Silahkan kelompok 4 balas pesan saya ini dengan menyertakan link youtube video kalian. Setelah itu kelompok lain silahkan menonton dan mulai berdiskusi setelahnya.
Tautan kelompok video YouTube 4
https://youtu.be/Fa4Y8CVxrKg
Assalamualaikum.
Apakah teknik dengar-terka bisa dilakukan dengan selain teks deskripsi ? Jelaskan !
Wassalamualaikum.
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Saya Harummi Faktiah NPM 2013041051 dari kelompok 4, izin menjawab...
Pada hakikatnya, teknik dengar-terka menggunakan teks deskripsi. Karena dalam suatu teks deskripsi, pembicara akan memaparkan hal-hal yang berkenaan dengan definisi, ciri-ciri, fungsi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan apa yang akan di terka. Selama pembicara memaparkan definisi ataupun hal lainnya, penyimak akan mendengarkan ucapan pembicara sembari mulai memikirkan mengenai apa jawaban yang paling tepat dengan menerkanya.
Jika yang digunakan selain teks deskripsi, maka akan berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan menyimak itu sendiri. Misalnya menggunakan teks pertanyaan/interogasi. Dalam hal ini, penyimak meminimalkan proses berpikir dalam menerka suatu hal, karena lebih mengarah pada jawaban yang sifatnya spontan.
Terima kasih...
waalaikumssalam warhmatullahi wabarakatuh
saya Kharisma Restiani (20130401017) izin menjawab
teknik terka dapat dilakukan dengan cara selain menggunakan teks deskripsi dahulu. Guru dapat langsung spontan memberikan gambaran atau deskripsi yang hendak akan di terka oleh murus tanpa ada teks terlebih dahulu. Namun dalam terka sebaiknya mengguanakn teknik deskripsi baik pengicapan maupun dalam tulis (teks) agar murid dapat menerka lebih mudah.
sekian, terima kasih.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Saya Candra Dinata dengan NPM 2013041023 izin menambahkan pertanyaan saudara Syafe'i.
Teknik dengar-terka dapat dilakukan dengan selain deskripsi teks yaitu pada kegiatan didalam suatu bentuk teks yang deskripsi pembicara akan memaparkan beberapa hal dengan ciri-ciri, fungsi dan lain-lain . Namun di dalam deskripsi teks, maka berpengaruh juga terhadap pelaksanaan kegiatan menyimak itu sendiri. Contohnya: dalam menggunakan teks pernyataan-pertanyaan yang diberikan.
Apa bila dalam penyampaian pendapat saya kurang tepat saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, saya Risky Selviana (2013041015) izin bertanya.
Dalam kegiatan menyimak dengar-terka, bagaimana jika terdapat murid yang kurang memiliki kemampuan menerka dalam arti lama berpikir. Jelaskan bagaimana solusinya.
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Saya Harummi Faktiah NPM 2013041051, izin menjawab...
Jika terdapat murid yang lama berpikir, maka perlu sekali dilakukan pelatihan. Mulai dari bahan-bahan yang ringan agar murid terbiasa terlebih dahulu dengan kegiatan dengar-terka ini. Dapat juga dengan sering menceritakan perihal yang akan dijadikan bahan simakan, agar murid dapat mengingatnya dan dapat merespon dengan cepat pada saat kegiatan menyimak berlangsung.
Terima kasih...
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Waalaikumussaalm warahmatulahi wabarakatuh
saya Kharisma Restiani (2013041017) izin menjawab
Jika ada murid yang memiliki kemampuan menerka yang lemah dan lama berpikir maka kita harus terus melatihnya. Memberi bahan simakan yang tidak terlalu berat untuk di telaah oleh murid. Memberikan dorongan kepada murid tersebut agar mau terus untuk menelaah. Membiasakn murid untuk menelaah secra perlahan. sering, namu pasti. Dengan demikian murid akan mulai terbiasa mengelola fikirannya untuk menerka sesuatu.
Sekian, terima kasih.
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya Salwa Pramesti Maharani dengan NPM 2013041013 kelas A, kelompok 1 izin bertanya.
Dalam kegiatan menyimak dengar-terka, pada dasarnya kata "terka" memiliki sinonim yaitu duga, kira, tebak, raba, jamah. Pertanyaan saya ialah, jika seorang penyimak tidak menerka dengan baik dan pikirannya tidak dapat terfokus terhadap apa yang disimaknya (seperti yang ada dalam video). Maka langkah apa yang seharusnya dilakukan untuk memfokuskan perhatian mereka agar dapat menyimak dan memahami bahan simakkan dengan baik?
Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Saya Kharisma Restiani (201304017017) izin menjawab
Langkah yang dapat dilakukan untuk memfokuskan penyimak adalah dengan lebih memberikan bahan siamakan yang yang lebih menarik. Selain itu tetap terus membujuknya dan berusaha menraik perhatian kepada sang anak agar sang anak dapat menyimak dengan maksimal dan menerkanya. Berilah cerita-verita atau bahan simakan kepada anak sesaui minatnya.
Selain itu kenali diri sang anak hal apa yang membuatnya todak fokus dalam menyimak dan menerka. Sehingga kita bisa sama-sama mengerti agar kegiatan menyimak dapat berjalan dengan baik.
Sekian, terima kasih.
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Assalamualaikum Warahmatulahi wabarakatuh
Nama : Nurul Astry Ramadhany
Npm : 2013041045
izin bertanya
Dari beberapa faktor gangguan menyimak,Faktor apakah yang paling bisa berpengaruh pada proses menyimak (dengar -terka)
terimakasih..
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Saya Kharisma Restiani (2013041017) izin menjawab.
faktor gangguan yang paling berpengaruh dalam simak- terka adalah gangguan pendengaran. karena dalam menyimak hal yang paling urgensi agar dapat menyimak dengan baik adalah memiliki pendengaran yang baik.
sekian, terima kasih.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: kansa amaida putri
Npm: 2053041007
Dari kelompok 13, izin bertanya kepada kelompok 4
Bagaimana cara kita menjelaskan menyimak dengar-terka, agar penyimak bisa mengetahui apa yang kita ucapkan?
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
saya Kharisma Restiani (20130401017) izin menjawab
Cara agar pendengar a menegtahui apa yang kita ucapkan adalah dengan mengucapkan deskripsi yang akan diterka dengan sejelas mugkin dan dengan artikulasi yang baik dan maksimal, tidak berbelit-belit, dan menggunakan bahasa sesaui umur penyimak dalam memahami kosa kata.
sekian, terima kasih.
Re: VIDEO Kelompok 4 - Dengar Terka
Nama saya sindy Aulia npm 2013041049 dari kelompok 5
Izin bertanya :
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan kita dalam teknik dengar- - terka ini? Dan jelaskan apa saja kelemahan dan keuntungan nya
Sekian, terima kasih
Saya Harummi Faktiah NPM 2013041051, izin menjawab...
Untuk meningkatkan teknik dengar-terka ini, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:
1. Sering memperdengarkan hal-hal yang akan dijadikan bahan terka dalam pelaksanaannya
2. Sering dilakukan pelatihan
3. Mengasah kemampuan dalam memusatkan fokus
Kelemahan teknik ini seperti:
1. Lingkungan yang kurang mendukung, seperti gaduh
2. Penyimak tidak fokus
3. Penyimak sedang mengalami gangguan pendengaran
4. Pembicara tidak jelas dalam menyampaikan deskripsi
Kelebihan teknik ini seperti:
1. Melatih kemampuan berpikir siswa
2. Melatih keaktifan siswa dalam menerka
Terima kasih...
Assalamualaikum, perkenalkan saya Alya Selsa (1913041053) izin bertanya,
Apa penghambat dari menyimak-dengar-terka? Dan apa solusinya?
Terima kasih, Wasalamualaiku.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
saya Kharisma Restiani (2013041017) izin menjawab
Penghambat dalam menyimak dengar terka secar umum sama dengan menyimak yang lain, seperti
1. Mempersangaki pembicara
2. Berpira-pura menaruh perhatian, namun nyatanya tida menyimak dnegan baik
3. Kebingungan
4. Pertimbangan yang prematur
5. Melamun
Solusinya dapat dengan memfokuskan penyimak adalah dengan lebih memberikan bahan siamakan yang yang lebih menarik. Selain itu tetap terus membujuknya dan berusaha menraik perhatian kepada sang anak agar sang anak dapat menyimak dengan maksimal dan menerkanya. Berilah cerita-verita atau bahan simakan kepada anak sesaui minatnya. Selain itu kenali diri sang anak hal apa yang membuatnya todak fokus dalam menyimak dan menerka. Sehingga kita bisa sama-sama mengerti agar kegiatan menyimak dapat berjalan dengan baik.
Sekian, terima kasih.
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Saya Candra Dinata dengan NPM 2013041023 dari kelompok 4 izin menambahkan pertanyaan saudari Alya
1. Apa penghambat dari menyimak-dengar-terka? Dan apa solusinya
1. Penghambat dalam Menyimak dengar terka yaitu kurang dalam memperhatikan penjelasan yang di sampaikan dan berpura-pura tidak mendengarkan sehingga seperti orang yang mendengarkan yang disampaikan. Solusi yang dapat dilakukan pada menyimak yaitu dengan cara memberikan bahan ajaran atau simakan yang membuat menyimak lebih menarik lagi. Dan berusaha membujuk si Menyimak mencari perhatian terhadap sang anak agar sang anak tersebut dapat menyimak dengan baik dan maksimal.
Apa bila dalam penyampaian pendapat saya kurang tepat saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih
Assalamualaikum
Saya Julia Putri Nabila (2053041005) dari kelompok 8,izin bertanya
Dalam menyimak (dengar-terka) diperlukan pada jenjang apa saja ya?
Terimakasih
wassalamualaikum
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, saya Harummi Faktiah izin menjawab...
Pada umumnya, teknik dengar-terka lebih banyak diterapkan pada anak-anak usia dini yaitu pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak, dan Sekolah Dasar. Namun pada beberapa kesempatan, ditemukan pula pada jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas dalam model pembelajaran yang kreatif.
Terima kasih...
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Nama : Citra Puspita
Npm 2013041043 dari kelompok menemukan benda
Izin bertanya. Apakah dengar terka efektif untuk jenjang pendidikan SMA? Berikan alasannya!
Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh...
Saya Harummi Faktiah izin menjawab...
Teknik dengar-terka dapat pula diterapkan pada jenjang SMA, sebagai salah satu model pembelajaran kreatif. Seperti ketika guru telah menyampaikan materi, kemudian sebagai refleksi, guru menggunakan teknik dengar-terka untuk menguji pemahaman siswa.
Terima kasih...