Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...
Baik pak
baik pak
Assaalamualaikum izin share inovasi alat terkait hukum Archimedes yaitu pengaruh zat pengapung terhadap keadaan suatu benda
Mata Pelajaran : IPA
Materi : Hukum Archimedes (Pengaruh Zat Pengapung Pada Keadaan Suatu Benda
Kelas/Semester : VIII/2
KD :
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batangtumbuhan.
IPK :
3.8.1 Menjelaskan pengaruh zat pengapung terhadap keadaan suatu benda
3.8.2 Menjelaskan keadaan benda terapung, melayang dan tenggelam
saya ingin bertanya, bagaimana hubungan alat praga yang dibuat berkaitan dengan merdeka belajar selama ada pandemi covid 19 ini
Baik, jadi Konsep Merdeka Belajar yaitu menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu. Oleh karena itu, alat yang sy buat ini merupakan contoh penerapan hukum archimedes yaitu kapal selam. Karena tidak memungkinkan melihat kapal selam secara langsung, maka saya buat alat kapal selam dr bahan sederhana, yang harapannya siswa lebih bersemangat dan nyaman saat kegiatan pembelajaran dan tentunya indikator pembelajaran yang diharapkan juga tercapai.
ok baik dina
Assalamualaikum.wr.wb dina, saya ingin bertanya berkaitan dengan media yang anda buat berkaitan dengan masa pandemi covid 19 saat ini. apakah alat dan bahan yang harus digunakan untuk mengetahui kapal selam siswa perlu untuk membeli suntikan terlebih dahulu ? bagaimana jika didaerah tinggalnya jauh dari apotek untuk mendapatkan? adakah alternatif untuk itu ? terimakasih
Waalaikumsalam, terima kasih sdri Tri pertanyaannya. Sebenarnya jika tidak ada jarum suntik, untuk memasukkan dan mengurangi air yg ada di dlm botol bisa menggunakan selang yg pendek itu (tertempel pd botol) secara manual. Saya menambahkan jarum suntik itu untuk memudahkan saja.
Assalammualaikum tabikpuun, selamat pagi teman-teman dari kelompok dahlia, teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dicermati. saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;
Materi : Getaran, Gelombang dan Bunyi
Kelas : VIII/Genap
Video : Rancangan alat pipa organa sederhana
silahkan teman-teman memberikan pertanyaan, komentar, saran, kritik yang membangun pengembangan media yang telah saya buat. Berikut saya lampirkan pdf dan video media pembelajarannya.
selamat menonton jangan lupa klik subscribe!!!
terima kasih wassalammualaikum wr wb
Assalamualaikum wr.wb izin share inovasi alat percobaan untuk pemantulan bunyi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/ Genap
Materi Pokok : Getaran, Gelombang dan Bunyi
Sub Materi : Bunyi Alokasi
Kompetensi Dasar
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
3.11.1 Mengidentifikasi masalah terjadinya getaran dapat menimbulkan bunyi
3.11.2 Menjelaskan pengertian bunyi
3.11.3 Mengaitkan bunyi dengan getaran dan gelombang
3.11.4 Menganalisis terjadinya pemantulan bunyi
3.11.5 Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar
3.11.6 Menyebutkan hukum pemantulan bunyi
3.11.7 Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi
4.11.1 Melakukan percobaan pemantulan bunyi
4.11.2 Mengkomunikasikan hasil percobaan pemantulan bunyi
Assalamualaikum wr wb. Saya ingin bertanya kepada sdri Tri Utami. Alat yang digunakan untuk mngetahui sumber bunyi yaitu menggunakan aplikasi dengan hp.Jika pada saat pembelajaran dilakukan, apakah dibawakan guru atau siswa membawa sendiri?
Misalnya sekolah di daerah terpencil yang mayoritas anaknya belum ada Hp/android bagaimana menyisiasatinya? Trims
walaikumsalam.wr.wb dina, ya jadi untuk percobaan pemantulan bunyi bisa juga dilakukan hanya dengan satu jam beker/ataupun kita berteriak/berbicara pada bagian sumber bunyi, sedangkan yang satu sebagai pendengar yaitu ada temannya yang mendengar apakah terdapat pemantulan bunyi itupun bisa digunakan didaerah terpencil
tetapi disini saya menggunakan aplikasi pengukuran suara yang ada pada Hp agar dapat diketahui berapa jumlah dB yang dikeluarkan serta ditanggap oleh pendengar sebagai suara pantulnya, jika alat komunikasi seperti Hp sudah ada pada daerahnya. dan untuk hp yang digunakan bisa dibawakan oleh guru. terimakasih
Baik, terima kasih sdri Tri. Berarti kalau misalnya tidak menggunakan aplikasi kita tidak bisa mengetahui besar dB yang dihasilkan ya?
Iya benar dina, jika pada percobaan tidak menggunakan aplikasi pengukur suara/sound level meter tidak dapat diketahui terlihat, hanya sebatas tahu ada pantulan saja jika tidak menggunakan aplikasi.
Ohh seperti itu, baik terima kasih Tri penjelasannya...
saya ingin bertanya, bagaimana hububgan alat yang anda buat ini dengan merdeka belajar selama pandemi covid 19 ini, sama sperti pertanyaan mba dina juga, bagaimana caranya guru dapat menjangakau peserta didik yang mohon maaf mungkin belum memiliki fasilitas belajar yang mendukung,
berkaitan dengan media belajar dalam pandemi covid 19 ini, menurut saya media ini dapat digunakan/dibuat dari rumah dengan alat dan bahan-bahan yang sudah tersedia dirumah seperti kertas bekas, papan bisa gunakan pakai pintu, selain itu juga untuk altenatif sebagai papan pemantul bisa menggunakan tembok dengan dibandingkan dengan tembok yang di lapisi kain tebal.
Assalamualaikum wr.wb izin share inovasi alat peraga terkait lup
Mata Pelajaran : IPA
Materi :Cahaya dan Alat Optik (Pembentukan bayangan pada lensa)
Kelas/Semester : VIII/2
KD :
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
IPK :
3.12.1 Menyelidiki proses pembentukan bayangan pada lensa cembung
4.12.1 Menyelidiki proses pembentukan bayangan pada lensa cekung
Bagus... Teruslah berinovasi dalam pembelajaran...
Diskusi yang menarik... Lanjutkan...
Assalamualaikum, saya ingin menanggapi video sdr Farid. Alat yang dgunakan itu untuk menyelidiki pembentukan bayangan yang dihasilkan dr lup bohlam. Lalu data yang dihasilkan seperti apa ya? Karena sy melihat IPK nya menyelidiki pembentukan bayangan. Trims
iya mohon maaf data yang dihasilkan belum saya tampilkan, karena pada saat pelaksanaannya msh melihat hasil dari pembuatan apalt tersebut
Lalu, bagaimana nantinya apakah siswa membuat alat ini sendiri? Karena jika percobaannya hanya melihat tulisan menggunakan bohlam/alat yg sudah dibuat. berarti proyek untuk siswa atau bagaimana?
iya nantinya guru akan mengarahkan peserta didik untuk membuat alat tersebut
Assalamualaikum.wr.wb farid, saya ingin bertanya tujuan yang anda ingin capai untuk mengetahui bayangan menggunakan lensa cekung dan cembung. apakah alat yang anda buat sudah dapat mencapai tujuan tersebut? saya lihat hanya lensa cembungnya, bagaimana dengan lensa cekungnya ?