Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...
Baik Pak
Assalamualaikum selamat pagi teman teman kelompok kantil mari kita mengupload media yang dibuat di forum ini agar nantinya kita sling memberikan kritik dan saran dri media pembelajaran yg dibuat dgn tujuan merdeka belajar dalam pandemi covid-19☺️
Waalaikumsalam, baik almira
baik pak
Teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dicermati. saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;
Materi : Getaran, Gelombang dan Bunyi
Kelas : VIII/Genap
Video : Resonansi Bandul Sederhana
IPK :
4.11.1 Membuat alat percobaan resonansi getaran pada ayunan bandul sederhana
4.11.2 Melakukan pengamatan resonansi getaran pada ayunan bandul sederhana.
4.11.3 Mengukur frekuensi dan periode pada percobaan resonansi ayunan bandul sederhana
4.11.4 Mengkomunikasikan hasil pengamatan resonansi ayunan bandul sederhana.
Untuk spesifikasi FOTO, ALAT BAHAN, CARA PENGGUNAAN ada di file yang saya upload. silahkan mba tia dan rahma mengomentari, bertanya, atau dapat memberikan saran juga. Terimakasih
Baik saya menanggapi dari media almira bahwa medianya sudah baik, saya ingin bertanya bagaimana hubungan analogi kesederhanaan alat dan bahan yg berkaitan dengan merdek belajar pada pandemi covid 19 ini?
Terimakasih mb tia untuk pertanyaan dan komentarnya, untuk video media pembelajaran punya mb yaitu kapal uap jjg sdh baik dan unik.
Disini saya membuat media alat bandul sederhana untuk mengukur frekuensi dan periode resonansi getaran. Analogi kesederhanaan alatnya dibuat menggunakan bambu, benang , dan bola. Hubunganya dengan merdeka belajar dikarenakan alat yang digunakan mudah untuk ditemui, mudah didapatkan , dan relatif tdk menggunakan biaya yang bnyk. Kita melihat kondisi dan beberapa faktor, yaitu kondisi pada pandemi ini kita harus tetap menyampaikan media pembelajaran apabila siswa merangkai alat sperti ini ckup mudah dirakit. Untuk faktor nya yaitu jika terdapat siswa yang bertempat tinggal di pedalam desa2 tidak sulit untuk tetap membuat alat bandul sederhana Yang terbuat dengan bambu , triplek , benang, dan bola. Mungkin saya rasa ckup memadai untuk melakukan pembelajaran daring dengan rangkaian alat ini.
Kira2 waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan alat ini brpa lama yah? Alatnya menarik namun juga butuh ketelitian agar bandul yang dipasang seimbang.
Iya tia terimakasih, tidak terlalu lama untuk membuat alat ini, namun memerlukan ketelitian dalam mengukur jarak bola agr bolanga seimbang. karena resonansi getaran itu sendiri peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain nah bergetarnya akibat frekuensi sama panjang tali yang sama. Atau frekuensi kedua sumber harus sama kelipatannya.
Teman-teman, dibawah ini adalah video dan penjelasan media pembelajaran yang saya buat, mohon dicermati. saya membuat suatu media pembelajaran sederhana IPA sebagai berikut:
Mata Pelajaran : IPA
Topik : Hukum III Newton
Kelas/Semester : VIII/2
Untuk spesifikasi FOTO, ALAT BAHAN, CARA PENGGUNAAN ada di file yang saya upload. silahkan Almira dan Rahma mengomentari, bertanya, atau dapat memberikan saran juga. Terimakasih
mba tia izin mengomentari terkait alat dan indikator pencapaian yang dibuat yaitu menguji hukum newton 3, jika menggunakan kapal uap dapat dilihat dibgian fenomena di alat itu yang wktu kapan? Dan kalau peserta didik sudah melihat fenomena inovasi yang dilakukan seperti apa?
Fenomena pada kapal uap sederhana yaitu pada saat bahan bakar di dalam kapal mengeluarkan uap yang kemudian mendorong kapal untuk bergerak. Setelah melihat fenomena tersebut siswa berinovasi bagaimana merancang kapal uap dengan memanfaatkan bahan yg ada disekitar ataupun bahan bekas.. Begitu almira
Waww tia keren sekali percobaan kapal uap yang sudah dibuat dalam video. Sangat baik apabila siswa SMP dapat membuat percobaan seperti kapal uap tersbut sehingga dapat lebih memahami materi pada Hk. III Newton dan juga dapat membuat siswa kreatif dalam membuat alat percobaan kapal uap tsb.
Yang saya ingin tanyakan, dengan keadaan sekarang yang lagi kita alami dengan adanya covid-19 baik perkotaan maupun pedalaman seluruh pelajar di Indonesia ini di anjurkan #belajardirumah. Khusus nya daerah pendalaman yang kita ketahuai disana banyak keterbatasan. Apakah dengan media pembelajaran dengan membuat percobaan kapal uap ini cocok dilakukan walaupun di pedalaman ?
Menurut saya ini sangat cocok karena siswa dapat bermain seperti memotong, mebuat garis, membentuk pola. Ini sangat menyenangakn untuk mengurangi rasa bosan yg hanya #dirumahsaja.
adakah kesulitan yang ditemukan dalam membuat alat percobaan seperti kapal uap ini tia ?
Karena sebelum menganjurkan kepada siswa, seoramg guru perlu mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yg dialami agar tidak memberatkan siswa dalam membuat alat.
Teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon untuk dicermati. Saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut :\
Materi : Listrik Statis
Kelas : IX / Ganjil
Video : Benda Sederhana Bermuatan Listrik
Untuk spesifikasi Foto, Alat Bahan dan Cara Penggunaan ada di file yang saya upload.
Silahkan Almira dan Tia mengomentasi, bertanya serta memberikan saran. Terimakasih
Oke mb tia dan rahma karena kita semua sudah mengupload file dan video oleh karena itu kita mulai saja diskusi forum kantil dengan saling mengomentari media pembelajaran yang dibuat
Almira, tampilan video nya sangat baik & menarik sekali..
Saya ingin menanyakan dengan melakukan percobaan resonansi getaran, pada ayunan bandul ini apakah Indikator yang dibuat pada media pembelajaran ini dapat merujuk kedalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 ?
Terimakasih rahma atas komentarnya. Rangkaian alat yang dibuat oleh rahma juga menarik dan bagus mengenai listrik.
Disini saya akan menjelaskan terkait indikator yang yang saya buat, seperti yang kita ketahui dimasa pendemi ini siswa guru dan orgtua hrs tetap melakukan pembelajaran daring yang menarik agar siswa tidak bosan di masa karantin atau dirumah saja. Dengan alat yang saya buat ini tidak begitu sulit untuk di capai oleh krana itu saya ingin siswa membuat percobaan resonansi getaran ini dgn bambu bola benang mungkin alat dan bahan itu dpt ditemui dirumah. lalu keterampilan peserta didik tetap tercapai dgn merangkai alat, mengukur frekuensi dan getaran, terampil dlm menggunakan stopwatch. Jdi tidak ada kesulitan antara siswa dan orgtua. dalam pembelajaran daring pengetahuan dan keterampilan hrus seimbang oleh krna itu indikator pengetahuan yang saya buat juga mampu membuat siswa berpikir kritis dgn melihat suatu demonstrasi alat dari beberapa buku dan vdeo Sehingga mampu memahami besaran2 fisis, konsep frekuensi, konsep periode, dan juga dapat memecahkan suatu permasalahan dgn percobaan alat resonansi getaran
Baik almira, Setuju sekali dengan penjelasan sangat detail. Jadi antara guru dan orangtua harus saling bekerja sama dalam mendukung melakukan pembelajaran daring seperti saat ini agar tidak membosankan dimasa karantina.
dengan alat dan bahan yang siswa dapat jumpai di rumah mereka ini tidak menyulikan mereka dalam melakukan percobaan yang disarankan oleh guru. Saya rasa dengan cara siswa memanfaatkan alat dan bahan yang ada disekeliling mereka dapat membangun kekreatifan siwa itu sendiri.
Iya rahma benar sekali...
alat yang dibuat ini harus memiliki suatu inovasi agar siswa memiliki pengetahuan yang baru.
inovasi yang saya lakukan dilihat dari kesederhanaan alat dan bahan dari yang biasanya percobaan resonansi getaran bandul ini dilakukan disekolah dengan beban masa dan penyangga nya menggunakan alat yang terbuat dari besi. Dan juga saya menginovasi menggunakan bambu yang lebih sederhana beban massa menggunakan bola plastik.

Saya akan menanya kpd rahma apakah media pembelajaran sudah dapat dikatakan sesuai dengan merdeka belajar ? mengapa demikian?
Bagus dan cukup lengkap...
Diskusinya menarik... Lanjutkan...
Terimakasih bapak atas komentarnya untuk kelompok kantil, baik bapak akan kami lanjutkan diskusinya
Baik pak akan kami lanjutkan..
baik rahma lalu inovasi yang dilakukan pada percobaan listrik statis pada suatu benda dibgian apa ya?

Yang kita ketahui dan sering kita lihat dimana dalam melakukan percobaan dengan materi listrik statis hanya seperti menggosokkan sisir pada rambut, menggosokan antar benda plastik seperti paralon , menggosokan kedua balon dan melihat fenomena alam seperti petir,
Dibawah ini saya ada contoh dalam melakukan percobaan listrik statis yg hanya membuktikan saja bahwa adanya listrik statis, kemudian saya inovasikan lagi, disini saya ingin mencoba mengembangkan dari percobaan-percobaan yang sudah saya sebutkan dengan membuat suatu alat percobaan membuat alat yang dapat menghantarkan muatan listrik sederhana dengan memanfaatkan dinamo bekas mainan atau juga bisa menggunakan batu bateray yang pasti tidak membebani siswa dalam memilih alat yg digunakan.
Jadi dengan cara siswa berkelompok dalam merakit alat tersebut kita dapat melihat kelobarasi setiap siswa dengan teman kelompoknya

Iya rahma menarik...
percobaan-percobaan yang ada dengan membuat suatu alat percobaan membuat alat yang dapat menghantarkan muatan listrik sederhana dengan memanfaatkan dinamo bekas mainan atau juga bisa menggunakan batu baterai. bahan yang dibuat ckup menarik.. inovasinya dapat menggunkan batu batrei atau dinamo
Iya begitu almira..
mudah bukan untuk alat dan bahan yang digunakan, sehingga padaa saat pembelajaran dapat menciptakan suasana-suasana yang membahagiakan karena sudah bisa memuat alat percobaan tsb.
"Salah satu faktor dalam menyukseskan pembelajaran di kelas di era merdeka belajar adalah penggunaan media pembelajaran yang cocok dalam proses pembelajarannya. Arti cocok disini adalah yang relevan dengan keadaan, teknologi, dan pengetahuan murid di era sekarang. Media pembelajaran sendiri merupakan perantara yang digunakan untuk mentransfer ilmu dari pengajar kepada peserta didik yang berguna untuk membuat proses pembelajaran menjadi mudah dimengerti dan lebih efektif serta efisien"
Sedikit saya menambahkan ulasan terkait merdeka belajar, dimana media pembeljaran yang saya coba buat, tidak memberatkan/menyulitkan siswa dalam melakukan percobaan. Dimana siswa diberi kebebasan dalam memilih/menggunakan alat dan bahan yang dapat mereka jumpai disekitar mereka dan tidak keluar dari konsep yang berikan oleh guru agar tujuan dalam pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
Iya rahma saya juga setuju dan berpikir bahwa dimasa pandemi ini Dimana siswa diberi kebebasan dalam memilih/menggunakan alat dan bahan yang dapat mereka jumpai disekitar mereka dan tidak keluar dari konsep yang berikan oleh guru agar tujuan dalam pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. lalu bagaimana dengan inovasi yang dibuat? Apakah benda bermuatan itu terdapat inovasinya?
Izin menanggapi, adakah pembatasan waktu untuk project alat yg dibuat rahma? Dan bagaimana anda memantau proses pembuatan alat itu? Karna prosesnya lumayan butuh keseriusan dan perhitungan agar mendapat hasil yg diinginkan.
Mb tia, apakah kapal uap dngn alat dan bahan yang mba rangkai itu dapat bergerak secara cepat? Apa yang dapat mendukung pergerakannya mba?
Tia saya setuju dengan pertanyaan almira.
Dan saya juga ingin bertanya, bagaimana melihat keberhasilan alat percobaan kapal uap yang sudah dibuat sehingga sesuai dengan materi Hk III newton ?
Menurut saya perlu adanya pembatasan waktu, sehingga siswa tidak menyepelekan arahan yang guru anjurkan dalam membuat alat percobaan dan juga membuat siswa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya. Waktu nya pun disesuaikan dengan alat yg dibuat sehingga tidak telalu cepat/tidak terlalu lama.
Selama proses daring ini kan sebenarnya untuk waktunya fleksibel, dengan waktu yang ditetapkan guru menayanyakan kepada siswa kesulitan apa yg ditemui sehingga siswa pun bisa bercerita selanjutnya guru memberikan arahan atau solusi agar alat percoban yang dibuat sesuai dengan tjuan dalam materi pembelajaran.