Diskusi Kelompok 5

Dari Kelompok 6

Dari Kelompok 6

by Rahmat Prayogi -
Number of replies: 11

Silahkan beri pertanyaan untuk kelompok 5.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 6

by Dian Puspita Sari -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Nama : Dian Puspita Sari

Npm : 2013041005

Kel. 6

Izin bertanya

Menyimak sebagai aspek keterampilan berbahasa dapat ditingkatkan, salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan dan memperkaya kosakata kata. Bagaimana cara agar dapat meningkatkan dan memperkaya kosakata?

Terima kasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

In reply to Dian Puspita Sari

Re: Dari Kelompok 6

by Sindy Aulia 2013041049 -

nama saya sindy aulia

npm 2013041049

dari kelompok 5

izin menjawab :

menurut pendapat saya kita dapat memperkaya kosakata dengan banyak membaca buku,mencari kata kata yang kita temui dan kurang kita pahami, bisa juga dengan sering membaca kamus. dengan adanya menyimak kita dapat mempelajari kosakata yang tidak atau belum pernah kita dengar.

sekian terima kasih

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 6

by Elisa Fitri -

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh 

Nama : elisa fitri

Npm : 2013041019

Dari kelompok 6, izin bertanya 

Dalam percakan dan diskusi pasti sangat di butuhkan untuk selalu aktif untuk berbicara agar yang di presentasikan jelas, lalu bagaimana cara mengatasi ketika ada siswa yang tidak sanggup untuk mempresentasi hasilnya  karena beliau tidak punya mental berbicara di depan kawan-kwanya jelaskan? 

Terima kasih.

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. 

 

In reply to Elisa Fitri

Re: Dari Kelompok 6

by Sindy Aulia 2013041049 -

nama saya sindy aulia

npm 2013041049

dari kelompok 5

izin menjawab :

pertama-tama seharusnya sebelum mempresentasikan hasil kerja nya ia terlebih dahulu mempersiapkan beberapa hal seperti kesiapan fisik, kesiapan mental,pemahaman materi, penguasaan pangung dan dapat memperkirakan bagaimana cara yang tepat untuk mempresentasikan hasil kerja nya agar audience dapat menangkap apa tujuan pemateri menjelaskan materi tersebut. dan ia juga dapat sering sering berlatih untuk mengasah kemapuan dalam presentasi

sekian terima kasih

In reply to Sindy Aulia 2013041049

Re: Dari Kelompok 6

by Candra Dinata 2013041023 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi

 

Nama : candra dinata

Npm : 2013041023

Dari kelompok 4 izin menambahkan jawaban dari saudari Sindy.

Menurut saya dengan cara kita harus percaya diri terlebih dahulu bahwa kita pasti bisa, mengapa orang lain bisa ,tapi saya tidak bisa. Maka dari itu kita harus yakin kempada diri sendiri bahwasanya saya harus bisa belajar bicara didepan teman-teman ataupun di lingkungan masyarakat nantinya. Kemudian kita persiapkan diri kita untuk memahami isi materi yang akan kita presentasikan dan berdiskusi dengan kelompok, agar persentasi tersebut berjalan dengan lancar dari situlah kita akan banyak mengetahui betapa pentingnya kita sebagai mahasiswa perlu dalam bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kita nantinya.

 

Apabila dalam penyampaian pendapat saya kurang tepat saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun.

 

Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

In reply to Elisa Fitri

Re: Dari Kelompok 6

by Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 -
Waalaikumsalam, saya Nabila Azzahra Khamdo dengan npm 2013041001 dari kelompok 3, izin menjawab.
Yang pertama seseorang yang ingin menyampaikan pendapat itu harus benar-benar paham dan tau tentang materi tersebut, agar tidak membuatnya berhenti bicara atau bingung akan menjawab apa.
Lalu motivasi dia dan beri semangat agar ia mau dan percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya.

Sekian, terima kasih.
In reply to Elisa Fitri

Re: Dari Kelompok 6

by Dwi Febtiani 2013041055 -

Assalamualaikum Wr. Wb

Nama : Dwi Febtiani

Npm : 2013041055

Dari kelompok 5,izin menanggapi pertanyaan dari Elisa,

berikut ini cara untuk mengatasi seseorang yang tidak sanggup untuk berbicara di depan umum :

1. Lawan rasa malu

Malu adalah alasan terbesar yang membuat Anda takut berbicara di depan orang banyak. Oleh karena itu, lawan atau atasi rasa malu itu dengan menganggap semua orang sama.

2. Lakukan persiapan sebaik mungkin

Jika Anda harus menjadi pembicara atau yang melakukan presentasi, lakukan persiapan sebaik mungkin. Ini menyangkut materi presentasi, peralatan pendukung yang diperlukan, dan penampilan Anda.

3. Berbicara dengan gaya Anda sendiri

Berbicaralah dengan gaya Anda sendiri. Jangan meniru gaya bicara orang lain karena Anda akan menjadi orang lain, bukan diri Anda yang sebenarnya.

4. Latihan berbicara di depan sedikit orang

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan melatih diri untuk berbicara di depan sedikit orang.

5. Berdoa

Berdoa sebelum berbicara di depan umum akan membantu menenangkan perasaaan Anda. Selain itu, berdoa juga akan memberi getaran positif sehingga secara tidak sadar Anda akan berani berbicara.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 6

by SEPTA AHMAD SANTOSO 2013041039 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, saya Septa Ahmad Santoso (2013041039) izin bertanya

Apakah ada tujuan capaian menyimak dalam kehidupan dan kurikulum? Jika ada tolong sebutkan dan beri pengertian yang anda pahami. 

Terima kasih

In reply to SEPTA AHMAD SANTOSO 2013041039

Re: Dari Kelompok 6

by Sindy Aulia 2013041049 -

nama saya sindy aulia

npm 2013041049

dari kelompok 5

izin menjawab :

Kalau dalam tata kurikulum sekolah, hal ini cukup jelas bahwa menyimak adalah kebutuhan primer yang tidak bisa dinegoisasi. Misalnya peserta didik yang dituntut untuk bisa memecahkan masalah setelah penyampaian materi dari gurunya. Untuk itu, siswa membutuhkan pemahaman yaitu dengan kegiatan menyimak atau membaca.
Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, menyimak juga merupakan hal penting. Modernisasi menuntut seseorang untuk senantiasa sigap atau akselerasi dalam bertindak atas informasi yang diterimanya supaya mereka bisa bertahan hidup di tengah jaman yang semakin membabi buta ini. Tentu dalam menerima informasi tersebut seseorang membutuhkan pemahaman yaitu dengan menyimak atau membaca.
sekian terima kasih
In reply to SEPTA AHMAD SANTOSO 2013041039

Re: Dari Kelompok 6

by Dwi Febtiani 2013041055 -

Assalamualikum Wr. Wb

Nama : Dwi Febtiani

NPM : 2013041055

Izin menjawab Pertanyaan dari Septa,

Menyimak memiliki dua tujuan, yaitu persepsi dan resepsi. Pertama, persepsi adalah ciri kognitif dari proses mendengarkan yang didasarkan pada pemahaman pengetahuan tentang kaidah-kaidah kebahasaan. Kedua, resepsi adalah pemahaman pesan atau penafsiran pesan yang dikehendaki oleh pembicara. Kedua tujuan ini berhubungan dengan kompetensi dasar yang tercantum kurikulum untuk pembelajaran menyimak. Siswa dituntut untuk memahami dan menafsirkan teks yang diperdengarkan guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran menyimak, terdapat tiga hal penting yang harus dipersiapkan guru, yaitu persiapan pembelajaran menyimak, pelaksanaan pembelajaran menyimak, dan penilaian pembelajaran menyimak. Ketika mempersiapkan pembelajaran menyimak, guru mempertimbangkan media, metode, dan evaluasi yang akan digunakan. Media yang efektif digunakan guru dalam pembelajaran menyimak adalah video. Sabillah (2013) menyatakan dalam hasil penelitiannya bahwa pembelajaran dengan menggunakan media animasi audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 6

by Rizki Mandela -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Saya Rizki Mandela

NPM : 2013041027

Izin bertanya

 

Jika anda seorang guru, bagaimana cara anda agar setiap peserta didik dapat memiliki kemampuan menyimak yang setara ?

 

Sekian terima kasih