Presentasi Quantum Teaching and Learning

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -
Number of replies: 87

Assalamu'alaikum...
Tabiik puunnn...

teman teman Program Magister Pendidikan IPA yang saya sayangi dan Bapak sunyono yang saya banggakan. mohon maaf mengganggu waktunya, hari ini saya perwakilan dari kelompok 1 izin mengirimkan tugas mengenai model Quantum Teaching dan video pada pertemuan ke-10 ini dengan memperkenalkan kelompok sebagai berikut.

Nama: Atika Putri                    1923025005

            Fiska Fatrisia Kusuma 1923025012

            Johariah                       1923025002

Baiklah mari teman-teman mari kita tonton dan simak link dari video tersebut, dan mari kita bersama-sama mempelajari materi yang telah kelompok kami diskusikan, lalu kita diskusikan bersama teman-teman sekalian mengenai model quantum teaching ini melalui forum diskusi yang telah disediakan...

Terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

                             Video quantum teaching silahkan disimak

                           ayok teman teman kita diskusikan bersama.

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Apakah sudah siap?
Kok belum ada yang muncul...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tri Utami -
In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Ok, lanjut diksusi terkait makalah dan presentasi kelompok yang bertugas haru ini....

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

oke baik teman-teman sekalian mari kita sama sama diskusikan materi quantum teaching ini.. mari kita sama sama menyimak video beserta makalah yang sudah kami sajikan. kami beri waktu 15 menit dimulai dari sekarang

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Indah Mayasari -

izin bertanya kepada kelompok penyaji...

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummul Uslima -

Izin bertanya kepada kelompok penyaji..

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Farid Hamid Ali -
assalamualaikum, mohon izin bertanya di halaman 8 dlm makalah pada konteks 1, dijelaskan berkaitan dengan penataan ruangan kelas, nah bisa tolong digambarkan seperti apa penataan kelas dalam perjalanan Quantum teaching ini, biasanyakan klo secara umum, posisi kursi meja menghadap kedepan sejajaar saja, nah klo dalam pembelaharan quantum teaching ini seprti apa ? terimakasih
wassalamualaikum
In reply to Farid Hamid Ali

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Saya luruskan. Model Quantum teaching tidak ada ketentuan posisi tempat duduk seperti apa. Prinsipnya adalah belajar sambil bermain atau belajar yang menyenangkan (Prinsip Joy Full Learning). Posisi tempat duduk menyesuaikan kondisi sekolah atau kelas, guru harus mampu berkreasi posisi tempat duduk yang nyaman untuk siswa dan posisi tempat duduk tersebut sebaiknya diubah-ubah secara periodik. Misalnya setiap 3 kali pertemuan posisi tempat duduknya diubah. nah, ketika menemukan posisi paling ideal dimana siswa paling nyaman, maka posisi itu perlu dipertahankan agak lama...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

ya farid tidK ada ktentuan bentuk harus melingkar letter U letter L, menyesuaikan ukuran kelas, pergantian tempat duduk juga perlu, shingga anak yg berada di baris depan/ belakang tidak itu2 aja, diusahakan sususan tmpt duduk siswa dapat teramati semua oleh guru

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Farid Hamid Ali -
baik ok terimakasih mba atika atas penjelasannya
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Farid Hamid Ali -
ok baik bapak, saya tadi nangkap yg di halaman 8 tempat duduknya seperti itu, ok baik terimakasih atas penjelasannya bapak
In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

baik pak saya perwakilan kelompok 1 akan memandu presentasi terkait model quantum teaching.

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummu Khoiriyah -
In reply to Ummu Khoiriyah

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Johariah 1923025002 -

silahkan yang ingin bertanya dipersilahkan

 

In reply to Johariah 1923025002

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

Assalamualaikum wr wb, saya ingin bertanya kepada penyaji bahwa pada video di terangkan karakteristik model quantum teaching menciptakan interaksi-interkasi yang bermutu dan bermakna, bisa tolong di contohkan interaksi yang seperti apa terjadinya kepeserta didik tersbut pada saat berlangsungnya model quantum ini? terimakasih wassalamualaikum

In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

interaksi yang bermutu dan bermakna disni merupakan karakteristik dari model quantum teaching, nah karakteristik ini berkaitan juga dengan langkah yang harus di gunaakan dalam model ini. seperti salah satu langkah model quantum teaching ini yaitu "Alami" maksud dari alami disni yaitu mengandung makna bahwa proses pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mengalami secara langsung atau nyata materi yang diajarkan. Demikian pula pengalaman siswa sebelumnya, akan bermakna bagi guru dalam mengajarkan konsep-konsep yang saling berkaitan. contohnya bisa dilihat pada contoh jurnal yang telah kami paparkan pada langkah alami ini yaitu siswa bersama teman kelompoknya mendiskusikan masalah pada LKS. Ketika proses diskusi berlangsung siswa akan saling bertukar informasi dengan teman kelompoknya dalam mencari solusi dan permasalahan pada LKS. dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa pada saat bertukar informasi siswa secara langsung mencari informasi dan permasalahan yang terdapat pada LKS berdasarkan kosep atau materi yang didapatkan.

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Sebaiknya tidak hanya LKS. LKS itu hanyalah media/alat bantu dalam pembelajaran. Tapi prinsup yang paling penting adalah bagaimana membuat siswa betah di sekolah. Oleh sebab itu belajar dengan quantuk teaching, guru harus mampu berkreasi dan berinovasi. Manfaatkan lingkunagn sekitar sebagai sumber belajar. Dalam hal ini, sosio-saintifik sangat cocok dipadu dengan quantum teaching

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

iya  pak saya sangat setuju,  LKS hanya media alat bantu dalam proses pembelajaran, isu-isu corona yang sangat mewabah sangat dapat dijadikan motivasi dalam pembelajaran IPA dan memang sangat erat kaitannya denga socio-scientific..

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

iya fiska terimakasih atas jawabannya. bermacam-macam interaksi yang ada didalam dan sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Segalanya yang berada dilingkungan memberikan makna tentang belajar. Bahasa tubuh yang ada pada seseorang sesungguhnya mengirimi pesan tentang belajar.

In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

iya benar sekali almira.. memang segalanya yang berada dilingkungan memberikan makna tentang belajar. seperti isu-isu sosial yang menyeruak saat ini

In reply to Johariah 1923025002

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummul Uslima -

Assalamualaikum, saya Ummul Uslima ingin bertanya. Pada prinsip pertama disebutkan bahwa segalanya berbicara. Apa maksud dari hal tersebut seluruh siswa harus aktif selama pembelajaran? Jika iya, bagaimana cara untuk menghadapi siswa yang tetap tidak mau aktif selama pembelajaran agar menjadi aktif?

Terimakasih

In reply to Ummul Uslima

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

Dalam prinsip segalanya berbicara maksudnya adalah, mulai dari lingkungan kelas bahasa tubuh LKS RPP berisikan tentang pesan belajar. Yg aktif bukan hanya siswa saja, lingkungan kelas juga harus mendukung misalkan tersaji maket atau poster gambar tentang menjaga lingkungan, atau yg berhubungan dengan materi lain. Apersepsi yg dilakukan guru berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, bahan ajar menarik, gaya bahasa tubuh yg menunjukkan semangat dan ajakan belajar. 

yg tdk aktif bljar diketahui dulu penyebabnya apa, apakah gaya belajar atau karena ljngkungan kelas atau suasana yg membosankan? Guru harus dapat menyelesaikan permasalahan malas belajar siswa dengan tepat

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Manfaatkan lingkunag sekitar, belajar sambil bermain, belajar tidak boleh kaku. Sebagaimana saya contohkan minggu lalu. manfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Manfaatkan isu-isu terkini sebagai bahan untuk memotivasi siswa, misalnya kondisi saat ini yaitu menyebarnya virus corona. Bagaimana guru bisa memanfaatkan isu corona ini sebagai bahan untuk memotivasi siswa agar senang belajr IPA. Tentu guru harus mampu mengaitkan isu corona dengan materi IPA yang sedang diajarkan. Yakinlah siswa yg tidak tertarik, malas belajar, dan sulit kita untuk masuk kehatinya, maka dengan cara seperti ini, diyakini akan mampu menarik minat siswa. Jika siswa sudah tertarik untuk belajar, disitulah kita tahu bahwa hati kita sudah masuk ke hati siswa, demikian pula sebaliknya...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

Ya pak saya sangat setuju, jika guru menggunakan fenomena yg sedang tren saat ini, apalagi jika dikaitkan dengan fenomena sehari-hari yg memang siswa alami, maka siswa akan lebih bersemangat dan materi yg dipelajari menjadi bermakna

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

baik pak jadi lebih baik memanfaatkan isu-isu yang sedang trending sehingga siswa penasaran, termotivasi dan merasa senang untuk belajar

In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Nah, seperti itu. Belajar memang harus bisa memanfaatkan isu yang sedang trend. Di sinilah dituntut kerativitas dan inovesi dari seorang guru dalam mengaitkan isu yang sedang trend dengan materi yang sedang dipelajari oleh siswa. Buat siswa belajar dengan enjoy, berikan keleluasaan siswa untuk mengungkapkan pikirannya...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

iya pak saya sangat setuju

In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummul Uslima -

Baik.. trimakasih bapak dan penyaji atas penjelasannya.

In reply to Johariah 1923025002

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tia Dewi Kurniawati -

Saya tia dewi kurniawati mau bertanya, kan terdapat kekurangan dalam model quantum teaching, bagaimana cara anda meminimalisir kekurangan-kekurangan tersebut? Terimksih

In reply to Tia Dewi Kurniawati

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

lingkungan kelas yg tidak mndukung mslkan kurang berwarna atau tdk ada poster atau hiasan, maka bs memanfaatkan brg2 bekas sderhana yg dijadikan media belajar shingga kls lbih menarik, quantum teaching memang perlu mnggunakan fasilitas dan banyak media namun bisa diminimalisir dengan mnggunakan bahan murah dan ramah lingkungan

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tia Dewi Kurniawati -

Berarti tetap dari gurunya dituntut se kreatif mungkin yah, jika menggunakan model quantum teaching. Kalau terkait persiapan guru yang matang itu apakah guru mempersiapkannya sendiri atau dibantu rekan guru lainnya atau bagaimana?

In reply to Johariah 1923025002

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Rahma abida -

Didalam video yg dikatakan oleh mba ria bahwasannya asas kuatum teaching bersandar berdasarkan suatu konsep "bawalah dunia siswa ke dunia guru, dan antarkan guru ke dunia siswa" hal tsb merupkan asas utama/dasar sebagai strategi, model keyakinan pda kuantum teaching. seperti apakah gambaran yg perlu dilakukan oleh guru sehingga interaksi dgn siswa, rancangan hukum serta metode instruksional dpt dibangun berdasarkan asas tersebut ? 

In reply to Ummu Khoiriyah

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummu Khoiriyah -

Assalamualaikum. saya ummu khoiriyah ingin bertanya mengenai model ini, quantum teaching ini lebih ke pemahaman konsep kan.. nah dibagian mana ya anak2 bisa lebih memahami konsep tersebut? dan karena ini model harus memiliki fasilitas yang memadai, jadi di daerah2 terpencil tidak bisa y memakai model ini?

In reply to Ummu Khoiriyah

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

baik untuk ummul khoiriyah anak-anak disni memahami konsep tersebut dari serangkaian langkah-langkah model quantum teching, tidak ada bagian yang mendominasi untuk dapat memahami konsep2 karena langkah2 tersebut menyatu seperti kesatuan yang utuh. model ini tidak harus fasilitas nya memadai, seperti yang dijelaskan atka tadi bahwa "lingkungan kelas yg tidak mndukung mslkan kurang berwarna atau tdk ada poster atau hiasan, maka bs memanfaatkan brg2 bekas sderhana yg dijadikan media belajar shingga kls lbih menarik, quantum teaching memang perlu mnggunakan fasilitas dan banyak media namun bisa diminimalisir dengan mnggunakan bahan murah dan ramah lingkungan"

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

saya ingin menambahkan mengenai pertanyaan dari mba ummu bahwa dalam model quatum teaching adanya pemantapan dalam menguasai materi atau suatu keterampilan yang di ajarkan.hal ini terlihat dari adanya keterampilan yang muncul terhadap sesuatu yang sudah di kuasai anak 

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummu Khoiriyah -

baik fiska terima kasih

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Eka Candra Kurniawati -

izin bertanya kpd penyaji

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Yang ingin bertanya, langsung saja... Mohonpenyaji selalu memonitor forum ini..

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Eka Candra Kurniawati -

assalamulaikum, saya eka candra kurniawati ingin bertanya kepada pemakalah dalam kategori konteks quantum teacing ada beberapa poin , nah yang akan sya tanyakan poin ke dua tentang suasan terkait batin siswa , bagaimana cara kita mengetahuinya? dan bagaimna cara menciptakan suasa senang, terimakasih

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

Caranya, dlm pmbljaran guru mnjalin hubungan rasa simpati dan mengerti serta mengetahui minat anak, tingkat emosi anak setaraf SMP masih dapat kita amati dengan jelas, mereka cenderung ekspresif maka ketika batin sedang marah bosan akan terlihat pada tingkah laki dan raut wajah anak. suasana senang harus dibangun sejak awal pembelajaran shigga anak tertarik, mslkan dengan intonasi guru yg tidak terlalu keras dan pelan, kemudian mggunakan bahasa2 yg tidak terlalu kaku, gestur dalam kelas yg tidak monoton berdiri di satu tmpat saja, namun dpt berkeliling mendekati murid, lebih atraktif 

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Johariah 1923025002 -

baiklah saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari mb eka, bagaimana guru bisa tahu suasana hati dari siswa, yaitu dengan melihat respon mimik wajah atau repon gerak tubuh siswa tersebut saat mengikuti pembelajaran, misalnya jika susasana hati sedang senang atau mood biasanya siswa akan lebih semangat dan dengan raut wajah yg senang atau tersenyum saat menerima tugas atau penjelasan dari guru.

sedangkan untuk menciptakan suasana senang dalam pembelajaran guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan salah satunya dengan menyertakan partisipasi siswa  didalam kelas,selain untuk membangun komunikasi dengan siswa,guru juga dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan siswa,ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru antara lain:

1. ciptakan iklim yang nyaman untuk anak didik, agar menghilangkan kecanggungan siswa, hal ini dapat mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan sehingga komunikasi guru dan siswa dapat terbangun

2. jangan ragu memberikan pujian kepada siswa,misalnya memberikan pujian saat ada siswa ada yang bisa menjawab pertanyaan dari siswa yang bertanya

3.dengarkan dengan serius setiap komentar atau pertanyaan yang diajukan oleh siswa, guru sebisa mungkin fokus dan memeperhatikan pertnyaan meskipun sederhana hal ini bisa menumbuhkan kepercayaan diri siswa karena merasa diperhatikan

4. beri pertanyaan yang mudah dijawab, masksudnya adalah untuk memancing siswa yang jarang bertanya  sehingga secara tidak langsung melatih siswa untuk berbicara,saat siswa sudah respon beri senyum kepada siswa yang menjawab untuk mengurangi rasa canggung siswa tersebut

5. biarkan siswa mengetahui pelajaran sebelum kelas dimulai, mintalah agar siswa mempelajari bahan materi yang akan dibahas

6. controlling,kontrol siswa dengan alat kontrol yan g guru miliki untuk  mengetahui seberapa banyak siswa yang berpartisipasi dalam kelas,jika menemukan siswa yang kurang aktif partisipasinya di kelas ajak siswa tersebut berkomunikasi secara pribadi mungkin dengan cara tersebut akan menambah rasa percaya dirinya.

7.menciptakan lingkungan kelas yang menarik( desain ruang kelas yang bisa menbuat hati ceria, ada hiasan didinding/gambar)

8.ciptakan atmosfer kelas yang bersahabat,tidak ada tekanan atau ancaman

selain itu keakraban antara guru dengan siswa sangat menentukan keberhasilan belajar siswa ,jika hal ini terjalin susasana belajar akan lebih santai dan siswa akan lebih mudah menangkap isi pelajaran dan siswa menjadi tidak sungkan bertanya jika tidak mengerti

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Indah Mayasari -

Saya ingin bertanya..

Salah satu kendala dalam model quantum teaching ialah situasi dan kondisi belajar yang kurang kondusif sehingga menuntut penguasaan kelas yang baik.

Bagaimana cara kita sebagai guru untuk mengatasi kendala tersebut? terimakasih sebelumnya..

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

oke baik pertanyaan dari indah

untuk indah, cara kita dapat mengatasi kendala tersebut dengan memberi fenomena atau stimulasi yang sangat menarik perhatian peserta didik seperti isu corona yang mewabah yang sangat mematikan dan sudah menelan banyak jiwa, dari isu-isu tersebut siswa dapat menelaah dari segi sainsnya (IPA) seperti materi virus,dari isu-isu sosial tersebut peserta didik dapat menumbuhkan minat peserta didik tersebut untuk belajar, seperti dalam sintaks model ini yaitu "tumbuhkan" dengan tumbuhnya minat siswa akan sadar manfat dari kegiatan pembelajaran bagi dirinya dan kehidupannya sehingga dari tumbuhnya minat itu pula guru dapat mengatasi kondisi yang kurang kondusif tersebut.

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Sudah ada 7 pertanyaan. Silahkan penyaji jawab. Untuk pertanyaan yang mirip cukup sekali saja menjawabnya...

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

OK, waktu diskusi sudah mendekati finish.
Saya berkesimpulan diskusi ini cukup berjalan baik. Penyaji juga cukup mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan. Saya hanya memberikan penegasan dan penguatan. Pada beberapa pertanyaan, bisa dilihat.

Namun, saya ingin mengimentari teknik pembuatan makalah. mungkin ini untuk ke depannya, bagi yang belum maju. Sebaiknya jika itu bukan pernyataan kita, maka perlu dicantumkan sumbernya (sitasi). Selanjutnya makalah yang dibuat, sebagian besar masih menyadur dari berbagai sumber buku, belum banyak menyentuh jurnal-jurnal penelitian. Selanjutnya cara penulisan dan seterusnya perlu diikuti kaidah penulisan ilmiah. Pembuatan daftar pustaka juga tetap harus mengikuti kaidah penulisan daftar pustaka yang dianut  Unila. Dengan demikian, Anda langsung belajar bagaimana menulis proposal tesis termasuk cara mensitasi dan menulis daftar pustaka...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Indah Mayasari -

Baik pak, terimakasih atas arahannya

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Almira Aspridanel -

terimakasih atas bimbingannya pak, untuk kelompok 2 dan 3 minggu depan yang akan maju berusaha lebih teliti dalam menulis makalah sesuai kaidah penulisan Unila. 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

Baik pak akan kami lihat kembali aturan sesuai panduan unila, terima kasih atas bimbingannya semoga kami dapat selalu berinovasi mengaitkan pembelajarna dengan isu isu yg sedang tren

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tri Utami -

Baik pak, terimakasih 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Fiska Fatrisia Kusuma -

baik pak terimakasih waktu dan ilmu yang bapak berikan. terkait makalah terimakasih atas kritik dan saran yang telah bapak berikan papda matakuliah hari ini dan akan kami revisi kembali makalah tersebut

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Devi Andriani -

baik pak terimakasih 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Rahma abida -
In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Untuk semuanya.
Bagaimana jika murid Anda datang ke sekolah membawa seekor ular (meskipun  ular sawah misalnya). Tentu Anda akan marah kan? Lalu bagaimana jika Anda melihat siswa yang merokok? padahal masih SMP dan ada larangan siswa merokok?
Siswa yang membawa ular dan siswa yang merokok akan dihukum?
Saya yakin 100% dari kalian bahkan kebanyakan guru akan menjawab tidak suka dan pasti akan memberikan hukuman (dimarahi, dilaporkan kekepsek, diberikan peringatan untuk tidak mengulangi, dst).

 

Pasti begitu kan?
Bagaimana jika quantum teaching dilaksanakan di sekolah tersebut?

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Dina Else Fernandu -
Menurut saya, dengan benda tersebut, guru justru dapat memeberikan nasehat dengan cara menggunakan bahan yan g mereka bawa tesebut sebagai objek belajar dengan mengaitkankan ke pembelajaran.
Misal, dengan membawa ular (dalam konteks ular yang tidak berbisa) dapat dilakukan pengamatan yang menggiring siswa untuk mengerti bahwa hal tesebut sebenarnya tidak tepat dilakukan untuk membawa seekor ular kesekolah karena bisa jadi membahayakan apabila tidak dalam pengawasan guru. Tentu pengamatan haru sberdasarkan prosedur keamanan yang tepat agar tidak menimbulkan dampak bahaya terhadap siswa. Guru harus terbuka dan mencoba untuk tenang dalam bersikap menghadapi siswa dengan prilaku seperti itu.
Dengan demikian, sikap guru menentukan bagaimana siswa memiliki pola pikir terhadap sesuatu.
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Atika Putri -

Ya pak saya akan memarahi anak tersebut karena telah melanggar peraturan sekolah, dan memberikan contoh yg tidak baik kpd siswa lain, namun dalam perspektif lain, siswa2 yg berperilaku aktif sperti ini justru dijadikan contoh penyemangat bljr tman yg lainnya, quantum teaching memanfaatkan suasana dan lingkungan belajar sekitar, tidak kaku/ monoton, perilaku mereka dapat dijadikan contoh (isu masyarakat) yg dapat dikaitkan dengan materi pmbelajaran. Misalkan ada bahyaa merokok bagi kesehatan

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Itu yang tidak tepat... lihat kisah seorang murid dan guru dari sebuah sekolah di kota malang, yang saya ceritakan di bawah ini. Kelanjutannya minggu depan... ya....
Kejadian itu adalah nyata... Murid tersebut sekarang menjadi salah satu dosen di universitas ternama di Inggris (Asli anak Indonesia, kelahiran Malang)

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Ada hal yang menarik dari sebuah sekolah di Kota Malang. Thd Seorang siswa yang membawa ular tersebut, sebagian guru ketakutan dan ingin mengingatkan siswa tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya (yaitu membawa ular). Tetapi ada guru lain, yang berpikir berbeda, guru ini ingat bahwa kita harus mengerti batin dan isi hati siswa tersebut. Guru tersebut tidak memarahi, tetapi memanggil dan bertanya kepada siswa tersebut: Mengapa kamu selalu membawa ular, hampir setiap hari lagi? Jangan takut bapak hanya bertanya, apa alasan kamu? Jika alasan kamu kuat, akan bapak dukung.
Mendengar kata bahwa pak guru tersebut akan mendukung, siswa tersebut terperanjat dan hatinya senang. Lalu siswa itu menjawab: "saya bawa ular hampir setiap hari, karena SAYA INGIN MELIHAT BAGAIMANA PROSES PERGANTIAN KULIT ULAR TERSEBUT"... Mendengar jawaban tersebut, si pak Guru terperanjat "KAGUM", karena ternyata siswa itu memiliki permasalahan yang harus dia amati (teliti). Itulah sebabnya pak Guru ini, langsung mendukungnya dan membuatkan tempat untuk ular milik siswa tersebut dan diperbolehkan dibawa setiap hari ke sekolah. Ketika di sekolah ular ditempatkan pada tempat yang disediakan. Siswa tersebut diperbolehkan keluar kelas 1 jam sekali untuk melihat kondisi ular.
Lalu guru memberikan tugas pada siswa tersebut berupa makalah tentang proses pergantian kulit ular.
Siswa tsb dibimbing setiap 3 hari sekali oleh pak guru tsb untuk membuat makalah, mulai dari menyusun judul, membuat pendahuluan, membuat hipotesis, dan membuat lembar pemngamatan, dst.
Nah, ini baru pembekajaran yang mencoba guru masuk ke dalam batin dan hati siswa....

MESTINYA KITA TIDAK BOLEH MENGHAKIMI SISWA YANG DIRASA AGAK ANEH, KEMUNGKINAN ADA SESUATU DI DALAM BENAK DIRINYA YANG TIDAK KITA KETAHUI DAN APA YANG DIBENAK SISWA TERSEBUT SANGAT RELEVAN DENGAN PENDIDIKAN/PEMBELAJARAN SUATU MATA PELAJARAN TERTENTU.

Cerita ini akan saya lanjutkan minggu depan.
Selamat siang dan terimakasih....

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Dina Else Fernandu -
Selamat siang pak, terima kasih, ditunggu cerita lanjutannya hehe
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummul Uslima -

Selamat siang pak.. Trimakasih

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tri Utami -

Wah menunggu cerita selanjutnya. Baik pak, selamat siang.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Ummul Uslima -

Jika ada siswa yang merokok padahal terdapat peraturan dilarang merokok maka akan diberi nasihat. Kemudian guru juga dapat membahas kandungan yang ada di dalam rokok tersebut dan akibat yang akan terjadi jika merokok atau orang lain yang menghirup asap rokok, sehingga akhirnya siswa mengerti mengapa merokok itu tidak baik. 

In reply to Ummul Uslima

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Ini juga kurang tepat, hanya dengan nasehat rasanya kurang begitu mempan. Tapi ada cara yang ampuh yang pernah dialami oleh siswa yang juga berasal dari sekolah yang sama dengan sekolah yang siswanya membawa ular tadi (Kota Malang). Cara tersebut dapat membuat siswa berhenti merokok, tetapi senang dan bangga, bahkan gurunyapun menjadi bangga...
Tunggu, minggu depan akan saya sajikan ceritanya. Mudah2an dapat menginspirasi....

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Devi Andriani -

iya pak, pasti kebanyakan dari guru-guru menghukum siswa tersebut. namun permasalahan tersebut dapat kita manfaatkan dalam pembelajaran dengan model quantum teaching pak. misalnya ular tersebut dapat kita manfaatkan dalam pembelajaran yaitu dengan memnfaatkan ular tersebut sebagai bahan awetan atau taksidermi. kemudian untuk siswa yang merokok kita sebagai guru dapat memberikan pembelajaran kepada siswa tentang sistem pernapasan, sehingga setelah siswa tahu mengenai gangguan sistem pernapasan siswa akan berhenti untuk tidak merokok lagi pak. 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Tri Utami -

Ya pasti begitu pak dihukum, hehe

Menurut saya, jika quatum teaching dilaksanakan pd sklh tersebut, maka seharusnya sebelum pertemuaan pembjrn guru memberikan Landasan (dibangun dan disepakati bersama guru dan siswa) sesuai dg kategori quantum teaching  yaitu kesepakatan, kebijakan prosedur dan Peraturan yang jelas . Sehingga siswa tidak salah pemikiran dan arahan. Misalnya ular yg dimaksut agar tidak membuat ketakutan pd siswa yg lain/berbahaya dpt digantikan dg ular yg ada pda video fakta.

In reply to Tri Utami

Re: Diskusi Presentasi Model Quantum Teaching (file + video)

by Sunyono Sunyono -

Masalahnya kan bukan di awal semester, siswa membawa ular itu terjadi ditengah semester. Ya memang awalnya menakutkan banyak orang, namun penanganannya tidak lantas dihukum dengan cara yang tidak mendidik. Tetapi harus kita lihat, apa sebenarnya yang diingini siswa tersebut. Ternyata siswa tersebut punya rasa ingin tahu yang tinggi. Nah, sulit loh membentuk anak agar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh sebab itu jangan dipatahkan semangat siswa yang memiliki rasa ingin tahu tersebut, tetapi kita berikan solusi agar rasa ingin tahunya itu bisa terjawab. Nah, dengan cara memberikan tugas sesuai keinginannya (yaitu ingin tahu bagaimana proses pergantian kulit ular), secara tidak langsung guru sudah memberikan hukuman, namun hukuman yang mendidik dan dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa lebih dalam, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan kemampuan daya nalar siswa tersebut.

Apalagi saran agar diganti ular yang divideo, ya... tidak mungkin rasa ingin tahu siswa tersebut bisa terjawab. Lihat dulu apa alasan siswa membawa ular. Kan "ingin tahu bagaimana proses pergantian kulit ular"?, masak diganti video... hehehe.... Klo sarannya seperti itu, pasti akan menyebabkan siswa menjadi malas datang ke sekolah. Banyak loh  siswa yang tidak mau ke sekolah, gara-gara dianggap di sekolah biasa-biasa saja dan tidak menantang. Siswa semacam ini akan lebih memilih home schooling (belajar mandiri). Contohnya bu Susi mantan Menteri kelautan (Secara formal tdk tamat SMA, karna beliau merasa di sekolah tidak menantang, tapi beliau belajar mandiri, tanpa ijazah. Tapi beliau bisa berhasil luar biasa mengalahkan orang yang sekolahnya banyak gelar. Memang bu Susi itu konon katanya, waktu SMA lebih suka membaca buku-buku perguruan tinggi, makanya belajar di sekolah beliau merasa bosan tidak ada tantangan).