Izin menjawab bu
1. Teori perkembangan menurut piaget
Dalam teori ini yang berkaitan dengan perkembangan anak sangat ditekankan, sehingga anak akan berkembang dengan baik tanpa merasa tertekan. Dalam teori ini juga yang dapat mempengaruhi perkembangan anak yaitu guru yang hanya sebagai fasilitator dan anak diajak bereksplorasi sendiri untuk menemukan pengetahuan baru.
2. Teori perkembangan anak menurut Vygotsky
Dimana tingkat masalah atau permasalahan yang di pecahkan oleh diri anak sendiri dan untuk pembelajaran yang lebih sulit guru dapat membantu mengarahkan anak.
Dalam teori ini juga, Vygotsky memiliki teori perkembangan kognitif yang disebut Teori Sosiokultural (the sociocultural theory). Vygotsky mempelajari perkembangan mental anak, yang mencangkup bagaimana mereka bermain dan berbicara. Tidak hanya itu, saya juga mempelajari hubungan antara pikiran dan bahasa. Teori ini memiliki tiga konsep penting yang berhubungan dengan satu sama lain yaitu:
Hubungan antara Bahasa dan Perkembangan Kognitif Anak – dari hasil studinya, Vygotsky berpendapat bahwa bayi tidak memiliki ucapan karena begitu penting bagi mereka untuk memahami bahasa. Konsep Internalisasi – (internalization) ini menjelaskan tahapan perkembangan kognitif seorang anak. Seorang anak mulai mempelajari konsep baru dengan meniru, kemudian meniru dan memahami, barulah sampai kepada internalisasi konsep. Tahap-tahap internalisasi meliputi:
1) Ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas/perintah secara mandiri.
2) Mampu menyelesaikan tugas/perintah dengan bantuan verbal dari individu yang lebih berpengalaman (perancah/perancah)
3) Mampu menyelesaikan tugas/perintah dengan bantuan tindakan dari individu yang lebih berpengalaman (perancah/perancah)
4) Internalisasi selesai: seseorang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas/perintah secara mandiri.