Diskusi pertemuan ke-14

Diskusi Video

Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -
Number of replies: 36

Silahkan mulai diskusi di sini

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Indah Mayasari -

Video 1:
KD: 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

atau berdasarkan Permendikbud no.37 tahun 2018:

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan

Materi: Hukum Boyle
Kelas: 8

Indikator yang dapat dicapai:

  1. Menjelaskan pengertian tekanan udara dan menyebutkan alat ukur tekanan udara pada ruang tertutup.
  2. Mengaplikasikan  tekanan udara dan hukum boyle pada kehidupan seharihari
  3. Mengidentifikasi penerapan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari

 

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi Video

by Dina Kiftatul Kusnia -

Izin menanggapi, menurut saya KD yg dipilih sudah benar. Tetapi untuk indikator pencapaian yg poin 1 menjelaskan dan menyebutkan tidak dijadikan satu. Kadi menurut saya dipisah.

1. Menjelaskan pengertian hukum Boyle

2. Menyebutkan alat ukur tekanan udara pada ruang tertutup.

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi Video

by Dina Else Fernandu -
Menurut saya jika disesuaikan dengan Silabus pada tingkatan SMP IPA benar bahwa pada video 1 merujuk pada KD 3.8 yaitu Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. Pada konsep tekanan zat menjadi kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam melakukan pembelajaran dimana didalam pembelajaran terkait konsep tersebut prinsip hukum boyle seperti yang diselidiki menggunakan media video 1 termasuk dalam cakupan pembelajarannya.
Namun kesesuaian dengan KD 4.8 menurut saya tidak sesuai, sebab 4.8 berisikan kompetensi dasar terkait Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan. Dengan demikian KD 4.8 tidak sesuai dengan mengunakan video pembelajaran 1 yang ditayangkan tersebut. Apabila ingin menggunakan video 1 tersebut, maka kompetensi yang di harapkan dapat tercapai berkaitan dengan konsep yang akan diselidiki. Menurut saya komptensi dasar untuk 4. Dapat ditulis dengan Menyajikan data hasil penyelidikan terkait tekanan zat cair pada benda dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian menggunakan penyelidikan berkaitan dengan tekanan zat pada benda yang dalam hal ini mengunakan video pembelajaran 1 termasuk dalam mencapai KD 4. tersebut.
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Almira Aspridanel -

Menurut saya,

Video ke 1

KD : 3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan

4. 10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan

Materi : Teknologi Ramah Lingkungan

Kelas : IX/2

IPK

3.10 .1 Mengidentifikasi prinsip prinsip teknologi ramah lingkungan

3.10.2 Mengidentifikasi bentuk aplikasi teknologi ramaha lingkungkan dalam bidang energi lingkungan transportasi indstri
3.10.3 Menguraikan mekanisme kerja alat alat yang menerpakan teknlogi ramah lingkungan
4. 10.1Memberikan ide dalam memecahkan suatu masalah untuk mengatasi dampak negatif teknlogi dilingkungan skitar
4.10.2 Memberikan solusi dalam memecahkan masalah sumber energi alternatif yang tepat guna berdasarkan kondisi suatu daerah

4.10.3 Merangkai suatu alat teknologi ramah lingkungan dengan sumber energi alternatif

In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi Video

by Dina Kiftatul Kusnia -

Izin menanggapi. Menurut saya mengidentifikasi itu indikator keterampilan (indikator 4) bukan indikator 3. 

 

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: Diskusi Video

by Atika Putri -

Menurut dina saran kko yg tepat pada indikator 3. Nya seperti apa? Saya juga masih sering membuat indikator sengan kata ”mengidentifikasi”

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi Video

by Indah Mayasari -

Izin menanggapi, menurut saya pada indikator 3 (indikator pengetahuan) lebih baik diganti dengan kata menjelaskan.

Sedangkan untuk mengidentifikasi digunakan pada indikator 4 (indikator keterampilan)

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi Video

by Dina Kiftatul Kusnia -

Iya setuju dengan mb Indah bisa menjelaskan, mendeskripsikan, menyebutkan untuk indikator pengetahuan. Kalau mengamati, mengidentifikasi itu termasuk keterampilan yang saya tahu.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Ummul Uslima -

Kompetensi Dasar

3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan

Materi : Tekanan Zat

Kelas  : VIII

Indikator

3.8.1 Menjelaskan Hukum Boyle

4.8.1 Melakukan percobaan Hukum Boyle yaitu " Percobaan air Mancur Sederhana"

4.8.2 Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Percobaan Air Mancur Sederhana

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Eka Candra Kurniawati -

VIDIO 1

 

 

Kelas/Semester                        : VIII/2

Mata Pelajaran                        : IPA

Topik                                       : Hukum Boyle

 1.      Kompetensi Dasar

3.8  Menjelaskan tentang Hukum Boyle  dan Penerapannya dalam kehidupan

4.8   Menyajikan data hasil percobaan tentang hukum Boyle

 2.      Materi Pembelajaran

 

   1.  Hukum Boyle

    2. Rumus hukum boyle

      3. Contoh-contoh penerapan hukum Boyle dalam kehidupan seahri-hari

 3.      Indikator Pencapain Kompetensi :

 

3.8.1   Menyebutkan bunyi Hukum Boyle

3.8.2   Menerapkan Rumus Hukum Boyle ke dalam kejadian sehari-hari

4.8.1   Menganalisis penerapan hukum Boyle

4.8.2   Melakukan percobaan mengenai hukum Boyle mengenai   Air mancur botol bekas

4.8.3   Menyimpulkan hasil percobaan Hukum Boyle

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: Diskusi Video

by Rahma abida -

Izin menanggapi, menurut saya pada indikator 4.8.1 Menganalisis penerapan hukum boyle belum termasuk ke dalam indikator 4 tetapi masih pada indikator 3. Menurut saya juga bukan menganalisis tetapi menerapkan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari.

In reply to Rahma abida

Re: Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -

Diskusi yang menarik, lanjutkan. Saya akan mengomentari nanti.
Bagaimana dengan video 2...?

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -

Untuk video 1 sebenarnya yang paling pas adalah KD 5.5 kelas VII: Menyelidiki tekanan benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan media video tersebut, siswa diajak melihat sifat zat cair yang dapat berpindah/mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi karena adanya perbedaan tekanan (tekanan di bawah lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan di ruang/tempat yang lebih tinggi), sesuai hukum Boyle, sehingga terjadilah air mancur.

Sedangkan KD 3.8 bisa saja, tetapi hanya untuk melihat sifat kapilaritas. Dalam hal ini, Anda dapat berinovasi dengan membuat satu lagi media yang sama tetapi dengan mengganti pipa (sedotan) yang lebih kecil diameternya (untuk menyelidiki kapilaritas). Siswa dapat mengamati terjadinya perbedaan air mancur (semburan) yang terjadi karena perbedaan diameter sedotan (pipa kapiler).

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Rahma abida -

Video Ke-2

Kompetensi Dasar

3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis

Materi : Energi

Kelas  : VII

Indikator

3.5.1 Menjelaskan pengertian energi

3.5.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi

3.5.3 Menyebutkan sumber-sumber energi

3.5.4 Menentukan perubahan energi dari berbagai fenomena sehari-hari

4.5.1 Melakukan percobaan helikopter sederhana

4.5.2 Menyelidiki faktor-faktor perubahan energi yang terjadi pada saat melakukan percobaan  helikopter sederhana

In reply to Rahma abida

Re: Diskusi Video

by Eka Candra Kurniawati -

izin menanggapi untuk indikator 3.5.4 ( Menentukan) menurut saya diganti (menyebutkan) agar lebih mudah dipahami siswa

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Atika Putri -

Video 2

Kompetensi Dasar

3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis

Materi : perubahan bentuk energi

Kelas  : VII

Indikator: 

3.5.2 Menjelaskan perubahan bentuk energi 

4.5.1 merancang kegiatan percobaan perubahan bentuk energi

4.5.2 melakukan percobaan perubahan bentuk energi

4.5.3 melaporkan hasil analisis percobaan perubahan bentuk energi

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Devi Andriani -

VIDEO KE 2

Kompetensi Dasar:

3.5 Menganalisis Konsep Energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupansehari-hari termasuk perubahannya

4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis

Meteri: perubahan bentuk energy

Kelas : VII

Indikator

3.5.1 Menjelaskan konsep energy dalam kehidupan sehari-hari

3.5.2 menjelaskan bentuk energy dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

4.5.1 Menerapkan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari hari.

4.5.2 Merancang percobaan sederhana tentang beberapa peristiwa perubahan bentuk energi.

4.5.3 Melakukan percobaan percobaan sederhana tentang beberapa peristiwa perubahan bentuk energi

 

In reply to Sunyono Sunyono

Video 2

by Farid Hamid Ali -
Menurut saya video 2 masuk kedalamm

Kompetennsi Dasar :

3.2 menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerpannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

4.2 Menyajikan hsil penyelidakan pengaruh gaya terhjadap benda

Materi : Gerak dan Gaya
Kelaas : VIII

Indikator

3.2.1 menjelaskan pengertian gerak
3.2.2 menjelaskan perbedaaan GLlB daan GLBB
3.2.3 menghitunng keceepaan dan percepatan geraak dengan rumus GLB
3.2.4 Memahami hukum Newton 1, newtonn 2 dan Newton 3
3.2.5 memberikan contoh kegiatan atau ggerak makhluk hidup dan benda berdaasarkan hukum newton 1, 2,, dan 3
4.2.1 Melakuakan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan menerapkan hukum newton
4.2.2 menyampaikan hasil penyellidikan terkait pengaruh gaya terhadap gerak benda percobaan helllikopter sederhana
In reply to Farid Hamid Ali

Re: Video 2

by Atika Putri -

Pak farid. Dalam video hanya ditunjukkan baling helikopter menyala ketika tombol on dihidupkan. bagaimana cara melihat dan menghitung kecepatan serta percepatannya? Jika helikopter sebagai media belajar kd ini rasanya kurang cocok..karena hanya baling nya Saja yg bergerak,

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Kelas/Semester                        : VIII/2

Mata Pelajaran                        : IPA

Materi                                      : Tekanan Zat

 

Kompetensi Dasar

3.8       Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8       Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhanVideo 2

 

Indikator

3.8.1 Mengidentifikasi penerapan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari

3.8,2 Menerapkan Rumus Hukum Boyle dalam kehdiupan sehari-hari

4.8.1 Melakukan percobaan Hukum Boyle mengenai air mancur sederaha

4.8.2 Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Percobaan Air Mancur Sederhana

4.8.3 Melaporkan hasil data analisis percobaan air mancur sederhana

 

Mata Pelajaran: IPA

Kelas               : VII

Materi              : Perubahan Bentuk Energi

 

Kompetensi Dasar

3.5       Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis

4.5       Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis

           

Indikator

3.5.2 Menjelaskan perubahan bentuk energi

3.5.2 Menjelaskan bentuk energi beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari 

4.5.1 Merancang kegiatan percobaan sederhana mengenai beberapa peristiwa perubahan bentuk energi

4.5.2 Melakukan percobaan sederhana mengenai perubahan bentuk energi

4.5.3 menyajikan hasil data analisis terkait percobaan perubahan bentuk energi

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -

Untuk video 1 sebenarnya yang paling pas adalah KD 5.5 kelas VII: Menyelidiki tekanan benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan media video tersebut, siswa diajak melihat sifat zat cair yang dapat berpindah/mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi karena adanya perbedaan tekanan (tekanan di bawah lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan di ruang/tempat yang lebih tinggi), sesuai hukum Boyle, sehingga terjadilah air mancur.

Sedangkan KD 3.8 bisa saja, tetapi hanya untuk melihat sifat kapilaritas. Dalam hal ini, Anda dapat berinovasi dengan membuat satu lagi media yang sama tetapi dengan mengganti pipa (sedotan) yang lebih kecil diameternya (untuk menyelidiki kapilaritas). Siswa dapat mengamati terjadinya perbedaan air mancur (semburan) yang terjadi karena perbedaan diameter sedotan (pipa kapiler).

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -

Untuk Video 2: Coba perhatikan, ketika helikopter sudah jadi. Apa saja yang bisa diamati oleh siswa?
Nah, apa yang bisa diamati dan diperoleh oleh siswa itulah sebagai dasar menentukan KD mana yang cocok.
Coba Anda amati dengan baik, pada media helikopter, setalah motor dihidupkan maka yang bergerak baling-baling, lalu halikopter bisa bergerak maju atau berputar-putar.
Anda bisa memunculkan pertanyaan pendahuluan:
1. Apa yang menyebabkan baling-baling bergerak? darimana energi gerak tersebut berasal?
2. Mengapa helikopter bisa bergerak maju dan berputar-putar?, apa yang menyebabkan helikopter bergerak? Lalu, mengapa baling-baling di atas badan helikopter dan diekor helikopter bisa menggerakkan helikopter untuk maju dan berputar-putar?
3. Bagaimana dan apa yang terjadi jika baling-baling bagian ekor dimatikan? Begitu pula jika baling-baling di atas badan helikopter yang dimatikan dan hanya baling-baling yang ada diekor yang dihidupkan?

Nah, pertanyaan2 tersebut yang akan menuntun Anda dalam menentukan KD atau materi apa yang cocok dibelajarkan dengan menggunakan media tersebut.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Tri Utami -

menurut saya video 2 cocok untuk

Kompetensi Dasar

3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi

Materi : Bunyi

Sub Materi : Pemantulan Bunyi

Kelas : VIII/ Genap

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.11.1 Mengidentifikasi masalah terjadinya getaran dapat menimbulkan bunyi

3.11.2 Menjelaskan pengertian bunyi

3.11.3 Mengaitkan bunyi dengan getaran dan gelombang

3.11.4 Menganalisis terjadinya pemantulan bunyi

3.11.5 Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar

3.11.6 Menyebutkan hukum pemantulan bunyi

3.11.7 Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi

4.11.1 Melakukan percobaan pemantulan bunyi

4.11.2 Mengkomunikasikan hasil percobaan pemantulan bunyi

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Tia Dewi Kurniawati -

VIDEO 2

KD 3.4 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi

Materi : Asas Borneulli

Kelas : XI/2

Indikator:

3.4.1 Menyebutkan sifat-sifat fluida ideal

3.4.2 Menentukan persamaan Borneulli

3.4.3 Memberikan contoh asas Borneulli dalam kehidupan sehari-hari

 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Video

by Sunyono Sunyono -

Untuk semua perhatikan komentar saya diatas....
baik untuk video 1 maupun untuk video 2