Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...
baik pak
Assalamualaikum
Tabik pun, selamat pagi teman teman kelompok Pandan wangi mari kita mengupload media yang dibuat di forum ini agar nantinya kita sling memberikan kritik dan saran dri media pembelajaran yg dibuat dgn tujuan merdeka belajar dalam pandemi covid-19,, :-)
Assalamualaikum Teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dilihat ya, kemudian mohon berikan saran dan masukannya ,saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Topik : Hukum Pascal
percobaan Hukum Pascal sederhan
https://www.youtube.com/watch?v=wr0BOMhanHM&feature=youtu.be
Assalamualaikum, berikut ini saya sajikan file dan video mengenai media pembelajaran yang telah saya buat. Selamat menyaksikan dan mari berdiskusi
izin bertanya Pada media yang anda buat, hal apakah yang diteliti oleh siswa? Apakah besaran sudutnya ditentukan oleh guru atau siswa? terimakasih
Hal yang diteliti oleh siswa ialah banyaknya jumlah bayangan yang terbentuk dari dua buah cermin datar yang membentuk suatu sudut. Pada percobaan ini, besarnya sudut ditentukan oleh guru agar siswa dapat menyelidiki pengaruh besarnya sudut pada jumlah bayangan
ok indah terimaksih jawabanya, untuk bahanya bisa tidak semisal per kelompok diganti bendanya misalnya batu atau mainan begitu
Boleh benda apa saja, asalkan sesuai dengan ukuran cermin yang dipakai.
Siswa juga dapat membuat sendiri alat ini karena bahan yang digunakan cukup mudah ditemui pada kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak hanya guru yang berinovasi melainkan siswa juga bisa berinovasi dengan sekreatif mungkin
oke indah terimaksih jwabannya, untuk cerminya jg boleh y ukurannya di fariasikan gtu
iya, cerminnya juga boleh dari benda-benda yang sudah tidak terpakai. asalkan jenis cerminnya ialah cermin datar
terimaksih indah, kemudian cermin yang digunakn ialah cermin yang ukurannya sama. yang ingin saya tanyakan adalah, apakah cermin tersebut dipotong agar ukurannya sama? jika iya, menggunakan alat apa untuk memoton cermin tsb?
cermin yang saya gunakan tidak dipotong, karena saya memakai cermin bekas bedak padat yang berbentuk persegi panjang dan berjumlah dua buah.
apabila tidak mempunyai dua cermin, maka bisa saja memotong cermin dengan menggunakan pisau pemotong kaca. namun hal itu sangat berbahaya apabila tidak diawasi orang yg lebih dewasa. jadi disarankan, untuk memakai cermin yang tidak perlu dipotong
izin bertanya dengan mb indah, menurut Anda apakah media yang sudah anda buat dapat diterapkan pada pembelaran online, menginggat kita sedang dalam masa pandemi covid-19?
Menurut saya media yang sudah saya buat dapat diterapkan pada pembelaran online, karena dalam masa pandemic ini siswa harus diupayakan sehat, berbahagia, dan tidak stress. Make Them Happy and Joyful, dan Siswa dilatih menjadi Pembelajar yang mandiri (Prof. Dr. Dinn Wahyudin,MA, 2020)
Pada media yang saya buat, siswa akan menjadi lebih tertarik dan merasa senang karena mereka belum pernah melakukan percobaan sederhana seperti ini, apalagi barang yang digunakan juga berasal dari barang bekas dan banyak ditemui dikehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat membuat alat ini dirumah dan menjadi pembelajar yang mandiri.
baik mb indah terimakasih penjelasannya.
Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
Assalamualaikum wr.wb.
tabikpun..selamat pagi teman-teman, saya Johariah akan menyajikan video tentang pembuatan sebuah alat elektroskop sederhana pada materi listrik statis.berikut link videonya..mohon tanggapannya.
Terimakasih, wasallamualaikum, wr.wb.
Video elekstroskop sederhana
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
menurut saya, pada video yang anda buat sebaiknya tampilan powerpoint tidak usah dimasukkan ke dalam video, lebih baik diuraikan secara rinci di makalah saja. Jadi pada video hanya focus dengan cara pembuatan medianya saja.
Saya ingin bertanya, mengapa anda menggunakan wadah bekas mie instan yang terbuat dari stereofoam? Bolehkah wadah tersebut diganti dengan wadah bekas air minum yang berbentuk gelas dan berbahan lastik? Apakah akan mempengaruhi hasil percobaan?
Terima kasih sebelumnya
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
baik mb terimaksih masukannya,u kedepannya akan dimasukkan saja ke makalah. menggunakan wadah krn mudah untuk didapatkan bahnnya,namun wadah bisa di ganti dengan mengunnakan wadah yg hampir mirip dengan wadah styrofoam tersebut, untuk hasil blm bisa disampaikan krn saya hanya melakukan uji cbanya dengan menggunakan alat yang saya buat dan hanya mengujinya dengan satu bahan uji yaitu balon yang digosokkan searah baik ke rambut maupun ke kain flanel.
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
Terimakasih saudari Johariah atas penjelasannya, selanjutnya saya ingin bertanya, apakah alat ini disiapkan oleh guru atau siswa yang membuat sendiri?
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
siswa diharapkan bisa membuat sendiri alat elektroskop sederhana dengan bimbingan dan arahan dari guru.
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
Pada media yang dibuat eletroskop sederhana, hal apakah yang diteliti oleh siswa?
bisa tidak bendanya ditamabhkan bukannya hanya balon? terimakasih
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
hal yang diuji adalah ada tidaknya muatan listrik statis pada suatu benda dengan cara menggosokkan balon ke rambut atau kain flanel,jika ada mutan maka bandul alumunium foil akan akan bergerak mendekati/menempel balon.bisa mengujinya dengan bahan lain misalnya kaca, plastik sampul bening ataupun mistar.
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
terimaksih mb ria jawabanya, kemudian jika diprktekkn di sekolhan untuk siswanya nnti membwa alat sendiri2 atau disiapkan dengan gurunya
Re: Elektroskop Sederhana untuk menguji adanya listrik statis pada benda
siswa diharapkan dapat membuat alat elektroskop sederhana tersebut sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi dengan bimbingan dan arahan dari guru.
Assalamualaikum Teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dilihat ya, kemudian mohon berikan saran dan masukannya ,saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Topik : Hukum Pascal
Video percobaan Hukum Pascal sederhana
Saya ingin bertanya, pada kd tertulis menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu dengan menggunakan alat peraga yg dibuat data seperti apa yg diharapkan akan didapatkan siswa yang akan digunakan dalam menyelidiki teknan pada zat cair tersebut?
Cukup menarik... perlu ditingkatkan.
Diskusinya menarik. Lanjutkan...
baik pak akan kami lanjutkan
untuk data yang diharapkan adalah
jika F2 yg diketahui maka siswa mencari F1 nah caranya dg meletakakn balok yg sesuai dg gaya F1 Semisal F1 40 gram makan kita cba balok yg mana yg pas trus ditimbng agar setimbng
Terimakasih saudari Eka penjelasannya, selain itu say juga ingin bertanya.. Pada media yang anda buat, anda menggunakan oli, minyak dan air. Apakah ada alasan mengapa menggunakan berbagai macam zat cair sprti yang dipaparkan? Apakah massa jenis zat cair berpengaruh dalam rancangan tersebut? Terimakasih
zat cair berupa air, minyak, dan oli digunakan karena massa jenis dari beberapa zat cair ini berbeda. Zat cair dapat memberikan tekanan meskipun zat cair tersebut diam pada suatu wadah. Tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam disebut tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis bergantung pada kedalaman atau ketinggian permukaan zat cair, massa jenis zat cair, dan gravitasi bumi (Nurachmadani & Samsulhadi, 2010: 275). ). Semakin besar massa jenis suatu zat cair, semakin besar pula tekanan pada kedalaman tertentu, dapat dikatakan bahwa tekanan berbanding lurus dengan massa jenis zat cair dan kedalaman zat cair. Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata
terimakasih atas jawabannya, selanjutnya saya ingin bertanya.. Jika sedang terjadi pandemi covid seperti sekarang ini, lalu anda menugaskan untuk membuat alat kepada siswa, apakah siswa dapat membuat alat ini dirumah masing-masing?
mb eka saya ingin bertanya,mengapa dalam perencanaan percobaan harus menggunakan botol yang berbeda ukurannya, adakah pengaruhnya didalam alat peraga tersebut?