dalam model ini metode yang familiar digunakan adalah metode ceramah.
- Model investigation yaitu tipe pembelajran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan baik dari topik dan bagaimana jalannya penyelidikan mereka.
- Model pembelajaran Jigsaw yaitu siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang di bagi menjadi kelompok asli dan kelompok asal.
- Model pembelajaran Inquiry Based Learning yaitu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Pada model ini siswa mencari sendiri penyelesaian masalah yang dihadapi. Permasalahan yang diselesaikan oleh peserta didik adalah permasalahan yang sudah disiapkan oleh guru