Diskusi Kelompok 5

Dari Kelompok 1

Dari Kelompok 1

by Rahmat Prayogi -
Number of replies: 6

Silahkan beri pertanyaan untuk kelompok 5.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Yosifa ridho kurnia 2013041041 -

saya yosifa Ridho Kurnia (2013041041) 

Izin bertanya

Sebutkan dan jelaskan satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan dan penurunan pada saat menyimak

Terimakasih

In reply to Yosifa ridho kurnia 2013041041

Re: Dari Kelompok 1

by Dwi Febtiani 2013041055 -

Assalamualaikum Wr. Wb

Nama : Dwi Febtiani

Npm : 2013041055

Dari kelompok 5,izin menanggapi pertanyaan dari Yosifa,

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan pada saat menyimak adalah kondisi Fisik. Kondisi fisik seorang penyimak merupakan faktor penting yang turut menentukan keefektifan serta kualitas keaktifannya dalam menyimak. Misalnya, ada orang yang sukar sekali mendengar, dalam keadaan yang serupa itu, dia mungkin saja terganggu serta dibingungkan oleh upaya yang dilakukannya untuk mendengar, atau dia mungkin kehilangan ide-ide pokok seluruhnya. Walaupun kelihatannya faktor-faktor fisik tersebut bersifat sepele tetapi pengajar haruslah bijaksana agar selalu memperhatikan hal- hal tersebut supaya proses kegiatan belajar mengajar mencapai tujuan yang telah ditentukan, karena faktor fisik yang prima merupakan modal utama bagi penyimak.

In reply to Yosifa ridho kurnia 2013041041

Re: Dari Kelompok 1

by Alya Selsa meyriska -

perkenalkan saya alya selsa (1913041053) dari kelompok penyaji, izin menjawab :

1. Faktor Fisik

saat ingin menyimak fisik kita harus dalam keadaan sehat, apabila kondisi fisik kiita dalam keadaan sakit maka kita tidak akan menyimak dengan sempurna.

2. Faktor Lingkungan

Terpusat tidaknya perhatian, merupakan faktor yang penting juga dalam keberhasilan menyimak. Agar perhatian dapat terpusat, atau berkonsentrasi, lingkungan sangat berperan penting. Maka dari itu, guru hendaknya dengan cermat dapat mempersiapkan suatu lingkungan belajar yang tidak mudah mendatangkan gangguan menyimak. Ruang belajar hendaknya tenang, ruang belajar hendaknya dikonstruksi agar suara dari luar tidak masuk.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Risky Selviana 2013041015 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin bertanya kepada kelompok 5.

Dari aneka situasi pelibat menyimak, manakah yang sering digunakan dalam kegiatan menyimak. Kemudian jelaskan mengapa situasi tersebut selalu digunakan dalam kegiatan menyimak.

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Nurul Astry Ramadhany 2013041045 -

Izin bertanya kepada kelompok 5

Dalam Situasi pelibat menyimak terdapat keadaan menyimak dalam kehidupan dan kurikulum seperti apa contoh dari keadaan menyimak tersebut.

Terimakasih

In reply to Nurul Astry Ramadhany 2013041045

Re: Dari Kelompok 1

by Sindy Aulia 2013041049 -

nama saya sindy aulia

npm 2013041049

dari kelompok 5

izin menjawab :

Kalau dalam tata kurikulum sekolah, hal ini cukup jelas bahwa menyimak adalah kebutuhan primer yang tidak bisa dinegoisasi. Misalnya peserta didik yang dituntut untuk bisa memecahkan masalah setelah penyampaian materi dari gurunya. Untuk itu, siswa membutuhkan pemahaman yaitu dengan kegiatan menyimak atau membaca.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, menyimak juga merupakan hal penting. Modernisasi menuntut seseorang untuk senantiasa sigap atau akselerasi dalam bertindak atas informasi yang diterimanya supaya mereka bisa bertahan hidup di tengah jaman yang semakin membabi buta ini. Tentu dalam menerima informasi tersebut seseorang membutuhkan pemahaman yaitu dengan menyimak atau membaca.
 
sekian terima kasih