Silahkan mulai diskusi di sini
Baik pak
Baik pak
Iya pak
Baik pak
baik pak
baik pak
Video 1:
KD: 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
atau berdasarkan Permendikbud no.37 tahun 2018:
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
Materi: Hukum Boyle
Kelas: 8
Indikator yang dapat dicapai:
- Menjelaskan pengertian tekanan udara dan menyebutkan alat ukur tekanan udara pada ruang tertutup.
- Mengaplikasikan tekanan udara dan hukum boyle pada kehidupan seharihari
- Mengidentifikasi penerapan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari
Izin menanggapi, menurut saya KD yg dipilih sudah benar. Tetapi untuk indikator pencapaian yg poin 1 menjelaskan dan menyebutkan tidak dijadikan satu. Kadi menurut saya dipisah.
1. Menjelaskan pengertian hukum Boyle
2. Menyebutkan alat ukur tekanan udara pada ruang tertutup.
Namun kesesuaian dengan KD 4.8 menurut saya tidak sesuai, sebab 4.8 berisikan kompetensi dasar terkait Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan. Dengan demikian KD 4.8 tidak sesuai dengan mengunakan video pembelajaran 1 yang ditayangkan tersebut. Apabila ingin menggunakan video 1 tersebut, maka kompetensi yang di harapkan dapat tercapai berkaitan dengan konsep yang akan diselidiki. Menurut saya komptensi dasar untuk 4. Dapat ditulis dengan Menyajikan data hasil penyelidikan terkait tekanan zat cair pada benda dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian menggunakan penyelidikan berkaitan dengan tekanan zat pada benda yang dalam hal ini mengunakan video pembelajaran 1 termasuk dalam mencapai KD 4. tersebut.
iya mbak. sependapat dengan mb dina, menurut saya itu untuk kd 3.8.
Kan memang KD 3.8 mb Ummu ? Bagaimana maksudnya ya ?
Menurut saya,
Video ke 1
KD : 3.10 Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
4. 10 Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan
Materi : Teknologi Ramah Lingkungan
Kelas : IX/2
IPK :
3.10 .1 Mengidentifikasi prinsip prinsip teknologi ramah lingkungan
3.10.2 Mengidentifikasi bentuk aplikasi teknologi ramaha lingkungkan dalam bidang energi lingkungan transportasi indstri
3.10.3 Menguraikan mekanisme kerja alat alat yang menerpakan teknlogi ramah lingkungan
4. 10.1Memberikan ide dalam memecahkan suatu masalah untuk mengatasi dampak negatif teknlogi dilingkungan skitar
4.10.2 Memberikan solusi dalam memecahkan masalah sumber energi alternatif yang tepat guna berdasarkan kondisi suatu daerah
4.10.3 Merangkai suatu alat teknologi ramah lingkungan dengan sumber energi alternatif
Izin menanggapi. Menurut saya mengidentifikasi itu indikator keterampilan (indikator 4) bukan indikator 3.
Menurut dina saran kko yg tepat pada indikator 3. Nya seperti apa? Saya juga masih sering membuat indikator sengan kata ”mengidentifikasi”
Izin menanggapi, menurut saya pada indikator 3 (indikator pengetahuan) lebih baik diganti dengan kata menjelaskan.
Sedangkan untuk mengidentifikasi digunakan pada indikator 4 (indikator keterampilan)
Iya setuju dengan mb Indah bisa menjelaskan, mendeskripsikan, menyebutkan untuk indikator pengetahuan. Kalau mengamati, mengidentifikasi itu termasuk keterampilan yang saya tahu.
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
Materi : Tekanan Zat
Kelas : VIII
Indikator
3.8.1 Menjelaskan Hukum Boyle
4.8.1 Melakukan percobaan Hukum Boyle yaitu " Percobaan air Mancur Sederhana"
4.8.2 Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Percobaan Air Mancur Sederhana
VIDIO 1
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Topik : Hukum Boyle
1. Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan tentang Hukum Boyle dan Penerapannya dalam kehidupan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan tentang hukum Boyle
2. Materi Pembelajaran
1. Hukum Boyle
2. Rumus hukum boyle
3. Contoh-contoh penerapan hukum Boyle dalam kehidupan seahri-hari
3. Indikator Pencapain Kompetensi :
3.8.1 Menyebutkan bunyi Hukum Boyle
3.8.2 Menerapkan Rumus Hukum Boyle ke dalam kejadian sehari-hari
4.8.1 Menganalisis penerapan hukum Boyle
4.8.2 Melakukan percobaan mengenai hukum Boyle mengenai Air mancur botol bekas
4.8.3 Menyimpulkan hasil percobaan Hukum Boyle
Izin menanggapi, menurut saya pada indikator 4.8.1 Menganalisis penerapan hukum boyle belum termasuk ke dalam indikator 4 tetapi masih pada indikator 3. Menurut saya juga bukan menganalisis tetapi menerapkan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari.
Diskusi yang menarik, lanjutkan. Saya akan mengomentari nanti.
Bagaimana dengan video 2...?
Untuk video 1 sebenarnya yang paling pas adalah KD 5.5 kelas VII: Menyelidiki tekanan benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan media video tersebut, siswa diajak melihat sifat zat cair yang dapat berpindah/mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi karena adanya perbedaan tekanan (tekanan di bawah lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan di ruang/tempat yang lebih tinggi), sesuai hukum Boyle, sehingga terjadilah air mancur.
Sedangkan KD 3.8 bisa saja, tetapi hanya untuk melihat sifat kapilaritas. Dalam hal ini, Anda dapat berinovasi dengan membuat satu lagi media yang sama tetapi dengan mengganti pipa (sedotan) yang lebih kecil diameternya (untuk menyelidiki kapilaritas). Siswa dapat mengamati terjadinya perbedaan air mancur (semburan) yang terjadi karena perbedaan diameter sedotan (pipa kapiler).
Video Ke-2
Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis
Materi : Energi
Kelas : VII
Indikator
3.5.1 Menjelaskan pengertian energi
3.5.2 Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi
3.5.3 Menyebutkan sumber-sumber energi
3.5.4 Menentukan perubahan energi dari berbagai fenomena sehari-hari
4.5.1 Melakukan percobaan helikopter sederhana
4.5.2 Menyelidiki faktor-faktor perubahan energi yang terjadi pada saat melakukan percobaan helikopter sederhana
izin menanggapi untuk indikator 3.5.4 ( Menentukan) menurut saya diganti (menyebutkan) agar lebih mudah dipahami siswa
Video 2
Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis
Materi : perubahan bentuk energi
Kelas : VII
Indikator:
3.5.2 Menjelaskan perubahan bentuk energi
4.5.1 merancang kegiatan percobaan perubahan bentuk energi
4.5.2 melakukan percobaan perubahan bentuk energi
4.5.3 melaporkan hasil analisis percobaan perubahan bentuk energi
VIDEO KE 2
Kompetensi Dasar:
3.5 Menganalisis Konsep Energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energy dalam kehidupansehari-hari termasuk perubahannya
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis
Meteri: perubahan bentuk energy
Kelas : VII
Indikator
3.5.1 Menjelaskan konsep energy dalam kehidupan sehari-hari
3.5.2 menjelaskan bentuk energy dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
4.5.1 Menerapkan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari hari.
4.5.2 Merancang percobaan sederhana tentang beberapa peristiwa perubahan bentuk energi.
4.5.3 Melakukan percobaan percobaan sederhana tentang beberapa peristiwa perubahan bentuk energi
Kompetennsi Dasar :
3.2 menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerpannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hsil penyelidakan pengaruh gaya terhjadap benda
Materi : Gerak dan Gaya
Kelaas : VIII
Indikator
3.2.1 menjelaskan pengertian gerak
3.2.2 menjelaskan perbedaaan GLlB daan GLBB
3.2.3 menghitunng keceepaan dan percepatan geraak dengan rumus GLB
3.2.4 Memahami hukum Newton 1, newtonn 2 dan Newton 3
3.2.5 memberikan contoh kegiatan atau ggerak makhluk hidup dan benda berdaasarkan hukum newton 1, 2,, dan 3
4.2.1 Melakuakan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan menerapkan hukum newton
4.2.2 menyampaikan hasil penyellidikan terkait pengaruh gaya terhadap gerak benda percobaan helllikopter sederhana
Pak farid. Dalam video hanya ditunjukkan baling helikopter menyala ketika tombol on dihidupkan. bagaimana cara melihat dan menghitung kecepatan serta percepatannya? Jika helikopter sebagai media belajar kd ini rasanya kurang cocok..karena hanya baling nya Saja yg bergerak,
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Materi : Tekanan Zat
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhanVideo 2
Indikator
3.8.1 Mengidentifikasi penerapan hukum boyle dalam kehidupan sehari-hari
3.8,2 Menerapkan Rumus Hukum Boyle dalam kehdiupan sehari-hari
4.8.1 Melakukan percobaan Hukum Boyle mengenai air mancur sederaha
4.8.2 Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Percobaan Air Mancur Sederhana
4.8.3 Melaporkan hasil data analisis percobaan air mancur sederhana
Mata Pelajaran: IPA
Kelas : VII
Materi : Perubahan Bentuk Energi
Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosistesis
Indikator
3.5.2 Menjelaskan perubahan bentuk energi
3.5.2 Menjelaskan bentuk energi beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari
4.5.1 Merancang kegiatan percobaan sederhana mengenai beberapa peristiwa perubahan bentuk energi
4.5.2 Melakukan percobaan sederhana mengenai perubahan bentuk energi
4.5.3 menyajikan hasil data analisis terkait percobaan perubahan bentuk energi
Untuk video 1 sebenarnya yang paling pas adalah KD 5.5 kelas VII: Menyelidiki tekanan benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan media video tersebut, siswa diajak melihat sifat zat cair yang dapat berpindah/mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi karena adanya perbedaan tekanan (tekanan di bawah lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan di ruang/tempat yang lebih tinggi), sesuai hukum Boyle, sehingga terjadilah air mancur.
Sedangkan KD 3.8 bisa saja, tetapi hanya untuk melihat sifat kapilaritas. Dalam hal ini, Anda dapat berinovasi dengan membuat satu lagi media yang sama tetapi dengan mengganti pipa (sedotan) yang lebih kecil diameternya (untuk menyelidiki kapilaritas). Siswa dapat mengamati terjadinya perbedaan air mancur (semburan) yang terjadi karena perbedaan diameter sedotan (pipa kapiler).
Untuk Video 2: Coba perhatikan, ketika helikopter sudah jadi. Apa saja yang bisa diamati oleh siswa?
Nah, apa yang bisa diamati dan diperoleh oleh siswa itulah sebagai dasar menentukan KD mana yang cocok.
Coba Anda amati dengan baik, pada media helikopter, setalah motor dihidupkan maka yang bergerak baling-baling, lalu halikopter bisa bergerak maju atau berputar-putar.
Anda bisa memunculkan pertanyaan pendahuluan:
1. Apa yang menyebabkan baling-baling bergerak? darimana energi gerak tersebut berasal?
2. Mengapa helikopter bisa bergerak maju dan berputar-putar?, apa yang menyebabkan helikopter bergerak? Lalu, mengapa baling-baling di atas badan helikopter dan diekor helikopter bisa menggerakkan helikopter untuk maju dan berputar-putar?
3. Bagaimana dan apa yang terjadi jika baling-baling bagian ekor dimatikan? Begitu pula jika baling-baling di atas badan helikopter yang dimatikan dan hanya baling-baling yang ada diekor yang dihidupkan?
Nah, pertanyaan2 tersebut yang akan menuntun Anda dalam menentukan KD atau materi apa yang cocok dibelajarkan dengan menggunakan media tersebut.
menurut saya video 2 cocok untuk
Kompetensi Dasar
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi, dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
Materi : Bunyi
Sub Materi : Pemantulan Bunyi
Kelas : VIII/ Genap
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Mengidentifikasi masalah terjadinya getaran dapat menimbulkan bunyi
3.11.2 Menjelaskan pengertian bunyi
3.11.3 Mengaitkan bunyi dengan getaran dan gelombang
3.11.4 Menganalisis terjadinya pemantulan bunyi
3.11.5 Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar
3.11.6 Menyebutkan hukum pemantulan bunyi
3.11.7 Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi
4.11.1 Melakukan percobaan pemantulan bunyi
4.11.2 Mengkomunikasikan hasil percobaan pemantulan bunyi
VIDEO 2
KD 3.4 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
Materi : Asas Borneulli
Kelas : XI/2
Indikator:
3.4.1 Menyebutkan sifat-sifat fluida ideal
3.4.2 Menentukan persamaan Borneulli
3.4.3 Memberikan contoh asas Borneulli dalam kehidupan sehari-hari
Untuk semua perhatikan komentar saya diatas....
baik untuk video 1 maupun untuk video 2