Diskusi Pert. Ke-15

Kelompok Kamboja

Kelompok Kamboja

by Sunyono Sunyono -
Number of replies: 24

Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Assaalamualaikum izin share inovasi alat terkait hukum Archimedes yaitu pengaruh zat pengapung terhadap keadaan suatu benda

Mata Pelajaran : IPA

Materi : Hukum Archimedes (Pengaruh Zat Pengapung Pada Keadaan                 Suatu Benda

Kelas/Semester : VIII/2

KD :

3.8  Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan.

4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batangtumbuhan. 

IPK :

3.8.1 Menjelaskan pengaruh zat pengapung terhadap keadaan suatu benda
3.8.2 Menjelaskan keadaan benda terapung, melayang dan tenggelam

 

 

 

 

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Farid Hamid Ali -

saya ingin bertanya, bagaimana hubungan alat praga yang dibuat berkaitan dengan merdeka belajar selama ada pandemi covid 19 ini

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Baik, jadi Konsep Merdeka Belajar yaitu menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu. Oleh karena itu, alat yang sy buat ini merupakan contoh penerapan hukum archimedes yaitu kapal selam. Karena tidak memungkinkan melihat kapal selam secara langsung, maka saya buat alat kapal selam dr bahan sederhana, yang harapannya siswa lebih bersemangat dan nyaman saat kegiatan pembelajaran dan tentunya indikator pembelajaran yang diharapkan juga tercapai.

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

Assalamualaikum.wr.wb dina, saya ingin bertanya berkaitan dengan media yang anda buat berkaitan dengan masa pandemi covid 19 saat ini. apakah alat dan bahan yang harus digunakan untuk mengetahui kapal selam siswa perlu untuk membeli suntikan terlebih dahulu ? bagaimana jika didaerah tinggalnya jauh dari apotek untuk mendapatkan? adakah alternatif untuk itu ? terimakasih

In reply to Tri Utami

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Waalaikumsalam, terima kasih sdri Tri pertanyaannya. Sebenarnya jika tidak ada jarum suntik, untuk memasukkan dan mengurangi air yg ada di dlm botol bisa menggunakan selang yg pendek itu (tertempel pd botol) secara manual. Saya menambahkan jarum suntik itu untuk memudahkan saja. 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Kamboja

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Assalammualaikum tabikpuun, selamat pagi teman-teman dari kelompok dahlia, teman-teman, dibawah ini adalah media pembelajaran yang saya buat, mohon dicermati. saya membuat suatu media pembelajaran sederhana ipa sebagai berikut ;

Materi : Getaran, Gelombang dan Bunyi

Kelas : VIII/Genap

Video : Rancangan alat pipa organa sederhana

silahkan teman-teman memberikan pertanyaan, komentar, saran, kritik yang membangun pengembangan media yang telah saya buat. Berikut saya lampirkan pdf dan video media pembelajarannya.

selamat menonton jangan lupa klik subscribe!!!

terima kasih wassalammualaikum wr wb

 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

Assalamualaikum wr.wb izin share inovasi alat percobaan untuk pemantulan bunyi

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester            : VIII/ Genap

Materi Pokok              : Getaran, Gelombang dan Bunyi

Sub Materi                  : Bunyi Alokasi

 

Kompetensi Dasar

3.11  Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi

 

3.11.1 Mengidentifikasi masalah terjadinya getaran dapat menimbulkan bunyi

3.11.2 Menjelaskan pengertian bunyi

3.11.3 Mengaitkan bunyi dengan getaran dan gelombang

3.11.4 Menganalisis terjadinya pemantulan bunyi

3.11.5 Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar

3.11.6 Menyebutkan hukum pemantulan bunyi

3.11.7 Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi

4.11.1 Melakukan percobaan pemantulan bunyi

4.11.2 Mengkomunikasikan hasil percobaan pemantulan bunyi

 

 

In reply to Tri Utami

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Assalamualaikum wr wb. Saya ingin bertanya kepada sdri Tri Utami. Alat yang digunakan untuk mngetahui sumber bunyi yaitu menggunakan aplikasi dengan hp.Jika pada saat pembelajaran dilakukan, apakah dibawakan guru atau siswa membawa sendiri?

Misalnya sekolah di daerah terpencil yang mayoritas anaknya belum ada Hp/android bagaimana menyisiasatinya? Trims

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

walaikumsalam.wr.wb dina, ya jadi untuk percobaan pemantulan bunyi bisa juga dilakukan hanya dengan satu jam beker/ataupun kita berteriak/berbicara pada bagian sumber bunyi, sedangkan yang satu sebagai pendengar yaitu ada temannya yang mendengar apakah terdapat pemantulan bunyi itupun bisa digunakan didaerah terpencil

tetapi  disini saya menggunakan aplikasi pengukuran suara yang ada pada Hp agar dapat diketahui berapa jumlah dB yang dikeluarkan serta ditanggap oleh pendengar sebagai suara pantulnya, jika alat komunikasi seperti Hp sudah ada pada daerahnya. dan untuk hp yang digunakan bisa dibawakan oleh guru. terimakasih

In reply to Tri Utami

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Baik, terima kasih sdri Tri. Berarti kalau misalnya tidak menggunakan aplikasi kita tidak bisa mengetahui besar dB yang dihasilkan ya? 

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

Iya benar dina, jika pada percobaan tidak menggunakan aplikasi pengukur suara/sound level meter tidak dapat diketahui terlihat, hanya sebatas tahu ada pantulan saja jika tidak menggunakan aplikasi.

In reply to Tri Utami

Re: Kelompok Kamboja

by Farid Hamid Ali -

saya ingin bertanya, bagaimana hububgan alat yang anda buat ini dengan merdeka belajar selama pandemi covid 19 ini, sama sperti pertanyaan mba dina juga, bagaimana caranya guru dapat menjangakau peserta didik yang mohon maaf mungkin belum memiliki fasilitas belajar yang mendukung, 

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

berkaitan dengan media belajar dalam pandemi covid 19 ini, menurut saya media ini dapat digunakan/dibuat dari rumah dengan alat dan bahan-bahan yang sudah tersedia dirumah seperti kertas bekas, papan bisa gunakan pakai pintu, selain itu juga untuk altenatif sebagai papan pemantul bisa menggunakan tembok dengan dibandingkan dengan tembok yang di lapisi kain tebal.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Kelompok Kamboja

by Farid Hamid Ali -

Assalamualaikum wr.wb izin share inovasi alat peraga terkait lup

Mata Pelajaran : IPA

Materi :Cahaya dan Alat Optik (Pembentukan bayangan pada lensa)

Kelas/Semester : VIII/2

KD :

3.12  Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik

 

4.12  Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa

 

IPK :

3.12.1    Menyelidiki proses pembentukan bayangan pada lensa cembung

4.12.1    Menyelidiki proses pembentukan bayangan pada lensa cekung

 

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Sunyono Sunyono -

Bagus... Teruslah berinovasi dalam pembelajaran...
Diskusi yang menarik... Lanjutkan...

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Assalamualaikum, saya ingin menanggapi video sdr Farid. Alat yang dgunakan itu untuk menyelidiki pembentukan bayangan yang dihasilkan dr lup bohlam. Lalu data yang dihasilkan seperti apa ya? Karena sy melihat IPK nya menyelidiki pembentukan bayangan. Trims

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Farid Hamid Ali -

iya mohon maaf data yang dihasilkan belum saya tampilkan, karena pada saat pelaksanaannya msh melihat hasil dari pembuatan apalt tersebut

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Dina Kiftatul Kusnia -

Lalu, bagaimana nantinya apakah siswa membuat alat ini sendiri? Karena jika percobaannya hanya melihat tulisan menggunakan bohlam/alat yg sudah dibuat. berarti proyek untuk siswa atau bagaimana?

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Kelompok Kamboja

by Farid Hamid Ali -

iya nantinya guru akan mengarahkan peserta didik untuk membuat alat tersebut

In reply to Farid Hamid Ali

Re: Kelompok Kamboja

by Tri Utami -

Assalamualaikum.wr.wb farid, saya ingin bertanya tujuan yang anda ingin capai untuk mengetahui bayangan menggunakan lensa cekung dan cembung. apakah alat yang anda buat sudah dapat mencapai tujuan tersebut? saya lihat hanya lensa cembungnya, bagaimana dengan lensa cekungnya ?