Diskusi Pert. Ke-15

Kelompok Dahlia

Kelompok Dahlia

by Sunyono Sunyono -
Number of replies: 31

Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Pak maaf tadi baru sadar kalau reply saya ke split, sudah lebih 30 menit jadi tidak bisa dihapus, padahal sudah di sediakan forum masing2, maaf ya pak, izin share ulang pada forum ini saja

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Assalamualaikum, selamat pagi, izin share video dan file terkait KD, Indikator dan penggunaan alat peraganya.

Berikut Link videonya
https://youtu.be/gcJuOlAKv4A

In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Assalammualaikum saya ingin mengomentari Media yg telah dibuat.. memang sederhana dan Mudah untuk dipraktekkan. yg menjadi pertanyaan saya adalah, selama pandemi maka anak dan orangtua diharapkan dapat bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran. Bagaimana jika seorang anak mengeluh karena lingkungan sekitarnya tidak nyaman dan pembelajaran menjadi tidak menyenangkan. Bagaimana tindakan saudari dina?

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
arah pertanyaannya saya spesifikkan Bagaimana jika seorang anak mengeluh karena lingkungan sekitarnya tidak nyaman dan pembelajaran menjadi tidak menyenangkan.dengan penggunaan media yang telah saya buat, seperti itu ya sdri. Atika.

apabila terjadi keluhan dikarenakan tidak nyaman sehingga menjadikan pembelajaran tidak lagi menyenangkan, maka bisa dilakukan dengan bertanya kepada orang tua atau anak secara langsung, alasan yang menjadikan lingkungan dirasa tidak nyaman itu apa?
MIsal tidak nyaman lingkungan belajarnya karena diganggu oleh si adik dalam memperagakan media pembelajaran yang sudah saya buat, bisa diberikan solusi dengan menginformasikan kepada orang tuanya terlebih dahulu terkait kendala anak dalam belajar dan memberikan alternatif ajakan ke adiknya untuk ikut berpartisipasi dalam memperagakan media tersebut, intinya harus tetap ada komunikasi yang dibangun untuk mengetahui penyebab ketidaknyamanan dalam belajar untuk mempertimbangkan solusi yang akan diberikan.
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

pembelajaran daring bagi saya pun terasa asing karena waktu jenjang SD-SMA tidak pernah melakukan daring. Selalu belajar tatap muka di sekolah. Semasa kuliah hanya beberapa kali pelaksaanya. Ditengah Pandemi ini semua mapel menjadi belajar online baik tatap muka ataupun lewat pesan text. Adaptasi perilaku untuk belajar daring sulit dilakukan, beberapa orangtua juga mengeluh repot terhadap tugas anak karena terbiasa “menitipkan” anak di sekolah. Bagaimana jika malah tugas-tugas yg diberikan guru yg seharusnya menyenangkan malah memberatkan, jika di sekolah praktikum biasanya dilakukan secara berkelompok saat daring oragtua dan lingkungan tidak bisa mendukung proses belajar anak sehingga anak menjadi tidak bersemangat 

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
"Bagaimana jika malah tugas-tugas yg diberikan guru yg seharusnya menyenangkan malah memberatkan, jika di sekolah praktikum biasanya dilakukan secara berkelompok saat daring oragtua dan lingkungan tidak bisa mendukung proses belajar anak sehingga anak menjadi tidak bersemangat"

Pada dasarnya guru yang baik akan meberikan tugas/pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswanya, jika pada pelaksanaanya siswa mengalami kesulitas atau merasa terbebani, guru bisa memberikan kesempatan untuk siswa berdialog langsung dengan gurunya. Inilah fungsi dari inovasi dalam pembelajaran harus dilakukan karena memang pada kenyataanya penerapan rencana pembelajaran yang sudah direncanakan oleh guru tidak semata mata pasti akan berjalan sesuai, maka guru penting melakukan inovasi terhadap pembelajaran tersebut...
seperti itu pendapat saya sdri. atika
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

assalamualaikum wrwb, saya fiska fatrisia ingin bertanya terkait video yang ditayangkan, bagaimana pengaruh gaya terhadap gerak dalam percobaan ini? Konsep apa yg ingin didapstikan dalam video ini?

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Pengaruh gaya terhadap gerak yang diselidiki dengan menggunakan media tersebut yaitu pengaruh gaya aksi yang diidentifikasi dari keluarnya udara dari balon, kemudian menyebabkan gaya reaksi diidentifikasi pada reaksi mobilan bergerak. Dalam hal ini dikenal Hukum III Newton, yaitu gaya aksi sama dengan gaya reaksi.
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Assalammualaikum tabikpuun, selamat pagi teman-teman dari kelompok dahlia, disini saya telah membuat sebuah media pembelajaran sederhana untuk membantu siswa dalam memahami materi tekanan pada zat cair. 

silahkan teman-teman memberikan pertanyaan, komentar, saran, kritik yang membangun pengembangan media yang telah saya buat. Berikut saya lampirkan pdf dan video media pembelajarannya.

selamat menonton jangan lupa klik subscribe!!!

terima kasih wassalammualaikum wr wb

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Saya mencoba menanggapi, menurut anda pada media yang anda buat, bagian mana yang dianggap sesuai dalam konsep merdek belajar?
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Menurut saya media yg dibuat tidak menyulitkan siswa, dalam masa pandemi ini siswa dan orangtua dapat bekerja sama dalam pembuatan media belajar. ketika dirumah anak akan merasa lebih nyaman dan bebas dalam bereksperimen. Orangtua dapat mengawasi dan melihat langsung bagaimana proses belajar anak sesungguhnya. Bahan yg digunakan mudah dicari dan tidak mahal. siswa akan memanfaatkan media disekitarnya dan kreatif dalam proses perancangan alat

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
aspek tidak menyulitkan siswa mungkin bisa diidentifikasi dari penggunaan penyusun alat yang masih bisa ditemukan ya dirumah atau sekitarnya. Tapi bagaimana dengan penggunaan suntikan? apakah ada alternatif yang bisa diberikan? mengingat tidak semua anak memiliki suntikan dari bekas tinta printer misalnya
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Untuk alternatif adalah tugas siswa untuk mencarinya, disinilah merdeka belajar diterapkan, tidak harus menggunakan pipet tetes ataupun suntikan, pada prinsipnya siswa dapat memasukkan zat cair pada selang, ukuran selang pun tidak harus seragam, saya menggunakan suntikan karena memang selangnya berdiameter kecil

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Berarti penekanan terhadap fungsi pada alat peraga perlu untuk diperhatikan, karena dengan demikian siswa yang akan menggunakan media tersebut untuk belajar dapat mempertimbangkan alat lain yang memiliki fungsi sama yang mudah ditemukan disekitar rumah siswa sendiri
In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

saya sependapat dengan tanggapan atika putri, disini saya ingin menanggapi bahwa salah satu faktor dalam menyukseskan pembelajaran  di era merdeka belajar adalah penggunaan media pembelajaran yang "cocok" dalam proses pembelajarannya. maksud dari cocok disini yaitu adalah yang relevan dengan keadaan, teknologi, dan pengetahuan murid di era sekarang. Media pembelajaran juga digunakan untuk  mentransfer ilmu dari pengajar kepada peserta didik yang berguna untuk membuat proses pembelajaran menjadi mudah dimengerti dan lebih efektif serta efisien

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Wah sangat menarik sekali inovasi rancangan dari atika putri mengenai materi tekanan zat. Namun yang ingin sy tanyakan setelah saudari atika melakukan penyelidikan tersebut, manakah yang lebih besar antara massa jenis air berearna, oli ayau massa jenis minyak kelapa? Dan bagaimana kita mengetahui nya adakah tanda nya mungkin dari urutan lapisannya atau bagaimana?

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Menurut saya. Massa jenis yang lebih besar adalah air, karena ketika air dan minyak kelapa dimasukkan dalam sebuah botol maka minyak kelapa akan berada pada lapisan atas dan lapisan dibawahnya adalah air. Hal ini menandakan bahwa air memiliki massa jenis yang lebih besar. Sama halnya dengan oli, yang berada diatas lapisan minyak kelapa. Sehingga urutan dari massa jenis terbesar hingga terkecil adalah air berwarna, minyak kelapa, dan oli. Maaf apabila keliru..

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Assalammualaikum tabikpuun, selamat pagi teman-teman dari kelompok dahlia, teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dicermati. saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;

Materi : Getaran, Gelombang dan Bunyi

Kelas : VIII/Genap

Video : Rancangan alat pipa organa sederhana

silahkan teman-teman memberikan pertanyaan, komentar, saran, kritik yang membangun pengembangan media yang telah saya buat. Berikut saya lampirkan pdf dan video media pembelajarannya.

selamat menonton jangan lupa klik subscribe!!!

terima kasih wassalammualaikum wr wb

 

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Pertanyaan yang sama saya izin untuk ajukan ke sdri. Fiska. Menurut anda pada media yang anda buat, bagian mana yang dianggap sesuai dalam konsep merdek belajar?
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Menurut saya bagian yang sesuai dari konsep merdeka belajar adalah dari sistem pengajarannya yang berubah dari yang awalnya bernuansa formal menjadi nuana pembelajaran yang lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan cara menemukan sendiri konsep berdasarkan penyelidikan dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdas, kreatif, kritis, berkopetensi dan tidak hanya mengandalkan sistem ranking yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten karena sudah terlatih dlaam menemukan sendiri konsep melalui penyelidikan tersebut. Yang nantinya akan menjadi siswa yang cerdas untuk SDM bangsa

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
benar bahwa konsep merdeka belajar salah satunya memang menjadikan pembelajaran agar nyaman dilakukan oleh siswa, tapi pertanyaan saya terarah pada media yang anda buat. Dengan menggunakan media yang anda buat, bagian mana yang menjadikan siswa belajar dengan nyaman sehingga siswa merasakan suasana merdeka belajar?
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Menurut saya media yg dibuat sudah tidak menyulitkan siswa dalam pencahariannya, menurut saya pada saat bagian memukul-mukul botol tersebut, karena sesuai dengan nada do re mi fa. sehingga peserta didik merasa nyaman dan menyenangkan dalam melakukan pembelajaran dan tidak membosankan. terlebih lagi mendapatkan konsep dari pembelajaran tersebut. spertinya lebih kearah quantum teaching yaa hehe. Bahan yg digunakan pun mudah dicari hanya dengan botol sirup atau botol kaca apapun. dari pembelajaran tersebut diharapkan siswa akan memanfaatkan media disekitarnya dan kreatif dalam proses perancangan alat

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Dina Else Fernandu -
Menjadikan suasana belajar dengan menggunakan media tersebut menjadikan siswa bisa jadi merasa dekat dengan hobinya dalam bidang seni yaa, hal demikian yang menjadikan bagian dari penggunaan alat ini inovasi dalam media belajara yang mendukung siswa untuk merasakan merdeka belajar...
terima kasih sdri Fiska
In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Maaf fiska menanggapi jawaban ini, saya kurang setuju dengan pernyataan “suasana yg berubah formal menjadi lebih nyaman, dapat berdiskusi lebih dengan guru”. Faktanya adalah saya sendiri sebagai mahasiswa mengalami kesulitan saat ingin berdiskusi dengan dosen saat belajar daring seperti ini. Karena mahasiswa lain juga ingin berdiskusi secara pribadi sehingga butuh waktu antri yg cukup panjang untuk dosen membalas pesan saya.

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

menurut saya suasana lebih nyaman saat misalkan apabila pembelajaran tersebut menggunakan video call. suasana lebih nyaman dimaksudkan tidak formal memakai kemeja atau serama. seperti itu yang dimaksudkan.

namun, saya setuju pada bagian "saat ingin berdiskusi dengan dosen saat belajar daring seperti ini. Karena mahasiswa lain juga ingin berdiskusi secara pribadi sehingga butuh waktu antri yg cukup panjang untuk dosen membalas pesan saya" iya dikarenakan banyak kendala nya seperti signal, belum lagi apabila pesannya tertumpuk pesan lain, namun terkadang penjelasan dosen nya masi agak rancu dan memang butuh pengaplikasian langsung dlam proses belajar mengajar, namun itulah tantangannya bagi kita agar mengantisipasi hal tersbut dalam merdeka belajar hehe malah curhat

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Kelompok Dahlia

by Atika Putri -

Assalammualaikum fiska saya ingin bertanya mengapa banyak nya air dalam botol dapat menimbulkan perbedaan bunyi yg dihasilkan? Bagaimana jika airnya diganti dengan zat cair lain misalkan minyak atau oli ada pengaruhnya tidak terhadap bunyi yg dihasilkan?

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Sunyono Sunyono -

Bagus, teruskan berinovasi dengan menggunakan alat dan bahan yang ada.
Diskusinya menarik, Lanjutkan....

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Terimakasih bapak atas komentarnya untuk kelompok dahlia, baik bapak akan kami lanjutkan diskusinya

In reply to Atika Putri

Re: Kelompok Dahlia

by Fiska Fatrisia Kusuma -

walaikumsalam wr.wb 

iya, karena volume banyak tidaknya air dalam botol mempengaruhi bunyi yang dihasilkan, dikarenakan cepat rambat bunyi tersebut dihasilkan melalui panjang kolom udara dari botol tersebut.

sepertinya akan berbebda bunyinya apabila diganti dengan minyak maupun oli. karena tiap zat cair memiliki massa jenis yang berbeda yang nantinya mempengaruhi cepat rambat gelombang bunyi yang dihasilkan